Tips Dasar Memutar Balik Mobil

Memutar balik secara umum ada 2 macam: putar balik di jalan yang sama (three-point-turn) dan putar balik U-turn. Untuk melakukan putar balik di jalan yang sama yang tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan sekali putar meski dengan setir penuh, lakukan langkah berikut:

  1. Set gigi transmisi ke 1.
  2. Jika mobil Anda sekarang disisi kiri dan ingin memutar mobil ke kanan, maka majukan mobil sambil belokkan setir ke kanan, lalu mundur sambil belokkan setir ke kiri, lalu maju lagi sambil belokkan setir ke kanan. Jadi urutannya adalah maju (kanan) – mundur (kiri) – maju lagi (kanan). Adapun jika mobil Anda semula berada di sisi kanan dan ingin memutar mobil ke kiri, maka majukan mobil sambil belokkan setir ke kiri, lalu mundur sambil belokkan setir ke kanan, lalu maju lagi sambil belokkan setir ke kiri. Sehingga urutannya adalah: maju (kiri) – mundur (kanan) – maju lagi (kiri).

Adapun untuk melakukan U-turn, caranya adalah:

  1. Ambil lajur yang terdekat dengan pembatas antar jalan.
  2. Set gigi transmisi ke 1.
  3. Ketika ujung putaran sejajar dengan bagian tengah mobil Anda, mulai putar setir penuh ke arah Anda ingin berputar.
  4. Jika ada arus mobil dari sisi yang lain, hentikan dulu mobil sebelum benar-benar berputar, dengan cara injak pedal kopling lalu pedal rem, selanjutnya lepaskan pedal kopling perlahan hingga mesin mobil bergetar dan pedal rem tetap terinjak. Setelah ada ruang untuk berputar, lepaskan pedal rem perlahan dan sempurnakan putaran mobil Anda. Ambil lajur terdekat dengan pembatas jalan, terutama jika lalu lintas ramai.

One Reply to “”

Tinggalkan komentar