jump to navigation

Tips Dasar Parkir Mobil 1 Januari, 2015

Posted by abdurrosyid in Pokoknya Ada Saja.
trackback

Memarkir mobil biasa dibedakan menjadi tiga: parkir menyudut, parkir tegak lurus, dan parkir paralel. Parkir menyudut bisa dibilang parkir yang paling mudah, karena bisa dilakukan dengan gerakan maju dan tinggal sedikit membelokkan mobil kita sesuai dengan sudut slot parkir. Pada parkir tegak lurus, posisi slot parkir tegak lurus terhadap arah laju mobil. Adapun pada parkir paralel, posisi slot parkir searah dengan laju mobil kita sedemikian sehingga mobil-mobil lain terletak di depan dan di belakang slot parkir kita. Cara termudah dan teraman untuk parkir tegak lurus dan parkir paralel adalah dengan berjalan mundur.

Cara parkir tegak lurus:

  1. Ambil posisi ancang-ancang, tegak lurus slot parkir, sekitar 2 meter melebihi slot parkir.
  2. Set gigi transmisi ke R (mundur).
  3. Mulai mundur pelan-pelan sambil membelokkan setir penuh ke kanan (jika slot parkir di sebelah kanan) atau ke kiri (jika slot parkir ada di sebelah kiri). Tengok ke belakang untuk memastikan posisi mobil.
  4. Begitu referensi kanan dan kiri bagian belakang mobil terlihat pada posisi simetris (lihat dari spion kanan dan kiri), hentikan mobil lalu luruskan setir.
  5. Maju atau mundurkan mobil pada posisi yang sesuai.

Ada cara lain yang lebih mudah dengan syarat ada ruang yang cukup lebar. Caranya adalah, setelah memundurkan mobil sambil membelokkan setir ke kanan (jika slot parkir di sebelah kanan), majukan mobil ke depan sambil membelokkan setir ke kiri, lalu putar setir ke kanan dan mundurkan mobil menuju slot parkir. Atau lebih simpel lagi, begitu mobil Anda dalam gerakan maju dan mendekati slot parkir, langsung belokkan menyerong ke arah kiri (jika slot parkir di sebelah kanan), kemudian putar setir ke arah kanan sembari memundurkan mobil memasuki slot parkir yang tersedia.

Untuk keluar dari slot parkir tegak lurus, majukan dulu mobil Anda hingga cukup keluar dari slot, baru kemudian belokkan  ke kanan atau ke kiri. Jika Anda terlalu dini membelokkan mobil Anda ke kanan atau ke kiri, lambung mobil Anda bisa menabrak mobil atau obyek di sampingnya.

Cara parkir paralel:

  1. Posisikan mobil Anda sejauh sekitar 1 meter disamping slot parkir.
  2. Ukur slot parkir dengan cara melewatinya. Perkirakan apakah slot parkir cukup untuk mobil Anda.
  3. Ambil posisi ancang-ancang dengan melewati slot parkir sedemikian sehingga bagian belakang mobil Anda menjauh sekitar 1 meter dari slot parkir.
  4. Set gigi transmisi ke R (mundur).
  5. Mulai mundur pelan-pelan. Ketika awal dari slot sejajar dengan sandaran kursi belakang (bingkai penanda pada jendela belakang, atau pada jendela tengah untuk mobil yang lebih panjang), putar setir penuh ke kiri (untuk parkir paralel di sisi kiri jalan). Kemudian, begitu SELURUH bagian depan mobil di belakang Anda terlihat pada spion kanan (untuk parkir paralel di sisi kiri jalan), putar balik setir penuh ke kanan hingga mobil pada posisi lurus dan simetris.
  6. Luruskan setir lalu maju atau mundurkan mobil Anda pada posisi yang sesuai.

Untuk parkir paralel di sisi kanan jalan, tinggal menyesuaikan. Adapun untuk keluar dari parkir paralel, pastikan ruang di depan mobil Anda cukup, lalu putar setir Anda penuh ke arah mana Anda ingin keluar (misalnya ke kanan jika Anda parkir paralel di sebelah kiri). Begitu sudah cukup keluar, belokkan setir Anda kembali ke arah yang lain sehingga mobil Anda searah dengan jalan.

Penting pula untuk diingat bahwa mobil biasanya dilengkapi sensor di bagian belakang, yang akan membunyikan alarm jika mobil mendekati obyek di bagian belakangnya pada jarak tertentu (sekitar 20 cm). Jika alarm tersebut berbunyi, pastikan untuk mengerem mobil Anda agar tidak menabrak obyek di belakangnya.

 

Komentar»

1. nelida rumapea - 10 April, 2015

pak ocid telah banyak berguna untuk orang lain. sukses !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: