jump to navigation

Berapa Banyak Harus Minum Air Putih? 1 Agustus, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , , , ,
15 comments

Untuk menjaga kesehatan, manusia normal harus mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Dan untuk perokok harus lebih dari itu. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh, misalnya air seni, keringat, pernapasan dan sekresi.

Tubuh akan menurun kondisinya bila kekurangan air. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4 persen cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 persen. Dan bila kita kehilangan 7 persen, tubuh kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

Semakin banyak aktivitas kita, semakin banyak pula air yang terkuras dari tubuh kita. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar kita jangan hanya minum bila terasa haus. Biasakanlah untuk banyak minum, tak peduli sedang haus atau tidak.

Jika Anda berada di ruang ber-AC, Anda harus minum lebih banyak karena udara yang dingin akibat AC akan membuat tubuh Anda lebih cepat mengalami dehidrasi. (lebih…)

All About Zaitun: Penuh Berkah, Penuh Manfaat 31 Juli, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , ,
10 comments

Zaitun (olive) mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun. Tempat tumbuhnya meliputi daerah-daerah iklim panas sampai iklim sedang. Yang paling banyak tumbuh di kawasan Laut Mediterania (Laut Tengah). Tumbuhan ini masih berkerabat dengan melati (Jasminum  sambac). Zaitun dikelompokkan ke dalam suku Oleaceae.

Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Kualitas minyak zaitun tergantung dari kualitas buah zaitun.Perasan dari buah yang masak adalah yang paling baik.

Keberkahan Zaitun

Zaitun adalah pohon yang diberkahi. Keberkahan zaitun dinyatakan secara eksplisit dalam Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW. Disamping itu, penyebutannya dalam Al-Qur’an beberapa kali pun sudah menjadi bukti bahwa zaitun adalah pohon yang istimewa, dan bukan pohon sembarangan.

“Demi (pohon) tiin dan (pohon) zaitun” (QS At-Tiin: 1)

”Yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak disebelah timur dan tidak pula disebelah baratnya, yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api” (QS An-Nuur:35) (lebih…)

Gimana Sih Tidur Berkualitas? 22 Juli, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , ,
1 comment so far

Tidur cukup itu penting, tapi yang tidak kalah penting adalah tidur berkualitas. Percuma saja tidur lama-lama tapi sama sekali nggak berkualitas. Sebaliknya, meski tidur kita nggak terlalu lama tapi kalo berkualitas, itu jauh lebih baik bro. Hmm, memang kualitas selalu lebih penting ketimbang kuantitas kan? Kayak, punya istri satu tapi berkualitas (baca: kinclong, eh salah… shalihah maksudnya) kan lebih baik ketimbang istri banyak tapi nyebelin semua. Wah, kok jadi ngelantur begini…

Kembali ke masalah tidur nih. Gimana sih tidur yang berkualitas itu? Apa tidur yang diatas kasur empuk? Atau, tidur sambil ditemeni bidadari? (mulai error lagi nih, ampuuun). Setelah baca sana baca sini dengan dibantu sama Mbah Google, akhirnya saya mendapatkan beberapa tips  jitu agar tidur kita bisa berkualitas.

Pertama, bikin tuh tempat tidur kamu menyenangkan. Tidak harus pake spring bed mahal, dipan bambu beralas tikar pandan juga boleh. Yang penting tuh tempat tidur kamu bersih dan nggak bau. Pastikan juga nggak ada kecoak atau serangga-serangga ‘mematikan’ lainnya di tempat tidurmu. Nyamuk juga bisa ngeganggu kamu tuh selama tidur. So, kalo banyak nyamuk, atur strategi kamu agar nyamuk-nyamuk pada mau pergi dari kamar tidurmu. Tutup tuh ventilasi kamar dengan kawat kasa, biar nyamuk nggak bisa masuk. Pake losion anti nyamuk juga bisa. Terserah kamu deh gimana caranya, yang penting nyamuk-nyamuk nakal tuh nggak akan lagi ngeganggu kamu. Gimana kalo suami malah yang nakal? Wah, kalo itu sih malah bagus kan. Ups! (lebih…)

Kapan Sebaiknya Tidur? 22 Juli, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , ,
3 comments

Tidur merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh kita terasa bugar dan segar kembali, setelah lelah beraktivitas. Pada saat tidur, otak kita beristirahat. Tidur juga merupakan saat terbaik bagi tubuh kita untuk bisa melangsungkan metabolismenya secara sempurna. Saat tidur, tubuh kita bekerja untuk meregenerasi alias mengganti sel-sel yang rusak atau mati. Dan Anda perlu tahu bahwa setiap hari, sejumlah sel dalam tubuh kita  rusak dan bahkan mati.

Secara ilmiah kita butuh tidur dalam waktu yang proporsional. Berapa lama kita mesti tidur setiap hari? Jawabannya tergantung banyak faktor. Salah satunya adalah faktor usia. Secara umum, usia yang semakin dini membutuhkan tidur yang lebih lama. Untuk usia dewasa, kebanyakan ahli menyarankan durasi tidur antara 7 dan 8 jam setiap hari. Durasi tidur tentunya juga dipengaruhi oleh tingkat kelelahan dan kepenatan tubuh. Kalau kita habis melakukan olahraga yang berat atau aktivitas yang sangat melelahkan, tentunya kita butuh tidur yang lebih lama. (lebih…)

Mendayung (Sculling) 12 Juni, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , ,
add a comment

Yang dimaksud dengan mendayung (sculling) disini bukanlah mendayung dengan menggunakan tongkat dayung, tetapi mendayung dengan kedua tangan kita. Ini adalah salah satu keterampilan dasar dalam olahraga renang. Dengan mendayung, kita tetap bisa terapung dalam kondisi yang nyantai.

Kemahiran mendayung akan membuat kita semakin percaya diri dengan air. Disamping itu, kemahiran mendayung juga akan membuat feeling tangan kita terhadap air menjadi semakin kuat. Artinya, tangan kita akan menjadi semakin perasa terhadap air. Ini sama pentingnya dengan feeling kaki seorang pemain bola terhadap si kulit bundar.

Hal utama yang harus Anda camkan sewaktu mendayung adalah melakukannya dengan sesantai mungkin, selemas mungkin, dan selentur mungkin. Keluarkan energi sesedikit mungkin untuk melakukannya. (lebih…)

Cara Berenang Dibawah Permukaan Air 11 Juni, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , ,
10 comments

Berenang dibawah permukaan air (underwater swimming) termasuk salah satu keterampilan berenang yang penting. Kita mungkin akan melakukannya pada saat kita melakukan penyelamatan terhadap seseorang yang telah tenggelam kedalam air, atau ketika mencari sesuatu yang hilang di dasar perairan, atau ketika kita ingin berenang sambil bersembunyi.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah, kita tidak bisa mengambil nafas sewaktu kita sedang berenang dibawah permukaan air, kecuali kalau kita menggunakan alat bantu pernafasan (tabung oksigen). Oleh karena itu, satu-satunya hal yang bisa kita lakukan sewaktu berenang dibawah permukaan air adalah menahan nafas. Mengeluarkan nafas dalam bentuk gelembung-gelembung udara juga bukan ide yang bagus sewaktu berenang dibawah permukaan air, karena hanya akan mengurangi cadangan oksigen yang ada dalam paru-paru. (lebih…)

Kunci Renang Gaya Bebas yang Efisien 7 Juni, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , ,
16 comments

Renang gaya bebas yang efisien? Ya. Efisien maksudnya Anda berenang dengan cepat namun dengan tenaga yang sehemat mungkin, sehingga Anda bisa menempuh jarak yang jauh dalam waktu yang relatif singkat. Wah, pasti semua kepingin dong bisa begitu. Gimana caranya?

Setelah saya membaca dan melihat sana-sini, ternyata ada beberapa kunci untuk bisa berenang gaya bebas secara efisien. Filosofi dari semua kunci tersebut hanya ada dua: memperbesar gaya dorong (propulsi) dan memperkecil tahanan air (drag). Jika Anda memperbesar gaya dorong, Anda bisa berenang lebih efisien hingga 30 persen. Sedangkan jika Anda memperkecil tahanan air, Anda bisa berenang lebih efisien hingga 70 persen. Dari sini jelas terlihat bahwa memperkecil tahanan air ternyata jauh lebih penting. (lebih…)

Renang Gaya Dada (2) 7 Juni, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , ,
6 comments

Teknik berenang gaya dada sangatlah sederhana. Alih-alih menghafalkan banyak gerakan kaki dan tangan untuk menjelaskan teknik gaya dada, akan lebih sederhana jika kita membayangkan 3 bentuk. Renang gaya dada tidak lebih dari 3 bentuk ini: bentuk torpedo, bentuk kobra, dan bentuk katak.

Bentuk torpedo adalah ketika kedua lengan lurus menjulur ke depan, demikian pula kedua kaki juga lurus rapat menjulur ke belakang. Dari ujung tangan sampai ujung kaki membentuk posisi streamline, lurus rata dengan permukaan air, menyerupai sebuah torpedo yang meluncur kencang ke depan.

Bentuk kobra adalah ketika Anda menyembulkan kepala ke atas permukaan air, sementara kedua kaki masih agak lurus dan juga rapat satu sama lain namun agak turun ke bawah. Sementara itu, kedua lengan melakukan kayuhan dengan menjaga agar sikut tetap tinggi (high-elbow). (lebih…)

Renang di Air Terbuka 6 Juni, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , ,
6 comments

Kemarin selama dua hari saya mengunjungi kampung tempat kelahiran saya. Desa yang hijau, dikelilingi oleh hamparan sawah yang indah. Juga, memiliki sebuah waduk yang disebut oleh penduduk sebagai ‘rawa’. Waduk tersebut benar-benar sangat luas, mungkin sama luasnya dengan desa saya sendiri. Hal paling menyenangkan yang bisa dilakukan disana adalah berperahu dan berenang.

Kesempatan pulang kampung kemarin benar-benar tidak saya sia-siakan. Sore hari di hari pertama, saya berenang disana. Dan keesokan harinya, di pagi hari sekitar jam 7 sampai jam 9, saya berenang lagi. Pada hari yang kedua ini, saya juga sempat berperahu sebentar. Benar-benar menyenangkan. (lebih…)

Gerakan Kaki Lumba-lumba (Dolphin Kick) 2 Juni, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , ,
6 comments

Gerakan kaki lumba-lumba (dolphin kick) merupakan salah satu diantara gerakan-gerakan kaki yang penting dalam berenang. Gerakan kaki ini wajib dikuasai oleh siapa saja yang ingin menguasai gaya kupu-kupu. Semakin baik kualitas gerakan kaki lumba-lumba seseorang, akan semakin baik pula kualitas gaya kupu-kupunya. Tidak hanya untuk gaya kupu-kupu, gerakan kaki ini juga dipakai untuk rushing sesaat setelah seorang perenang melakukan loncatan start kedalam kolam, sampai dengan ia mengapung kembali ke permukaan air. Gerakan kaki ini juga tidak jarang dipakai saat menyelam (underwater swimming).

Gerakan kaki lumba-lumba akan membuat tubuh kita meliuk-liuk indah menyerupai gelombang sinusoidal. Dibutuhkan kelenturan untuk bisa melakukan gerakan ini dengan baik. Ya, Anda harus benar-benar lentur dan rileks. (lebih…)