jump to navigation

Tentang Saya

Namaku Abdur Rosyid. Sebuah nama indah yang telah diberikan oleh kedua orangtuaku. Berisi doa dan harapan yang sangat mulia. Hamba Allah Sang Maha Pemberi Petunjuk, begitulah arti namaku. Semoga Allah senantiasa memberiku petunjuk. Amin.

Aku dilahirkan di sebuah kampung petani di daerah Lamongan. Aku adalah bungsu dari empat bersaudara. Semua saudaraku laki-laki, tidak ada satupun yang perempuan. Menurut cerita ibuku, ketika aku masih dalam kandungan, beliau sangat berharap bahwa yang akan terlahir adalah seorang anak perempuan. Maklum, ketiga anak beliau sebelumnya semuanya laki-laki. Tetapi Allah lebih mengetahui segala sesuatu. Akupun terlahir dari rahim ibuku tercinta, sebagai seorang laki-laki.

Ayahku adalah seorang petani yang tidak pernah mengenal lelah. Ibuku adalah seorang ibu rumah tangga yang sangat perhatian dan penuh kasih sayang kepada anak-anaknya, termasuk kepadaku.

Aku menghabiskan masa kecilku sampai dengan lulus SMP di desa kelahiranku. Setelah itu, aku melanjutkan sekolah di Sidoarjo. Tidak lama kemudian, aku melanjutkan pendidikan S1 ke sebuah perguruan tinggi ternama di Surabaya. Tidak sebentar aku menikmati kuliah di perguruan tinggi tersebut. Tujuh tahun, pas sesuai jatah. Bersamaan dengan kuliahku di perguruan tinggi tersebut, aku juga belajar bahasa Arab dan studi Islam di beberapa ma’had (pesantren) di Surabaya. Bahkan, aku lulus dari pesantren terakhir yang aku ikuti, lebih dulu daripada kelulusanku dari bangku perguruan tinggi S1-ku. Kemudian, selama tiga tahun aku menempuh studi lanjutan (S2) hingga tuntas di sebuah perguruan tinggi ternama di kawasan Arab.

Aku tidak pernah berhenti belajar (dalam pengertiannya yang luas). Aku akan terus belajar, insyaallah, sampai ajal menjemputku. Karena Rasulullah telah berjanji,”Barangsiapa menempuh suatu jalan dalam rangka meraih ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke Surga”. Demikian pula, aku tidak akan pernah berhenti beramal dan berkarya, karena Allah telah berfirman,”Dan katakanlah: ’Beramallah kalian, niscaya Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman akan melihatnya”.

Semoga Allah mengampuni aku, meridhai langkah-langkah kakiku, dan membimbingku selalu ke jalan yang lurus, menuju Surga-Nya yang tinggi. Amin.

——————————

MORE ABOUT ME

Saya berbicara dalam empat bahasa: bahasa Jawa (mother-tongue), bahasa Indonesia (mother-tongue), bahasa Inggris (second language), dan bahasa Arab (second language). Kemampuan berbahasa saya mungkin outstanding. Saya bisa menulis dan menyunting dengan baik. Kemampuan second language saya – alhamdulillah – juga bagus.

Ada dua cabang keilmuan yang telah menyita waktu saya paling banyak untuk mempelajarinya. Yang pertama adalah teknik mesin (mechanical engineering). Saya sudah mempelajari disiplin ilmu ini semenjak sekolah menengah tingkat atas. Yang kedua adalah keislaman. Bersamaan dengan ketika saya kuliah S1, setidaknya saya telah menimba ilmu di tiga ma’had (pesantren) yaitu Ma’had Ukhuwah Islamiyah, Ma’had Hidayatullah, dan Ma’had Umar bin Al-Khathab. Ketiga-tiganya di kota Surabaya. Lalu selepas kuliah S1, alhamdulillah saya berkesempatan untuk menimba ilmu di ma’had keempat saya, yaitu Ma’had Abdullah Al-Ahmar di kota Sana’a, Yaman. Dibawah ini adalah foto saya bersama para lulusan seangkatan di Ma’had Abdullah Al-Ahmar. Saya berdiri di barisan depan, nomor dua dari kiri.

——————————————————————————————–

Saya memiliki beberapa hobi alias kegemaran. Pertama, saya sangat gemar berolahraga. Diantara olahraga yang paling sering saya lakukan adalah sepakbola, futsal, renang, dan lari jauh. Biasanya, saya berlatih sepakbola atau futsal 1 sampai 3 kali setiap pekan. Kalau renang, biasanya 1 sampai 2 kali setiap pekan. Adapun kalau lari jauh hanya kadang-kadang saja. Saya juga menyukai mountain hiking alias mendaki gunung.

Saya sangat menikmati sepakbola karena karakternya yang ‘sport for men’. Saya selalu menikmati setiap passing, dribbling, kontrol bola, sundulan bola, sliding tackle, shielding, containing, dan sprint yang saya lakukan. Juga kerjasama dalam tim. Salah satu kelebihan saya adalah long pass (umpan lambung) yang akurat. Pemain profesional yang saya suka adalah David Beckham dan Steven Gerrard. Saya suka Beckham karena akurasi long pass-nya, dan Gerrard karena spirit, keuletan, visi, dan kualitas passing-nya. Rumput hijau berembun seluas 110 x 75 meter adalah kenikmatan yang luar biasa bagi saya. Tetapi kalau lagi tidak memungkinkan bermain sepakbola, futsal pun jadi, daripada tidak nendang bola sama sekali 🙂

Renang adalah olahraga favorit saya lainnya. Sebuah kolam sepanjang 50 meter dengan air bening berwarna kebiru-biruan, atau air terbuka berupa danau atau laut, adalah sensasi tersendiri bagi saya. Setiap kali saya ngelihat air, rasanya nggak nahan untuk menceburkan diri kedalamnya. Gaya berenang yang bisa saya lakukan dengan jarak terjauh adalah gaya dada (gaya katak), disusul gaya bebas, dan terakhir gaya kupu-kupu. Perenang profesional yang saya suka adalah Grant Hackett, Ian Thorpe, dan Michael Phelps.

Olahraga lainnya yang saya suka adalah lari jauh (maraton). Juga mendaki gunung. Beberapa gunung yang sudah pernah saya daki adalah Panderman (1 kali), Penanggungan (2 kali), Wilis (1 kali), dan Arjuno (1 kali).

Hobi saya yang lain adalah menulis. Sebagian besar tulisan-tulisan saya ada di beberapa blog atau website yang saya punya.

Selain blog pribadi berbahasa Indonesia ini, saya juga punya blog pribadi berbahasa Inggris (http://abdorasheed.wordpress.com & http://abdoorasheed.blogspot.com) dan blog pribadi berbahasa Arab (http://3abdorasheed.wordpress.com).

Blog saya yang lain adalah http://filestin.wordpress.com (berisi tulisan-tulisan saya tentang Palestina) dan http://mechanicals.wordpress.com (tentang Mechanical Engineering).

Disamping itu, saya juga punya sebuah website dengan domain dan hosting berbayar, yaitu http://menaraislam.com (berisi tulisan-tulisan saya mengenai keislaman).

Selain itu, saya juga sangat menggemari komputer, dunia internet, dan pemrograman. Saya paling suka browsing mengenai disiplin keilmuan yang sedang saya tekuni ataupun baca-baca berita dan artikel yang bermanfaat. Dan jika tidak sibuk, saya suka update status Facebook atau nge-tweet di Twitter.

Lebih dari itu, saya sangat suka belajar berbagai aplikasi komputer, mulai dari sekadar Office hingga berbagai aplikasi seperti CorelDraw, Flash, dan Adobe Premiere. Saya juga suka pemrograman. Bahasa pemrograman yang pernah saya pelajari adalah Pascal, Borland Delphi, Matlab, PHP, dan SQL. Saya juga memiliki pengalaman membangun sejumlah website dengan menggunakan CMS seperti Joomla dan WordPress.

————————-

Sekian sedikit gambaran mengenai diri saya. Tentu saja masih banyak hal lain yang belum saya ceritakan di halaman ini. Semoga saja tulisan-tulisan saya di blog ini – dan juga beberapa blog saya lainnya – bisa memberikan gambaran kepada Anda secara lebih utuh mengenai diri saya, terutama pikiran-pikiran saya. Amin.

Iklan
%d blogger menyukai ini: