jump to navigation

Puisi : Pengertian dan Unsur-unsurnya 27 Juli, 2009

Posted by abdurrosyid in Hobiku Menulis.
Tags: , , ,
trackback

Karya sastra secara umum bisa dibedakan menjadi tiga: puisi, prosa, dan drama. Secara etimologis istilah puisi berasal dari kata bahasa Yunani poesis, yang berarti membangun, membentuk, membuat, menciptakan. Sedangkan kata poet dalam tradisi Yunani Kuno berarti orang yang mencipta melalui imajinasinya, orang yang hampir-hampir menyerupai dewa atau yang amat suka kepada dewa-dewa. Dia adalah orang yang berpenglihatan tajam, orang suci, yang sekaligus merupakan filsuf, negarawan, guru, orang yang dapat menebak kebenaran yang tersembunyi.

Menurut Kamus Istilah Sastra (Sudjiman, 1984), puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Watt-Dunton (Situmorang, 1980:9) mengatakan bahwa puisi adalah ekpresi yang kongkret dan yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.

Carlyle mengemukakan bahwa puisi adalah pemikiran yang bersifat musikal, kata-katanya disusun sedemikian rupa, sehingga menonjolkan rangkaian bunyi yang merdu seperti musik.

Samuel Taylor Coleridge mengemukakan puisi itu adalah kata-kata yang terindah dalam susunan terindah.

Ralph Waldo Emerson (Situmorang, 1980:8) mengatakan bahwa puisi mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata sesedikit mungkin.

Putu Arya Tirtawirya (1980:9) mengatakan bahwa puisi merupakan ungkapan secara implisit dan samar, dengan makna yang tersirat, di mana kata-katanya condong pada makna konotatif.

Herman J. Waluyo mendefinisikan bahwa puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa puisi adalah bentuk karya sastra yang mengekspresikan secara padat pemikiran dan perasaan penyairnya, digubah dalam wujud dan bahasa yang paling berkesan.

Yang Membedakan Puisi dari Prosa

Slametmulyana (1956:112) mengatakan bahwa ada perbedaan pokok antara prosa dan puisi. Pertama, kesatuan prosa yang pokok adalah kesatuan sintaksis, sedangkan kesatuan puisi adalah kesatuan akustis. Kedua, puisi terdiri dari kesatuan-kesatuan yang disebut baris sajak, sedangkan dalam prosa kesatuannya disebut paragraf. Ketiga, di dalam baris sajak ada periodisitas dari mula sampai akhir.

Pendapat lain mengatakan bahwa perbedaan prosa dan puisi bukan pada bahannya, melainkan pada perbedaan aktivitas kejiwaan. Puisi merupakan hasil aktivitas pemadatan, yaitu proses penciptaan dengan cara menangkap kesan-kesan lalu memadatkannya (kondensasi). Prosa merupakan aktivitas konstruktif, yaitu proses penciptaan dengan cara menyebarkan kesan-kesan dari ingatan (Djoko Pradopo, 1987).

Perbedaan lain terdapat pada sifat. Puisi merupakan aktivitas yang bersifat pencurahan jiwa yang padat, bersifat sugestif dan asosiatif. Sedangkan prosa merupakan aktivitas yang bersifat naratif, menguraikan, dan informatif (Pradopo, 1987)

Perbedaan lain yaitu puisi menyatakan sesuatu secara tidak langsung, sedangkan prosa menyatakan sesuatu secara langsung.

Unsur-unsur Puisi

Secara sederhana, batang tubuh puisi terbentuk dari beberapa unsur, yaitu kata, larik , bait, bunyi, dan makna. Kelima unsur ini saling mempengaruhi keutuhan sebuah puisi. Secara singkat bisa diuraikan sebagai berikut.

Kata adalah unsur utama terbentuknya sebuah puisi. Pemilihan kata (diksi) yang tepat sangat menentukan kesatuan dan keutuhan unsur-unsur yang lain. Kata-kata yang dipilih diformulasi menjadi sebuah larik.

Larik (atau baris) mempunyai pengertian berbeda dengan kalimat dalam prosa. Larik bisa berupa satu kata saja, bisa frase, bisa pula seperti sebuah kalimat. Pada puisi lama, jumlah kata dalam sebuah larik biasanya empat buat, tapi pada puisi baru tak ada batasan.

Bait merupakan kumpulan larik yang tersusun harmonis. Pada bait inilah biasanya ada kesatuan makna. Pada puisi lama, jumlah larik dalam sebuah bait biasanya empat buah, tetapi pada puisi baru tidak dibatasi.

Bunyi dibentuk oleh rima dan irama. Rima (persajakan) adalah bunyi-bunyi yang ditimbulkan oleh huruf atau kata-kata dalam larik dan bait. Sedangkan irama (ritme) adalah pergantian tinggi rendah, panjang pendek, dan keras lembut ucapan bunyi. Timbulnya irama disebabkan oleh perulangan bunyi secara berturut-turut dan bervariasi (misalnya karena adanya rima, perulangan kata, perulangan bait), tekanan-tekanan kata yang bergantian keras lemahnya (karena sifat-sifat konsonan dan vokal), atau panjang pendek kata. Dari sini dapat dipahami bahwa rima adalah salah satu unsur pembentuk irama, namun irama tidak hanya dibentuk oleh rima. Baik rima maupun irama inilah yang menciptakan efek musikalisasi pada puisi, yang membuat puisi menjadi indah dan enak didengar meskipun tanpa dilagukan.

Makna adalah unsur tujuan dari pemilihan kata, pembentukan larik dan bait. Makna bisa menjadi isi dan pesan dari puisi tersebut. Melalui makna inilah misi penulis puisi disampaikan.

Adapun secara lebih detail, unsur-unsur puisi bisa dibedakan menjadi dua struktur, yaitu struktur batin dan struktur fisik.

Struktur batin puisi, atau sering pula disebut sebagai hakikat puisi, meliputi hal-hal sebagai berikut.

(1)   Tema/makna (sense); media puisi adalah bahasa. Tataran bahasa adalah hubungan tanda dengan makna, maka puisi harus bermakna, baik makna tiap kata, baris, bait, maupun makna keseluruhan.

(2)   Rasa (feeling), yaitu sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Pengungkapan tema dan rasa erat kaitannya dengan latar belakang sosial dan psikologi penyair, misalnya latar belakang pendidikan, agama, jenis kelamin, kelas sosial, kedudukan dalam masyarakat, usia, pengalaman sosiologis dan psikologis, dan pengetahuan. Kedalaman pengungkapan tema dan ketepatan dalam menyikapi suatu masalah tidak bergantung pada kemampuan penyairmemilih kata-kata, rima, gaya bahasa, dan bentuk puisi saja, tetapi lebih banyak bergantung pada wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan kepribadian yang terbentuk oleh latar belakang sosiologis dan psikologisnya.

(3)   Nada (tone), yaitu sikap penyair terhadap pembacanya. Nada juga berhubungan dengan tema dan rasa. Penyair dapat menyampaikan tema dengan nada menggurui, mendikte, bekerja sama dengan pembaca untuk memecahkan masalah, menyerahkan masalah begitu saja kepada pembaca, dengan nada sombong, menganggap bodoh dan rendah pembaca, dll.

(4)   Amanat/tujuan/maksud (itention); sadar maupun tidak, ada tujuan yang mendorong penyair menciptakan puisi. Tujuan tersebut bisa dicari  sebelum penyair menciptakan puisi, maupun dapat ditemui dalam puisinya.

Sedangkan struktur fisik puisi, atau terkadang disebut pula metode puisi, adalah sarana-sarana yang digunakan oleh penyair untuk mengungkapkan hakikat puisi. Struktur fisik puisi meliputi hal-hal sebagai berikut.

(1)   Perwajahan puisi (tipografi), yaitu bentuk puisi seperti halaman yang tidak dipenuhi kata-kata, tepi kanan-kiri, pengaturan barisnya, hingga baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Hal-hal tersebut sangat menentukan pemaknaan terhadap puisi.

(2)   Diksi, yaitu pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya. Karena puisi adalah bentuk karya sastra yang sedikit kata-kata dapat mengungkapkan banyak hal, maka kata-katanya harus dipilih secermat mungkin. Pemilihan kata-kata dalam puisi erat kaitannya dengan makna, keselarasan bunyi, dan urutan kata.

(3)   Imaji, yaitu kata atau susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan. Imaji dapat dibagi menjadi tiga, yaitu imaji suara (auditif), imaji penglihatan (visual), dan imaji raba atau sentuh (imaji taktil). Imaji dapat mengakibatkan pembaca seakan-akan melihat, mendengar, dan merasakan seperti apa yang dialami penyair.

(4)   Kata kongkret, yaitu kata yang dapat ditangkap dengan indera yang memungkinkan munculnya imaji. Kata-kata ini berhubungan dengan kiasan atau lambang. Misal kata kongkret “salju: melambangkan kebekuan cinta, kehampaan hidup, dll, sedangkan kata kongkret “rawa-rawa” dapat melambangkan tempat kotor, tempat hidup, bumi, kehidupan, dll.

(5)   Bahasa figuratif, yaitu bahasa berkias yang dapat menghidupkan/meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu (Soedjito, 1986:128). Bahasa figuratif menyebabkan puisi menjadi prismatis, artinya memancarkan banyak makna atau kaya akan makna (Waluyo, 1987:83). Bahasa figuratif disebut juga majas. Adapaun macam-amcam majas antara lain metafora, simile, personifikasi, litotes, ironi, sinekdoke, eufemisme, repetisi, anafora, pleonasme, antitesis, alusio, klimaks, antiklimaks, satire, pars pro toto, totem pro parte, hingga paradoks.

(6)   Versifikasi, yaitu menyangkut rima, ritme, dan metrum. Rima adalah persamaan bunyi pada puisi, baik di awal, tengah, dan akhir baris puisi. Rima mencakup (1) onomatope (tiruan terhadap bunyi, misal /ng/ yang memberikan efek magis pada puisi Sutadji C.B.), (2) bentuk intern pola bunyi (aliterasi, asonansi, persamaan akhir, persamaan awal, sajak berselang, sajak berparuh, sajak penuh, repetisi bunyi [kata], dan sebagainya [Waluyo, 187:92]), dan (3) pengulangan kata/ungkapan. Ritma adalah tinggi rendah, panjang pendek, keras lemahnya bunyi. Ritma sangat menonjol dalam pembacaan puisi.

About these ads

Komentar»

1. Abdul Malik Azir - 28 Juli, 2009

Terimakasih atas tulisan ini, semoga amal baik anda mendapat imbalan yang lebih banyak dari Tuhan.

meiliza fajriani - 10 Juni, 2011

amiennn

2. galih - 28 Agustus, 2009

semoga karya2x jadi lebih baik lagi……………………..

3. hery mulyanto - 2 September, 2009

TULISAN INI AKAN LEBIH LENGKAP DENGAN MENYERTAKAN CONTOH-CONTOH DALAM PUISINYA

4. Anggun aris tiawan - 6 Oktober, 2009

ThankZ?
Akh!rnya tugas kesusastraAnQ celesai?
Makasi wat penulis

5. nandra - 15 Oktober, 2009

aduh aQ terselamatkan dari tuga ssastra kuW ..
trimakasih buanyak buat penulis ,,,,,,,,, ~~~~~~~~!!!!!!!!!!!!!!1

6. malha - 18 Oktober, 2009

thanks……. aq NGK jd dmrhin guru dech…………………….!!!!!!!!!!!!!!!

7. rera - 24 Oktober, 2009

terimakasih informasinya..

ariq sulaiman - 24 Juli, 2011

iya tu

8. lala - 24 Oktober, 2009

apakah ada pemahaman unsur-unsur dalam puisi?

9. rojai82 - 26 Oktober, 2009

wah …. bagus banget ulasannya, komplit-plit-plit.
BTW makasih banged ya, to sangat berguna banget wat aku, palagi si ade nanyain mulu tentang unsur-unsur puisi, sekarang aku dah tau jawabannya.

10. May - 29 Oktober, 2009

Keren dehh , tambahin contoh.a donk kalo bs ..
hhe

11. Eva - 3 November, 2009

makasih artikelnya bantu Eva nyelesein tugas dari dosennnn…teruskan berbagi ilmunya….biar sama” pinter..hehehe

12. OneNk ManieEsSzz - 4 November, 2009

WaaaCChh….!!!! LengKab aBBbbiieeeZzz IsiNya. aQ jdy tmBh tau dEeech Ttg puiSi. Ma’aCih yyAaaCch….

13. anggun wahyu M - 7 November, 2009

top abiezZ Deh karya”nya ocy……………so pasti guru qwg’ ngomel”………….

14. rojai82 - 8 November, 2009

makasih atas informasinya yang bermanfaat ini.

15. Calon guru - 8 November, 2009

Bs d tambahin ttg kjelasan bhsa puisi gk ?
Soalnya lg perlu bnget penjelasannya !

Mkasih sbelumnya .

16. fatma seta - 10 November, 2009

makasih banget atas postan ini. berkat ini saya lebih terbantu dalam tugas saya.

17. zahra - 12 November, 2009

bisa tolong buatin contohnya..kalo bisa dalam bahasa Prancis,,thanks!

18. Adit - 22 November, 2009

makasih bwt semuanya……..

19. Gugum gumbira - 30 November, 2009

kalo bisa info tulisan yang diberikan harus dipertajam lagi. Tapi secara keseluruhan tulisan yang dimuat cukup baik. .

20. Olga apRilda - 3 Desember, 2009

Thx .
Uff sdkid slsay juga tugas qu

21. 9 Desember 2009 - 7 Desember, 2009

WaAahh thx baget ya bwt pnulis… Krena dah ngebantu saiia nyelesain tgas…

22. vee_r0n - 14 Desember, 2009

terims sudah merangkum semuanya hehehe.
berguna sekali untuk tugas sekolah.
terus berkarya ya bro :D

23. fauziah kurniati smanlee - 18 Desember, 2009

aduhhhhh.mksih bt bwt blog nee.dgn…….blog ini syagx susah2 bwad download yg lma i2 lho…..

24. andez - 25 Desember, 2009

klo boleh tau, referensi ato sumber-sumber bukunya apa ya?!

25. Prayogo - 4 Januari, 2010

Thanks for you information. . . . . Jd agk lega, karna bhan buat final test. Udh q bca. . . . .

26. wibek AE - 5 Januari, 2010

tengkyu beut mas….
orang baik dapat rejeki ukih beut….

27. achmad.zulfikar.ramdhani - 12 Januari, 2010

Terima kasih atas ilmu yang telah anda berikan kepada saya ……
karena anda pekerjaan saya menjadi lebih mudah….,
semoga amal baik anda dibalas oleh tuhan yang maha esa…..amien

28. tari - 16 Januari, 2010

lebih lengkap lagi dunk

29. IIS NURHASANAH - 21 Januari, 2010

Aslm maaf saya minta bantuan,bagaimana teknik-teknik membuat puisi beserta contohnya?

30. Miftahul Jannah - 29 Januari, 2010

wah…..
terima kasih atas bantuannya….
skarang saya dapat mengerjakan tugas dari guru saya…..

31. shela febri - 29 Januari, 2010

puisi adalah ungkapan inspirasi jiwa kita,puisi juga termasuk kegemaran saya

32. Asnawi - 4 Februari, 2010

Pembagian puisi menjadi struktur lahir dan batin tersebut menurut siapa? Kebanyakan yang ditanyakan dalam soal ujian adalah unsur instrinsik dan ekstrinsik.

33. donti - 7 Februari, 2010

maksih tugas nya lu selesai,,,…

34. endut - 9 Februari, 2010

thank’s for your information
good luck!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

35. blank - 9 Februari, 2010

smoga tambah pinter ya kk.

36. AnaK PuNk²an - 19 Februari, 2010

weleH” dari tadi udh 9 jam gak nemu” akHirnYA BOz ketemu jG TQ banGetZ y ….. klo isa tambahin macam macam puisi lama anD baru y…
TQ tq tQ Tq bangET ya…²ªkwkwkw asal nulis
ALT + 0 , 1, 7, 8 buat yang gak tau ALT nya di teken ya met nyoba,,

37. pian - 23 Februari, 2010

bguzz

38. linda kleri - 28 Februari, 2010

makasih banyak ya…..!!!? atas tulisannya, n moga2 amal you bisa diterima disisinya oce sobat…………………………………………..!!!!!?

39. inuel - 1 Maret, 2010

waow.. ini sangat bermanfaat buatku OM, trimakasih informasinya, dan ijin untuk menuyimpan dalam pikira hehehe

40. armin lotus - 4 Maret, 2010

mkasih bax atas smuax,,mga sya bsa mentrasoarx pd orang lain.

41. anggreku - 15 Maret, 2010

ass.
dari ulasan diatas sy mnemukan rima dan ritme, sedang sy masih mncari penjelasan tentang metrum………
senang bila kakak sudi membantu.

42. yenny - 22 Maret, 2010

waHHH..
TQ y aTs penjelasan di atass..
semoGa2 dpt bermanfaaat bagi semua oRgg

43. nadia - 24 Maret, 2010

tengkyuu..

wkwk :DD
membantu inii !

44. vrzda - 3 April, 2010

thanx.,.,.,

45. ozy nora - 9 April, 2010

thanks………..

46. iqbal - 16 April, 2010

trim’s y om smoga apa yg om tulis bisa bermanfaat bg kita smua

47. iin syah - 18 April, 2010

makasih tulisannya bermanfaat sekali
salam.. :-)

48. saefudin - 21 April, 2010

thanks atas segala informasinya tentang puisi semoga bermanfaat selalu buat semua orang, insya Allah akan dibalas oleh Allah SWT

49. LhiIendt gugst nGrtTy aLaiYst - 22 April, 2010

tHx vo rReqQ andT tHx vo InvRmssi’x e0

aqXx bTtuh BnenDt maT3r! nii3 bwaddt Tu9@zt ,

tugaZzt bHza Ind0neciiA .

hechHecH ,

sKaLiie uGgie mkKsiie SanNanDt :)

50. Theo - 22 April, 2010

Thank ya kak…
Tgs karya tls q slesai jg.
Kak aq py tips nie.gmana kalau di blog nie k2 namplin foto tokoh” puisi indnesia.pzti lbh byk yg buka sits ni.be 4 thank y

51. irma - 26 April, 2010

makasih za kak tugas q slesai berkat pean…

52. magdalena - 5 Mei, 2010

aaaaghstsfsft

meliawati - 5 Mei, 2010

apa an tuh artinya

53. muhammad maulana - 9 Mei, 2010

siapa yang bisa nolong gue gerjakan pr bi

54. Ardianz Ak - 30 Mei, 2010

Thanks yaa…………….
aq jd gak ribet-ribet cari pengertian tentang Puisi……………….

55. agung dias - 3 Juni, 2010

terimksih atas referensinya dpt membantu sy untk penylsaian skripsi

56. plump - 14 Juni, 2010

ahayy…! tulisannya T.O.P.Be.Ge.Te daah…thanks yw,,tugas rampung..jd gak lama” bingung,,

57. shita - 16 Juni, 2010

tengkyu ea??? bnr2 ngebantu tgs bgt!!

58. echa - 18 Juni, 2010

trimz artikelnya. ini sngat membantu.

59. krupukcair - 12 Juli, 2010

matur nuwunzz :idea:

60. zein ahmadi - 31 Juli, 2010

mungkin bisa dikasih contoh sekalian, mana yang dinamakan tema,amanat, suasana,ataupun rasa dalam sebuah puisi. biar kita-kita ini lebih mudah belajar tentang sastra indonesia.

61. syifa - 16 Agustus, 2010

trus…. unsur pembentuk
puisi yamg mana yaa?

62. Antique - 16 Agustus, 2010

Aslm.wr.wb.matur thank yo!mugi2 berkah,rahmad,taufik Alloh tansah pinaringan kagem kita sedaya.Amin.see u again!

63. putrii - 23 Agustus, 2010

kuranggg Lengkappp

64. Zenda hayu - 30 September, 2010

Tolong dunkz di lengkapi Contoh+ Pengertian biar pahamzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz BLZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

65. radinal - 3 Oktober, 2010

lengkap si…

tapi yang di cari ga da….

tapi thanks yo…

66. yeni - 16 Oktober, 2010

bingung yang bner yg mana???

67. Tata - 19 Oktober, 2010

terima kasih buat penulis…..
akhirnya tugas ku selesai jg…
thankz

68. anez laluciola - 25 Oktober, 2010

membantu bgt….bwt nyelesaiin tgas kuliah..

69. Pure - 25 Oktober, 2010

Terima kasih banyak ya…
Sm0ga ilmu ini berguna bagi kita semua..amien

70. nina rochainiyah - 13 November, 2010

t’rims..
insya’allah ilmu ini akan bermanfaat untukku dan juga yang lainnya….!

….AMIN….

71. utie kirei'na - 2 Desember, 2010

kenapa yaa,, pengertian puisi bermacam-macam dari para ahli??bisa tolong dibntu gx??
tnkz ^^

72. yucha dwistya - 18 Desember, 2010

hahhha……. thankks udah bntu cri informasinya,,,,

73. chika - 2 Januari, 2011

thankz…. bwt tulisanx ngenbantu buanget…

74. Imrat'zZ - 16 Januari, 2011

thank’s banget yaah..
bermanfaat sekalii..
smoga lebih sukses buat penulis artikel ini :)

75. asriani - 25 Februari, 2011

semoga berkarya lebih banyak lgi

76. aldian - 8 Maret, 2011

pak terimakasih ya semoga ini bermanfaat bagi kita semua Amiun yarobbal Alamin

77. aviva.yuniar - 17 Maret, 2011

thx maw tana qlo struktuur lahir beda gug ma struktur fisik

78. Dhewie melathi - 14 April, 2011

thank’s yach coz sda membantu menyelesaikan tugas makalaq…..

79. rianz - 19 April, 2011

kq gag ada dapusnya ??

80. Acha - 22 April, 2011

mKAsih atAz iNformasi y………..
iNformasi inI sNgt bErguNa bUat qU…………

81. intan - 6 Mei, 2011

pak minta lampiran daftar pustakanya dong…
soalnya saya mau tahu sumber nya…
makasih ya pak…..
isi blog’y bagus bgt..

82. lilik - 13 Mei, 2011

hah gitu aja

83. AriPerwiraCom - 31 Mei, 2011

Page 1 peringkat 2, Mantab nich ilmunya :-)

84. meiliza fajriani - 10 Juni, 2011

thank’s buat informasinya eo…………..

85. h3rimulyanto - 14 Agustus, 2011

mohon izin untuk di copi….makasih

86. Zailani - 10 September, 2011

PengerianPuisi nya tdk lengkap

87. nunu.zaenudin - 22 September, 2011

trimakasih untuk pengetahuanya

88. prapti handayani - 26 September, 2011

terima kasih pak…sudah sangat menolong saya..ijin ngopy ya pak

89. Ayu Fitriani - 12 Oktober, 2011

lEBIH BAIK Lagi apabiLa bagian.bagian puisi dan beberapa contoh dari unsurnya itu juga ada

90. karlina verani - 12 Oktober, 2011

alhmdulillah cukup bermanffat dan mmbantu meringankan tugas sya. trimakasih :)

91. ririn - 5 November, 2011

tolong share tentang struktural dan makna drama.
merci beaucoup.

92. aminah - 7 November, 2011

makasih pengetahuannya

93. raode putri - 8 November, 2011

mAkasih yahk….!!
Ats tlsan nh3….
krn bisa mrgank’n tgas sya sbgai pelajar…..!!
Tenks….!!
Mator suwon…!!
Shye-shye’…!!
Mkasih…!!

94. habibi - 10 November, 2011

terimakasih atas informasinya, yaa…,,!!!!??

95. gunk carlos - 14 November, 2011

terima kasih atas informasi ini dan semoga bsa bermanfaat bagi semua

96. r@manpesismis - 18 November, 2011

sangat membantu dalam mengerjakan tugas

97. Yan ahmad Fachryyanto - 19 November, 2011

terima kasih info nya kakak semoga bermanfaat untuk semua…

98. dedi herdiana - 29 November, 2011

terima kasih banyak ilmu dan tulisannya, semoga dimurahkan dan berkah rizkinya

linda - 14 Desember, 2011

amiennnn

99. linda - 14 Desember, 2011

terima kasih…

100. Christine Laurensia - 8 Januari, 2012

Wah lumayan nih buat tugas skolah .. Tugas slama liburan sya ini membuat puisi beserta kata pengantar dan daftar isi .. Ada beberarapa informasi yang saya ambil .. Terima ksih .. Skrng , tugas saya menjadi ringan .. Apalagi saya masih siswa SMP klz 9 .. Hruz slalu bljr membuat puisi yang bagus nih .. Terima ksih ya ..

101. dhina_^^ - 16 Januari, 2012

thank’s infonya :))

102. m3duk 51nam0 - 1 Februari, 2012

sekali lagi makasihhhhhhhhhhhhhhhhhhh

103. poespa kyukyu - 14 Februari, 2012

makasih ya…… (?)
krna hal ini tugas sekolah saya dapat terselesaikan..
sekali lg makasih.. :)

104. riski - 21 Februari, 2012

makasih ya infonya :D

105. nur - 15 Maret, 2012

terima kasih

106. erna - 2 April, 2012

huhhh…..
tugas selesai ,hatipun tenang ….

makasih iaaaaaaa……..

107. Pembahasan Puisi - 5 April, 2012

Pembahasan puisi dan unsur-unsurnya lengkap, terima kasih

108. isty - 28 April, 2012

terimakasih ya…
sangat bermanfaat

109. NUR AMALIA - 3 Mei, 2012

penjelasannya lengkap dan jelas
kereeeeeeeeennnn………

110. PUISI | islamkubaik - 7 Juni, 2012

[...] Puisi : Pengertian dan Unsur-unsurnya 27 Juli, 2009 [...]

111. Puisi : Pengertian dan Unsur-unsurnya « sayangbahasaindonesia - 11 Juni, 2012

[...] Puisi : Pengertian dan Unsur-unsurnya 27 Juli, 2009 [...]

112. Kelvin - 13 Juni, 2012

makasih atas semuanya

113. famo ndroeroe - 1 Agustus, 2012

terimakasih mas. semoga blog bermanfaat !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

114. vikram ahmed - 29 Agustus, 2012

bagus banget gan
saya bisa mengerjakan tugas dari guru saya

115. Aank Budi Santoso - 3 September, 2012

ThankZ?
Akh!rnya tugas kesusastraAnQ celesai?
Makasi wat penulis

116. PROPOSAL SKRIPSI | aannurefendi - 11 September, 2012

[...] sumber (https://abdurrosyid.wordpress.com/2009/07/27/puisi-pengertian-dan-unsur-unsurnya/) mengemukakan Karya sastra secara umum bisa dibedakan menjadi tiga: puisi, prosa, dan drama. Secara [...]

117. diedhin ariestaa - 25 September, 2012

TERIMA KASIH :D

118. aa - 26 September, 2012

Makacih banyak…….lumayan dapat buat tambahan bahan ngerjain bab 2 he…………….

119. reskha andistha - 2 Desember, 2012

Thanks info nya,,,,

120. icha - 14 Desember, 2012

waaahhh,,,
thankz ya bwt penulis,,
akhir’a bisa ngerjain tugas ne…

121. Heny rosidayanti - 6 April, 2013

Tentang puisi beserta rima dan ritma

122. refinadjha - 19 Mei, 2013

semoga jawabannya betul soal nya ini pr

123. M.Ridho S - 7 Juni, 2013

Terima Kasih Atas Penjelasan ini

124. nia - 3 September, 2013

syukron,bermanfaat sekali

125. chepslalusyankdhe - 8 September, 2013

hatur nuhun nya ayena sim kuring tiasa ngerjakeun tugas na.

126. Devi Risdiyana - 9 September, 2013

Terima kasih yah, atas artikelnya.
ini sangat bermanfaat banget

127. Heni Fatmayanti - 12 September, 2013

makasih :D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D:D

128. novia hamida - 16 Desember, 2013

puisi berasal dari negara mana???

129. rahmadiana putri - 7 Februari, 2014

kurang lengkap informasi tentang unsur unsur puisi dll


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: