jump to navigation

Tips Memilih Ponsel 15 Agustus, 2008

Posted by abdurrosyid in Yang Serba Mobile.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Hare gene gak punya hp? Bukan cuma iklan, ungkapan ini memang ada benarnya. Ponsel sekarang ini telah menjadi kepunyaan hampir semua orang. Sebagaimana umumnya produk teknologi yang semakin murah ketika semakin populer, demikian pula halnya dengan ponsel. Dulu ponsel memang termasuk barang mahal. Tapi sekarang, hanya dengan 300 ribu sudah dapat hape bagus. Bahkan ada yang cuma 90 ribu. Belum lagi kalau second, bisa lebih murah lagi.

Meski demikian, ada pula hape yang harganya jutaan rupiah. Lalu bagaimana kita memilih hape, agar dapat yang bagus dengan harga yang serendah mungkin? Berikut ini beberapa hal yang seyogyanya dijadikan bahan pertimbangan.

1. Harga

Tentu saja, makin murah makin bagus. Namun harga yang bagus biasanya juga diikuti dengan kualitas dan performa yang bagus pula. Yang penting adalah, kita bisa memilih ponsel sesuai kebutuhan kita. Jangan sampai kita membeli ponsel yang terlalu canggih, yang dengan demikian juga terlalu mahal, namun kita tidak memerlukannya atau tidak bisa memanfaatkannya. Jangan sampai orang beli hape 3.5G yang dilengkapi dengan fasilitas video call namun dia sama sekali tidak menggunakannya untuk internetan maupun video call. Jadinya mubadzir deh. Kalau memang seseorang hanya butuh hape yang bisa sms dan telepon saja, hape yang murah pun sudah cukup untuk keperluan itu. Jadi nggak perlu yang mahal.

2. Teknologi yang didukung

Kalau Anda perlu hape yang bisa untuk internetan, Anda harus membeli hape yang punya fasilitas untuk itu. Selanjutnya, Anda harus pula menentukan berapa kecepatan transfer data yang Anda butuhkan. Sebaiknya minimal Anda memilih hape yang mendukung teknologi GPRS, karena biaya transfer datanya secara umum lebih murah. Kalau Anda pingin bisa video call atau nonton televisi secara online, tidak bisa tidak hape Anda minimal harus mendukung teknologi 3G. Tapi kalau Anda hanya ingin memfungsikan hape Anda untuk telepon dan sms saja, Anda sebetulnya tidak perlu hape yang mendukung teknologi internet. Harganya sudah pasti lebih murah.

3. Dukungan perangkat keras

Kebanyakan hape kelas menengah sekarang ini hampir pasti dilengkapi dengan kamera. Mulai dari kamera VGA sampai dengan kamera 5 megapixel, atau bahkan lebih. Dengan kamera, kita bisa mengambil gambar kapan saja dan dimana saja. Bahkan tidak hanya sebatas mengambil foto, Anda juga bisa merekam video. Pilihlah kamera seperti apa yang Anda butuhkan. Secara umum, kamera 2 megapixel sudah bagus hasilnya. Pilih pula yang berlampu flash bagus.

Yang juga perlu Anda perhatikan adalah memori internal. Lalu, pastikan pula apakah hape yang hendak Anda pilih mendukung memori eksternal. Jika ya, berapa gigabyte batasan memori eksternalnya. Dengan dukungan memori eksternal, Anda bisa menyimpan data yang besar dalam hape Anda. Terlebih lagi jika memori eksternal tersebut berkapasitas besar.

Selanjutnya, telitilah pula konektivitas hape yang Anda minati. Apakah hape tersebut hanya bisa terkoneksi dengan perangkat lain melalui kabel USB saja? Ataukah mendukung pula koneksi bluetooth atau bahkan infra merah? Apakah juga ada terminal TV Out-nya? Ini penting untuk nantinya Anda bisa mentransfer data dari dan ke hape Anda.

Yang mungkin juga menjadi pilihan Anda adalah hape yang dilengkapi dengan radio receiver. Tidak semua hape dilengkapi dengan perangkat ini. Karena itu, pastikan perangkat ini ada dalam hape Anda jika Anda memang benar-benar menginginkannya.

4. Fitur-fitur yang disediakan

Perhatikanlah fitur-fitur apa saja yang tersedia dalam hape Anda. Tidak hanya tersedia tidaknya, namun juga sejauh apa fitur-fitur itu disediakan. Beberapa fitur yang mungkin ada pada sebuah ponsel adalah buku telepon (phonebook), sms, mms, email, jejak panggilan (call log), pemutar mp3, pemutar mp4, perekam suara, web browser, permainan, jam, alarm, kalkulator, stopwatch, kalender, reminder, notepad, dan sebagainya.

Perhatikanlah fitur phonebook yang disediakan. Berapa banyak entri alamat yang bisa ditampung. Demikian pula kotak masuk dan kotak keluar pesan, berapa banyak yang bisa disimpan. Demikian pula fitur-fitur yang lainnya mesti pula Anda cermati.

5. Dukungan terhadap aplikasi baru

Akan sangat bagus jika hape Anda mendukung aplikasi Java atau yang semacamnya. Dengan dukungan Java misalnya, Anda bisa menginstal berbagai macam aplikasi yang sangat bermanfaat seperti html web browser, instant messenger, al-qur’an digital, kamus digital, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Penampilan

Tentunya yang juga tidak boleh Anda lupakan adalah penampilan hape Anda. Apakah Anda suka yang berbentuk candybar, yang bisa dilipat, atau yang bisa digeser. Begitu pula apakah Anda suka yang pakai layar sentuh, ataukah Anda cukup dengan yang serba tombol saja.

Begitu pula dimensi, bentuk, berat dan warnanya. Lebih detail lagi, lebar layarnya, bentuk keypad-nya dan sebagainya. Pilihlah yang benar-benar Anda sukai.

Tugas Anda adalah memperhatikan keenam hal diatas, untuk selanjutnya memilih yang paling cocok untuk Anda. Selamat memilih…

Komentar»

1. Tips PDA - 23 Agustus, 2008

Tips nya Ok punya mas Rosyid, selain itu harga membawa rupa. Maksudnya dengan harga yang tinggi maka kualitas dan fasilitas HP yang didapat akan tinggi juga, betul?

2. abdurrosyid - 23 Agustus, 2008

Tentu saja. Namun untuk kelas yang sama, kadang antara satu merek dengan merek lainnya ada sedikit selisih harga. Nah, selisih harga itulah yang kita cari. Lumayan kan selisih uangnya, bisa untuk beli yang lainnya.

3. braquiplan - 20 Mei, 2010

hehe, tapi terkadang klo hp nya banyak aplikasi jadi pengen main hp terus, bs lupa maw ngerjain apa, tapi tips nya bagus, siiipp


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: