jump to navigation

Bikin HP Makin Bermanfaat dengan Aplikasi Java 16 Agustus, 2008

Posted by abdurrosyid in Yang Serba Mobile.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

JIka hape Anda mendukung aplikasi Java, bersyukurlah. Anda bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi yang bermanfaat, untuk diinstal pada hape Anda. Saya sendiri telah menginstal aplikasi Qur’an reader (mushaf Al-Qur’an digital) pada hape saya. Dengan aplikasi ini, saya jadinya bisa membaca Al-Qur’an kapan dan dimana saja, meski ketika tidak sedang membawa mushaf. Disamping itu, saya juga telah menginstal aplikasi kamus Inggris – Indonesia ‘Dictionary Versi 2.7’. Juga kamus Arab – Indonesia Inggris ‘Al-Morafiq’, yang meski entrinya masih terbatas, namun sudah lumayan membantu.

Hape saya sebetulnya hanya disertai web browser xhtmal alias wap. Dengan browser itu saya hanya bisa mengakses halaman web wap saja, padahal tidak semua website punya versi wap. Namun saya kemudian menginstal sebuah aplikasi Java yang bernama Opera Mini. Ini adalah sebuah web browser yang bisa membaca html. Jadinya, sayapun bisa browsing internet pake hape dengan leluasa sebagaimana browsing pake laptop atau PC. Hebat kan? Bisa browsing kapan dan dimana saja! Ketika sedang menunggu seorang teman, atau menunggu dalam sebuah layanan atau antrian, kita bisa memanfaatkan waktu dengan browsing internet. Luar biasa…

Saya juga telah menambahkan pada hape saya aplikasi eBuddy. Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan instant messaging yang meliputi Yahoo Messenger (YM), GTalk, MSN dan AIM. Hebatnya, semuanya hanya dilakukan dengan satu login saja. Jadi, dengan hanya sekali login, kita sudah bisa berkomunikasi dengan buddy alias kontak yang kita punya, baik pengguna YM, Gtalk, MSN, maupun AIM. Walhasil, dengan adanya aplikasi ini kita bisa melakukan chatting alias ngobrol dan berdiskusi kapan dan dimana saja. Fantastis kan?

Tidak lupa saya juga menginstal pada hape saya aplikasi adzan, yang akan mengumandangkan adzan pada setiap waktu-waktu sholat. Setting jadwal waktu sholat, suara muadzin, dan sebagainya bisa diatur sesuai dengan yang kita inginkan. Bagus sekali kan?

Berbagai macam aplikasi Java yang lain juga masih banyak. Anda tinggal mencarinya di internet, lalu Anda unduh untuk kemudian Anda instal pada hape yang Anda punya. File penginstal aplikasi Java terdiri dari dua macam: jar dan jad. Kadang Anda bisa mendapati kedua-duanya telah siap, sehingga Anda tinggal menginstalnya begitu saja. Namun kadang-kadang juga hanya tersedia file jar-nya saja. Jika demikian, Anda memerlukan aplikasi jad maker, yang akan meng-create file jad untuk file jar yang Anda punya. Mudah kan? Oh ya, kalau mengunduh file penginstal aplikasi Java, pastikan Anda memilih file yang cocok dengan merek dan tipe hape Anda.

Sebetulnya dukungan Java pada hape tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menginstal aplikasi. Kita juga bisa menginstal game-game yang kita suka. Hanya saja saya berpesan, kalaupun Anda menginstal game pada hape Anda, pastikan game itu adalah game yang bermanfaat.

Selamat ber-Java ria. Semoga hape Anda makin bermanfaat…

Komentar»

1. Brian Jones - 22 Agustus, 2008

Yg nyebelin aku beli hp cina krna ingin dual simcard n ada tv-nya trus ada java-nya juga.. tp ternyata tdk tdk banyak aplikasi java yg suport hp tsb.. AAARGH… jengkel deh gue…

2. abdurrosyid - 23 Agustus, 2008

Memang yang saya tahu, untuk masing-masing merek dan tipe hape ada installer aplikasinya (jad dan jar-nya) sendiri-sendiri. Coba aja berkunjung ke GetJar.com, siapa tahu merek dan tipe hape Anda ada disana. Kalau ada, tinggal diunduh aja, lalu diinstal.

3. supris - 27 Agustus, 2008

cara install nya gimana kang???pengen yang quran neh…trus dapat softwareny dimana?

4. abdurrosyid - 3 September, 2008

Dapat softwarenya di http://www.GetJar.com. Pilih device (merek dan tipe hape) Anda, lalu cari aplikasi yang Anda inginkan. Cara instalasinya bisa jadi tergantung hape apa yang Anda pakai. Search saja di Google. Ketik kata kunci misalnya ‘install java application’ dan tipe hape Anda.

5. ngeblog dg hp - 3 Oktober, 2008

salam mas, memang, hanya dg hp java kita bisa melakukan sgl hal, bahkan untuk membuat blog, ya kan mas?

6. ngeblog dg hp - 3 Oktober, 2008

mas, aplikasi al-morafiq arab-indonesia kita bisa download dimana?

barusan sy cari di google dan getjar, tp yang dapat cuma versi ingris-arab.

atau kalo g’keberatan, mas kirim aja ke emailku zahroel@fuadi.co.cc
terima kasih, ini kunjungi pertama saya ke blog ini, moga blog ini tambah rame.

7. AGUS - 4 Oktober, 2008

pengen java yang adzan mas gimana tlong bgt.

8. abdurrosyid - 5 Oktober, 2008

Al-Morafiq memang Inggris-Arab. Kalau yang Arab-Indonesia, saya belum tahu. Maaf, saya salah tulis diatas. Maksud saya Arab – Inggris, bukan Arab – Indonesia.

9. abdurrosyid - 5 Oktober, 2008

For AGUS: Cari aja di http://getjar.com. Insyaallah aplikasi adzannya ada disitu.

10. rizki - 29 Oktober, 2008

Yup, aku juga dah coba macam2 aplikasi java (gratis), tapi untuk kamus indonesia-inggris, inggris-indonesia ga ada yang gratis ya? untuk adzan juga..

11. ris3 - 3 Februari, 2010

eh,gmn sh instal jav untuk hp cina ato hp n95 plsu!

12. iyasmasivers - 1 September, 2011

mas kalo hpku gak support java
gimana ya,..!?
bisa dipasang java apa nggak,..??
kalo bisa gimana caranya,..
maaf saya awam

13. Abu 'Abdillah 'AbdulQodir - 9 Februari, 2012

bagus banget nih infonya

14. zami - 22 Maret, 2012

hin nyebelin bgt,,ada java ya sih tapi ga bisa download apa2,java ya tidak berfungsi

15. reza zul - 26 Januari, 2014

beralih dari java ke android


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: