jump to navigation

Cara Bernafas dalam Renang Gaya Bebas 2 Juni, 2008

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Diantara empat gaya renang yang ada (gaya dada, gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung), yang paling sulit cara bernafasnya adalah gaya bebas. Dalam gaya dada dan gaya kupu-kupu, bernafas bisa dilakukan dengan mudah karena ada saat dimana kepala kita seluruhnya berada diatas permukaan air. Bernafas dalam gaya punggung juga tidak sulit karena kepala dan tubuh kita menghadap dengan bebas ke arah langit. Adapun dalam gaya bebas, kepala kita tidak boleh sepenuhnya menyembul dari permukaan air. Inilah yang menjadikan bernafas dalam gaya bebas terasa lebih sulit.

Namun jika sudah biasa, tidak akan ada lagi hal yang sulit. Mengambil (menghirup) nafas dalam gaya bebas kita lakukan semenjak 2/3 kayuhan tangan kita, dan kita akhiri pada saat tangan kita kembali masuk kedalam air. Kita ambil contoh mengambil nafas ke sisi kiri. Pada saat kayuhan tangan kiri kita sejajar dengan dada, akan timbul gaya angkat pada sisi kiri tubuh kita. Akibatnya, tubuh pun akan miring menghadap ke sisi kiri. Pada saat itulah kita mulai mengambil nafas. Dan kemiringan tubuh kita dengan sendirinya akan membantu wajah kita untuk bisa menyembul keatas permukaan air dengan mudah dan alami.

Pada saat wajah Anda kembali terbenam kedalam air, keluarkanlah udara dengan santai dari hidung Anda. Ini akan menimbulkan gelembung-gelembung air yang keluar dari hidung Anda.

Lalu kapan kita mengambil nafas? Untuk renang jarak jauh semisal 1500 meter, beberapa perenang hebat seperti Grant Hackett mengambil nafas setiap dua kayuhan sekali. Ini artinya hanya berselang satu kayuhan saja, dan karenanya bernafasnya pun hanya ke satu sisi saja: ke kiri saja atau ke kanan saja.

Namun ada juga beberapa perenang yang mengambil nafas setiap tiga kayuhan sekali. Ini artinya pengambilan nafas akan dilakukan bergantian ke kiri dan ke kanan. Cara bernafas seperti dikenal sebagai bilateral breathing. Lalu mana yang lebih baik antara mengambil nafas ke satu sisi saja atau mengambil nafas ke dua sisi secara bergantian? Jawabannya, suka-suka Anda. Lakukanlah yang menurut Anda lebih rileks, santai, nyaman dan cocok untuk Anda. Jadi yang terpenting, Anda merasa nyaman ketika bernafas.

Meski demikian, banyak perenang sprint gaya bebas (50 meter atau 100 meter) yang berusaha semaksimal mungkin untuk menahan nafas mereka selama balapan. Mereka hanya mengambil nafas ketika betul-betul memerlukannya. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi pengurangan kecepatan yang biasanya terjadi ketika seorang perenang gaya bebas sedang mengambil nafas.

> Untuk mengetahui gerakan tangan pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui teknik berenang gaya bebas yang lebih sempurna, klik disini. Dan untuk mengetahui cara berenang gaya bebas yang efisien, klik disini.

About these ads

Komentar»

1. realylife - 9 Juni, 2008

berguna sekali buat saya yang baru belajar berenang ini
makasih

2. budi - 15 Juni, 2008

Terima kasih. Saya sedang belajar renang nih, mudah-mudahan saya bisa.

bob omus moera - 24 Mei, 2011

oooo

3. antho - 20 Juni, 2008

Gimana caranya tehnik renang yang bagus dan benar… Kalo bisa sama main volley ball.

4. abdurrosyid - 24 Juni, 2008

Umumnya sama main polo air, bukan bola voli.

5. rangga - 30 Juli, 2008

Makasih atas tata caranya, ni sngt membntu saya yg sdng belajar renang.

6. asep - 15 Agustus, 2008

Bagaimana cara berlath gaya bebas yan benar (sudah bisa meluncur, gaya bebas sembarangan).

abdurrosyid - 13 Juni, 2009

Silakan search aja di blog ini dengan kata kunci “gaya bebas”. Akan tampil tulisan saya yang cukup banyak tentang bagaimana melakukan renang gaya ini.
Untuk berlatih gaya bebas, sudah betul dimulai dengan meluncur. Selanjutnya latihlah gerakan kakinya. Meluncurlah dengan gerakan kaki tersebut.
Kalau sudah bisa, tinggal melatih gerakan tangannya. Ini yang lebih sulit. Gimana gerakan tangan gaya bebas yang benar, silakan baca artikel saya. Kombinasikan gerakan kaki dan gerakan tangan. Jangan lupa pula body rolling-nya.
Dalam gaya bebas, saya bisa katakan 85 persen propulsi (gaya dorong) berasal dari gerakan tangan.
Terakhir, latihlah cara bernafas yang benar dan cocok buat Anda.
Selebihnya, terus berlatih dan berlatih untuk semakin menyempurnakan teknik dan meningkatkan efisiensi serta kecepatan Anda.
Selamat mencoba!

7. Dedex - 29 September, 2008

Kemarin pas berenang saya tenggelam,sekarang saya mau tanya gimana carana berenang biar nggak tenggelam?

abdurrosyid - 13 Juni, 2009

Belajar aja dulu biar nggak tenggelam di air alias ngapung. Habis itu baru belajar renang. He he.
Oke, biar nggak tenggelam di air, satukan diri dengan air. Bertemanlah seakrab mungkin dengan air. Jadikan air sebagai habitatmu.
Gerak-gerakkanlah tangan dan kaki Anda seefisien mungkin. Santai saja. Anda berada di tahap awal. Teruslah berakrab-akrab dengan air. Kalau Anda kelak telah menyatu dengan air dan menjadi perenang yang handal, maka Anda tidak akan lagi berenang untuk terapung. Terapung adalah kondisi default Anda ketika berada di air. Terapung adalah keniscayaan. Ketika itu, tujuan Anda berenang adalah untuk menjadi torpedo, yang bisa meluncur dengan cepat menyibak partikel-partikel air.

8. cune - 3 Oktober, 2008

apa pengertian renang gaya bebas?

abdurrosyid - 13 Juni, 2009

Renang gaya bebas adalah renang dengan gaya apa saja, sehingga disebut bebas. Hanya saja, dalam prakteknya, untuk gaya bebas orang hampir selalu menggunakan gaya front-crawl atau disebut juga gaya over-arm. Gaya ini ya sebagaimana yang biasa kita lihat disebut gaya bebas itu.
Gaya-gaya yang lain selalu ada pakemnya. Melanggar pakem itu akan kena diskualifikasi. Kalau gaya bebas nggak ada, namanya juga bebas. Tapi pada beberapa jenis perlombaan, saya dengar bahwa gaya bebas itu artinya kita nggak boleh memperagakan gaya kupu-kupu, gaya dada, atau gaya punggung.

9. Idan - 9 Oktober, 2008

thanx bwat smuwa explanationnya?!
tlong dong minta penjelasan tentang pemanasannya beserta gambarnya?!
ditunggu ya ?!

terimakasih …….

abdurrosyid - 13 Juni, 2009

Pemanasan apa maksudnya? Mungkin bisa pake kompor biar panas, he he.
Pemanasan sih biasa aja. Bisa lari-lari ringan dulu beberapa saat. Dilanjutkan dengan peregangan untuk seluruh bagian tubuh, dari kepala ke kaki, atau dari kaki ke kepala. Caranya kayaknya sudah jamak diketahui, intinya meregangkan otot-otot tubuh kita biar terkondisi sebelum ‘dibebani’. Dan yang penting, sewaktu peregangan jangan terlalu memaksakan diri. Santai saja. Oke?

10. zac - 24 Oktober, 2008

aku mau nanya, bagaimana caranya gaya kupu 2 dan berserta teorinya

abdurrosyid - 13 Juni, 2009

Untuk Zac:
Tentang renang gaya kupu-kupu, saya sudah nulis dengan judul Berenang Gaya Kupu-kupu.

Ridwan Purnama - 7 November, 2010

Gaya Dolphin Kick
1. Gerakan tubuh (latihan statis dan dinamis)
a. Mulailah tangan memegang pinggir tembok dan kaki berpijak pada tembok dasar di sudut pinggir kolam. Tubuh dan kaki pada posisi awal harus lurus.
b. Tubuh dan kaki lurus, tangan, serta tembok membentuk segitiga.
c. Gerakanlah tubuh seperti gerakan peristaltic ke depan dan belakang.
d. Fokuskan tenaga pada perut dan tungkai kaki serta dada harus lentur seperti gerakan peristaltik.
e. Kemudian peganglah tembok dengan kedua tangan lurus dan rapat tubuh sejajar dengan permukaan air.
f. Gerakanlah tubuh seperti gerakan peristaltik ke bawah dan ke atas.
g. Ketika gerakan ke bawah kepala ikut ke bawah dengan dagu menyentuh dada. Kamu akan merasakan kedua kaki akan ke atas permukaan air.
h. Ketika tubuh digerakan ke atas berbarengan dengan dorongan kepala ke atas, kemudian tendang kaki ke bawah dengan tenaga berfokus di tungkai. Lutut juga sedikit menekuk dan bantu juga dengan kedua telapak kaki.
i. Tubuh harus lentur dan bertenaga.
j. Kemudian mulailah dari meluncur telungkup under water kemudian gerakan tubuh dan bantu dengan kaki.
Keterangan:
• Ada kombinasi gerakan antara tungkai, perut, dan dada.
• Pelatih harus melihat majunya tubuh dari gerakan peristaltik tubuh, bukan hanya dari gerakan lecutan kedua kaki.

2. Gerakan tubuh dan nafas
a. Kemudian mulailah dari meluncur telungkup under water kemudian gerakan tubuh dan bantu dengan kaki.
b. Gerakanlah tubuh seperti gerakan peristaltik ke bawah dan ke atas.
c. Ketika gerakan ke bawah kepala ikut ke bawah dengan dagu menyentuh dada. Kamu akan merasakan kedua kaki akan ke atas permukaan air.
d. Ketika tubuh digerakan ke atas berbarengan dengan dorongan kepala ke atas, kemudian tendang kaki ke bawah dengan tenaga berfokus di tungkai. Lutut juga sedikit menekuk dan bantu juga dengan kedua telapak kaki.
e. Tubuh harus lentur dan bertenaga.
f. Bentuklah gelombang, dengan satu gelombang atau gerakan tubuh dua kali cambukan kaki.
g. Cambukan pertama pelan dan cambukan yang kedua keras untuk membantu dalam pengambilan nafas.
h. Setelah melakukan satu gelombang dan dua cambukan bernafaslah.
i. Setelah kepala melakukan pernafasan kepala kebawah lagi untuk melakukan gelombang lagi.
Keterangan:
• Latihan dibantu dengan pelampung seluncur.
• Peada awal latihan pelatih membantu menggerakan naik turun tubuh.

3. Gerakan tubuh dan gerakan tangan kanan
a. Lakukanlah gerakan tubuh dengan satu gelombang dan dua cambukan.
b. Setelah melakukan cambukan yang keras tubuh akan merasakan ke atas.
c. Pada saat itu tariklah dan dorong tangan kanan ke bawah tubuh sampai ke belakang untuk membantu kepala ke atas dalam mengambil nafas.
d. Setelah mengambil nafas cepat kepala masuk ke bawah permukaan air diikuti dengan tangan kanan dijulurkan ke depan.
e. Setelah itu bentuklah gelombang lagi dan seterusnya.
Keterangan:
• Latihan menggunakan pelampung seluncur.
• Pelatih memegang pelampung dan melihat gerakan untuk mengoreksi apabila ada kesalahan gerakan.

4. Gerakan tubuh dan gerakan tangan kiri
a. Lakukanlah gerakan tubuh dengan satu gelombang dan dua cambukan.
b. Setelah melakukan cambukan yang keras tubuh akan merasakan ke atas.
c. Pada saat itu tariklah dan dorong tangan kanan ke bawah tubuh sampai ke belakang untuk membantu kepala ke atas dalam mengambil nafas.
d. Setelah mengambil nafas cepat kepala masuk ke bawah permukaan air diikuti dengan tangan kiri dijulurkan ke depan.
e. Setelah itu bentuklah gelombang lagi dan seterusnya.
Keterangan:
• Latihan menggunakan pelampung seluncur.
• Pelatih memegang pelampung dan melihat gerakan untuk mengoreksi apabila ada kesalahan gerakan.

5. Kombinasi dengan satu gelombang dua tendangan.
a. Lakukanlah gerakan tubuh dengan satu gelombang dan dua cambukan.
b. Setelah melakukan cambukan yang keras tubuh akan merasakan ke atas.
c. Pada saat itu tariklah dan dorong kedua tangan ke bawah tubuh sampai ke belakang untuk membantu kepala ke atas dalam mengambil nafas.
d. Setelah mengambil nafas cepat kepala masuk ke bawah permukaan air diikuti dengan kedua tangan dijulurkan ke depan.
e. Setelah itu bentuklah gelombang lagi dan seterusnya.
Keterangan:
• Pelatih mengoreksi gerakan kombinasi jika terjadi kesalahan.

11. lola - 3 November, 2008

makasih artikelnya bwat makalah yang udah saya bwat

12. revostt - 10 November, 2008

nice post, sangat berguna

13. hirman - 11 November, 2008

aku mau berbagi info renang neh…
Akademi-renang.com mempunyai instruktur pengalaman dalam memberikan pelajaran berenang, profesional, sabar, ramah, dan menyenangkan. Program kursus berenang one on one dan group yang tidak lebih dari 6 orang untuk 1 kelas terbukti berhasil. Itu terdiri atas kelas berenang anak-anak atau orang dewasa, wanita dan juga untuk individu siapa saja yang ingin menyempurnakan teknik berenang yang berbeda, atau bahkan untuk persiapan untuk Perlombaan nasional, seperti Pekan Olahraga Nasional(PON) maupun Sea Games.
What are the Benefit to Swim With Us?
You Will Learn To Swim in the Shortest Time
Friendly, Professional and Certified Swimming Coaches
You Can Choose Your Own Swimming Lesson Time And Location
You will learn Step by Step without Stress.
You can request for intensive swimming lesson.
You Will Learn To Tread Water, Plunge, Dive, Float, And Many More

Swim For Your Health, Fun, Relax and Distress….

Infomasi : telp : 021 6879 5789

Ridwan Purnama - 7 November, 2010

Boleh Ridwan minta no hpnya?

14. ali - 12 November, 2008

Saya ngak bisa berenang,tetapi pingin bagaimana tahap awalnya biar ngak kelelep

15. ajay - 15 November, 2008

klo nyari sertifikat pelatih renang tingkat dasar dimna yach?

16. kiko - 30 November, 2008

gimana cara bisa ngapung ya?

17. Chandra - 1 Desember, 2008

assalamualaikum Mas Rasyid,
terima kasig infonya bab renang.
Hal itu membantu sekali,

Mas kalau membuat blog yang bagus itu caranya bagaimana?
terima kasih.
Assalamualaikum,

18. afandy - 1 Desember, 2008

saya mau dalam anda menampilkan bermacam-macam renang anda harus menaru juga teknik-teknik renang dalam banyak gaya tersebut

19. emon - 4 Desember, 2008

emon nih
maw tanya???? gimana ciyh cara ngilangin perasaan takut low mo renang??? czz low gue liat aer bawaannya takut tenggelem ci…. bisa bantu gak? kasih coment donk dikit!!!!!!

20. lukman fauzi - 9 Desember, 2008

saya butuh contoh skripsi renang gaya bebas…bisa bantu gak?

21. Arnie - 11 Desember, 2008

Selamat siang…..

Saya pengin bisa mengapung didalam air cuma nafas saya belum bisa panjang ada trik2 biar bisa ngapung di air tidak dan trik2 biar nafas kita bisa panjang kalau kita renang.

Terima kasih sebelumnya.

22. yanti - 19 Desember, 2008

makasih berkat anda saya bisa bernafas panjang di dalam air ketika renang gaya bebas

abdurrosyid - 13 Juni, 2009

berkat saya? masak sih. anyway, saya ikut merasa senang.

23. yunpe - 20 Desember, 2008

tank banget informasinya…… tp dah lama q ga bisa renang lagi……..

abdurrosyid - 13 Juni, 2009

Gak bisa renang lagi? Berarti sebelumnya bisa renang dong. Setahu saya, kemampuan renang itu kayak kemampuan naik sepeda, nggak bakalan bisa ilang. Tapi kalo performance-nya sih emang bisa berkurang kalo lama nggak renang.

24. Salman - 23 Desember, 2008

Saya sdg program bljr brng. Secara teori gerakan sy sdh mngrti tp ketika dipraktekan sk bingung dan panik ktka ddlm air. Gmn crnya ya biar ga panik ktk melakukan grkn?

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Pertama, bikin diri akrab dengan air dulu, nyaman berada dalam air, nggak takut kepala atau wajah terendam air, nggak takut buka mata dalam air.
Kedua, lakukan gerakan renang perlahan-lahan. Fokus pada ketepatan teknik.
Ketiga, mulai dengan memfokuskan diri pada bagian-bagian kunci dari gaya renang tertentu. Kalo sudah bisa, tingkatkan lagi kesempurnaan tekniknya, demikian seterusnya.
Keempat, coba dan coba dan coba, jangan pernah menyerah.

25. Mohammad Taufik Ramadhan - 23 Desember, 2008

Aq disuruh bikin makalah. Ini aq jadiin resource yah???
Thank’s…

abdurrosyid - 25 Desember, 2008

Boleh. Semoga bermanfaat.

26. fery - 7 Januari, 2009

sy sudah bisa bergerak dalam air tapi saya takut klo tenaga saya habis di tengah2.bagaimana cara mengambang ?

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Mengambang bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan mendayung (sculling), yaitu dengan menggerak-gerakkan kedua telapak tangan membentuk angka 8. Lakukan dengan santai. Mendayung bisa dilakukan dalam segala macam posisi tubuh, tergantung kita.
Semoga sukses.

27. ismiy_hadi - 11 Januari, 2009

wah ternyata seperti itu ya cara bernafas ketika berenang dengan gaya bebas. tapi yang sering saya lakukan malah 4 kali kayuh baru ambil nafas. terasa berat seh, ndak pa pa tah?
thx infonya ya

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Ndak apa-apa kalo memang terasa nyaman. Tapi kalo terasa berat, coba setiap 3 kayuhan. Ini yang terbaik, karena bernafasnya akan bergantian ke kanan dan ke kiri, nggak hanya ke satu sisi.

28. anda - 20 Januari, 2009

Baru tau kalo gaya bebas ribet ngambil nafasnya, tapi kenapa yah gaya bebas ini yang paling sering dilakukan oleh para amatir????. Saya klo kelamaan renang terasa sakit en lemes, ujung2nya bengong di pinggiran kaya macan ompong. Cara berenag yang baik biar ga cedera organ dalam gimana ya?????

29. sandi - 26 Januari, 2009

Saya adalah seorang pemandu arung jeram dan untuk itu saya dituntut untuk menjadi perenang yang baik. Bagaimanakah cara berenang yang benar, khususnya di arus yang deras???

30. zuli - 6 Februari, 2009

mas bisa ajari saya tentang bagai mana agar gerakan tangan kita bisa lebih bagus setelah mengambil napas pada gaya bebas<?

31. deqz - 15 Februari, 2009

Apakah mengeluarkan nafas melalui hidung lebih efektif?

Mohon penjelasannya

Selama ini saya lebih sering berenang dengan gaya dada, terakhir kali jarak terjauh yg pernah saya tempuh adalah 2500 meter nonstop.

Dari pengalaman saya selama ini, nafas akan teratur saat kita berenang setelah jarak tempuh lebih dari 300 meter.

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Wah, saya nggak tahu nih jawabannya, karena saya sendiri nggak pernah coba cara yang lain. Saya sendiri kalo mengeluarkan nafas selalu lewat hidung, dan kalo ngambil nafas lewat mulut. Saya rasa itu bagus. Dan kalo saya lihat rekaman video beberapa perenang hebat, mereka ngeluarkan nafasnya dari hidung.
Kalo secara teori sih, ngeluarin nafas bisa lewat hidung, atau mulut, atau lewat kedua-duanya.

deqz - 27 Juni, 2009

Bisa jelaskan mengenai gerakan gaya kupu2? Maaf jika tidak sesuai dengan topik pembicaraan. Tq. Wslm.

32. dea - 17 Februari, 2009

Bagaimana cara mengembalikan lengan saat melakukan renang gaya bebas?

33. Febrianoor - 23 Februari, 2009

Saya kalo berenang gaya bebas nafasnya cuma bentar. Sedangkan gaya kupu-kupu nafas saya kuat, malahan renang saya lebih cepat gaya kupu-kupu daripada gaya bebas. Gaya bebas kan gaya paling cepat di dunia kenapa kalah dari gaya kupu-kupu saya?

34. yukhen - 19 Maret, 2009

Bagaimana pengaruh tungkai lurus pada luncuran renang gaya bebas?

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Wah, pengaruhnya besar. Dengan tungkai lurus, tubuh jadi streamline. Kalo tungkai semakin nekuk, tubuh jadi nggak streamline, sehingga tahanan air (drag) jadi lebih besar, mengurangi kecepatan luncuran dan kecepatan gaya dorong ke depan.

35. yukhen - 19 Maret, 2009

Bagaimana perbandingan hasil latihan gerakan tungkai dengan posisi badan menyamping dan badan telungkup terhadap hasil luncuran renang gaya bebas?

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Saya rasa kedua latihan tersebut sama-sama penting. Mungkin untuk pertama-tama, berlatih gerakan tungkai dengan badan telungkup dulu karena lebih mudah. Ini untuk melatih ketepatan teknik dan efisiensi gerakan tungkai.
Kalau ini sudah bisa, dilanjutkan dengan latihan gerakan tungkai dengan tubuh menyamping. Ini juga penting karena dalam gaya bebas ada body rolling, dimana gerakan tungkai juga harus menyesuaikan miringnya tubuh ke kiri dan ke kanan.

Ridwan Purnama - 7 November, 2010

hebat

36. YUDHA - 25 Maret, 2009

TOLONG DIKIRIMI CARA MELATIH RENANG UNTUK USIA ANAK 7-12 TH

37. wadi - 25 Maret, 2009

Oke banget mas. Untuk yang ingin cari tips renang untuk pemula, atau sharing sesuatu tentang renang mampirlah ke blog saya.Thanks.

38. Ridwan Purnama - 25 Maret, 2009

Makasih atas inspirasinya. Mudah2an Ridwan menjadi lebih baik lagi dalam melatih renang. Ridwan dari Bandung

39. Ridwan Purnama - 25 Maret, 2009

Cara bernafas di dalam renang gaya bebas jangan lupa pada saat awal tarikan. Tentunya ketika kepala nengok ke kanan/kiri. Remember.

40. heriE - 26 Maret, 2009

Saya baru belajar renang. Pernafasan yg benar untuk gaya dada tu gimana ya?

41. Andriani Putri S.B. - 30 Maret, 2009

Tuliskan dong 5 teknik renang gaya dada, dan pelaksanaan meluncur pada olahraga renang ?

42. Arif Setiawan - 8 April, 2009

Thats so good I think, coz Im learning to swim. Thanks..

43. nanda - 12 April, 2009

assalamu’alaikum, saya masih terkendala dalam mengambil nafas saat berenang gaya bebas. saat saya mengambil nafas pasti kaki saya tenggelam terlalu dalam tidak mengapung lagi. gimana sih caranya agar tidak seperti itu lagi. trus saat saya berenang pasti saya kram.

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Jika kaki tenggelam saat ambil nafas, kemungkinan besar penyebabnya adalah mengangkat kepala dari permukaan air ketika bernafas. Solusinya, tidak perlu mengangkat kepala. Cukup miringkan badan, lalu miringkan kepala sedikit ke arah yang sama. Sampai mulut persis berada diatas permukaan air, jangan lebih dari itu. Satu telinga harus tetap berada didalam air.

44. Okuta - 14 April, 2009

Asslm mas, thnx ya blog nya. dah bs bantu asah teknik renang. Spya lbh indah gerakannya klu lg renang.

45. Renang Gaya Bebas « Khoirul Blog - 15 April, 2009

[...] CARA BERNAFAS DALAM RENANG GAYA BEBAS [...]

46. reni - 9 Mei, 2009

Thanks banget caranya… Berguna buat gw yg baruya belajar gaya bebas n buat di pertandingkan.

47. ik@ - 9 Mei, 2009

saya minta tanya donk…
gimana cara-cara/teknik-teknik renang, gaya apa saja.
makasih

48. adesu - 13 Mei, 2009

Terima kasih atas pengetahuan yang telah diberikan.

49. Ajeng - 13 Mei, 2009

Isinya bagus.. Sangat membantu dalam pengerjaan tugas makalah saya ttg renang. Thx ya . . .

50. ema - 17 Mei, 2009

Bisa kirim gambarnya nggak, untuk gaya dada n kupu2. Tq.

51. ree_tary - 19 Mei, 2009

Terbantu neh ma tipsnya…. Ntar dicoba dech…Thx

52. FunnY - 23 Mei, 2009

Uhm……….. kalo renang gaya punggung ada di mana yach???

53. MeShiang - 23 Mei, 2009

Thanks buat INFONYa!!
Terutama buat aku batu di air ini =w=
Aku disuruh buat tugas ama guruku padahal saya udah menjadi batu di air (tenggelam) sehingga ndak tahu apa2 tentang berenang.
Thanks banget ya!

54. adrian - 31 Mei, 2009

Thanks ya bwt tekniknya cuma belom lengkap neh. Gimana kalo disertai dengan pembahasan mengenai teknik-teknik renang bagi kaum pemula. Tolong coz gue juga salah satunya.

55. hendra_melisa - 1 Juni, 2009

Tau gak pengertian renang gaya bebas?

56. arab gokil - 7 Juni, 2009

Gimana seh gaya renang punggung? Thanks yupz….

57. zhetty - 11 Juni, 2009

Saya suka dgn olahraga renang, dan sangat berguna sekali buat saya.

58. Gerakan Tangan dalam Renang Gaya Bebas « Abdur Rosyid’s Blog - 11 Juni, 2009

[...] Untuk mengetahui cara bernafas pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui teknik berenang gaya bebas yang lebih sempurna, klik disini. Dan untuk mengetahui [...]

59. hani... - 14 Juni, 2009

Thank you very much for your article !!!…
With your article, i can do and finish my ‘makalah’ …
Sangat bermanfaat !

60. ary - 17 Juni, 2009

Makasih byk infonya, kebtlan sy lg belajar renang, info2 yg ada sangat membantu..
Apa sebabnya kalau baru belajar renang leher sampai bahu kita terasa sakit….. Makasih b4.

61. dita - 19 Juni, 2009

Mau tanya… bagaimana sih cara berenang yang baik dan benar? Terus apa aja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan olah raga renang? Sebelumnya makasih ya…

62. Rosyi - 22 Juni, 2009

Makacih ea .. akk jdi bs ngrjaint tugas olah raga ..
sali agy .. thanks ea ..

63. Itha - 6 Juli, 2009

Mau nanya neh? Gimana trik-trik jitu untuk berenang di laut spy kita tidak cepat capai/lelah. Maklum krn tempat tinggal saya jarang ada kolam renang seperti di kota-kota besar, jadi berenangnya di pantai. Jazakallahu khoir, infonya…

64. mawar - 2 Agustus, 2009

Gimana kalo dengan saya yang tidak kuat bernafas. Dan gerakan tangan dan kakinya kayak gimana cih……?

65. Firman - 7 September, 2009

gmn cii cra’a kl kt pas d tengah” kolam taq kuat bil nafas’a???

Yeri - 15 Oktober, 2009

Saya sekarang tidakkuat nafasnya sewaktu berenag sekarang saya les renag semenjak saya les renang saya sudah kuat nafasnya dan saya sudah bisa berenang dengan baik dan juga saya sudah bisa mengatur nafas saat berenang

66. vin ernes - 6 November, 2009

tolong di tambahin gaya”renang ya dunk ..

67. ada aja - 8 November, 2009

Trims udah ada cara mengambil nafas aku sedang ada tugas dari sekolah

68. saras - 21 November, 2009

askum,.,.
saya ge butuh gambar cara bwt rnang, tp qk ga da zowww di snie..,???

69. seniachan - 30 November, 2009

wah nambah pengetahuan ni

cz aq kan baru belajar renang

70. firda - 16 Desember, 2009

awal berenang memang sulit tapi bagi saya itu mudah sekali karna diawali dengan doa dan usaha dan jangan takut tenggelam ………………………………oke !

71. syadan - 21 Desember, 2009

mekaseh sbb awok mengajar sy berenang dalam air

72. satriya utama - 4 Januari, 2010

terima kasih, bagus sekali blognya. bagi saya yang baru belajar renang.

73. ika - 7 Januari, 2010

thanks informnya

74. DIDA - 20 Januari, 2010

wow hebat , aq jadi ngerti banget teorinya….. tapi prakteknya susah….
tlng donk gambar2nya maksh,,,, wass

75. cara berenang gaya bebas « Gunawanmay's Blog - 25 Januari, 2010

[...] cara berenang gaya bebas By gunawanmay Cara Bernafas dalam Renang Gaya Bebas [...]

76. Yetty Ps - 26 Januari, 2010

kami ortu dgn 2 org anak yg masing2 punya hobi berbeda,yg tertama sepak bola,futsall,yg kedua putri kls IV SD IT dia suka renang,mulai kls 1 dia sdh ikut lomba meskipun tk karisidenan Pati dan popda tk kabupaten dan Alhamdulillah dpt juara meskipun perak dan perunggu.yg kami tanyakan dimana kami dpt membeli dvd ato buku panduan renang yg ada gbrnya,krn kami perhatikan dia lemah di start,selalu dgn kaki nekuk sehingga tubuhnya jatuhnya tdk slim dan itu memperlambat wktu,km tunggu infonya,trimakasih

77. hanum - 28 Januari, 2010

bagaimana cara agar orang tidak tenggelam saat di air !!! bales

78. fatimah - 28 Januari, 2010

hay..
saya pngn bgt bs diving n snorkling.pdhl saya blm bs renang.sbaiknya ap dulu yg harus saya plajari?
thnx for the help..

79. dia - 2 Februari, 2010

makcie ea…………
artikel nie bz bwt klipinx q………

80. dea - 13 Februari, 2010

saya suka dengan renang dengan gaya bebas

81. Rose celine - 13 Maret, 2010

makasih ya , dengan pengajaran nya
dngan seperti ini saya bisa berenang lebih baik dan
saya berterima kasih banyak untuk hal ini kepada anda .

semoga sukses selalu !!!!!!!!!!!!! :-)

82. gusba - 18 Maret, 2010

salam…renang..sehat..terima kasih ..buat yang belum nulis komen apalagi udah baca blog ini..ayo tinggalin sepatah duapatah kata,memuji boleh,menuliskan pengalamn ketika renang juga boleh..thank you

83. trei - 19 Maret, 2010

bang kami kan ingin buat klub renang untuk sekup kabupaten dan apa aja persaratannya

mohon bimbingan nya bang???

84. ferry - 31 Maret, 2010

mengapa renang gaya bebas merupakan renang yang tercepat

85. Arias - 11 April, 2010

ufh…. jd lega dh krank alna uda dpet info tTt renang d cni..
thx 4 U’r information… :-)

86. Erna - 23 April, 2010

Mas Rosyid, gmn ya caranya menyelam/diving biar gak mudah mengapung ke permukaan air ????????

untuk tulisan Cara Bernafas dalam Renang gaya bebasnya, OK banget . . .
thx, berkat tulisan mas rosyid, saya lebih lancar untuk melakukan renang gaya bebas’a. Ternyata renang bisa bikin Pikiran tenang yaaaaaaaaaaaaaaaaa. . . .

87. alwayssmile - 28 April, 2010

thaks informasinya,,tp koq ttp aja qu gg busa bng yy?

88. braquiplan - 20 Mei, 2010

kok saya nggak bisa berenang sambil gaya terlentang ya? padahal saya bisa berenang, takut kuping kemasukan air, latihannya gimana tuh?

89. ibe - 25 Mei, 2010

ini cukup membatu bagi saya yang hobi berenang bebas, tanks

90. yanto - 2 Juni, 2010

Iya Bung trims ilmunya, besok insya allah diterapkan, tq ya….

91. ecyan - 10 Juni, 2010

kalo nfas gk kuad kita hrus gi mna plenz??

tolonk saran nya ia.. . .

92. tyas - 25 Juni, 2010

saya kok tetep tidak bisa renang???apa karena trauma yg berlebih sehingga mempengaruhi_nya???
gmana solusi_nya???trims…

93. idity - 13 Juli, 2010

mksh.. lumanyan buat nmbahwa2san gmn cara berenang yg bner.

94. ANDREAS - 18 Agustus, 2010

ADUH AKU JADI BISA RENANG TRIMAKASIH,ARIGATO

ANDREAS - 18 Agustus, 2010

HAHAHA GA MUNGKIN BARU NYEBUR AIR PASTI KETAKUTAN

95. benny - 21 Agustus, 2010

Thank infonya. setelah saya membaca blok ini teknik berenang saya lebih baik

96. priyanto - 21 September, 2010

pak rosyid yth
terimakasih berkat petunjuk renang bapak saya bisa berenang gaya bebas..sungguh luar biasa dan saya hampir tdk percaya dlm usia yg tdk muda lagi bisa berenang selanjutnya saya akan mulai ke gaya dada tapi ketika tangan mengayuh badan nyembul bentar terus tenggelam ya..pdhal org lain sptnya enak sekali dgn gaya dadanya..mhn kalao tdk keberatan kasih tipsnya utk gaya dada terimakasih matur nuwun matur suksma

97. app - 21 September, 2010

thanks ya infonya klw bisa di kumplitin lgi pake persiapan berenang yg bagus ok :D

98. shanti dwi - 2 Oktober, 2010

terimakasih atas infonya

99. zoicezix - 3 Oktober, 2010

Thx Utk teori nya !
karena saya belum begitu paham tetang cara mengambil nafas dlm gaya bebas !
^^

100. Cara Bernafas dalam Renang Gaya Bebas « amjadelfarabi - 28 Oktober, 2010

[...] Cara Bernafas dalam Renang Gaya Bebas [...]

karida.sumarno - 1 April, 2011

Mas Abrur saya bantu yaa , bisa browsing juga ke Mr Smooth 4.00 KB.

101. Ridwan Purnama - 7 November, 2010

Hebat sekali anda senang berbagi.
Pak, boleh minta Biomekanika yang berhubungan renang?Kalau tidak keberatan kirim ke my email ya pak!makasih banyak.
—Manager Bandung Inter-national Swim (BIS)

102. Ridwan Purnama - 7 November, 2010

Olahraga renang merupakan olahraga yang sangat menyenangkan dan cocok untuk siapa saja tanpa memandang semua umur.
1. Pengertian Renang
Mengenai definisi renang menurut Abdoelah Arma (1981: 270) di dalam bukunya yang berjudul Olahraga untuk Perguruan Tinggi mengemukakan bahwa: “Renang adalah suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupuan di air asin atau laut.” Kemudian mengenai pengertian renang yang tampaknya masih berhubungan, yang dituangkan dalam Modul Teori Renang I, Badruzaman (2007: 13) mengemukakan bahwa: “Pengertian renang secara umum adalah the floatation of an object in a liquid due to its buoyancy or lift.” Yang artinya adalah pengertian renang secara umum adalah upaya mengapungkan atau mengangkat tubuh ke atas permukaan air.
Lebih spesifiknya Badruzaman (2007: 13) mengemukakan bahwa: “Swimming is the method by which humans (or other animals) move themselves through water.” Artinya suatu cara dilakukan orang atau binatang untuk menggerakan tubuhnya di air. Badruzaman menyimpulkan tentang definisi renang adalah suatu aktivitas manusia atau binatang yang dilakukan di air, baik di kolam renang, sungai, danau, maupun lautan, dengan berupaya untuk mengangkat tubuhnya untuk mengapung agar dapat bernafas dan bergerak baik maju maupun mundur.
Maka apabila saya simpulkan berdasarkan pengertian di atas dan pengalaman saya yang tiap hari melatih renang, definisi renang adalah suatu olahraga di air yang dilakukan manusia dari mulai usia 2 minggu setelah lahir sampai usia dengan cara menggerakan anggota badannya untuk membuat berputar, maju, atau membuat mundur tubuhnya bahkan membuat tubuh tetap diam pada saat melakukan gerakan atau tidak supaya tubuh mengapung, mengambang, dan menyelam untuk tujuan kesehatan, terapi, rerekreasi, pendidikan, menjadi dasar olahraga air lainnya, atau untuk memperoleh prestasi dengan cara latihan yang terprogram, terencana, progresif, dan terlatih.

103. Ridwan Purnama - 7 November, 2010

Gerakan mengambil nafas dalam gaya bebas sebaiknya dilakukan hanya pada satu arah, ke kiri atau kanan dengan cara memutar kepala ke arah lengan yang sedang melakukan tarikan. Gerakan mengambil nafas pada satu arah digunakan untuk jarak pendek dan jarak menengah. Sedangkan cara bernafas untuk jarak jauh dan marathon biasanya dua kali ke arah kanan dan dua kali ke arah kiri secara bergantian. Latihan yang biasanya dilakukan oleh atlit untuk belajar bernafas biasanya dengan melakukan gaya miring.

104. Ridwan Purnama - 7 November, 2010

Koordinasi gerakan gaya bebas
Mulai dari posisi mengapung terlungkup sambil mengayunkan kaki dan menghitung setiap ayunan ke bawah masing-masing kaki. Hitung dalam enam set hitungan. Beri tekanan pada hitungan pertama dan keempat seperti ini: satu-dua-tiga, empat-lima-enam. Setelah dua set ayunan kaki, mulailah mengayuh dengan tangan bukan sisi pernafasan pada hitungan pertama. Kayuh sepenuhnya, hembuskan nafas dan lakukan pemulihan tangan pada hitungan kedua dan ketiga. Pada saat hitungan ketiga, tangan yang sedang melakukan gerakan pemulihan tersebut harus sudah berada disebelah atas kepala menuju air, dengan sikut terangkat. Pada hitungan keempat, tangan tersebut masuk ke dalam air, dengan jari masuk lebih awal, sementara tangan sisi pernafasan memulai gerakan mengayuhnya pada saat bersamaan. Pada hitungan kelima tangan sisi pernafasan tersebut harus mengayuh dan anda mengambil nafas pada hitungan keenam tangan sisi pernafasan tersebut masuk ke dalam air, dengan jari masuk lebih awal, dan anda sudah mulai menggerakan mengayuh dengan tangan yang sebelah pada saat yang sama. Singkatnya, tangan memasuki air pada hitungan satu dan empat. Habiskan nafas pada hitungan dua dan tiga, hirup nafas pada hitungan lima dan enam. Kaki diayuhkan secara mantap tanpa berhenti atau tanpa berubah irama ayunannya.

Kunci keberhasilan untuk berlatih gaya bebas-sisi bukan pernafasan pelaksanaannya yaitu: satu-kayuh dengan tangan bukan sisi pernafasan, hembuskan udara, dua-pemulihan tangan bukan sisi pernafasan ke posisi semula, sikut terangkat, tiga-jangkau kedepan melewati sebelah atas tabung imajinasi, sikut terangkat. Kunci keberhasilan, gaya bebas-sisi pernafasan, pelaksanaannya adalah sebagai berikut: empat-tangan bukan sisi pernafasan masuki air, mulai mengayuh dengan tangan sisi pernafasan, lima-ambil nafas pada bagian pertengahan terakhir dari gerakan tangan sisi pernafasan, sikut terangkat, enam-raih kedepan melampai atas tabung imajinasi,sikut terangkat, satu-tangan memasuki air, mulai mengayuh dengan tangan bukan sisi pernafasan, teruskan secara teratur.

105. karida.sumarno - 10 November, 2010

pada saat mengambil nafas renang gy bebas , apakah cukup setengah muka kita terendam dalam air ? atau bagaimana ? tolong dijelaskan juga gerakan kaki saat renang gy bebas , gerakan kaki apakah dari paha atau lutut ? bagaimana dengan gerakan pergelangan kaki ? apakah bebas/lentur ? atau kaku ?

106. cara mendapat pulsa gratis - 27 November, 2010

wahhh… akan q praktikkan…. thanks… ^_^

107. MUHLISIN PANGKAH - 27 Desember, 2010

berguna banget penjelasannya, ngomong2 ayo kita buat komunitas renang. saling berbagi teknik dan cara benerang yang bagus di KOLAM RENANG BUKAN HANYA DI BLOG.

108. malliq - 9 Januari, 2011

mau tanya ne,
cara mengapung itu gmn ya?

109. purwatiwidiastuti - 2 Februari, 2011
110. rahasia - 12 Februari, 2011

aku,juga ikut kursus renang nich.iya,benar juga mengambil nafas gaya bebas emang susah but, saya tidak butuh waktu banyak untuk belajar gaya bebas.

111. febi laks - 19 Februari, 2011

tks a lot… make me feel save when im on the ocean

112. dias - 11 Maret, 2011

kalo ngambil nafas ke kiri SUSAH ihh ..

113. aily - 4 April, 2011

susah ea belajar renag….heheh

114. jaka lang lang - 20 Mei, 2011

kalo renag gaya kepiting seperti apa ya??

115. Made Yoga Dwipayana - 23 Juni, 2011

makasi pengetahuan renang gue bertambah…

116. Ahmad Alan Terjatuhandterjatuhlagi - 26 Juni, 2011

ooooooooooooo getoooooo,, kapan” langsung aja ajarin aku renang….okeh,

117. Bajusenamgrosir - 13 Oktober, 2011

Makasih ya dah di-share ilmunya :)
FYI Kami jual baju renang juga lho, mampir yuk ke toko kami baju renang wanita

118. putri indah - 24 Oktober, 2011

gaya bebas itu tdk sulit kalau berusaha latihan terus pasti bisa dan dapat juara

119. putri indah - 24 Oktober, 2011

kalau ingin menjadi juara renang harus bagaimana?

120. Amelia - 21 November, 2011

Thank ya,,
atas bntuannx..

121. Arif Rosfyan - 25 November, 2011

Gimana ya ..cara bernapas gaya kupu-kupu pada saat kepala masuk dalam air.

122. Radhaatjhaachngockcyhaank Sonnysheelmanyhaa - 17 Desember, 2011

..syhaa pgn bzhaa brenang gmn yhaa cra’x..???

123. faisal abdul azis - 25 Desember, 2011

saya klo mwu mendayung tangan dalam gaya bebas.,.saya merasa sulit sekali???gimana caranya biar ga kaku??makasih

124. Ciki - 25 Februari, 2012

makasih infonya kak

125. Latihan Memperpanjang Nafas – Berenang « Learn to Be A True Muslimah - 15 April, 2012

[...] salah: gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu2/katak. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah blog, ada sebuah gaya yang paling sulit ambil nafasnya, yaitu gaya bebas. Padahal yang baru saya kuasai [...]

126. rizkifaturahman - 17 April, 2012

gampang yaaa…. gaya bebas mah

127. Seminyak villas - 27 Mei, 2012

makasih bgt info nya ya bang :)

128. ajis syah - 18 Juni, 2012

mau tanya masalah bernafas didalam air waktu berenang,
yg benar ambil nafas dr hidung kluar lwat mulut, atau mlah sebaliknya ya..
soalnya yg saya alami ambil nafas lewat hidung kluar nafas lewat mulut adanya hidung saya malah kemasukan air,,,,mksih penjelasanya

129. Bayo Regar Selamanya - 3 Oktober, 2012

ada gak yang lebih…maksudnya untuk prestasi

130. igizzt - 4 November, 2012

tolong jelaskan apa yang dimaksut dengan gerakan kaki gaya bebas dan gerakan pengambilan napas gaya bebas

131. beni - 20 November, 2012

waw gua jadi bisa berenang karena tau apa yang ditulis disini gua lagi mandi dilaut ang paling dalam

132. Heni Fatmayanti - 28 Mei, 2013

makasih

133. bsgcantik - 6 Juli, 2014

Salam kenal Gan
Renang gaya bebas dengan gaya dada untuk mengatur pernafasannya sulit yang mana yaa?
dan saya infokan kepada sis dan temen2 juga jika mencari baju senam murah silahkan langsung kunjungi http://www.bajusenamgrosir.com. moga bermanfaat :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: