Cara Bernafas dalam Renang Gaya Bebas

Diantara empat gaya renang yang ada (gaya dada, gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung), yang paling sulit cara bernafasnya adalah gaya bebas. Dalam gaya dada dan gaya kupu-kupu, bernafas bisa dilakukan dengan mudah karena ada saat dimana kepala kita seluruhnya berada diatas permukaan air. Bernafas dalam gaya punggung juga tidak sulit karena kepala dan tubuh kita menghadap dengan bebas ke arah langit. Adapun dalam gaya bebas, kepala kita tidak boleh sepenuhnya menyembul dari permukaan air. Inilah yang menjadikan bernafas dalam gaya bebas terasa lebih sulit.

Namun jika sudah biasa, tidak akan ada lagi hal yang sulit. Mengambil (menghirup) nafas dalam gaya bebas kita lakukan semenjak 2/3 kayuhan tangan kita, dan kita akhiri pada saat tangan kita kembali masuk kedalam air. Kita ambil contoh mengambil nafas ke sisi kiri. Pada saat kayuhan tangan kiri kita sejajar dengan dada, akan timbul gaya angkat pada sisi kiri tubuh kita. Akibatnya, tubuh pun akan miring menghadap ke sisi kiri. Pada saat itulah kita mulai mengambil nafas. Dan kemiringan tubuh kita dengan sendirinya akan membantu wajah kita untuk bisa menyembul keatas permukaan air dengan mudah dan alami.

Pada saat wajah Anda kembali terbenam kedalam air, keluarkanlah udara dengan santai dari hidung Anda. Ini akan menimbulkan gelembung-gelembung air yang keluar dari hidung Anda.

Lalu kapan kita mengambil nafas? Untuk renang jarak jauh semisal 1500 meter, beberapa perenang hebat seperti Grant Hackett mengambil nafas setiap dua kayuhan sekali. Ini artinya hanya berselang satu kayuhan saja, dan karenanya bernafasnya pun hanya ke satu sisi saja: ke kiri saja atau ke kanan saja.

Namun ada juga beberapa perenang yang mengambil nafas setiap tiga kayuhan sekali. Ini artinya pengambilan nafas akan dilakukan bergantian ke kiri dan ke kanan. Cara bernafas seperti dikenal sebagai bilateral breathing. Lalu mana yang lebih baik antara mengambil nafas ke satu sisi saja atau mengambil nafas ke dua sisi secara bergantian? Jawabannya, suka-suka Anda. Lakukanlah yang menurut Anda lebih rileks, santai, nyaman dan cocok untuk Anda. Jadi yang terpenting, Anda merasa nyaman ketika bernafas.

Meski demikian, banyak perenang sprint gaya bebas (50 meter atau 100 meter) yang berusaha semaksimal mungkin untuk menahan nafas mereka selama balapan. Mereka hanya mengambil nafas ketika betul-betul memerlukannya. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi pengurangan kecepatan yang biasanya terjadi ketika seorang perenang gaya bebas sedang mengambil nafas.

> Untuk mengetahui gerakan tangan pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui teknik berenang gaya bebas yang lebih sempurna, klik disini. Dan untuk mengetahui cara berenang gaya bebas yang efisien, klik disini.

159 Replies to “Cara Bernafas dalam Renang Gaya Bebas”

    1. Silakan search aja di blog ini dengan kata kunci “gaya bebas”. Akan tampil tulisan saya yang cukup banyak tentang bagaimana melakukan renang gaya ini.
      Untuk berlatih gaya bebas, sudah betul dimulai dengan meluncur. Selanjutnya latihlah gerakan kakinya. Meluncurlah dengan gerakan kaki tersebut.
      Kalau sudah bisa, tinggal melatih gerakan tangannya. Ini yang lebih sulit. Gimana gerakan tangan gaya bebas yang benar, silakan baca artikel saya. Kombinasikan gerakan kaki dan gerakan tangan. Jangan lupa pula body rolling-nya.
      Dalam gaya bebas, saya bisa katakan 85 persen propulsi (gaya dorong) berasal dari gerakan tangan.
      Terakhir, latihlah cara bernafas yang benar dan cocok buat Anda.
      Selebihnya, terus berlatih dan berlatih untuk semakin menyempurnakan teknik dan meningkatkan efisiensi serta kecepatan Anda.
      Selamat mencoba!

    1. Belajar aja dulu biar nggak tenggelam di air alias ngapung. Habis itu baru belajar renang. He he.
      Oke, biar nggak tenggelam di air, satukan diri dengan air. Bertemanlah seakrab mungkin dengan air. Jadikan air sebagai habitatmu.
      Gerak-gerakkanlah tangan dan kaki Anda seefisien mungkin. Santai saja. Anda berada di tahap awal. Teruslah berakrab-akrab dengan air. Kalau Anda kelak telah menyatu dengan air dan menjadi perenang yang handal, maka Anda tidak akan lagi berenang untuk terapung. Terapung adalah kondisi default Anda ketika berada di air. Terapung adalah keniscayaan. Ketika itu, tujuan Anda berenang adalah untuk menjadi torpedo, yang bisa meluncur dengan cepat menyibak partikel-partikel air.

    1. Renang gaya bebas adalah renang dengan gaya apa saja, sehingga disebut bebas. Hanya saja, dalam prakteknya, untuk gaya bebas orang hampir selalu menggunakan gaya front-crawl atau disebut juga gaya over-arm. Gaya ini ya sebagaimana yang biasa kita lihat disebut gaya bebas itu.
      Gaya-gaya yang lain selalu ada pakemnya. Melanggar pakem itu akan kena diskualifikasi. Kalau gaya bebas nggak ada, namanya juga bebas. Tapi pada beberapa jenis perlombaan, saya dengar bahwa gaya bebas itu artinya kita nggak boleh memperagakan gaya kupu-kupu, gaya dada, atau gaya punggung.

  1. thanx bwat smuwa explanationnya?!
    tlong dong minta penjelasan tentang pemanasannya beserta gambarnya?!
    ditunggu ya ?!

    terimakasih …….

    1. Pemanasan apa maksudnya? Mungkin bisa pake kompor biar panas, he he.
      Pemanasan sih biasa aja. Bisa lari-lari ringan dulu beberapa saat. Dilanjutkan dengan peregangan untuk seluruh bagian tubuh, dari kepala ke kaki, atau dari kaki ke kepala. Caranya kayaknya sudah jamak diketahui, intinya meregangkan otot-otot tubuh kita biar terkondisi sebelum ‘dibebani’. Dan yang penting, sewaktu peregangan jangan terlalu memaksakan diri. Santai saja. Oke?

      1. Gaya Dolphin Kick
        1. Gerakan tubuh (latihan statis dan dinamis)
        a. Mulailah tangan memegang pinggir tembok dan kaki berpijak pada tembok dasar di sudut pinggir kolam. Tubuh dan kaki pada posisi awal harus lurus.
        b. Tubuh dan kaki lurus, tangan, serta tembok membentuk segitiga.
        c. Gerakanlah tubuh seperti gerakan peristaltic ke depan dan belakang.
        d. Fokuskan tenaga pada perut dan tungkai kaki serta dada harus lentur seperti gerakan peristaltik.
        e. Kemudian peganglah tembok dengan kedua tangan lurus dan rapat tubuh sejajar dengan permukaan air.
        f. Gerakanlah tubuh seperti gerakan peristaltik ke bawah dan ke atas.
        g. Ketika gerakan ke bawah kepala ikut ke bawah dengan dagu menyentuh dada. Kamu akan merasakan kedua kaki akan ke atas permukaan air.
        h. Ketika tubuh digerakan ke atas berbarengan dengan dorongan kepala ke atas, kemudian tendang kaki ke bawah dengan tenaga berfokus di tungkai. Lutut juga sedikit menekuk dan bantu juga dengan kedua telapak kaki.
        i. Tubuh harus lentur dan bertenaga.
        j. Kemudian mulailah dari meluncur telungkup under water kemudian gerakan tubuh dan bantu dengan kaki.
        Keterangan:
        • Ada kombinasi gerakan antara tungkai, perut, dan dada.
        • Pelatih harus melihat majunya tubuh dari gerakan peristaltik tubuh, bukan hanya dari gerakan lecutan kedua kaki.

        2. Gerakan tubuh dan nafas
        a. Kemudian mulailah dari meluncur telungkup under water kemudian gerakan tubuh dan bantu dengan kaki.
        b. Gerakanlah tubuh seperti gerakan peristaltik ke bawah dan ke atas.
        c. Ketika gerakan ke bawah kepala ikut ke bawah dengan dagu menyentuh dada. Kamu akan merasakan kedua kaki akan ke atas permukaan air.
        d. Ketika tubuh digerakan ke atas berbarengan dengan dorongan kepala ke atas, kemudian tendang kaki ke bawah dengan tenaga berfokus di tungkai. Lutut juga sedikit menekuk dan bantu juga dengan kedua telapak kaki.
        e. Tubuh harus lentur dan bertenaga.
        f. Bentuklah gelombang, dengan satu gelombang atau gerakan tubuh dua kali cambukan kaki.
        g. Cambukan pertama pelan dan cambukan yang kedua keras untuk membantu dalam pengambilan nafas.
        h. Setelah melakukan satu gelombang dan dua cambukan bernafaslah.
        i. Setelah kepala melakukan pernafasan kepala kebawah lagi untuk melakukan gelombang lagi.
        Keterangan:
        • Latihan dibantu dengan pelampung seluncur.
        • Peada awal latihan pelatih membantu menggerakan naik turun tubuh.

        3. Gerakan tubuh dan gerakan tangan kanan
        a. Lakukanlah gerakan tubuh dengan satu gelombang dan dua cambukan.
        b. Setelah melakukan cambukan yang keras tubuh akan merasakan ke atas.
        c. Pada saat itu tariklah dan dorong tangan kanan ke bawah tubuh sampai ke belakang untuk membantu kepala ke atas dalam mengambil nafas.
        d. Setelah mengambil nafas cepat kepala masuk ke bawah permukaan air diikuti dengan tangan kanan dijulurkan ke depan.
        e. Setelah itu bentuklah gelombang lagi dan seterusnya.
        Keterangan:
        • Latihan menggunakan pelampung seluncur.
        • Pelatih memegang pelampung dan melihat gerakan untuk mengoreksi apabila ada kesalahan gerakan.

        4. Gerakan tubuh dan gerakan tangan kiri
        a. Lakukanlah gerakan tubuh dengan satu gelombang dan dua cambukan.
        b. Setelah melakukan cambukan yang keras tubuh akan merasakan ke atas.
        c. Pada saat itu tariklah dan dorong tangan kanan ke bawah tubuh sampai ke belakang untuk membantu kepala ke atas dalam mengambil nafas.
        d. Setelah mengambil nafas cepat kepala masuk ke bawah permukaan air diikuti dengan tangan kiri dijulurkan ke depan.
        e. Setelah itu bentuklah gelombang lagi dan seterusnya.
        Keterangan:
        • Latihan menggunakan pelampung seluncur.
        • Pelatih memegang pelampung dan melihat gerakan untuk mengoreksi apabila ada kesalahan gerakan.

        5. Kombinasi dengan satu gelombang dua tendangan.
        a. Lakukanlah gerakan tubuh dengan satu gelombang dan dua cambukan.
        b. Setelah melakukan cambukan yang keras tubuh akan merasakan ke atas.
        c. Pada saat itu tariklah dan dorong kedua tangan ke bawah tubuh sampai ke belakang untuk membantu kepala ke atas dalam mengambil nafas.
        d. Setelah mengambil nafas cepat kepala masuk ke bawah permukaan air diikuti dengan kedua tangan dijulurkan ke depan.
        e. Setelah itu bentuklah gelombang lagi dan seterusnya.
        Keterangan:
        • Pelatih mengoreksi gerakan kombinasi jika terjadi kesalahan.

  2. aku mau berbagi info renang neh…
    Akademi-renang.com mempunyai instruktur pengalaman dalam memberikan pelajaran berenang, profesional, sabar, ramah, dan menyenangkan. Program kursus berenang one on one dan group yang tidak lebih dari 6 orang untuk 1 kelas terbukti berhasil. Itu terdiri atas kelas berenang anak-anak atau orang dewasa, wanita dan juga untuk individu siapa saja yang ingin menyempurnakan teknik berenang yang berbeda, atau bahkan untuk persiapan untuk Perlombaan nasional, seperti Pekan Olahraga Nasional(PON) maupun Sea Games.
    What are the Benefit to Swim With Us?
    You Will Learn To Swim in the Shortest Time
    Friendly, Professional and Certified Swimming Coaches
    You Can Choose Your Own Swimming Lesson Time And Location
    You will learn Step by Step without Stress.
    You can request for intensive swimming lesson.
    You Will Learn To Tread Water, Plunge, Dive, Float, And Many More

    Swim For Your Health, Fun, Relax and Distress….

    Infomasi : telp : 021 6879 5789

    1. Latihan nafas dulu kak… biar lancar nafasnya,terus tahan nafas dan renang gaya batu(diam menahan nafas lalu mengambang).itu sih yang saya tahu.

  3. assalamualaikum Mas Rasyid,
    terima kasig infonya bab renang.
    Hal itu membantu sekali,

    Mas kalau membuat blog yang bagus itu caranya bagaimana?
    terima kasih.
    Assalamualaikum,

  4. emon nih
    maw tanya???? gimana ciyh cara ngilangin perasaan takut low mo renang??? czz low gue liat aer bawaannya takut tenggelem ci…. bisa bantu gak? kasih coment donk dikit!!!!!!

  5. Selamat siang…..

    Saya pengin bisa mengapung didalam air cuma nafas saya belum bisa panjang ada trik2 biar bisa ngapung di air tidak dan trik2 biar nafas kita bisa panjang kalau kita renang.

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Gak bisa renang lagi? Berarti sebelumnya bisa renang dong. Setahu saya, kemampuan renang itu kayak kemampuan naik sepeda, nggak bakalan bisa ilang. Tapi kalo performance-nya sih emang bisa berkurang kalo lama nggak renang.

  6. Saya sdg program bljr brng. Secara teori gerakan sy sdh mngrti tp ketika dipraktekan sk bingung dan panik ktka ddlm air. Gmn crnya ya biar ga panik ktk melakukan grkn?

    1. Pertama, bikin diri akrab dengan air dulu, nyaman berada dalam air, nggak takut kepala atau wajah terendam air, nggak takut buka mata dalam air.
      Kedua, lakukan gerakan renang perlahan-lahan. Fokus pada ketepatan teknik.
      Ketiga, mulai dengan memfokuskan diri pada bagian-bagian kunci dari gaya renang tertentu. Kalo sudah bisa, tingkatkan lagi kesempurnaan tekniknya, demikian seterusnya.
      Keempat, coba dan coba dan coba, jangan pernah menyerah.

    1. Mengambang bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan mendayung (sculling), yaitu dengan menggerak-gerakkan kedua telapak tangan membentuk angka 8. Lakukan dengan santai. Mendayung bisa dilakukan dalam segala macam posisi tubuh, tergantung kita.
      Semoga sukses.

  7. wah ternyata seperti itu ya cara bernafas ketika berenang dengan gaya bebas. tapi yang sering saya lakukan malah 4 kali kayuh baru ambil nafas. terasa berat seh, ndak pa pa tah?
    thx infonya ya

    1. Ndak apa-apa kalo memang terasa nyaman. Tapi kalo terasa berat, coba setiap 3 kayuhan. Ini yang terbaik, karena bernafasnya akan bergantian ke kanan dan ke kiri, nggak hanya ke satu sisi.

  8. Baru tau kalo gaya bebas ribet ngambil nafasnya, tapi kenapa yah gaya bebas ini yang paling sering dilakukan oleh para amatir????. Saya klo kelamaan renang terasa sakit en lemes, ujung2nya bengong di pinggiran kaya macan ompong. Cara berenag yang baik biar ga cedera organ dalam gimana ya?????

  9. Saya adalah seorang pemandu arung jeram dan untuk itu saya dituntut untuk menjadi perenang yang baik. Bagaimanakah cara berenang yang benar, khususnya di arus yang deras???

  10. Apakah mengeluarkan nafas melalui hidung lebih efektif?

    Mohon penjelasannya

    Selama ini saya lebih sering berenang dengan gaya dada, terakhir kali jarak terjauh yg pernah saya tempuh adalah 2500 meter nonstop.

    Dari pengalaman saya selama ini, nafas akan teratur saat kita berenang setelah jarak tempuh lebih dari 300 meter.

    1. Wah, saya nggak tahu nih jawabannya, karena saya sendiri nggak pernah coba cara yang lain. Saya sendiri kalo mengeluarkan nafas selalu lewat hidung, dan kalo ngambil nafas lewat mulut. Saya rasa itu bagus. Dan kalo saya lihat rekaman video beberapa perenang hebat, mereka ngeluarkan nafasnya dari hidung.
      Kalo secara teori sih, ngeluarin nafas bisa lewat hidung, atau mulut, atau lewat kedua-duanya.

      1. Bisa jelaskan mengenai gerakan gaya kupu2? Maaf jika tidak sesuai dengan topik pembicaraan. Tq. Wslm.

  11. Saya kalo berenang gaya bebas nafasnya cuma bentar. Sedangkan gaya kupu-kupu nafas saya kuat, malahan renang saya lebih cepat gaya kupu-kupu daripada gaya bebas. Gaya bebas kan gaya paling cepat di dunia kenapa kalah dari gaya kupu-kupu saya?

    1. Wah, pengaruhnya besar. Dengan tungkai lurus, tubuh jadi streamline. Kalo tungkai semakin nekuk, tubuh jadi nggak streamline, sehingga tahanan air (drag) jadi lebih besar, mengurangi kecepatan luncuran dan kecepatan gaya dorong ke depan.

  12. Bagaimana perbandingan hasil latihan gerakan tungkai dengan posisi badan menyamping dan badan telungkup terhadap hasil luncuran renang gaya bebas?

    1. Saya rasa kedua latihan tersebut sama-sama penting. Mungkin untuk pertama-tama, berlatih gerakan tungkai dengan badan telungkup dulu karena lebih mudah. Ini untuk melatih ketepatan teknik dan efisiensi gerakan tungkai.
      Kalau ini sudah bisa, dilanjutkan dengan latihan gerakan tungkai dengan tubuh menyamping. Ini juga penting karena dalam gaya bebas ada body rolling, dimana gerakan tungkai juga harus menyesuaikan miringnya tubuh ke kiri dan ke kanan.

  13. Cara bernafas di dalam renang gaya bebas jangan lupa pada saat awal tarikan. Tentunya ketika kepala nengok ke kanan/kiri. Remember.

  14. assalamu’alaikum, saya masih terkendala dalam mengambil nafas saat berenang gaya bebas. saat saya mengambil nafas pasti kaki saya tenggelam terlalu dalam tidak mengapung lagi. gimana sih caranya agar tidak seperti itu lagi. trus saat saya berenang pasti saya kram.

    1. Jika kaki tenggelam saat ambil nafas, kemungkinan besar penyebabnya adalah mengangkat kepala dari permukaan air ketika bernafas. Solusinya, tidak perlu mengangkat kepala. Cukup miringkan badan, lalu miringkan kepala sedikit ke arah yang sama. Sampai mulut persis berada diatas permukaan air, jangan lebih dari itu. Satu telinga harus tetap berada didalam air.

  15. Thanks buat INFONYa!!
    Terutama buat aku batu di air ini =w=
    Aku disuruh buat tugas ama guruku padahal saya udah menjadi batu di air (tenggelam) sehingga ndak tahu apa2 tentang berenang.
    Thanks banget ya!

  16. Thanks ya bwt tekniknya cuma belom lengkap neh. Gimana kalo disertai dengan pembahasan mengenai teknik-teknik renang bagi kaum pemula. Tolong coz gue juga salah satunya.

  17. Thank you very much for your article !!!…
    With your article, i can do and finish my ‘makalah’ …
    Sangat bermanfaat !

  18. Makasih byk infonya, kebtlan sy lg belajar renang, info2 yg ada sangat membantu..
    Apa sebabnya kalau baru belajar renang leher sampai bahu kita terasa sakit….. Makasih b4.

  19. Mau tanya… bagaimana sih cara berenang yang baik dan benar? Terus apa aja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan olah raga renang? Sebelumnya makasih ya…

  20. Mau nanya neh? Gimana trik-trik jitu untuk berenang di laut spy kita tidak cepat capai/lelah. Maklum krn tempat tinggal saya jarang ada kolam renang seperti di kota-kota besar, jadi berenangnya di pantai. Jazakallahu khoir, infonya…

    1. Saya sekarang tidakkuat nafasnya sewaktu berenag sekarang saya les renag semenjak saya les renang saya sudah kuat nafasnya dan saya sudah bisa berenang dengan baik dan juga saya sudah bisa mengatur nafas saat berenang

  21. awal berenang memang sulit tapi bagi saya itu mudah sekali karna diawali dengan doa dan usaha dan jangan takut tenggelam ………………………………oke !

  22. kami ortu dgn 2 org anak yg masing2 punya hobi berbeda,yg tertama sepak bola,futsall,yg kedua putri kls IV SD IT dia suka renang,mulai kls 1 dia sdh ikut lomba meskipun tk karisidenan Pati dan popda tk kabupaten dan Alhamdulillah dpt juara meskipun perak dan perunggu.yg kami tanyakan dimana kami dpt membeli dvd ato buku panduan renang yg ada gbrnya,krn kami perhatikan dia lemah di start,selalu dgn kaki nekuk sehingga tubuhnya jatuhnya tdk slim dan itu memperlambat wktu,km tunggu infonya,trimakasih

  23. hay..
    saya pngn bgt bs diving n snorkling.pdhl saya blm bs renang.sbaiknya ap dulu yg harus saya plajari?
    thnx for the help..

  24. makasih ya , dengan pengajaran nya
    dngan seperti ini saya bisa berenang lebih baik dan
    saya berterima kasih banyak untuk hal ini kepada anda .

    semoga sukses selalu !!!!!!!!!!!!!
    🙂

  25. salam…renang..sehat..terima kasih ..buat yang belum nulis komen apalagi udah baca blog ini..ayo tinggalin sepatah duapatah kata,memuji boleh,menuliskan pengalamn ketika renang juga boleh..thank you

  26. Mas Rosyid, gmn ya caranya menyelam/diving biar gak mudah mengapung ke permukaan air ????????

    untuk tulisan Cara Bernafas dalam Renang gaya bebasnya, OK banget . . .
    thx, berkat tulisan mas rosyid, saya lebih lancar untuk melakukan renang gaya bebas’a. Ternyata renang bisa bikin Pikiran tenang yaaaaaaaaaaaaaaaaa. . . .

  27. saya kok tetep tidak bisa renang???apa karena trauma yg berlebih sehingga mempengaruhi_nya???
    gmana solusi_nya???trims…

  28. pak rosyid yth
    terimakasih berkat petunjuk renang bapak saya bisa berenang gaya bebas..sungguh luar biasa dan saya hampir tdk percaya dlm usia yg tdk muda lagi bisa berenang selanjutnya saya akan mulai ke gaya dada tapi ketika tangan mengayuh badan nyembul bentar terus tenggelam ya..pdhal org lain sptnya enak sekali dgn gaya dadanya..mhn kalao tdk keberatan kasih tipsnya utk gaya dada terimakasih matur nuwun matur suksma

  29. Hebat sekali anda senang berbagi.
    Pak, boleh minta Biomekanika yang berhubungan renang?Kalau tidak keberatan kirim ke my email ya pak!makasih banyak.
    —Manager Bandung Inter-national Swim (BIS)

  30. Olahraga renang merupakan olahraga yang sangat menyenangkan dan cocok untuk siapa saja tanpa memandang semua umur.
    1. Pengertian Renang
    Mengenai definisi renang menurut Abdoelah Arma (1981: 270) di dalam bukunya yang berjudul Olahraga untuk Perguruan Tinggi mengemukakan bahwa: “Renang adalah suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupuan di air asin atau laut.” Kemudian mengenai pengertian renang yang tampaknya masih berhubungan, yang dituangkan dalam Modul Teori Renang I, Badruzaman (2007: 13) mengemukakan bahwa: “Pengertian renang secara umum adalah the floatation of an object in a liquid due to its buoyancy or lift.” Yang artinya adalah pengertian renang secara umum adalah upaya mengapungkan atau mengangkat tubuh ke atas permukaan air.
    Lebih spesifiknya Badruzaman (2007: 13) mengemukakan bahwa: “Swimming is the method by which humans (or other animals) move themselves through water.” Artinya suatu cara dilakukan orang atau binatang untuk menggerakan tubuhnya di air. Badruzaman menyimpulkan tentang definisi renang adalah suatu aktivitas manusia atau binatang yang dilakukan di air, baik di kolam renang, sungai, danau, maupun lautan, dengan berupaya untuk mengangkat tubuhnya untuk mengapung agar dapat bernafas dan bergerak baik maju maupun mundur.
    Maka apabila saya simpulkan berdasarkan pengertian di atas dan pengalaman saya yang tiap hari melatih renang, definisi renang adalah suatu olahraga di air yang dilakukan manusia dari mulai usia 2 minggu setelah lahir sampai usia dengan cara menggerakan anggota badannya untuk membuat berputar, maju, atau membuat mundur tubuhnya bahkan membuat tubuh tetap diam pada saat melakukan gerakan atau tidak supaya tubuh mengapung, mengambang, dan menyelam untuk tujuan kesehatan, terapi, rerekreasi, pendidikan, menjadi dasar olahraga air lainnya, atau untuk memperoleh prestasi dengan cara latihan yang terprogram, terencana, progresif, dan terlatih.

  31. Gerakan mengambil nafas dalam gaya bebas sebaiknya dilakukan hanya pada satu arah, ke kiri atau kanan dengan cara memutar kepala ke arah lengan yang sedang melakukan tarikan. Gerakan mengambil nafas pada satu arah digunakan untuk jarak pendek dan jarak menengah. Sedangkan cara bernafas untuk jarak jauh dan marathon biasanya dua kali ke arah kanan dan dua kali ke arah kiri secara bergantian. Latihan yang biasanya dilakukan oleh atlit untuk belajar bernafas biasanya dengan melakukan gaya miring.

  32. Koordinasi gerakan gaya bebas
    Mulai dari posisi mengapung terlungkup sambil mengayunkan kaki dan menghitung setiap ayunan ke bawah masing-masing kaki. Hitung dalam enam set hitungan. Beri tekanan pada hitungan pertama dan keempat seperti ini: satu-dua-tiga, empat-lima-enam. Setelah dua set ayunan kaki, mulailah mengayuh dengan tangan bukan sisi pernafasan pada hitungan pertama. Kayuh sepenuhnya, hembuskan nafas dan lakukan pemulihan tangan pada hitungan kedua dan ketiga. Pada saat hitungan ketiga, tangan yang sedang melakukan gerakan pemulihan tersebut harus sudah berada disebelah atas kepala menuju air, dengan sikut terangkat. Pada hitungan keempat, tangan tersebut masuk ke dalam air, dengan jari masuk lebih awal, sementara tangan sisi pernafasan memulai gerakan mengayuhnya pada saat bersamaan. Pada hitungan kelima tangan sisi pernafasan tersebut harus mengayuh dan anda mengambil nafas pada hitungan keenam tangan sisi pernafasan tersebut masuk ke dalam air, dengan jari masuk lebih awal, dan anda sudah mulai menggerakan mengayuh dengan tangan yang sebelah pada saat yang sama. Singkatnya, tangan memasuki air pada hitungan satu dan empat. Habiskan nafas pada hitungan dua dan tiga, hirup nafas pada hitungan lima dan enam. Kaki diayuhkan secara mantap tanpa berhenti atau tanpa berubah irama ayunannya.

    Kunci keberhasilan untuk berlatih gaya bebas-sisi bukan pernafasan pelaksanaannya yaitu: satu-kayuh dengan tangan bukan sisi pernafasan, hembuskan udara, dua-pemulihan tangan bukan sisi pernafasan ke posisi semula, sikut terangkat, tiga-jangkau kedepan melewati sebelah atas tabung imajinasi, sikut terangkat. Kunci keberhasilan, gaya bebas-sisi pernafasan, pelaksanaannya adalah sebagai berikut: empat-tangan bukan sisi pernafasan masuki air, mulai mengayuh dengan tangan sisi pernafasan, lima-ambil nafas pada bagian pertengahan terakhir dari gerakan tangan sisi pernafasan, sikut terangkat, enam-raih kedepan melampai atas tabung imajinasi,sikut terangkat, satu-tangan memasuki air, mulai mengayuh dengan tangan bukan sisi pernafasan, teruskan secara teratur.

  33. pada saat mengambil nafas renang gy bebas , apakah cukup setengah muka kita terendam dalam air ? atau bagaimana ? tolong dijelaskan juga gerakan kaki saat renang gy bebas , gerakan kaki apakah dari paha atau lutut ? bagaimana dengan gerakan pergelangan kaki ? apakah bebas/lentur ? atau kaku ?

  34. berguna banget penjelasannya, ngomong2 ayo kita buat komunitas renang. saling berbagi teknik dan cara benerang yang bagus di KOLAM RENANG BUKAN HANYA DI BLOG.

  35. mau tanya masalah bernafas didalam air waktu berenang,
    yg benar ambil nafas dr hidung kluar lwat mulut, atau mlah sebaliknya ya..
    soalnya yg saya alami ambil nafas lewat hidung kluar nafas lewat mulut adanya hidung saya malah kemasukan air,,,,mksih penjelasanya

Tinggalkan komentar