jump to navigation

Kunci Renang Gaya Bebas yang Efisien 7 Juni, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , ,
trackback

Renang gaya bebas yang efisien? Ya. Efisien maksudnya Anda berenang dengan cepat namun dengan tenaga yang sehemat mungkin, sehingga Anda bisa menempuh jarak yang jauh dalam waktu yang relatif singkat. Wah, pasti semua kepingin dong bisa begitu. Gimana caranya?

Setelah saya membaca dan melihat sana-sini, ternyata ada beberapa kunci untuk bisa berenang gaya bebas secara efisien. Filosofi dari semua kunci tersebut hanya ada dua: memperbesar gaya dorong (propulsi) dan memperkecil tahanan air (drag). Jika Anda memperbesar gaya dorong, Anda bisa berenang lebih efisien hingga 30 persen. Sedangkan jika Anda memperkecil tahanan air, Anda bisa berenang lebih efisien hingga 70 persen. Dari sini jelas terlihat bahwa memperkecil tahanan air ternyata jauh lebih penting.

Untuk memperkecil tahanan air, ada beberapa kunci. Pertama, body streamline. Masukkan kepala kedalam air dan arahkan pandangan ke dasar kolam, maka tungkai Anda akan bisa mengapung dengan mudah.

Kedua, jadikan tubuh Anda lebih panjang. “Perahu yang panjang bergerak lebih cepat.” Cara agar tubuh Anda bisa menjadi lebih panjang adalah dengan menyorongkan lengan ekstensi Anda sejauh-jauhnya ke depan. Jadi, begitu tangan Anda entry ke air, jangan langsung mengayuh, tapi julurkan beberapa lama sejauh mungkin ke arah depan.

Ketiga, miringkan tubuh Anda (body rolling) ke sisi kiri dan ke sisi kanan. Kemiringan ini bukan hanya dada, akan tetapi seluruh tubuh. Tahanan air akan lebih kecil ketika tubuh Anda dimiringkan, dibandingkan jika Anda senantiasa berenang diatas perut Anda.

Adapun untuk memperbesar gaya dorong, beberapa kuncinya adalah sebagai berikut. Pertama, lakukan kayuhan “high-elbow”, yakni dengan tetap menjaga lengan atas tinggi ketika mengayuh.

Kedua, lakukan kayuhan secara penuh, yakni mulai dari ekstensi sampai dengan melewati sisi paha Anda.

Ketiga, rapatkan jari-jari tangan Anda. Kecuali ibu jari yang boleh saja sedikit direnggangkan dari jari telunjuk. Meski jari-jari tangan dibuat rapat, namun harus tetap rileks. Tidak boleh tegang. Rileks dan rasakan airnya.

Keempat, ciptakan akselerasi sebesar mungkin saat mengayuh. Artinya, dimulai dari pelan kemudian digerakkan secepat-cepatnya.

Disamping itu, ada beberapa kunci yang lain agar renang gaya bebas Anda bisa efisien. Pertama, bernafaslah dengan ritmis. Dengan kata lain, jaga ritme pernafasan. Dan sebisa mungkin lakukan pernafasan dua sisi (bilateral breathing), yakni dengan mengambil nafas setiap 3 kayuhan sehingga akan berganti-ganti ke sisi kiri dan ke sisi kanan. Dengan pernafasan dua sisi, diharapkan tubuh Anda akan lebih seimbang antara kiri dan kanan.

Kedua, biarkan lengan recovery Anda benar-benar rileks dan beristirahat. Dengan demikian, Anda senantiasa memberikan istirahat kepada otot-otot Anda.

Ketiga, berenanglah dengan rileks dan santai. Utamakan jarak per langkah, yakni jarak yang bisa Anda lalui dalam satu langkah.

Keempat, Anda tidak harus menggerakkan kaki terlalu cepat. Gerakkanlah kaki seperlunya, sekadar untuk mengimbangi gerakan tubuh lainnya. Kecuali pada perlombaan sprint, Anda bisa mempercepat gerakan kaki Anda untuk menambah gaya dorong.

Demikianlah kunci-kunci untuk berenang gaya bebas dengan lebih efisien. Selamat mencoba!

Komentar»

1. Cara Bernafas dalam Renang Gaya Bebas « Abdur Rosyid’s Blog - 11 Juni, 2009

[…] > Untuk mengetahui gerakan tangan pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui teknik berenang gaya bebas yang lebih sempurna, klik disini. Dan untuk mengetahui cara berenang gaya bebas yang efisien, klik disini. […]

2. mas afif - 18 September, 2009

dari dulu saya pengin sekali bisa berenang, namun ketika hendak belajar masih kerap dihantui rasa takut,
1. mohon tips nya agar aku bisa menguasai olah raga yang satu ini. trims
2. gaya apa yang cocok bagi pemula seperti saya ini

3. re - 4 Desember, 2009

@ Mas Afif : sekadar berbagi, saya juga baru belajar berenang secara otodidak dengan teknik yang benar (bukan asal bergerak). Beberapa hal yang saya lakukan :
1. melihat bagaimana caranya berenang, karena tidak mungkin membuntuti orang di kolam renang, saya mencari referensi di youtube. Beberapa referensi yang terbaik pilihan saya:
– How to Swim Breaststroke by JimmyDShea http://www.youtube.com/watch?v=nMoJVla31tc
dan masih ada beberapa tuorial jimmyDshea yang lain
– Swim Lesson – BreastStroke http://www.youtube.com/user/leadingss
Sempatkan menonton tutorial ini minimal sekali sehari, dan ulangi saat akan berangkat berenang.
2. Belajar bernapas di air, karena kalau tersedak air menimbulkan rasa sakit di hidung bisa bikin jera.
3. Miliki kacamata renang yang bagus (tidak bocor) agar mata tidak perih.
Menurut saya, yang paling cocok untuk pemula adalah gaya dada. Saya hanya perlu waktu sebulan (berenang 2-3x seminggu) untuk mempelajari gaya ini dengan baik.
Saya sangat termotivasi untuk belajar renang karena alasan kesehatan dan ternyata Rasulullah pun menganjurkan untuk memiliki ketangkasan berenang selain memanah dan berkuda.

alex - 5 April, 2010

Video dari Jimmy D Shea sangat baik untuk belajar berenang gaya dada, bebas dan kupu-kupu, karena menampilkan praktik bukan hanya di dalam kolam, tapi di atas kolam. Setelah mempelajari dasar-dasar ini, bisa mencari video2 lainnya untuk memperbaiki teknik.

4. yusdi - 14 Januari, 2010

yang baru saya lihat dan penjelasan dari cd gaya bebas yang putar hanya leher untuk nafas

5. tul - 9 Maret, 2010

Untuk menguasai rasa takut terhadap air, maka kita harus mengenal air itu dan sifat-sifatnya. Kita juga harus bersentuhan dengan air. Cobalah untu membiasakan diri berendam di air, sesekali menyelam dan menahan nafas. Kalau mempunyai kacamata renang itu lebih baik. Pakailah kacamata anda untuk menyelam dan lihatlah air disekeliling anda pada saat menyelam. Rasakan tekanan air di kedalaman pada saat anda menyelam. Mudah-mudahan rasa takut terhadap air akan berkurang dan akhirnya tidak takut sama sekali.

6. wahyudi - 28 Maret, 2010

Terima kasih Kang atas penjelasan yang telah dipaparkan dengan jelas dan lugas…

7. wahyudi - 28 Maret, 2010

Kang mas bagi dong program untuk latihan bagi atlet renang (prestasi)…

8. Evan and activies :: Kunci Renang Gaya Bebas yang Efisien :: March :: 2010 - 29 Maret, 2010

[…] abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan. Tags: bebas, capek, cara, efisein, gaya, renang, teknik trackback Cat:  Sport | Time: 7:02 […]

9. Blaze Nakajawa - 15 Mei, 2010

terima kasih atas penjelasan cara berenang gaya bebasnya, karna aku hobi renang tapi selalu aja ada masalah dari berenang itu sendi ri cara bernapas dan lain yang sel;au membuat ku susah. trims tuk ini. ^_^

10. iskandar - 8 Februari, 2011

hebat kak,semoga saya bisa melakukannya dengan baik

11. seallover - 6 September, 2011

gmna klo cara renang mengapung??????
kasih tau dong plisss

12. radha eshaa arabzing - 17 Desember, 2011

..dengaan pnjelas’an inhiie mngkiiendtz syhaa bsaa brenang..

13. chibinuph - 21 April, 2012

bagus banget

14. ridwan - 15 Maret, 2013

mantap gan, info nya

15. ridwan - 15 Maret, 2013

mantap


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: