High-Elbow dan Wing-Line dalam Renang

High-elbow dan wing-line merupakan dua prinsip yang sangat penting dalam gerakan lengan seorang perenang. High-elbow berarti menjaga agar lengan atas senantiasa tinggi ketika menggerakkan lengan selama berenang. Pertama-tama, lakukanlah semua bentuk kayuhan dengan high-elbow. Apapun gaya yang Anda peragakan, baik itu gaya bebas, gaya kupu-kupu, maupun gaya dada, Anda harus mengayuh dengan high-elbow.

Pada gaya yang simetris seperti gaya kupu-kupu dan gaya dada, high-elbow sering pula disebut sebagai wing-line, karena dengan memperagakan high-elbow pada kedua lengan kita, seolah-olah kedua lengan kita berubah menjadi dua buah sayap. Kedua lengan atas membentang horisontal ke samping, sejajar dengan bahu, sementara kedua lengan bawah dalam posisi tertekuk.

Kebalikan dari high-elbow adalah drop-elbow. Ketika berenang, hindarilah drop-elbow. Cara sederhana untuk memperagakan high-elbow adalah dengan menjaga agar lengan atas kita senantiasa menjauh dari ketiak kita.

Disamping untuk kayuhan, high-elbow juga berlaku untuk gerakan tangan recovery pada renang gaya bebas. Dalam hal ini, high-elbow bermakna bahwa kita senantiasa menjaga agar sikut kita senantiasa menjadi titik tertinggi lintasan lengan kita selama recovery. Dengan high-elbow recovery, lengan kita – terutama lengan bawah – akan bisa bersantai, sesuai dengan tujuan recovery itu sendiri. Disamping itu, high-elbow recovery juga akan menghindarkan kita dari over-reach dan over-extension.

Tinggalkan komentar