jump to navigation

Video Editor Apa yang Anda Suka? 25 Oktober, 2008

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , , ,
trackback

Bicara tentang aplikasi video editor, ada banyak yang bisa kita pilih. Windows menyertakan Movie Maker dalam paket instalasinya. Kalau kita mau, kita juga bisa pakai Ulead Systems, Pinnacle Systems, Adobe Premier, AvidX, Roxio, Cyberlink, Vegas, dan sebagainya. Tentunya masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun apapun aplikasinya, secara umum fitur-fiturnya hampir sama satu sama lain. Fitur-fitur standar bisa dikatakan selalu ada pada semua aplikasi, seperti fitur capture, edit, dan render.

Capture adalah proses mengubah video dari kamera ke bentuk digital. Caranya sederhana saja, buka aplikasi video editor Anda, koneksikan kamera dengan komputer, lalu lakukan capture. Setelah capture selesai, kita bisa berlanjut ke proses edit.

Dalam proses edit, kita bisa menggunting film, menggabungkan beberapa klip, dan menambahkan suara, musik, tulisan ataupun gambar pada video. Agar bisa dilakukan dengan lebih mudah dan ‘user-friendly’, semua proses ini biasanya divisualisasikan dalam jendela storyboard atau timeline. Sebuah storyboard biasanya hanya menampilkan urut-urutan klip. Adapun timeline menampilkan segala sesuatunya secara lebih lengkap, mulai dari urut-urutan klip, suara, musik, tulisan, gambar, dan juga transisi antar klip.

Setelah kita puas dengan proses edit, langkah terakhir adalah render, yaitu menyatukan semua elemen yang telah kita susun saat edit menjadi satu kesatuan video. Biasanya, dalam video editor kita bisa memilih jenis keluaran yang kita inginkan, misalnya dalam bentuk web video-stream, mpeg, vcd, dvd dan sebagainya.

Lalu, aplikasi apa yang kita pilih untuk melakukan berbagai proses tersebut? Ada beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan, antara lain: 1) seberapa cepat aplikasi tersebut bisa berjalan pada komputer yang kita punya, atau dengan kata lain: ‘seberapa berat’ aplikasi tersebut, 2) seberapa mudah kita bisa melakukan berbagai macam proses editing pada aplikasi tersebut (fasilitas drag and drop adalah salah satu kemudahan yang bisa kita pilih), 3) seberapa lengkap dan menarik elemen-elemen editing yang ada didalamnya (misalnya variasi transisi, variasi tulisan, dan sebagainya), dan 4) seberapa cocok fitur-fitur yang ada dengan kebutuhan kita.

Akhirnya, pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda. Saya sendiri sudah mencoba Windows Movie Maker, Adobe Premier Pro, Ulead Video Studio, Ulead Media Studio, dan Pinnacle Studio. Kalau Anda belum pernah mencoba, selamat mencoba. Dan selamat berkreasi dengan rekaman video Anda untuk disulap menjadi film yang menarik buah karya Anda sendiri.

Komentar»

1. devin goeris - 30 Juli, 2009

menurtu sya sangat menarik skali videwo editor tu dan sangat lah mengasyikan!
skian coment sya makasih!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: