jump to navigation

Ramadhan, Saatnya Me-reset Jam Tubuh 3 September, 2009

Posted by abdurrosyid in Pokoknya Ada Saja.
Tags: , , , , ,
add a comment

Ramadhan adalah syahrut tarbiyah ‘bulan pembinaan’. So, kita harus betul-betul memanfaatkan bulan ini untuk membina diri kita. Salah satunya adalah menciptakan ritme hidup yang islami. Lho, apaan tuh?

Kita semua pasti punya kebiasaan. Kapan kita berangkat tidur, bangun tidur, makan, sholat wajib, sholat sunnah, baca Al-Qur’an, bekerja, dan sebagainya. Tentu saja kita menginginkan aktivitas keseharian kita bisa berjalan dengan teratur. Nah, kaitannya dengan ini, sesungguhnya pola kebiasaan kita sehari-hari, kita sadari ataupun tidak, pasti membentuk pola tertentu yang disebut sebagai ‘jam tubuh’.

Jika kita biasa berangkat tidur jam 10 malam, maka setiap jam 10 malam bisa dipastikan tubuh kita pasti merasakan ngantuk, minta ditidurkan. Jika kita biasa bangun tidur jam 6 pagi (telat subuh bro), maka pasti akan sulit untuk bangun lebih awal. Sebaliknya jika kita biasa bangun tidur jam 03.30 pagi, tanpa beker dan alarm hape pun kemungkinan besar kita akan selalu terbangun pada jam tersebut (dan tidak telat sholat subuh). (lebih…)

Gimana Sih Tidur Berkualitas? 22 Juli, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , ,
1 comment so far

Tidur cukup itu penting, tapi yang tidak kalah penting adalah tidur berkualitas. Percuma saja tidur lama-lama tapi sama sekali nggak berkualitas. Sebaliknya, meski tidur kita nggak terlalu lama tapi kalo berkualitas, itu jauh lebih baik bro. Hmm, memang kualitas selalu lebih penting ketimbang kuantitas kan? Kayak, punya istri satu tapi berkualitas (baca: kinclong, eh salah… shalihah maksudnya) kan lebih baik ketimbang istri banyak tapi nyebelin semua. Wah, kok jadi ngelantur begini…

Kembali ke masalah tidur nih. Gimana sih tidur yang berkualitas itu? Apa tidur yang diatas kasur empuk? Atau, tidur sambil ditemeni bidadari? (mulai error lagi nih, ampuuun). Setelah baca sana baca sini dengan dibantu sama Mbah Google, akhirnya saya mendapatkan beberapa tips  jitu agar tidur kita bisa berkualitas.

Pertama, bikin tuh tempat tidur kamu menyenangkan. Tidak harus pake spring bed mahal, dipan bambu beralas tikar pandan juga boleh. Yang penting tuh tempat tidur kamu bersih dan nggak bau. Pastikan juga nggak ada kecoak atau serangga-serangga ‘mematikan’ lainnya di tempat tidurmu. Nyamuk juga bisa ngeganggu kamu tuh selama tidur. So, kalo banyak nyamuk, atur strategi kamu agar nyamuk-nyamuk pada mau pergi dari kamar tidurmu. Tutup tuh ventilasi kamar dengan kawat kasa, biar nyamuk nggak bisa masuk. Pake losion anti nyamuk juga bisa. Terserah kamu deh gimana caranya, yang penting nyamuk-nyamuk nakal tuh nggak akan lagi ngeganggu kamu. Gimana kalo suami malah yang nakal? Wah, kalo itu sih malah bagus kan. Ups! (lebih…)

Kapan Sebaiknya Tidur? 22 Juli, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , ,
3 comments

Tidur merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh kita terasa bugar dan segar kembali, setelah lelah beraktivitas. Pada saat tidur, otak kita beristirahat. Tidur juga merupakan saat terbaik bagi tubuh kita untuk bisa melangsungkan metabolismenya secara sempurna. Saat tidur, tubuh kita bekerja untuk meregenerasi alias mengganti sel-sel yang rusak atau mati. Dan Anda perlu tahu bahwa setiap hari, sejumlah sel dalam tubuh kita  rusak dan bahkan mati.

Secara ilmiah kita butuh tidur dalam waktu yang proporsional. Berapa lama kita mesti tidur setiap hari? Jawabannya tergantung banyak faktor. Salah satunya adalah faktor usia. Secara umum, usia yang semakin dini membutuhkan tidur yang lebih lama. Untuk usia dewasa, kebanyakan ahli menyarankan durasi tidur antara 7 dan 8 jam setiap hari. Durasi tidur tentunya juga dipengaruhi oleh tingkat kelelahan dan kepenatan tubuh. Kalau kita habis melakukan olahraga yang berat atau aktivitas yang sangat melelahkan, tentunya kita butuh tidur yang lebih lama. (lebih…)

Pentingnya Tidur Tepat Waktu 6 April, 2008

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , ,
3 comments

Tadi pagi saya bermain futsal. Kira-kira 45 menit permainan berjalan, saya merasakan sesuatu. Tubuh saya serasa mulai goyah. Saya pun terpaksa mengurangi pergerakan dan bahkan mundur ke belakang, berharap bisa sambil memulihkan kondisi tubuh. Ini sesuatu yang tidak biasa saya alami. Jangankan sekadar futsal, bermain sepakbola secara agresif dalam waktu yang cukup lama pun saya sudah terbiasa dan tidak pernah merasa tidak kuat. Tapi tadi pagi saya betul-betul heran: bagaimana mungkin hanya bermain futsal saja kok tubuh saya sudah merasa tidak kuat. (lebih…)