jump to navigation

Konspirasi: Antara Logika dan Mitos 20 Agustus, 2017

Posted by abdurrosyid in Esai-esai Kehidupan.
trackback

Saya percaya dengan konspirasi, tapi dengan kadar yang proporsional. Soal 3 isu konspirasi yang paling populer:

Isu #1. Kelompok rahasia seperti Illuminati dan Freemasony seratus persen menguasai dan mengatur tata kelola dunia. Termasuk dalam isu ini antara lain: Kelompok rahasia tsb menentukan dan mengatur para pemimpin boneka, Yahudi atau keluarga Rotshchilds menguasai semua bank sentral di seluruh dunia, dan Israel tak bisa dikalahkan.

Saya percaya adanya hegemoni maupun konspirasi politik ataupun ekonomi. Tapi saya sulit mempercayai bahwa SEGALA HAL di dunia dikendalikan oleh segelintir kelompok rahasia tanpa ada kemampuan dari umat manusia untuk melawannya. Saya sulit mempercayai bahwa semua orang “can be fooled by such mysterious, secret power” tanpa ada yang bisa melawan atau bahkan sekedar mengetahui, menyadari, dan membicarakannya di ruang2 publik.

Saya tidak menafikan adanya pemimpin2 boneka. Saya mempercayai fakta kuatnya lobi yahudi di AS, dan bahwa AS adalah negara adidaya sejauh ini, dan bahwa blok timur semakin menguat.

Saya bisa menerima ada hegemoni ataupun ada yang “paling berkuasa” dalam ekonomi, keuangan, dan perbankan. Ataupun ada yang paling bisa memainkan nilai uang kertas. Tapi bukan berarti hanya ada satu pihak yang menguasai SERATUS PERSEN dari hulu ke hilir keseluruhan ekonomi, keuangan, dan perbankan, tanpa ada kemampuan dari pihak yang lain untuk sekedar mengimbangi atau “melawan” hegemoni tsb, seolah-olah pihak lain tidak punya potensi untuk kuat secara ekonomi. Potensi selalu ada.

Dan saya sama sekali tidak percaya bahwa Israel tidak bisa dikalahkan.

Isu #2. Vaksinasi adalah konspirasi untuk melemahkan umat Islam atau bangsa2 negara dunia-ketiga atau manusia2 selain kelompok pengatur (baca no.1 diatas).

Saya hampir tidak bisa percaya bahwa SEMUA dokter bisa dibodohi oleh konspirasi vaksin tanpa ada satupun yang menyadarinya dan “meniup peluit” buat kebaikan masyarakat.

Isu #3. Bumi bulat dan pendaratan di bulan adalah propaganda yang telah disebarkan melalui sekolah-sekolah dan media. Bumi adalah datar seperti piringan, dan pendaratan di bulan adalah hoax.

Berdasarkan beberapa argumen, saya lebih percaya bahwa bentuk bumi itu bulat, yang tentu saja permukannya “datar” jika dilihat dari tempat kita berpijak. Demikian pula saya juga sulit mempercayai sekian banyak astronot, astronom, astrofisikawan, aerospace engineers, geomatikawan, dan para ilmuwan serta insinyur pada umumnya bisa dibodohi selama ratusan tahun tanpa ada yang menyadari bahwa ada yang salah dengan pengetahuan dan keyakinan mereka.

Sekian.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

