jump to navigation

Cara Mengemudi Melewati Bundaran 17 Januari, 2015

Posted by abdurrosyid in Pokoknya Ada Saja.
trackback

Berikut ini beberapa aturan dasar melewati bundaran (roundabout), pada sistem nyetir di kiri seperti di Amerika dan Timur Tengah:

  1. Putuskan mau keluar ke arah mana dari bundaran. Ini akan menentukan posisi lajur dimana Anda akan menempatkan mobil Anda sebelum memasuki bundaran. Jika Anda hendak lurus, maka Anda bisa memasuki bundaran dari lajur kanan atau lajur kedua dari kanan, namun dari lajur kanan lebih aman. Jika Anda hendak ke kanan, maka Anda harus masuk ke bundaran dari lajur kanan. Dan jika Anda hendak ke kiri atau berputar balik maka Anda harus masuk ke bundaran dari lajur kiri.
  2. Menjelang memasuki bundaran, kurangi kecepatan (maksimum 40 km/h), dan bila perlu berhenti, untuk menunggu ada ruang kosong buat masuk kedalam bundaran. Lihat lalu lintas dari sebelah kiri. Jika kosong maka segera masuk.
  3. Anda harus menggunakan lajur di bundaran sesuai dengan lajur dimana Anda memasuki bundaran. Misalnya, jika Anda masuk melalui lajur paling kanan maka Anda harus menggunakan lajur kanan didalam bundaran.
  4. Ketika di bundaran, jangan sekali-kali berpindah lajur.
  5. Ketika di bundaran, jangan menyalip kendaraan besar seperti truk trailer.
  6. Jika Anda hendak lurus, Anda tidak perlu menyalakan lampu isyarat, namun kemudian nyalakan lampu isyarat ke kanan setelah melewati pukul 3. Jika Anda hendak ke kanan, nyalakan lampu isyarat ke kanan. Jika Anda hendak ke kiri, nyalakan lampu isyarat ke kiri dan kemudian lampu isyarat ke kanan setelah melewati pukul 12. Jika Anda hendak berputar balik, maka nyalakan lampu isyarat ke kiri dan kemudian lampu isyarat ke kanan setelah melewati pukul 9. Ingat, matikan lampu isyarat hanya setelah keluar dari bundaran.
  7. Ketika keluar, Anda juga harus menggunakan lajur sesuai dengan lajur yang Anda pakai ketika didalam bundaran. Misalnya, jika didalam bundaran Anda memakai lajur paling kanan maka keluar dari bundaran juga harus menggunakan lajur paling kanan.

Komentar»

1. muzdakir - 17 Maret, 2015

blognya bagus dan informatif mas. hehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: