jump to navigation

Bandara Changi yang Oke Punya 27 Agustus, 2012

Posted by abdurrosyid in Sejauh Aku Berkelana.
trackback

Beberapa saat yang lalu saya melakukan perjalanan pulang pergi Surabaya – Riyadh, dengan transit di Bandara Changi, Singapura. Waktu itu saya naik pesawat Singapore Airlines. Yang ingin saya ceritakan disini adalah bagaimana kualitas Bandara Changi. Penuh dengan fasilitas yang oke punya.

Begitu masuk Bandara Changi, seperti pada umumnya bandara, dinginnya AC langsung terasa. Yang menurut saya istimewa adalah beberapa fasilitas yang disediakan disana dengan kualitas yang mantap. Beberapa fasilitas itu antara lain:

1. Fasilitas internet gratis. Disediakan baik dalam bentuk free wifi maupun unit-unit PC yang sudah connected to the internet dan tinggal pakai saja. Untuk menggunakan free wifi, tinggal minta passwordnya ke bagian informasi dengan menunjukkan paspor kita. Untuk mengakses unit PC, setiap sesi diberi waktu 15 menit. Begitu sesi berakhir, sistem secara otomatis akan menghapus temporary files. Sehingga, begitu memulai sesi baru, laman-laman yang kita buka selama sesi sebelumnya sudah nggak ada. Starting from scratch.

Yang juga oye adalah tampilan browsernya yang “bersih”, berbeda dengan di Bandara Juanda yang ketika itu saya lihat memasang banner iklan di bagian atas browser kita. Juga kecepatan internet di Bandara Changi lumayan mantap. Adanya dua opsi yaitu akses free wifi dan akses via unit PC yang sudah tersedia juga patut mendapat acungan jempol. Kalau di Bandara Juanda (di Bandara Soetta juga kayaknya) akses internet hanya bisa pakai wifi, padahal tidak ada fasilitas untuk men-charge laptop atau gadget (saya belum mendapatinya kecuali satu atau dua buah saja). Akibatnya, orang yang baterai laptop atau gadgetnya habis tentunya nggak akan bisa memanfaatkan free wifi, lha wongnya laptop atau gadgetnya nggak bisa hidup.

2. Fasilitas charging point. Inipun disediakan baik untuk gadget/mobile phone maupun untuk laptop. Mantap benar deh pokoknya.

3. Fasilitas untuk beristirahat (maksudnya: tidur). Tersedia tempat-tempat yang nyaman banget berisi kursi-kursi tidur yang empuk. Sebagiannya lengkap dengan tamannya, sebagian lainnya lengkap dengan layar televisi yang cukup lebar.

4. Fasilitas game PS3.

5. Fasilitas kolam renang.

6. Fasilitas toilet yang tersedia dalam dua pilihan: wet toilet (pake air) dan dry toilet (pake tissue). Adanya dua pilihan ini sangat penting, utamanya buat muslim yang nggak biasa istinjak pake tissue.

7. Fasilitas musholla yang nyaman, dilengkapi hijab antara pria dan wanita.

Hebatnya, semua fasilitas diatas for free alias gratis tis tis. Mungkin inilah salah satu strategi Singapura untuk menarik banyak orang berkunjung kesana yang terkenal dengan shopping tourism-nya.

** Maaf nggak ada fotonya hehe.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: