jump to navigation

Pakai Facebook: Profile, Page, Group, atau Cause? 7 Agustus, 2009

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , ,
trackback

Di Facebook, setidak-tidaknya ada tiga layanan yang bisa Anda pakai: Profile, Page, Group, dan Cause. Profile pada dasarnya dibuat untuk kepentingan individual alias kepentingan pribadi, makanya saat mendaftar pasti ditanya jenis kelamin segala. Namun tidak sedikit ternyata yang menggunakan Profile untuk kepentingan komunitas, organisasi, atau korporasi. ‘Teman’ dalam profile disebut sebagai ‘Friend’, dan jumlahnya dibatasi hanya sampai 5000 orang saja.

Adapun Page pada dasarnya dirancang untuk kepentingan promosi. Yang dipromosikan bisa apa saja: public figure (kayak artis, bintang film, bintang olahraga, tokoh politik, ulama, dsb), bisnis Anda, produk Anda, dan apa saja. Adapun orientasinya, yang profit boleh, yang non profit juga oke.

Facebook sendiri mendefinisikan Page sebagai berikut: “A Facebook Page is a public profile that enables you to share your business and products with Facebook users.” Tujuan membuat Page juga tergambar dari kalimat singkat yang dibuat sendiri oleh Facebook di halaman mukanya: “To create a page for a celebrity, band or business, click here.” Melalui Page, sebuah perusahaan dapat menjelaskan produk-produknya dan juga bahkan bisa melakukan marketing dengan gratis. Seorang aktor atau aktris ternama juga bisa memiliki halaman Page, disamping Profile. Seorang penyanyi atau kelompok band dapat mengumumkan jadwal tur dan penampilannya melalui Page.

‘Teman’ dalam Page disebut sebagai ‘Fan’, dan jumlahnya tidak dibatasi. Page dapat menambahkan aplikasi layaknya Profile, serta tampilannya pun mirip dengan halaman Profile. Selain itu Page juga memiliki URL atau alamat khusus yang dapat dipakai oleh orang lain untuk langsung mengakses ke halaman tersebut layaknya sebuah Profile. Hebatnya lagi, pada Page, nama pemilik atau pembuat Page tidak ditampilkan. Pada Page juga dimungkinkan adanya feed activity. Pesan-pesan bisa disampaikan oleh Page kepada seluruh Fan-nya, dan akan muncul di wall mereka. Untuk bisa membuat Page, Anda terlebih dahulu harus login ke Profile. Artinya, untuk bisa punya Page, Anda terlebih dulu harus terdaftar dalam Profile.

Kelebihan Page yang lainnya, selain yang sudah disebutkan diatas, adalah ter-index di Search Engine. Namun kekurangannya menurut saya, jika dipakai untuk identitas perorangan, terkesan ‘kurang akrab’ dan ‘kurang egaliter’. Hubungan antara Page dan Fan-nya adalah seperti hubungan seorang artis dengan penggemarnya. Bayangkan jika Anda mendapati saya sebagai Page dan saya sebagai Profile. Jika Anda menjadi teman saya di Page, maka Anda adalah Fan saya. Sedangkan jika Anda menjadi teman saya di Profile, maka Anda adalah Friend saya. Tingkat kedekatan dan keakrabannya berbeda kan?

Sementara Group adalah sarana untuk membuat semacam perkumpulan alias gathering. Karena itu, jika Anda punya komunitas seperti forum alumni atau apa saja, Group adalah pilihan yang paling tepat. Pada Group, nama pemilik atau pembuat Group akan diperlihatkan. Dan sayangnya lagi, di Group Anda tidak bisa menambahkan aplikasi, karena Group sendiri adalah aplikasi.

‘Teman’ dalam Group disebut sebagai Member. Dengan Group, Anda bisa berdiskusi dan bertukar pikiran dengan seluruh anggota Group. Demikian pula, Anda dan setiap anggota Group bisa mengirim pesan ke seluruh anggota Group.

Group sendiri ada dua macam: Open Group dan Closed Group. Pada Open Group, siapapun bisa menjadi anggota. Tapi pada Closed Group, keanggotaan harus melalui undangan atau konfirmasi administrator Group. Lalu, Anda mau pake yang mana: yang open atau yang closed? Tergantung keperluan Anda kan.

Baik Page maupun Group sama-sama memiliki Discussion Board, Wall, dan juga Photo & Video.

Lalu apaan tuh Cause? Cause, sebagaimana Group, merupakan aplikasi di Facebook. Secara singkat bisa dikatakan, Cause adalah sarana untuk kampanye non profit. Karena itu kita tentu sering mendapati Cause dengan nama-nama seperti ‘Gerakan Anti Narkoba’, ‘Gerakan Anti Rokok’, ‘Dukungan terhadap Korban Lapindo’, ‘Dukungan terhadap Prita Mulyasari’, dan sebagainya. Memang untuk tujuan seperti inilah kira-kira Cause disediakan.

Nah, setelah Anda paham apa itu Profile, Page, Group, dan Cause, tentunya Anda ingin memanfaatkan keempat fasilitas tersebut kan? Jadi, selamat ber-facebook ria!

Iklan

Komentar»

1. zendy - 25 Agustus, 2009

Mantab sodara….
tapi tulis tentang linkedin lagi dunkz !

2. ngez arifin - 21 November, 2009

gmn sih cara masukin mucik ke profile facebook gruop??

3. dian purwanto - 29 Januari, 2010

tks. infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: