jump to navigation

Office 2007 vs Office 2003 6 Agustus, 2009

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , , ,
trackback

Yang saya maksud dengan Office disini adalah Microsoft Office. Sebagaimana diketahui, Microsoft telah meluncurkan versi terbaru Office, yaitu Office 2007. Versi terbaru ini bukanlah sekadar rilis terbaru dengan sedikit perubahan dan tambahan. Penampilan Office 2007 sungguh diluar dugaan. Pada versi terbarunya ini Microsoft merombak total dan tidak sedikitpun menyisakan penampilan Office yang ada pada versi sebelumnya. Mungkin hampir sama ketika Microsoft merombak total Windows 3.1 dan Windows 3.11 ke Windows 95 dan Windows NT.

Berikut ini beberapa hal penting yang membedakan Office 2007 dari Office versi-versi sebelumnya.

Tampilan (User Interface)

Tampilan Office 2007 dibuat lebih sederhana tapi lebih berdaya guna. Pada Office 2007, tata letak daftar menu dan submenu tidak lagi sama dengan versi-versi sebelumnya. Sebagai gantinya, menu-menu dan submenu diatur sedemikian rupa untuk bisa lebih mudah dieksplorasi ketika bekerja. Salah satu contohnya dalah adanya Ribbon, yang berisi toolbar yang melekatkan beberapa tombol pintas untuk mengerjakan berbagai hal.

Meski tampilan Office 2007 terlihat lebih sederhana, namun justru terlihat lebih atraktif karena adanya perubahan pewarnaan.

Barangkali satu-satunya hal yang bisa disebut sebagai kekurangan adalah, tampilan Office 2007 menjadi terlalu baru bagi pengguna versi-versi sebelumnya. Bagi yang suka hal-hal baru, nggak jadi soal. Tapi bagi yang tidak suka mempelajari barang baru, termasuk juga bagi yang agak lambat dalam mempelajari hal-hal baru, tampilan yang benar-benar beda pada Office 2007 bisa jadi justru akan menjadi masalah, dan membuat orang enggan untuk beralih ke versi terbaru ini.

Format File

Pada Office 2007, Microsoft sudah menyertakan fitur baru untuk menyimpan file dalam berbagai format termasuk format PDF dan XPS. Untuk bisa menggunakannya  cukup pilih ikon lingkaran kemudian pilih Save As PDF or XPS. Jadi tidak perlu lagi menambahkan aplikasi lain untuk menyimpan file dalam kedua format tersebut.

Format file lainnya juga mengalami perubahan, sebagai contoh file berformat Word yang tadinya berakhiran DOC, Microroft Excel berakhir XLS, PowerPoint berakhir PPT kini berganti dengan DOCX untuk Word, XLSX untuk Excel dan PPTX untuk PowerPoint. File dengan format baru ini memiliki ukuran yang lebih kecil karena telah ditekan sedemikian rupa.

Hanya saja kelemahannya, format file yang berakhiran X ini tidak kompatibel alias tidak bisa dibuka pada Office versi-versi sebelumnya. Tetapi dengan menggunakan Microsoft Office Compatibility Pack, file-file dengan format baru ini masih bisa dikenali pada Office versi-versi sebelumnya.

Sebetulnya cara yang paling mudah agar file-file yang dihasilkan oleh Office 2007 tetap bisa dibaca pada versi-versi sebelumnya adalah dengan melakukan Save As sebagai file Office versi sebelumnya. Disamping itu, ada juga beberapa layanan konverter online berbasis web yang bisa dimanfaatkan untuk mengkonversi file Office 2007 menjadi file dengan format yang bisa dibaca oleh Office versi-versi sebelumnya.

Kelebihan Office 2007 lainnya adalah lebih mudah menyelamatkan file yang corrupted. Jika sebuah file menjadi corrupted, Anda akan dapat mengembalikan isinya jauh lebih baik dibanding sebelumnya karena Office 2007 menyimpan masing-masing elemen seperti teks, gambar, makro, dan elemen-elemen lain secara terpisah.

Perbaikan Aplikasi-aplikasinya

Office 2007 juga memberikan beberapa perbaikan pada aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya. Sebagai contoh, pada Office 2007, Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing, formula pada Excel lebih mudah direferensikan, presentasi dengan PowerPoint menjadi lebih atraktif, Outlook menambahkan fitur ‘Task and Time Management’, dan perbaikan integrasi antar aplikasi dalam Office 2007.

Interaksi yang Lebih Mudah dengan Dunia Maya

Salah satu contohnya adalah dengan mudah kita bisa langsung mem-post sebuah tulisan kita yang ada di Word ke blog kita yang ada di dunia maya. Sehingga, begitu ngetik, saat itu pula tulisan kita langsung bisa online. Hebat kan?

Beberapa Aplikasi Tambahan yang Oke

Disamping itu, Office 2007 juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang tidak ada pada Office versi-versi sebelumnya. Salah satunya adalah aplikasi OneNote, yaitu sebuah aplikasi untuk menulis catatan-catatan kecil, materi-materi kuliah, jadwal kegiatan, planning kegiatan untuk seminggu ke depan, untuk mencatat ide yang datang secara tiba-tiba, bahkan dapat digunakan seperti diary atau catatan sehari-hari. Aplikasi ini seperti halnya buku catatan elektronik atau binder atau notebook atau loose leaf yang biasa Anda gunakan saat masa-masa kuliah. Semua catatan yang Anda tulis dapat diorganisir dan dimanajemen oleh aplikasi ini sehingga Anda tidak lagi kesulitan mencari dimana tulisan-tulisan penting Anda. Oke kan?

Komentar»

1. adhi - 5 Oktober, 2009

thx 4 artkl na, tp tlg dong kasih tau kelebihan n kelemahan office dari berbagai versi…(mksdny dr office yg pertama kali keluar sampai office 2007), tolong y??

2. Toy - 30 Oktober, 2009

La Keterangane Office 2003 Mana Bos……………????????

3. aryanto - 27 April, 2011

oh ya aku minta artikel tentang ms office 2010..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: