jump to navigation

Bagaimana Mencari Inspirasi Tulisan? 6 Agustus, 2009

Posted by abdurrosyid in Hobiku Menulis.
Tags: , , , ,
trackback

Apakah Anda pernah merasa ingin menulis tetapi bingung apa yang harus ditulis? Atau barangkali Anda pernah bertekad untuk bisa ngeblog setiap hari – minimal satu tulisan per hari – tetapi Anda tidak kunjung bisa mewujudkan tekad tersebut karena sering merasa tidak mood atau tidak punya inspirasi?

Jika Anda pernah mengalami yang kayak begitu, Anda layak membaca tulisan ini sampai habis. Dalam tulisan ini, saya akan memaparkan ‘teori sederhana’ agar kita bisa senantiasa punya inspirasi untuk dituliskan.

Pertama, banyak-banyaklah membaca maka inspirasi akan datang. Jika Anda banyak membaca, maka Anda akan menerima banyak informasi baru. Dan sudah menjadi rahasia umum, pada saat yang sama Anda pun akan kaya dengan inspirasi. Mulai dari yang sederhana, jika Anda rajin membaca koran maka hampir setiap hari Anda akan mendapatkan hal-hal unik dan menarik yang bisa Anda tulis. Semakin Anda kreatif dan inovatif, semakin ‘liar’ inspirasi yang akan muncul dari pikiran Anda.

Itu baru koran. Jika Anda banyak membaca buku – yang tentunya lebih berbobot daripada sekadar koran – maka Anda pasti akan mendapatkan inspirasi-inspirasi yang lebih hebat lagi. Semakin banyak buku yang Anda baca, akan makin banyak inspirasi yang siap meledak dari dalam pikiran Anda.

Paling tidak, setelah membaca sebuah buku, Anda mungkin tertarik untuk menuliskan intisari dari apa yang telah Anda baca. Belum lagi jika Anda punya banyak komentar dan catatan terhadap isi buku yang barusan Anda baca, tentu Anda akan bisa menulis lebih banyak lagi. Atau barangkali apa yang barusan Anda baca ternyata menstimulasi pikiran Anda dengan gagasan-gagasan baru. Tentunya inipun layak untuk Anda tulis.

Sebaliknya, jika Anda malas membaca – atau bahkan hampir tidak pernah – maka tidak ada informasi-informasi baru yang menstimulus pikiran Anda. Akibatnya, pikiran Anda pun akan menjadi stagnan dan miskin inspirasi.

Kedua, alamilah maka inspirasi akan datang. Membaca bukanlah satu-satunya cara untuk memunculkan inspirasi. Ada cara lain yang sama jitunya – atau bahkan lebih jitu – yaitu banyak berbuat dan banyak beramal. Sudah pasti, jika Anda banyak berbuat maka Anda akan kaya dengan pengalaman. Nah, pengalaman itu tentunya bisa Anda abadikan dalam tulisan.

Pengalaman apa saja pada dasarnya bisa menjadi sumber inspirasi sebuah tulisan. Yang sederhana misalkan pengalaman perjalanan, bepergian, melancong, atau berpelesir, bisa dengan mudah diceritakan dan dituangkan dalam bentuk tulisan. Begitu juga pengalaman-pengalaman lucu yang pernah Anda alami, pengalaman menegangkan, pengalaman menakutkan, dan sebagainya. Temukan hal-hal yang menarik dari apa saja yang telah Anda alami atau Anda lakukan, lalu tuangkanlah dalam tulisan. Tentunya Anda akan senang jika orang lain membacanya.

Ketiga, merenunglah maka inspirasi akan datang. Selain membaca dan mengalami, masih ada cara lainnya untuk bisa memunculkan inspirasi: merenung. Apa saja yang Anda rasakan, Anda lihat, dan Anda pernah alami bisa menjadi bahan perenungan. Gejolak jiwa Anda, peristiwa dan apa saja yang Anda lihat di sekeliling Anda, atau bahkan apa yang pernah menimpa diri Anda, bisa Anda jadikan bahan perenungan, yang nantinya akan menghasilkan inspirasi yang siap untuk Anda tuliskan. Jadi, jangan remehkan aktivitas merenung. Anda membutuhkan saat-saat dimana Anda bisa merenung, dan disitulah Anda akan menemukan banyak inspirasi.

Seberapa hebat Anda bisa merenung mencerminkan kekuatan kreasi dan inovasi Anda. Jika Anda punya kekuatan kreasi dan inovasi yang sangat baik, Anda biasanya dengan mudah bisa menemukan ide-ide unik dan menarik dibalik hal-hal yang kelihatannya biasa saja di sekitar Anda. Belum lagi jika Anda juga punya ‘sense of humor’ yang cukup kuat, maka dengan itu Anda akan mampu menuangkan ide-ide unik dan menarik dengan cara yang lebih mempesona dan menggelitik.

Keempat, abadikan lintasan-lintasan inspirasi Anda. Mungkin Anda pernah mengalami suatu ketika sebuah inspirasi muncul dari pikiran Anda. Bahkan mungkin tidak hanya satu inspirasi, akan tetapi beberapa atau bahkan banyak. Namun ternyata beberapa lama kemudian Anda lupa mengenai inspirasi-inspirasi tersebut. Wah, sayang sekali ya…

Memang inspirasi itu kayak letupan-letupan, yang bisa muncul sekonyong-konyong dan sewaktu-waktu. Agar lintasan-lintasan inspirasi tersebut tidak hilang begitu saja, catatlah dengan segera begitu muncul dalam pikiran. Anda mungkin perlu membawa buku catatan kecil kemana-mana agar sewaktu-waktu bisa segera menuliskan lintasan inspirasi yang muncul dalam benak Anda. Saat ini, Anda bahkan tidak perlu menuliskannya diatas kertas, karena ada banyak perangkat elektronik yang sekarang ini berfungsi seperti buku catatan. Anda tinggal menekan tombol-tombol papan ketik, dan lintasan inspirasi Anda pun terabadikan.

Facebook misalnya – dengan pertanyaannya ‘What’s on your mind?’ – bisa saja Anda manfaatkan untuk mengabadikan lintasan-lintasan pikiran Anda. Atau yang lebih sederhana dari Facebook, Anda bisa mencatat lintasan pikiran yang muncul sewaktu-waktu pada fasilitas note yang ada di ponsel Anda. Praktis sekali kan? Selanjutnya, Anda bisa mengelaborasi lintasan-lintasan pikiran tersebut menjadi tulisan yang panjang begitu Anda punya waktu untuk itu.

Komentar»

1. youngladyjunsu - 20 September, 2009

waaaa… terima kasihh

2. moeh - 24 Januari, 2010

Thank bro…
cocok buat saya yang br bikin blog cuman ga punya ide buat ngisinya…
kalo smpt kunjungi blog saya…

3. Anin WH - 15 Maret, 2010

keren euy..Is it that simple?🙂 Mkasih ya, kak Rosyid…

4. Ya,makch buangat ya ide'a - 29 Juli, 2010

Ya mksh bnget ya ide’a

5. RebelzZynX - 12 Agustus, 2010

Wah… hebat..
Pas bgt.. w stuck bt ngisi blog w lg.. d lama g update.. habis bingung g tau mau nulis ap..
inspirasi w jg srg hlg.. hahaha..
Thx y..

6. Ann - 9 November, 2011

Thx banget infonya, Insya Allah jadi bekalku untuk merealisasikan ide2ku menulis novel

7. shodiq - 11 Desember, 2011

terimakasih sekali artikelnya mantab….
Alhamdulillah, bisa menginspirasi saya untuk berfikir kreatif…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: