jump to navigation

Cara Mudah Menulis di Web atau Blog Anda 6 Agustus, 2009

Posted by abdurrosyid in Hobiku Menulis.
Tags: , , , ,
trackback

Apakah Anda punya web pribadi atau blog akan tetapi tidak banyak isinya? Apakah Anda pernah mencoba menulis di web atau blog Anda akan tetapi setelah berjam-jam baru dapat satu tulisan saja? Apakah Anda kesulitan untuk membuat tulisan yang cukup bermakna untuk bisa ditampilkan di web atau blog Anda? Jika Anda punya pertanyaan-pertanyaan semacam ini, bacalah tulisan ini sampai selesai untuk mendapatkan solusinya.

Sebetulnya ada banyak hal yang bisa Anda tulis. Pertama, Anda bisa menuliskan sesuatu yang benar-benar asli dari Anda, seperti pengalaman bepergian yang barusan Anda lakukan, pengalaman lucu atau bahkan menyedihkan yang baru saja Anda alami, dan sebagainya. Hal-hal seperti ini tentu saja punya orisinalitas yang tinggi, alias ‘loe banget’, karena hampir bisa dipastikan hal-hal seperti ini bersifat unik dan selalu berbeda dari satu orang ke orang yang lainnya.

Kedua, jika Anda ingin menulis tentang sesuatu yang sudah pernah atau bahkan sudah banyak ditulis, Anda harus membuat sesuatu yang berbeda dan layak dibilang lebih baik. Caranya? Hindarilah sebisa mungkin meng-copy sebuah tulisan secara utuh lalu mem-paste-nya sama persis di web atau blog Anda. Ini namanya tidak kreatif. Saya sendiri sering merasa kesal ketika mencari sesuatu pakai Google, eh ternyata hasilnya sekian banyak artikel yang sama persis. Kok bisa ya?

Alih-alih melakukan copy-paste seratus persen kayak gitu, Anda sebetulnya bisa melakukan sesuatu yang jauh lebih baik. Kalau memang suatu masalah sudah banyak ditulis, bacalah semua tulisan yang sudah ada, lalu buatlah tulisan baru yang merangkum semua tulisan tersebut. Syukur-syukur kalau Anda juga bisa menambahkan hal-hal baru yang belum pernah ada pada tulisan-tulisan sebelumnya. Dengan cara ini, tulisan Anda akan bernilai lebih di mata para pembaca. Saya sendiri sering melakukan cara ini ketika saya mendapati bahwa ternyata masalah yang ingin saya tulis sudah banyak ditulis oleh orang lain.

Mencari tahu apakah yang akan Anda tulis sudah banyak ditulis orang adalah langkah penting yang jangan pernah Anda lewatkan. Karena itu, jika Anda bermaksud menulis tentang suatu masalah, search dulu deh di Google tulisan-tulisan serupa yang sudah pernah dibuat oleh orang lain. Ini untuk memastikan bahwa tulisan Anda nantinya akan membuat suatu perbedaan. Jika langkah ini tidak Anda lakukan, siap-siap saja Anda capek menulis selama berjam-jam tapi ternyata hasilnya tidak lebih baik dan tidak lebih lengkap daripada tulisan-tulisan yang sudah pernah ada. Rugi kan? Tulisan Anda pun pasti tidak akan diminati, karena bukan yang terbaik, dan tidak memberikan perbedaan.

Adapun soal meng-copy paste seratus persen sebuah tulisan, sebetulnya juga tidak sepenuhnya ‘haram’. Sepanjang pemilik tulisan menginjinkan Anda untuk melakukan copy paste, dan Anda mau jujur mencantumkan referensi tulisan tersebut, tidak menutup kemungkinan Anda perlu melakukan copy paste. Tapi, ini pun harus Anda lakukan dalam suatu desain tertentu. Desain apaan tuh? Jika Anda punya web atau blog yang Anda dedikasikan sebagai ‘ensiklopedi’ atau ‘buku pintar’ atau ‘perpustakaan’ maka Anda harus memastikan bahwa pembaca bisa mendapatkan segala hal dalam web atau blog Anda tersebut. Nah, untuk mencapai tujuan ini, Anda tidak mungkin hanya mengandalkan tulisan Anda sendiri. Yang justru harus Anda lakukan adalah mengumpulkan sebanyak mungkin tulisan – baik karya Anda maupun karya orang lain – untuk bisa dimuat dalam web atau blog Anda tersebut. Ini persis kayak sebuah perpustakaan yang ingin agar koleksi buku-bukunya benar-benar lengkap.

Tapi ingat, tidak semua tulisan bisa dan layak Anda masukkan dalam web atau blog Anda. Agar web atau blog Anda dipandang bermutu, sebaiknya Anda memilih tulisan-tulisan yang baik dan bermutu saja untuk dimuat di web atau blog Anda tersebut. Dengan demikian, orang akan memiliki kesan bahwa web atau blog Anda adalah sebuah ‘perpustakaan lengkap yang berisi buku-buku yang bermutu’. Hebat kan?

Komentar»

1. braquiplan - 20 Mei, 2010

yups… kalau original content bagus banget..

2. susanto bindahlan - 27 September, 2012

Y trims bnykk

3. haryono - 25 Februari, 2014

biar mdah diakses smua orang bgaimana caranya bos


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: