jump to navigation

Apa Itu Blackberry? 1 Agustus, 2009

Posted by abdurrosyid in Yang Serba Mobile.
Tags: ,
trackback

BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel (wireless handheld device) yang mendukung kemampuan layanan e-mail gegas (push-mail), telepon bergerak, pesan pendek, faksimili Internet, berselancar Internet dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.

Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Awalnya, BlackBerry ingin dinamakan POCKET LINK sebuah nama yang fungsional tapi membosankan, kemudian juga HAMPIR dinamakan STRAWBERRY, karena mirip dengan buah strawberry, tapi terkesan terlalu jinak. Sehingga dinamakan BLACKBERRY, nama yang akrab tapi cerdas.

Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama Blackberry. Namun sekarang, layanan dan handheld BlackBerry juga ditawarkan oleh dua operator besar lainnya: Telkomsel dan Excelcom.

Pada awalnya, layanan Blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator diatas telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya.

Apaan sih smartphone itu? Smartphone adalah ponsel yang punya kemampuan canggih, seringkali dilengkapi dengan fungsionalitas PC. Sebetulnya tidak ada kesepakatan mengenai apa itu smartphone. Sebagian bilang smartphone adalah ponsel yang punya OS (Operating System). Sebagian yang lainnya bilang bahwa smartphone adalah ponsel yang mendukung fitur-fitur canggih kayak email, internet, pembaca ebook, built-in keyboard ataupun external-USB keyboard, dan konektor VGA. Terlepas dari definisi yang beda-beda ini, tetap ada satu benang merah: smarphone adalah ponsel yang bisa berfungsi seperti komputer mini.

Memang, penggunaan Blackberry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas Blackberry Connect. Dengan Blackberry Connect, pengguna tidak lagi harus menggunakan handset Blackberry untuk memanfaatkan Blackberry Internet Solution. Pengguna hanya perlu menginstalasi Blackberry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, untuk bisa memanfaatkan Blackberry Internet Solution.

Namun ada perbedaan antara pakai handset non BlackBerry dan handset Blackberry. Untuk handset non BlackBerry, apabila aplikasinya membutuhkan koneksi GPRS/EDGE/3G maka koneksi akan dikenakan biaya GPRS sesuai operator.

Fitur Andalan Blackberry

Push mail – Produk yang menjadi andalan utama dan membuat Blackberry digemari di pasar adalah push mail. Disebut push mail karena seluruh surat-e baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “didorong” masuk ke dalam Blackberry secara otomatis.

Dengan push mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. Email juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server Blackberry sehingga aman dari virus. Lampiran file berupa dokumen Microsoft office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. sebuah e-mail berukuran 1 MB, jika diterima melalui push mail dapat menjadi 10 kb dengan isi yang tetap.

Blackberry dapat menampung e-mail hingga puluhan ribu tanpa ada resiko hang, asalkan masih ada memory tersisa.

Instant messaging – Fasilitas lain yang menjadi andalan Blackberry adalah instant messaging alias chatting. Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan Blackberry. Selain itu, Blackberry sendiri mempunyai sebuah messenger yang bernama Blackberry Messenger.

Facebook dan Twitter – Dengan Blackberry, Anda bisa ber-facebook atau ber-twitter ria tanpa harus melalui web browser. Dengan aplikasi khusus yang diinstal pada handset, Anda akan secara otomatis menerima notifikasi bila menerima ‘wall post’, komentar, pesan, poke dan sebagainya. Dengan kata lain, Anda akan selalu online di Facebook atau Twitter Anda selama Blackberry Anda menyala, dan Anda tidak akan pernah ketinggalan ‘wall post’, komentar, pesan, atau poke yang ditujukan kepada Anda.

GPS dan peta – Fasilitas lainnya lagi yang menarik pada Blackberry adalah GPS dan peta. Caranya buka menu peta pada ponsel Blackberry atau Blackberry Maps. Pilih lokasi anda pada peta tersebut, lalu buka menu dan pilih send location.

Komentar»

1. Bebek - 2 Agustus, 2009

Hrgx?..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: