jump to navigation

Kapan Sebaiknya Tidur? 22 Juli, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , ,
trackback

Tidur merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh kita terasa bugar dan segar kembali, setelah lelah beraktivitas. Pada saat tidur, otak kita beristirahat. Tidur juga merupakan saat terbaik bagi tubuh kita untuk bisa melangsungkan metabolismenya secara sempurna. Saat tidur, tubuh kita bekerja untuk meregenerasi alias mengganti sel-sel yang rusak atau mati. Dan Anda perlu tahu bahwa setiap hari, sejumlah sel dalam tubuh kita  rusak dan bahkan mati.

Secara ilmiah kita butuh tidur dalam waktu yang proporsional. Berapa lama kita mesti tidur setiap hari? Jawabannya tergantung banyak faktor. Salah satunya adalah faktor usia. Secara umum, usia yang semakin dini membutuhkan tidur yang lebih lama. Untuk usia dewasa, kebanyakan ahli menyarankan durasi tidur antara 7 dan 8 jam setiap hari. Durasi tidur tentunya juga dipengaruhi oleh tingkat kelelahan dan kepenatan tubuh. Kalau kita habis melakukan olahraga yang berat atau aktivitas yang sangat melelahkan, tentunya kita butuh tidur yang lebih lama.

Selain durasi, kapan kita tidur juga sama pentingnya. Yang pasti, semua ahli sepakat bahwa malam hari adalah waktu yang terbaik untuk tidur. Subhanallah, ini benar-benar sesuai dengan firman Allah dalam QS An-Naba’: “Wa ja’alnaa al-laila libaasan, wa ja’alnaa an-nahaara ma’aasyan (Kami jadikan malam sebagai selimut, dan Kami jadikan siang sebagai waktu untuk bekerja).” Para ahli menyebutkan bahwa tubuh kita memiliki ‘jam biologis (biological clock)’ yang kemudian mereka namakan sebagai ‘jam sirkadian’. Jam biologis menciptakan ‘timing’ dengan ritme yang teratur pada tubuh kita, tanpa pernah kita sadari. Dan salah satu ‘ritme dasar’ dari ‘jam sirkadian’ semua manusia adalah butuh tidur ketika malam menjelang, dan ingin bangun ketika siang mulai datang. Karena itu, para ahli sempat mencurigai bahwa merusak ritme dasar ini, misalnya dengan berjaga pada malam hari dan menggantinya dengan tidur di siang hari kurang baik bagi kesehatan.

Meski malam adalah waktu terbaik untuk tidur, namun tidur sejenak di siang hari juga dianjurkan. Tapi jangan terlalu lama karena justru akan merusak ritme tidur malam kita. Anda pernah mengalami kan ketika siang banyak tidur, pas malam hari nggak bisa tidur? Kalau dalam khazanah Islam, tidur siang ini dinamakan qaylulah, yang berasal dari kata ‘qalil’ yang berarti sedikit. Artinya, memang tidur siang itu cukup sebentar saja. Lakukanlah tidur siang selama kurang lebih 1 jam saja, dan hal tersebut akan meningkatkan kualitas tidur malam Anda.

Lalu, jam berapa Anda mesti berangkat tidur? Ini masalah yang juga sama pentingnya. Tidur selama tujuh jam mulai pukul 12 malam tidak sama dengan tidur dalam durasi yang sama tapi dimulai pukul 8 malam. Kebanyakan ahli menyarankan agar orang dewasa mulai berangkat tidur pada pukul 8 sampai 9 malam dan menghindari tidur larut malam (begadang). Antara pukul 8 sampai 9 malam diyakini sebagai waktu yang terbaik untuk mulai tidur. Ini benar-benar sesuai dengan anjuran Rasulullah saw, agar kita segera tidur selepas menunaikan sholat isya’, dan tidak menunda-nunda tidur hingga larut malam.

Sampai disini, kita jadi tahu bahwa sebaiknya kita tidur selama 6-7 jam di malam hari, dan 1 jam di siang hari, sehingga totalnya adalah 7-8 jam sehari. Itu artinya, kalau kita mulai tidur pukul 8 malam berarti kita paling tidak harus sudah bangun pada pukul 2 atau 3 dini hari. Wah, ini cocok sekali dengan gaya hidup seorang muslim, karena pada pukul 2 atau 3 dini hari kita bisa melakukan sholat malam hingga menjelangnya waktu shubuh. Keren banget tuh.

Komentar»

1. Itha - 20 Agustus, 2009

Artikelnya mantap mas, maunya sih bisa tidur cepat. Saya biasa br bisa tidur diatas jam 12, gimana caranya agar bisa tidur lbh cepat, pdahal saya tiap hari fitness(treadmill) 30 menit, seminggu sekali renang, tp tetap aja jam tidurnya di jam2 kecil. Mohon sarannya ?

2. dealer pulsa - 12 Januari, 2011

tidur untuk kerja. klo mati tidur untuk selamnya

3. Harus Tau, Waktu Tidur Terbaik Dalam Islam - 31 Maret, 2016

[…] sepertiga malam, dan bangun untuk shalat tahajud ternyata mencegah bahaya serangan penyakit jantung. Tidur yang panjang akan merusak dan membahayakan jantung. Jantung terkadang kekurangan oksigen akibat tidur yang […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: