jump to navigation

Mendayung (Sculling) 12 Juni, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , ,
trackback

Yang dimaksud dengan mendayung (sculling) disini bukanlah mendayung dengan menggunakan tongkat dayung, tetapi mendayung dengan kedua tangan kita. Ini adalah salah satu keterampilan dasar dalam olahraga renang. Dengan mendayung, kita tetap bisa terapung dalam kondisi yang nyantai.

Kemahiran mendayung akan membuat kita semakin percaya diri dengan air. Disamping itu, kemahiran mendayung juga akan membuat feeling tangan kita terhadap air menjadi semakin kuat. Artinya, tangan kita akan menjadi semakin perasa terhadap air. Ini sama pentingnya dengan feeling kaki seorang pemain bola terhadap si kulit bundar.

Hal utama yang harus Anda camkan sewaktu mendayung adalah melakukannya dengan sesantai mungkin, selemas mungkin, dan selentur mungkin. Keluarkan energi sesedikit mungkin untuk melakukannya.

Lalu bagaimana cara mendayung? Mudah saja. Gerakkan kedua telapak tangan Anda membentuk angka 8.

Mendayung bisa Anda lakukan dalam berbagai macam posisi tubuh: mendayung dengan posisi tubuh vertikal, mendayung dengan posisi tubuh terlentang, mendayung dengan posisi tubuh telungkup, dan mendayung dengan posisi tubuh miring.

Untuk mendayung dengan posisi tubuh terlentang, Anda bisa melakukannya dalam dua variasi. Pertama, kedua lengan berada disamping badan Anda. Kedua, kedua lengan Anda menjulur dibelakang kepala Anda (posisi torpedo).

Demikian pula untuk mendayung dengan posisi tubuh telungkup, Anda bisa melakukannya dalam dua variasi. Pertama, kedua lengan berada didepan kepala Anda (kedua lengan membentuk huruf V). Kedua, kedua lengan berada disamping badan Anda, dengan siku ditekuk (posisi kano).

Selamat mencoba!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: