jump to navigation

Cara Berenang Dibawah Permukaan Air 11 Juni, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , ,
trackback

Berenang dibawah permukaan air (underwater swimming) termasuk salah satu keterampilan berenang yang penting. Kita mungkin akan melakukannya pada saat kita melakukan penyelamatan terhadap seseorang yang telah tenggelam kedalam air, atau ketika mencari sesuatu yang hilang di dasar perairan, atau ketika kita ingin berenang sambil bersembunyi.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah, kita tidak bisa mengambil nafas sewaktu kita sedang berenang dibawah permukaan air, kecuali kalau kita menggunakan alat bantu pernafasan (tabung oksigen). Oleh karena itu, satu-satunya hal yang bisa kita lakukan sewaktu berenang dibawah permukaan air adalah menahan nafas. Mengeluarkan nafas dalam bentuk gelembung-gelembung udara juga bukan ide yang bagus sewaktu berenang dibawah permukaan air, karena hanya akan mengurangi cadangan oksigen yang ada dalam paru-paru.

Dengan demikian, hal pertama yang yang harus Anda lakukan ketika berenang dibawah permukaan air adalah mengambil nafas dalam-dalam sebelum menyelam kedalam air. Nanti, jika Anda sudah kehabisan nafas, satu-satunya yang harus Anda lakukan adalah muncul ke permukaan air untuk mengambil nafas, lalu sesudah itu bisa kembali menyelam kedalam air.

Teknik yang paling sering digunakan untuk berenang dibawah permukaan air adalah serupa dengan gaya dada, namun dengan beberapa perbedaan. Secara singkat bisa dikatakan bahwa ketika berenang dibawah permukaan air, Anda menggunakan tendangan katak, kayuhan tangan kupu-kupu, dan recovery tangan gaya dada.

Pertama, lakukan tolakan dari dinding kolam, dibawah permukaan air. Tubuh langsung meluncur dengan posisi streamline, kedua tangan menjulur lurus kedepan, kedua tangan disatukan, dagu menempel pada dada.

Kedua, masih dalam posisi streamline, lakukan kayuhan kupu-kupu dengan kedua tangan Anda. Elbow must be high. Lalu letakkan kedua lengan dalam posisi lurus disamping badan. Teruskan meluncur.

Ketiga, sorongkan kedua tangan kearah depan, melewati bawah dada, seperti yang biasa Anda lakukan pada recovery renang gaya dada. Pada saat yang sama, lakukan tendangan katak dengan kuat. Gerakan ini berakhir dengan posisi badan streamline: kedua kaki lurus rapat, demikian pula kedua lengan lurus rapat kedepan. Teruskan meluncur.

Demikianlah tiga langkah berenang dibawah permukaan air, yang bisa diringkas sebagai urutan sebagai berikut: 1) posisi streamline dengan kedua lengan lurus rapat kedepan, dilanjutkan dengan meluncur), 2) kayuhan kupu-kupu dengan kedua kaki tetap lurus rapat, dilanjutkan dengan meluncur, 3) tendangan katak dan recovery lengan.

Dan yang perlu Anda camkan, sewaktu Anda melakukan kayuhan, arahkan kayuhan Anda tidak hanya ke belakang, tetapi ke belakang atas, seolah-olah Anda berenang menuruni sebuah bukit. Ini untuk melawan daya apung tubuh Anda, sehingga tubuh Anda tidak terbawa naik ke permukaan.

Selamat mencoba!

Komentar»

1. Tika - 20 Juni, 2009

Tips renangnya bagus2, kalo dikasi ilustrasi bisa lebih jelas ya..

2. ricky sihombing - 15 Oktober, 2009

bang klO cara meringankan tubuh bagaimaNA ya………..

maklumlah soal’Y bru belajar renang……..kasih tau yang jelas’Y…………..

3. Iis Buana Putri - 17 Desember, 2009

kalo boleh tau,Tips cara berenang meluncur gimana caranya…???

4. Iis Buana Putri - 17 Desember, 2009

Oy ampe lupa,kalo saya berenangnya baru bisa pernafasan j.Tolong bgt y bg,kasih Tips berenang meluncur yang baik.Please….!!!!!!

5. Angga - 13 April, 2010

bg,,,,,,,
bgaimna cara berenng yg jauh tapi cepat dan tidak cepat lelah…..?

6. Abu Muhammad Al-'Ashri - 29 Juni, 2010

Assalamu’alaikum.
Salam kenal.
Saya sangat senang membaca tulisan-tulisan Anda yang berkaitan dengan masalah Renang. Alhamdulillah, memberi banyak manfaat pengetahuan bagi saya yang saat ini baru belajar renang, dan mulai kecanduan. Apalagi, dengan berenang, kita bisa mengamalkan salah satu sunnah Nabi Shallalllahu ‘alaihi wa sallam.
Baarakallah fiik

Saudaramu…

7. gabriel - 19 September, 2010

jawabannya benear banget tuhh seru mambaca nya hehehehehhe

8. M Nasir - 28 Maret, 2012

Wah benar dan bagus sekali penjelasannya. Saya pernah berenang dengan pilot-pilot asal Belanda. Mereka lebih suka “underwater swimming”. Hebat mereka. Di sela-sela berenang, saya minta tips how to swim underwater. Penjelasannya sama seperti blog Abdur Rosyid. Saya praktekkan juga, dan ok. Terima kasih..

9. Kursus Selam Jakarta - 9 Agustus, 2016

Sip gan infonya

10. Chalisa Fikratuha Alima - 12 Oktober, 2016

Tips renangnya bagus2, kalo
dikasi ilustrasi bisa lebih jelas ya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: