jump to navigation

Komputer Sering Hang? Aplikasi Nutup Sendiri? Awas Adware! 22 Mei, 2009

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Beberapa waktu yang lalu, komputer di kantor selama sekian lama terus saja sering hang atau restart sendiri. Juga, beberapa aplikasi seringkali nutup sendiri, diiringi pesan kira-kira begini: “Your application encountered a problem, so it needs to restart”.

Beberapa kali komputer sudah saya  scan dengan beberapa jenis antivirus yang ter-update. Hasilnya, no virus detected. Bahkan, saya juga men-scan-nya dengan sebuah program anti-malware bernama Malwarebytes’ Anti-Malware, yang juga ter-update. Hasilnya sama, no malware detected. Saya waktu itu jadi agak bingung dan setengah putus asa. Kecurigaan saya pun jadi kemana-mana. Jangan-jangan ada bentrok antar software! Jangan-jangan CPU-nya terlalu panas! Jangan-jangan soket memorinya kotor! Jangan-jangan ada masalah dengan salah satu hardware-nya! Jangan-jangan!

Sampai dengan akhirnya saya mendapatkan saran dari seorang netpal dari Jepang (atau Korea, agak lupa nih) dalam sebuah voice chat room. Dia bilang, dia juga mengalami masalah serupa, dan semua teratasi dengan software anti-adware bernama Ad-Aware.

Sebetulnya, itu bukan pertama kali saya mendengar Ad-Aware. Sejak lama saya sudah mengenal aplikasi Ad-Aware. Dan saya dulu juga sudah pernah memakainya. Hanya saja, menghadapi permasalahan komputer tadi, kebetulan saya nggak mencoba pakai Ad-Aware sama sekali. Saya pun berpikir, kenapa sekarang saya tidak mencobanya? Why not? Perhaps everything will be solved.

Akhirnya, saya pun men-download Ad-Aware versi terbaru. Dan yang penting, it’s free. Setiap hari juga ada update-nya. Cool! Awesome! Setelah instalasi dan update, saya pun men-scan komputer dengan aplikasi tersebut. Hasilnya, wow… everything was really solved. Thank Allah!

Sekarang, saya membiasakan diri untuk beberapa hari sekali meng-update aplikasi tersebut dilanjutkan dengan scan sistem komputer. Dan hasilnya, hampir selalu ada adware baru yang nyangkut di komputer. Ya, namanya juga interaksi dengan internet. Yang namanya adware alias spy pasti selalu ada.

Komentar»

1. rudi a - 24 Juli, 2009

Kangmas,, jenengan lebih sip kalo di kostrad, puasti lebih guagah tenan..


Tinggalkan Balasan

