jump to navigation

Cara Memilih Aplikasi Komputer 1 November, 2008

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , ,
trackback

Aplikasi komputer (atau biasa juga disebut program komputer) adalah perangkat lunak yang dipakai untuk keperluan-keperluan tertentu. Sebagaimana kita ketahui, untuk setiap keperluan terdapat banyak pilihan aplikasi. Untuk media player saja, sebagai contoh, di hadapan Anda telah tersedia Media Player Classic, Windows Media Player, Quick Time, Real Player, XingMPEG, WinAmp, PowerDVD, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda pasti hanya akan menginstal satu, dua atau tiga saja diantara sekian banyak aplikasi sejenis . Masalahnya, apa pilihan Anda? Disinilah masalahnya.

Beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan pada waktu memilih aplikasi adalah sebagai berikut. Pertama, seberapa sebuah aplikasi akan membebani komputer Anda (terutama RAM, dan juga ruang hard disk). Plihan aplikasi mungkin banyak, tetapi harus diingat bahwa Anda dibatasi oleh spesifikasi komputer Anda. Kalau komputer Anda berspesifikasi super tinggi, Anda bisa menginstal versi atau release terbaru dari berbagai jenis aplikasi.

Kedua, seberapa bagus sebuah aplikasi meng-cover fungsinya. Sebagai contoh, aplikasi penyunting video yang bagus adalah yang bisa melakukan hampir semua jenis manipulasi video. Dengan kata lain, pilihlah aplikasi yang fitur-fitur atau fasilitasnya paling lengkap.

Ketiga, kompatibilitas sebuah aplikasi dengan komputer atau operating system Anda. Sejumlah besar aplikasi hanya bisa dinstal pada platform Microsoft Windows. Sebagian yang lainnya khusus untuk Linux, Mac, dan sebagainya.

Keempat, seberapa user-friendly sebuah aplikasi. Anda tentu saja akan memilih aplikasi yang lebih mudah dioperasikan: kelihatannya sederhana dan simpel namun fitur-fiturnya sangat lengkap.

Kelima, harga. Ini terutama jika Anda hendak mendapatkan versi aslinya (bukan bajakan). Anda tentunya akan memilih yang lebih murah harganya. Namun jika Anda ingin mendapatkan versi bajakannya, tentunya faktor harga bukan lagi pertimbangan utama.

Keenam, ketersediaan. Sebagus apapun sebuah aplikasi, jika Anda tidak bisa mendapatkannya karena tidak ada di toko atau persewaan installer maka ya sama aja dengan bohong. Anda tentu saja akan menginstal aplikasi yang installer-nya bisa Anda dapatkan.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa Anda pertimbangkan ketika memilih sebuah aplikasi komputer. Selanjutnya, berikut ini beberapa aplikasi favorit saya.

  • Operating system : Windows XP
  • Office : Microsoft Office 2003
  • Media player: Real Player 11, Media Player Classic
  • Web browser: Mozilla Firefox
  • Graphic design : Corel Draw X3
  • Image editor: Corel Photo Paint X3
  • Video editor: Windows Movie Maker
  • Animation: Macromedia Flash 8
  • Media converter: SUPER
  • Disc burner: Nero
  • File compression: WinRAR
  • PDF handling: Adobe Acrobat 5.0
  • Antivirus: AVG Free, Symantec Antivirus, NOD ESET, PCMAV dipadu dengan database ClamAV
  • System maintenance: TuneUp Utilities 2007 (software system), PC Wizard 2008 (hardware system)
  • Tradisional programming : Borland Delphi 7
  • Web programming: Macromedia Dreamweaver MX 2004
  • Local server: XAMPP
  • CMS: WordPress, Joomla
  • Technical drawing: AutoCAD

Kalau Anda bagaimana? Apa aplikasi favorit Anda?

Komentar»

1. mul14 - 2 November, 2008

Wakk.. yang di-install kok agak jadul ya?.
Kayaknya bajakan juga tuh.. khekhehehehee…

2. Windu - 5 November, 2008

Media converternya koq baru denger ya “SUPER”, itu bisa convert dari apa ke apa?

3. abdurrosyid - 6 November, 2008

SUPER itu menurut saya adalah media converter gratisan TERBAIK. Ia (hampir) bisa meng-convert media (audio atau video) dari apa saja ke apa saja. Sudah begitu, amat mudah cara pakainya. Tinggal drag saja file media Anda dari jendela Explorer ke jendela milik SUPER. Hebat kan? Coba saja.

4. Windu - 8 November, 2008

Hmm gitu toh, kalau bisa tolong kasih link-nya

5. Ikun - 9 November, 2008

Pak tolong banget saya mau ngakses internet tapi yg ngak pakai pulsa/gratis. Tlg kasih tau caranya/pangaturannya.makasih

Saiful - 26 April, 2009

Mas Ikun, mana ada akses internet yang gratis / nggak pakai pulsa…
Kalau mau gratis dari sisi kita tinggal bawa laptop ke tempat hotspot gratis. Tapi kan pengelola hotspot juga bayar mas. Atau misalnya mengakali handphone kita. Yang rugi kan operator mas. Dosa hukumnya.
Jadi ya secara rasionalitas, tidak ada itu yang gratis.

6. Doni - 20 Oktober, 2009

Saya mau instal real player 11 gold yg di download dari situs real.com.Klo mau diinstal ada security warning klo program ini might be harm computer, cuekin aja ato jg diinstal? Seblm diinstal windows media player yg saya pakai apa hrs diuninsatal dulu? Terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: