jump to navigation

Cara Memindahkan Web WordPress 26 Oktober, 2008

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Sebelum ini saya sudah membuat tulisan serupa berjudul ‘Cara Memindahkan Web Joomla‘. Cara memindahkan web yang dibuat dengan CMS WordPress pada dasarnya sama dengan cara memindahkan web yang dibuat dengan CMS Joomla atau juga yang dibuat dengan CMS yang lainnya.

Didalam CMS WordPress (WP), sebetulnya ada fasilitas Export – Import, yang bisa dipakai untuk mengekspor dan mengimpor kategori, halaman, tulisan, dan komentar. Namun saya tidak menyarankan Anda menggunakan fasilitas ini, kecuali jika web WP Anda bertempat di wordpress.com. Jika web Anda ber-hosting gratisan di wordpress.com, Anda tidak bisa mengakses langsung database Anda (melalui phpMyAdmin dan semacamnya), dan karenanya memindahkan data melalui fasilitas Eksport – Import yang tersedia didalam WP adalah satu-satunya cara.

Namun jika web WP Anda ber-hosting bayar, sudah tentu Anda memiliki akses ke cpanel dan database Anda. Dan karenanya, cara yang saya sarankan untuk memindahkan web WP Anda dari localhost ke remote host (tempat hostingan berbayar Anda) adalah sebagai berikut:

Pertama, seperti biasanya pindahkanlah direktori web Anda ke remote host. Kompreslah terlebih dulu direktori web Anda. Caranya, bukalah direktori (folder) web Anda, lalu sorot semua berkas yang ada didalamnya (Ctrl+A), lalu klik kanan, dan pilih compress file (zip file). Ingat, kompreslah dalam ekstensi zip (.zip). Selanjutnya, upload-lah kompresan tersebut ke root directory yang ada di remote host Anda (directory www). Setelah upload selesai, ekstraklah (unzip) berkas yang baru saja Anda upload tersebut.

Langkah kedua, lakukan instalasi WP pada remote host.

Langkah ketiga, eksporlah database yang ada di localhost, menggunakan phpMyAdmin, dengan mencentang opsi ‘Add drop files’ dan ‘Save as a file’. Hasilnya adalah file berekstensi sql. Ubahlah nama file tersebut sesuai dengan nama database yang ada di remote host. Lalu bukalah file tersebut dengan aplikasi Dreamweaver atau EditPlus (atau HTML Editor lainnya). Bisa pula dengan notepad, namun tampilannya agak sulit untuk dibaca. Beda kalau pakai aplikasi HTML Editor, tampilannya akan lebih enak dipandang (bahkan seringkali disertai nomor baris). Setelah file tersebut terbuka, gantilah nama database yang tertera disitu dengan nama database yang ada di remote host.

Langkah keempat, bukalah database yang ada di remote host, lalu imporlah (menggunakan aplikasi phpMyAdmin) database yang baru saja Anda ekspor dari localhost.

Langkah kelima, bukalah tabel wp_options pada database yang ada di remote host. Klik Browse. Carilah field ‘site_url’, ‘home’ dan ‘upload_path’. Untuk field ‘site_url’ dan ‘home’, ubahlah value-nya sesuai dengan alamat hosting Anda (misalnya dari localhost/web-saya/ diubah menjadi http://web-saya.com). Adapun untuk field ‘upload_path’, ubahlah value-nya sesuai dengan absolute adress hosting Anda (misalnya /home/web-saya/public_html/). Jika Anda belum mengubah ‘upload_path’ Anda, maka Anda akan selalu gagal setiap kali mengupload berkas seperti gambar dan sebagainya.

Selesai sudah! Kini Anda sudah bisa menikmati web WP Anda online di dunia maya. Selamat mencoba, dan semoga sukses.

Iklan

Komentar»

1. kangasepthea - 17 Desember, 2008

assalamu’alaikum.
thanks infonya mas, dah di save.
tapi ana belum begitu faham neh, ana dah ngaktifin situs ana di http://www.arhsathea.co.cc (gratisan he..he..) tapi cara loginnya ga tau trus cara mindahin dari wordpres juga blum tau (payaaah), bisa nolongin mas, jazakallah khoiron katsiro.

2. Agung Mojosari - 23 Januari, 2009

Terimakasih tutorialnya …..
sangat membantu 🙂

3. imansyah - 13 April, 2009

kalo cara memindahkan dari blog wordpress gratisan ke komputer bisa gak ya mas ?

4. suranegara - 7 September, 2009

thx. infonya! membantu sekali infonya…

5. Download Novel Gratis - 8 Oktober, 2011

walaupun artikel udah fosil tapi bermanfaat …tengkyu mas bro infonya…

6. dewawordpress - 9 Oktober, 2011

saya pake wordpress 3.2.1: upload_path ga usah diganti jg gapapa kok..

7. Aljon Ali Sagara - 28 Januari, 2013

mas abdur rosyid, kalau lewat cpanel, bagaimana cara memindahkan http://www.domain.com/wp agar menjadi http://www.domain.com tanpa harus melewati folder wp (instalasi)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: