jump to navigation

Tips Diet Agar Langsing 22 Juli, 2008

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Apa manfaatnya punya tubuh langsing? Menurut saya setidak-tidaknya ada tiga. Pertama, lebih sehat. Para ahli sepakat bahwa kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko terserang berbagai jenis penyakit. Kedua, lebih lincah dan lebih gesit. Ini terutama penting bagi olahragawan, baik profesional ataupun amatiran (kayak saya). Dengan tubuh yang ramping, seorang olahragawan akan tetap bisa menjaga kecepatannya. Ini utamanya sangat penting untuk olahraga yang membutuhkan kecepatan seperti lari, sepakbola, renang dan sebagainya. Juga penting untuk olahraga yang membutuhkan kelincahan, kegesitan dan keluwesan seperti senam dan semacamnya. Jika badan sudah gendut, tentu saja kecepatan akan berkurang dan demikian pula kelincahan dan kegesitan. Ketiga, tentu saja akan terlihat lebih menarik. Yang satu ini kayaknya sudah diakui oleh hampir semua orang. Umumnya orang yang ramping dan langsing terlihat lebih menarik daripada yang gendut, asalkan nggak kelewat kurus lho ya. Kalau kelewat kurus ya nggak enak juga untuk dilihat.

Kalau sudah tahu manfaat tubuh langsing, lalu bagaimana caranya agar bisa langsing? Kalau Anda sekarang ini gendut, bisa dipastikan Anda harus berusaha lebih keras untuk jadi lebih langsing. Anda harus melakukan diet dan lebih banyak berolahraga. Bagi Anda yang sudah langsing, bukan berarti Anda bisa bersenang-senang dan semaunya sendiri. Anda tetap harus berusaha untuk menjaga tubuh langsing Anda. Anda tetap harus melakukan diet dan juga berolahraga, meski barangkali tidak akan sesusah yang harus dilakukan oleh orang gemuk yang ingin jadi langsing.

Bicara soal diet untuk bisa jadi langsing, saya sebelumnya sudah menulis soal itu disini. Kali ini saya akan memaparkan cara diet secara lebih praktis dan mungkin lebih terinci.

Pertama, jangan sekali-kali makan berlebihan. Siapapun tahu, berlebihan itu nggak bagus. Kalau melanggar kaidah ini, jadinya ya merusak proporsi tubuh kita sendiri: jadi gemuk. Zat-zat yang terutama tidak boleh Anda konsumsi secara berlebihan adalah sumber lemak dan karbohidrat. Sumber lemak akan menambah lemak dalam tubuh Anda, demikian pula karbohidrat jika jumlah yang Anda asup melebihi kebutuhan energi Anda. Karena itu, jitu benar resep dari Rasulullah: “Berhentilah makan sebelum kenyang.” So, kalau kita hendak makan, pastikan nasinya jangan banyak-banyak. Secukupnya saja. Kalau mau banyak ya akan mendingan jika Anda memperbanyak porsi sayur dan porsi lauk-pauk rendah lemaknya.

Kedua, hati-hati dengan kebiasaan ngemil. Kebanyakan camilan adalah makanan yang kaya lemak dan gula. Jika Anda tidak selektif dan membatasi diri, camilan itulah yang akan membuat tubuh Anda jadi melar. Boleh-boleh saja Anda ngemil, asalkan selektif dan tidak berlebihan. Pilihlah sebisa mungkin camilan yang berbahan dasar sayur dan buah, seperti salad, buah segar, jus buah, rujak buah, dan sebagainya. Atau yang berbahan dasar rendah lemak, seperti bubur kacang hijau, yogurt, dan sebagainya.

Ketiga, usahakan makan secara teratur, dua atau tiga kali sehari. Dengan ketercukupan makan besar, keinginan Anda untuk ngemil akan hilang atau setidak-tidaknya berkurang. Dan yang penting, ketika Anda makan perhatikan kaidah pertama: jangan berlebihan.

Keempat, pastikan Anda tidak kekurangan air putih. Bagaimanapun, air putih adalah sesuatu yang amat penting bagi tubuh Anda. Rasulullah saja berpesan bahwa porsi air yang mesti kita asup adalah 1/3 dari volume perut kita.

Kelima, kendalikan diri Anda. Segala sesuatu butuh perjuangan. Anda harus bisa mengendalikan dan mengekang nafsu perut Anda. Inilah salah satu hal utama yang dilatih dalam Islam dalam bentuk ibadah puasa. Dengan puasa, setiap muslim dilatih dan dibiasakan untuk bisa mengendalikan dan mengekang nafsu perutnya. Jadi semestinya manusia yang paling mudah untuk melakukan diet adalah muslim.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan bahan-bahan makanan yang mungkin akan Anda konsumsi.

Sumber lemak: hindarilah sebisa mungkin. Ada baiknya Anda juga tahu bahwa lemak bisa dibedakan atas lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Yang berbahaya bagi kesehatan adalah lemak jenuh. Sebetulnya kebanyakan bahan makanan memiliki kandungan lemak, hanya saja ada yang kaya lemak dan ada yang kandungan lemaknya sedikit sekali. Nah, yang harus Anda hindari adalah yang kaya lemak. Beberapa diantara makanan yang sebaiknya Anda hindari (atau setidak-tidaknya Anda batasi dalam mengkonsumsinya) karena kandungan lemaknya adalah: gajih (fat), jeroan, santan, dan goreng-gorengan (utamanya yang minyaknya tidak tiris).

Sumber karbohidrat: Anda harus mengkonsumsinya. Jika tidak Anda akan lemas, loyo dan tak bertenaga. Hanya saja, Anda harus membatasi diri. Jangan mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak melebihi kebutuhan energi Anda, karena karbohidrat yang berlebih akan diubah oleh tubuh kita menjadi lemak. Tuh kan! Sumber-sumber karbohidrat antara lain padi, gandum, jagung, sagu, singkong, ketela, tepung, dan sebagainya. Pokoknya, bahan-bahan yang mengenyangkan itu biasanya sumber karbohidrat.

Sumber protein: Ini penting untuk mengganti sel-sel tubuh kita yang rusak. Terutama sangat penting untuk anak-anak, yang masih dalam masa pertumbuhan. Protein bisa Anda dapatkan dari ikan, telur, daging, kedelai, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan sebagainya. Sebetulnya protein aman untuk Anda konsumsi, hanya saja kadangkala sebuah makanan mengandung protein dan lemak sekaligus. Nah ini dia masalahnya. Jadi, tetap saja Anda harus membatasi diri.

Sayur-sayuran dan buah-buahan: Ini adalah sumber mineral dan vitamin bagi Anda. Karenanya, perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan. Usahakan untuk menyertakan sayur ketika Anda makan, dan tidak melewatkan buah dalam hari-hari Anda. Kalau Anda sedang ingin ngemil, pilihlah camilan yang berbahan dasar sayur dan atau buah.

Selanjutnya, semua terserah Anda sendiri. Diet sangat tergantung pada kemauan dan tekad Anda, kedisiplinan Anda, dan kemampuan Anda mengendalikan nafsu perut Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Iklan

Komentar»

1. naky - 6 Agustus, 2008

doain biar sukses…!!!!!

2. nUna - 26 Agustus, 2008

dOain jugga yaaaaaaaaa..

3. ayu - 17 September, 2008

ya..smoga sukses!
dmana ada kmauan dsitu ada jln..

4. yuli - 10 Desember, 2008

kl gt mah doain za y????????

5. tips badan langsing - 16 Februari, 2009

Thanks ya atas infonya…
Good luck…

Tips agar langsing,
http://langsing-cantik.blogspot.com/2009/01/tips-agar-langsing_06.html

6. agar langsing - 25 Februari, 2009

Semoga sukses..

7. saktiani - 27 Juli, 2010

thanks ya infonya…doain semoga berhasil

8. seon mi - 10 April, 2011

coba deh

9. riza - 18 Mei, 2011

… mau langsing dan sehat… visit my blog …!

10. ria - 21 Juli, 2011

Aku pasti bisa,,heheheh

11. jimmy - 10 Juni, 2012

tadinya aku gendut terus udah kurus kok geuk lagi gimna?
tolong masukanya donk?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: