jump to navigation

Hindari 6 Hal untuk Jadi Lebih Sehat 21 Juli, 2008

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Sehat adalah idaman setiap orang. Dengan badan yang sehat, seseorang bisa melakukan berbagai aktivitas dengan penuh vitalitas. Untuk menjadi sehat itu gampang-gampang susah. Untuk jadi sehat, Anda dituntut melakukan berbagai hal yang kelihatannya sepele namun kenyataannya tidak selalu mudah, seperti mencukupi gizi, mencukupi istirahat, dan rajin berolahraga. Disamping itu, Anda harus berpantang dari hal-hal yang bisa mengancam kesehatan Anda. Setidak-tidaknya ada enam hal yang harus Anda tetapkan sebagai pantangan, agar Anda bisa hidup sehat.

(1) Hindari minuman keras dan zat-zat psikotropika (narkotika). Alkohol yang terkandung dalam minuman keras konon akan merusak secara perlahan namun pasti sistem saraf yang ada dalam tubuh kita. Adapun narkotika sudah pasti memiliki daya rusak yang jauh lebih hebat daripada minuman keras.

(2) Hindari makanan yang jelas-jelas haram seperti babi, darah yang mengalir, dan bangkai. Para ahli menyatakan bahwa dalam daging babi terdapat cacing pita. Itu artinya mengkonsumsi daging babi sama dengan memasukkan cacing pita kedalam perut kita. Hiih… ngeri. Sementara darah dan bangkai sudah pasti sama-sama menjijikkan bukan?

(3) Hindari mengkonsumsi zat-zat yang membahayakan kesehatan. Seiring dengan gaya hidup yang semakin jauh dari sifat alamiah (natural), kita dihadapkan pada semakin banyaknya zat-zat berbahaya yang ada pada makanan. Pengawet makanan, pemanis buatan, vetsin, dan semacamnya kerap kita dapati ada dalam makanan-makanan kita. Padahal zat-zat tersebut bisa membahayakan kesehatan. Demikian pula hindarilah terlalu sering mengkonsumsi minuman-minuman penguat tenaga, yang akan memforsir tubuh kita melebihi kemampuannya sehingga bisa merusak organ-organ tertentu dalam tubuh kita seperti ginjal.

(4) Hindari merokok. Semua orang sudah tahu bahwa dalam rokok terdapat dua jenis racun berbahaya yang bernama tar dan nikotin. Merokok terutama akan merusak paru-paru kita, organ yang paling penting untuk pernafasan. Dan yang dimaksud dengan merokok disini meliputi merokok aktif dan merokok pasif. Jadi, katakan tidak pada merokok karena disamping membahayakan kesehatan juga hanya akan membuang-buang uang kita saja alias mubazir.

(5) Hindari begadang. Kebiasaan begadang akan membuat kita kurang tidur. Padahal tidur amatlah penting untuk memulihkan stamina dan memperbaiki metabolisme tubuh kita. Karena itu, kalau sudah waktunya tidur paksakanlah diri Anda untuk tidur, meski Anda belum mengantuk.

(6) Hindari stress. Konon stress bisa mengganggu metabolisme tubuh kita. Disamping itu, stress tentu saja akan membuat kita jadi tidak bahagia. Karena itu, usahakan sedapat mungkin untuk menghindari stress. Pasrahkan segala urusan kepada Allah. Kita hanya bisa berusaha dan berdoa. Soal hasil hanya Allah yang menentukan.

Komentar»

1. abu waldan - 3 Maret, 2009

Assalamu’alaikum.
Mas, numpang copas beberapa artikelnya ya…
terima kasih.
Wassalam

abdurrosyid - 19 Maret, 2009

Boleh, semoga bermanfaat. Dan kalau bisa jangan lupa link-nya ya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: