jump to navigation

Ayo Siapkan Diri Sambut Ramadhan 19 Juli, 2008

Posted by abdurrosyid in Pokoknya Ada Saja.
Tags: , , , ,
trackback

Tidak terasa ini sudah pertengahan Rajab. Habis Rajab Sya’ban. Habis Sya’ban ya Ramadhan. Berarti, Ramadhan tinggal satu setengah bulan lagi. Kalau sudah Sya’ban begini, Rasulullah dulu biasa berdoa,”Allahumma baarik lanaa fi Rajab wa Sya’ban, wa ballighnaa Ramadhaan (Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan).”

Bulan Rajab sendiri adalah salah satu diantara bulan-bulan haram (al-asyhur al-haram), dimana kita disunnahkan untuk banyak-banyak berpuasa. Pada bulan Sya’ban kita juga dianjurkan untuk banyak-banyak berpuasa. Sebuah riwayat menyatakan bahwa tidak ada bulan dimana Rasulullah lebih banyak berpuasa – selain Ramadhan – melebihi bulan Sya’ban.

Jadi, sudah semestinya kita mengikuti anjuran Rasulullah dengan memperbanyak puasa di bulan Rajab dan Sya’ban. Yang demikian itu merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, sehingga ibarat mesin kita nanti sudah ‘panas’ ketika memasuki Ramadhan.

Disamping persiapan berupa puasa, hendaknya semenjak sekarang kita juga mulai berakrab-akrab dengan Al-Qur’an. Kita biasakan untuk membaca setidak-tidaknya satu juz setiap hari. Jika ini tidak kita lakukan semenjak sekarang, maka nanti ketika Ramadhan bisa-bisa kita masih merasa berat untuk berakrab-akrab dengan Al-Qur’an. Padahal, bulan Ramadhan adalah Syahrul Qur’an (Bulan Al-Qur’an). Disamping itu, hendaknya kita memuraja’ah kembali hafalan Al-Qur’an kita, sehingga nantinya bisa kita optimalkan untuk mengisi sholat malam kita di bulan Ramadhan.

Persiapan yang ketiga adalah membiasakan diri semenjak sekarang untuk melakukan sholat malam, setiap hari. Dengan pembiasaan ini, harapannya nanti saat Ramadhan kita sudah terbiasa untuk berdiri lama, ruku’ lama dan sujud lama dalam ibadah qiyam Ramadhan.

Itulah tiga hal yang saya rasa paling penting untuk kita persiapkan semenjak sekarang, dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah. Marhaban ya Ramadhan. Marhaban ya Muthahhir.

Komentar»

1. ikbalullah - 13 Agustus, 2008

Alhmadulillah!!!
Selamat datang Ramadhan
Selamat datang suka cita penuh berkah dan maghfiroz.
Ramadhan massamu yang ku nantikan kini kau tapakki hari-hariku menjelang kedatanganmu nan agung!

di Ramadhan…..-Mu Ya Allah
kami sujudkan muka dan hati kami.
sucikan dan bersihkanlah kami dari segala NISTA dan DOSA
selamatkan dan limpahkan keberkahan untuk hamba-hambamu di Bumu-Mu dan kuatkanlah kami dalam menjalankan ibadah untuk lebih taqarrub pada-Mu

Ya Rabb…
aku sangat mencintai dan menyayangi kedua OrangTuaku dan Keluargaku serta umat-Mu. Amiiiin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: