jump to navigation

Cara Praktis Biar Selalu Bugar dan Oke 18 Juli, 2008

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , , , , , , ,
trackback

Yang saya maksud dengan bugar adalah badan yang sehat dan fit. Sehat artinya metabolisme tubuh berjalan baik, tidak sakit-sakitan. Fit artinya badan kita senantiasa berada dalam kondisi yang prima, siap untuk melakukan berbagai macam aktivitas, yang berat-berat sekalipun. Adapun yang saya maksud dengan oke adalah penampilan fisik yang menarik, ‘good look’ atau ‘above-average look’. Bagaimana caranya agar kita selalu bugar dan oke?

Cara untuk bugar sebetulnya hanya ada tiga: gizi, istirahat dan olahraga. Pertama, Anda harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi. Jangan sekali-kali makan dan minum yang haram dan membahayakan kesehatan, seperti minuman keras, narkoba, daging babi, dan sebagainya. Makanan yang dzatnya halal namun diperoleh dengan cara yang haram seperti mencuri, menipu orang, dan korupsi juga akan kehilangan berkahnya. Salah satunya adalah berkah kesehatan.

Cukupilah gizi Anda. Jangan sampai Anda kekurangan gizi. Namun jangan pula Anda berlebihan dalam makan dan minum. Anda butuh karbohidrat sebagai sumber energi dan bahan pembakaran dalam tubuh (termasuk untuk membakar lemak). Anda bisa mendapatkan karbohidrat dari nasi, gandum, ketela, singkong, tepung, dan semacamnya. Namun jangan sampai Anda berlebihan karena karbohidrat yang berlebih akan diubah oleh tubuh menjadi lemak, momok bagi kebanyakan orang.

Anda membutuhkan protein untuk mengganti sel-sel tubuh Anda yang rusak atau mati. Dan untuk anak-anak, protein adalah zat untuk pertumbuhan (termasuk pertumbuhan otak). Protein bisa Anda dapatkan dari ikan, telur, daging dan sebagainya (protein nabati). Protein juga bisa Anda dapatkan dari kacang hijau, kedelai, tempe, tahu dan kacang-kacangan (protein nabati).

Anda juga memerlukan buah-buahan dan sayur mayur. Biasakanlah untuk mengkonsumsi sayur mayur ketika makan. Dan jangan lupa buah-buahan. Bisa dalam bentuk juice, minuman segar (misalnya wedhang jeruk), atau dalam bentuk buah segar yang langsung dimakan. Kraus… segar sekali… alhamdulillah…

Dan yang sangat penting adalah jangan sampai Anda kekurangan air. Konon air ini sangat penting dalam membantu ginjal untuk menetralisasi racun-racun dalam tubuh. Apapun itu, kita semua merasakan pentingnya air. Kita mungkin bisa tidak makan tiga hari tiga malam, tapi satu hari satu malam saja tidak minum rasanya sudah sekarat! Rasulullah saw sendiri bersabda bahwa sepertiga dari perut kita adalah untuk air. Konon ada juga cara jitu untuk menghilangkan berbagai macam penyakit dengan air putih. Caranya, begitu bangun tidur di pagi hari, minumlah air putih sebanyak-banyaknya.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman sumber lemak, terutama lemak jenuh, seperti gajih, jeroan, goreng-gorengan, minuman beralkohol, dan sebagainya.

Jangan pula makan dan minum berlebihan karena jika perut kita penuh dengan makanan dan minuman niscaya kita akan kesulitan untuk bernafas. Betul sekali sabda Rasulullah saw: sepertiga perut kita untuk makanan, sepertiga yang lainnya untuk minuman, dan sepertiga sisanya untuk udara.

Bagus pula jika Anda rutin mengkonsumsi zat-zat yang memiliki fungsi mengobati (memperbaiki metabolisme tubuh yang terganggu) seperti madu dan habbatus sauda’.

Kedua, setelah gizi, perhatikanlah istirahat Anda, terutama tidur Anda. Jangan sampai Anda kurang istirahat. Jangan biasakan begadang atau tidur larut malam. Rasulullah saw menganjurkan agar kita segera tidur seusai shalat isya’. Tidur amatlah penting untuk memulihkan metabolisme tubuh kita. Namun juga jangan terlalu banyak tidur, karena tubuh Anda akan kurang bergerak sehingga jadi loyo dan malas.

Tidur tidak hanya soal kuantitas, tetapi juga kualitas. Empat jam tidur yang berkualitas bisa jadi lebih baik daripada delapan jam tidur yang tidak berkualitas. Tidurlah dengan posisi yang baik. Jangan tengkurap. Jangan lupa untuk berdoa sebelum tidur biar Anda bisa tidur nyenyak, tidak diganggu oleh syetan.

Ketiga, berolahragalah untuk menjaga kesehatan dan kebugaram tubuh Anda. Berolahraga bisa menyehatkan jantung Anda. Berolahraga akan membuat Anda berkeringat, yang merupakan salah satu cara tubuh Anda untuk mengeluarkan kotoran dan racun-racun yang ada didalamnya.

Trus, bagaimana caranya agar kita selalu tampil oke dan menarik?

Pertama-tama, tubuh Anda harus sehat dan bugar dahulu. Jika tidak, bagaimana Anda akan bisa tampil menarik?

Selanjutnya, penampilan itu dipengaruhi oleh banyak faktor, satu sama lain saling melengkapi. Diantara faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

(1) Tinggi badan, berat badan, proporsi, dan bentuk atau lekuk tubuh. Orang kerdil atau kelewat pendek tentunya kurang menarik. Sebaliknya, penderita gigantisme pastinya juga ‘menakutkan’. Yang menarik tentu saja yang tidak pendek namun juga tidak kelewat jangkung. Tinggi badan ikut ditentukan oleh ras dan jenis kelamin. Tinggi ideal orang Indonesia dan melayu laki-laki adalah 170 s/d 180. Saya sendiri 170 cm (wah, ngepas banget nih). Kalau perempuan ya kira-kira 160 sampai 170 cm lah. Anda sepakat kan? Adapun orang bule, untuk laki-laki idealnya ya 180 sampai 190 cm. Kalau perempuan ya 170 sampai 180 cm. Betul begitu kan?

Berat badan yang menarik adalah yang proporsional terhadap tinggi badannya. Tidak terlalu kurus namun juga tidak kegemukan. Selain itu, yang akan membuat seseorang menarik adalah bentuk dan lekuk tubuhnya. Seorang perempuan biasanya disukai yang pinggangnya langsing dan ramping, demikian pula paha dan betisnya, dengan pinggul dan buah dada yang proporsional. Adapun seorang laki-laki biasanya disukai yang tegap, atletis, dengan dada yang bidang dan perut yang rata. Seseorang yang memiliki bentuk dan lekuk tubuh yang menarik biasanya disebut sebagai orang yang seksi.

(2) Kontur wajah dan segala sesuatu yang ada di wajah (mata dan hidung). Yang satu ini adalah faktor bawaan alias genetik. Bagaimanakah kontur wajah Anda, bentuk kelopak mata Anda, bentuk dagu Anda, dan mancung tidaknya hidung Anda, sepenuhnya tergantung pada faktor genetik Anda. Kecuali kalau Anda melakukan operasi plastik untuk misalnya mengubah bentuk hidung dan dagu Anda (buat apa sih, kayak nggak mensyukuri pemberian Allah saja). Secara umum, bentuk wajah laki-laki itu ya agak ‘rough’ seperti itu, sedangkan perempuan lebih ‘smooth’. Tidak ada rumus dan ketetapan mengenai bentuk wajah yang menarik. Menurut saya, yang menjadikan wajah seseorang menarik adalah harmoni. Meski demikian, ada pula hal-hal umum yang hampir selalu disepakati sebagai menarik, misalnya hidung yang mancung.

Satu-satunya hal yang bisa Anda atur dan kendalikan terkait dengan bentuk wajah ini adalah jumlah daging atau lemak pada wajah Anda. Jika berkekurangan, wajah Anda akan kelihatan seperti orang yang kurang gizi dan menderita busung lapar, kelihatan jelas lekuk-lekuk tengkoraknya. Namun jika kelebihan wajah Anda akan kelihatan tembem alias ‘njeplem’ seperti ‘jemblem’.

Biasanya, seseorang yang memiliki kontur wajah yang menarik disebut sebagai tampan (laki-laki) atau cantik (perempuan). Namun, seringkali kontur wajah yang menarik bisa kehilangan pesonanya jika warna kulitnya ‘terbakar’. Seberapapun bagus sebetulnya kontur wajah seseorang, jika kulitnya hitam atau berwarna gelap, orang sering menganggapnya tidak tampan dan tidak cantik.

(3) Kualitas dan warna kulit. Mengapa orang begitu ribut dengan warna kulit? Kulit putih dianggap lebih baik daripada kulit hitam. Aneh kan? Orang-orang berkulit putih berlomba-lomba berjemur dibawah terik matahari secara langsung dengan satu tujuan: agar kulitnya lebih coklat. Disisi yang lain, disini kita menjumpai banyak orang memakai tabir surya dan pemutih kulit, dengan satu tujuan: agar kulitnya lebih putih. Jadi, siapa yang benar? Disini, perempuan terutama dianggap lebih menarik jika kulitnya lebih putih. Mungkin hal ini juga berlaku bagi laki-laki. Tapi saya rasa, kalau laki-laki tidak terlalu penting, asal hitamnya tidak kelewatan saja. Apakah masalah warna kulit ini sekadar masalah asosiasi pikiran, atau bagaimana? Saya tidak tahu. Saya sendiri heran mengapa ya warna kulit yang lebih putih itu sepertinya lebih menarik? Tapi, saya juga berkeyakinan bahwa orang-orang ras kulit hitam lebih menyukai lawan jenisnya yang berwarna kulit sama (sama-sama hitamnya). Saya hanya menduga karena saya tidak tahu. Saya kan orang Jawa yang kulitnya bukan hitam tetapi sawo matang. Tapi saya yakin saya benar.

Disamping warna kulit, yang juga menentukan menarik tidaknya seseorang adalah kualitas kulitnya. Kulit yang sehat dan kencang tentu lebih menarik daripada yang berpenyakit atau yang sudah berkeriput. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi hal ini adalah usia.

(4) Brain and behaviour. Wah, istilah ini kayak yang ada di kontes ratu-ratuan saja. Tapi memang, kecerdasan seseorang akan menambah daya tariknya bagi orang lain. Demikian pula perilakunya. Mengapa demikian? Tanya saja diri Anda sendiri.

Sekarang, kita sedang bersama diri kita masing-masing. Pada diri kita ada hal-hal yang bersifat pemberian dan tidak bisa diganggu gugat sama sekali, seperti tinggi badan, bentuk wajah, dan bentuk hidung. Kita harus menerimanya dengan penuh keridhaan. Ketahuilah, Allah telah menciptakan kita semua dalam keadaan yang sebaik-baiknya. Kita harus bersyukur kepada Allah dengan syukur yang sebesar-besarnya.

Pada diri kita ada pula hal-hal yang bisa diubah sedikit saja, dan tidak bisa banyak diubah. Untuk yang seperti ini, silakan saja Anda mengusahakan perubahannya. Misalnya warna kulit Anda. Jika kulit Anda hitam, Anda mungkin bisa membuatnya lebih menarik dengan membuatnya lebih bersih.

Selain itu, pada diri kita juga ada hal-hal yang bisa diubah secara lebih leluasa. Untuk yang ini, silakan Anda berusaha untuk mendapatkan yang terbaik. Misalnya, berat badan Anda, kecerdasan Anda dan perilaku Anda.

Namun, Anda jangan lupa bahwa diri Anda bukanlah hanya tubuh dan jasad Anda. Diri Anda juga memiliki akal, hati, dan jiwa. Dimensi non fisik inilah sebetulnya hakikat diri kita. Jasad kita makin lama akan makin menua dan akan berakhir dengan kepunahan di liang kubur, sementara akal, hati dan jiwa kita akan terus abadi. Jadi, sudah selayaknya kita memperhatikan akal, hati, dan jiwa kita lebih daripada perhatian kita pada jasad dan tubuh kita.

Komentar»

1. susilawati - 19 Desember, 2008

sehat blm tentu bugar tp bugar pasti sehat. Umurku 23 thn sekarang berat badanku 55kg tinggi badan 148. apakah q termasuk yg gemuk karena di hitung-hitung q kelebihan 7 kg.

2. KaisarJef - 24 Desember, 2008

olah raga kekx paling ok, karena bisa di jangkau oleh semua lapisan masarakat.., beda dengan faktor cukup gizi.., yg notabene harus 4 sehat 5 sempurna.., lha., gmana dengan orang yg idupnya senen kamis ?? bisa di pastikan menunya hanya Nasi + LAuk + Air Putih, sudah.
Salam.

3. dewi - 20 Februari, 2009

Cara buat menarik kulit supaya lebih muda, tuch oLahraga apaan sih??

4. tahmid - 3 Agustus, 2009

Gw setuju dengan pendapatnya, tapi dari semua itu jika kita mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh tuhan yang maha esa, maka kita akan syukur terus. Tapi disini jangan pasrah artinya manusia harus berusaha untuk memperbaiki yang telah diberikan supaya menjadi lebih baik tapi tidak didasari rasa sombong,pamer dll. Terus terang gw orangnya paling seneng olahraga pokoknya live style health.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: