jump to navigation

Apa Mesin Pencari Anda? 18 Juli, 2008

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , , , ,
trackback

Mesin pencari (search engine) adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari budaya nge-net. Dengan bantuan mesin pencari, kita bisa dengan mudah mendapatkan halaman-halaman web yang kita inginkan. Cukup ketikkan kata kunci Anda lalu enter, maka akan ditampilkan untuk Anda sekian banyak weblink yang relevan atau berhubungan dengan kata kunci Anda.

Hasil pencarian yang ditampilkan oleh sebuah mesin pencari biasanya berbeda dengan yang ditampilkan oleh mesin pencari yang lainnya. Tergantung pada algoritma pencarian yang dipakai oleh masing-masing mesin pencari. Dengan mempelajari algoritma itulah, para pemilik web melakukan SEO (Search Engine Optimization) untuk menaikkan ranking (urutannya) pada sebuah mesin pencari.

Berikut ini beberapa mesin pencari yang paling populer saat ini.

(1) Google Search. Url: http://google.com. Jika Anda mengetik dari IP Indonesia, akan langsung di-redirect ke http://google.co.id. Untuk saat ini, Google Search adalah mesin pencari nomor satu, mengalahkan Yahoo Search yang sebelumnya sempat merajai.

(2) Yahoo Search. Url: http://yahoo.com. Karena tahu telah dikalahkan oleh Google, kini Yahoo memilih gaya diversifikasi. Berbeda dengan Google yang begitu diakses hanya akan menampilkan kotak pencari, halaman pertama Yahoo memiliki tampilan yang lebih ramai, menampilkan berbagai macam layanannya seperti Yahoo Answer, Yahoo Weather, dan sebagainya. Yahoo berharap berbagai macam layanannya tersebut bisa menjadikannya lebih menarik dan disukai pengunjung.

(3) Live Search (sebelumnya MSN Search). Url: http://live.com. Ini adalah mesin pencari yang dikembangkan sendiri oleh Microsoft, sebuah pabrik software yang sangat terkemuka.

(4) Ask.com. Salah satu kelebihannya adalah memberikan fitur ‘Narrow search’ dan ‘Expand search’. Dalam fitur tersebut, Ask.com mencoba membuat sub-sub kategori, yang diharapkan akan membantu pengunjungnya untuk melakukan pencarian secara lebih spesifik.

(5) Clusty.com (sebelumnya vivisimo.com). Mesin pencari ini unggul karena melakukan clustering pada hasil pencariannya berupa sub-sub kategori yang akan membantu pengunjung untuk melakukan pencarian secara lebih spesifik dan lebih mengena (mirip dengan Narrow Search pada Ask.com).

Pada umumnya, kita melakukan pencarian dengan hanya mengetikkan kata-kata kunci. Padahal, ada juga cara lain untuk melakukan pencarian, yaitu dengan menelusuri direktori (directory search), yang bisa juga dipadukan dengan kata-kata kunci. Beberapa mesin pencari yang memakai metode ini antara lain: Google Directory, Yahoo Directory, dan dmoz.org.

Mesin pencari apa yang Anda sukai? Dan metode pencarian seperti apa yang Anda sukai? Tentu saja terserah Anda. Saya sendiri paling suka memakai dua mesin pencari: Google dan Clusty.com. Kalau Anda bagaimana?

Komentar»

1. zaki muclision - 5 Agustus, 2008

Wah salut deh buat mas rosyid!
aku mau tanya neh!
tau g caranya agar web kita cepet di rujuk search engine..
thanks b4

2. Ida Wahyu Nugraha - 28 September, 2008

salam kenal.mau tanya,gimana cara posting RSS?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: