jump to navigation

Ngobrol Murah dengan Voice Chat 17 Juli, 2008

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , ,
trackback

Anda mungkin beranggapan bahwa bincang-bincang antar negara itu mahal. Anda mungkin benar, jika itu pakai sambungan telepon, baik telepon rumah maupun telepon seluler. Namun, tahukah Anda bahwa ngomong antar negara bisa juga murah? Ya, pakai saja voice chat. Murah banget!

Trus, bagaimana caranya? Mudah saja. Layanan voice chat hampir selalu tersedia pada aplikasi instant messaging, seperti Yahoo Messenger, MSN Messenger (Windows Messenger), dan Google Talk. Hanya saja, fasilitas ngobrolnya bersifat PC to PC (dari komputer ke komputer), sehingga kedua orang yang sedang ngobrol harus sama-sama ngadepin komputer, baik berupa desktop PC, laptop, ataupun mobile gadget.

Dengan voice chat, Anda bisa ngobrol sepuasnya dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia, hanya dengan biaya internet, bukan biaya telepon. Hanya saja, agar suara bisa terdengar dengan jelas, kedua belah pihak harus menggunakan koneksi internet yang lumayan cepat. Jika tidak, suara tidak akan bisa terdengar dengan jelas. Kalau koneksi Anda lambat sedangkan koneksi lawan bicara Anda cepat, maka suara Anda akan bisa didengar dengan jelas oleh lawan bicara Anda namun Anda sendiri tidak akan bisa mendengar suara lawan bicara Anda dengan jelas. Wah, nggak seru kan? Untuk itu, saya sarankan jika Anda mau melakukan voice chat, sebaiknya Anda tidak memakai koneksi dial-up. Pakailah koneksi high speed broadband. Dijamin sip insyaallah.

Saya punya pengalaman melakukan voice chat dengan Yahoo Messenger, namun pakai koneksi dial-up. Pada waktu koneksi kita sedang lambat-lambatnya, Yahoo Messenger akan men-disable layanan voice chat-nya, dengan menampilkan pesan error tertentu. Begitu koneksi sudah lumayan cepat, barulah fasilitas voice chat aktif kembali. Namun, tetap saja saya tidak bisa mendengar suara lawan bicara dengan jelas karena lambatnya koneksi yang saya pakai. Namun pernah pula saya bisa mendengar suara lawan bicara dengan jelas, yakni ketika lawan bicara saya itu berada di Malaysia. Mungkin karena jaraknya yang dekat itu, sehingga lalu lintas datanya bisa lebih cepat.

Saat ini, hampir semua instant messenger menyediakan layanan voice chat. Paling tidak private voice chat, yaitu voice chat yang Anda lakukan bersama orang yang ada dalam daftar kontak Anda. Tentu saja Anda dan lawan bicara Anda harus sama-sama online. Namun, Yahoo Messenger memberikan layanan tambahan berupa voice chat pada chatrooms, yang memungkinkan Anda untuk ber-voice chat pada sebuah chatroom yang Anda pilih. Layanan serupa ini juga bisa Anda dapatkan dari Paltalk, yang memang dikhususkan hanya untuk chatrooms.

Salah satu kelebihan utama voice chat, selain biaya yang murah, adalah kemungkinan untuk bisa berkomunikasi lewat tulisan pada saat yang sama. Sembari ngobrol, Anda bisa juga mengetikkan pesan-pesan Anda, yang akan ditampilkan pada display instant messenger.

Untuk bisa melakukan voice chat, Anda dan lawan bicara Anda memerlukan headset, yang dipasangkan pada kepala, terdiri dari speaker dan mikrofon. Anda bisa juga memakai speaker biasa plus mikrofon biasa. Hanya saja, Anda akan mengalami kesulitan ketika Anda perlu mengetik selama ber-voice chat. Lha wong tangan Anda harus memegang mikrofon, pasti sulit dong untuk ngetik di keyboard. Agak mendingan jika Anda pakai laptop yang dilengkapi dengan speaker dan mikrofon sekaligus. Agaklah mendekat ke mikrofon sewaktu bicara, dan Anda masih agak leluasa untuk ngetik di keyboard. Namun, yang paling enak dan leluasa ya pakai headset, karena speaker dan mikrofon akan selalu on position meski Anda sedang bergerak kemanapun dan seperti apapun.

Mau coba? Kenapa tidak?

Komentar»

1. abusyafiq - 6 Agustus, 2008

mas jelasin dong cara setting untuk bisa ngobrol pake suara

2. harlie - 29 Agustus, 2008

sory mau nanya mas, aku ada pasang headset earphone yang ada mikrofonya. waktu bicara pakai skype aku hanya bisa dengar aja tuh. tapi ngga bisa didengar waktu kita ngomong.
ada yang salah dimana ya mas?
colokan plug in di sound card benar ngga ya? aku nyolokin di colokan untuk speaker.
jadi fungsi speaker on tapi mikkrofon ga on

3. wong - 10 Oktober, 2008

iya nih,kok ga dijelasin sekalian..apa perlu instal gitu pake headsetnya?
pencerahan dunk?/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: