jump to navigation

Beberapa Catatan tentang Mendaki Gunung 9 Juli, 2008

Posted by abdurrosyid in Pokoknya Ada Saja.
Tags: , , , ,
trackback

Berikut ini beberapa catatan yang saya buat dari pengalaman beberapa kali mendaki gunung. Semoga beberapa catatan ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan-kesalahan yang telah kami lakukan. Dan tentu saja, saya sendiri pun jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama pada masa yang akan datang.

Pertama, buatlah check-list perlengkapan yang akan dibawa. Dalam menetapkan perlengkapan yang akan dibawa, pastikan tidak ada kebutuhan yang terlewatkan. Namun, jangan pula perlengkapan Anda berlebihan karena hanya akan menambah beban Anda saat naik gunung. Seperti halnya yang kami alami saat naik ke Gunung Wilis tempo hari. Beberapa perlengkapan yang kami bawa ternyata tidak kami gunakan. Beberapa perlengkapan yang lainnya kami bawa dalam jumlah yang berlebihan. Sudah pasti, semua itu menambah secara signifikan beban kami selama naik dan turun gunung. Oleh karena itu, ketika menetapkan berapa banyak sebuah perlengkapan harus dibawa, lakukanlah perhitungan dengan secermat-cermatnya.

Kedua, jangan sampai Anda kehabisan baterai senter. Bawa baterai cadangan bila perlu. Ini terutama jika Anda mendaki gunung pada tanggal-tanggal muda atau tua penanggalan qomariyah. Pada tanggal-tanggal tersebut, bulan tidak nampak ataupun jika nampak ukurannya sangat kecil. Kejadian kehabisan baterai senter ini pernah kami alami saat mendaki Gunung Arjuno.

Ketiga, jika panitia membawa barang-barang yang cukup banyak, pastikanlah bahwa Anda mengemasinya sedemikian rupa sehingga mudah untuk mencari dan mendapatkannya ketika sedang memerlukannya. Jika tidak, mungkin Anda akan merasa malas untuk mengambilnya, terutama pada saat Anda merasa sangat payah.

Keempat, perhatikanlah perlengkapan-perlengkapan yang fungsinya bergantung pada perlengkapan yang lainnya. Sebagai contoh, jika Anda membawa kompor dan minyak tanah, pastikan Anda juga membawa korek api. Anda tidak ingin kan sudah berat-berat bawa kompor dan minyak tanah tetapi ternyata semua itu tidak bisa Anda pakai hanya karena Anda lupa membawa korek api.

Kelima, sebelum berangkat pastikanlah bahwa peralatan-peralatan Anda bisa berfungsi dengan baik. Demikian pula, jangan sampai peralatan-peralatan Anda rusak ditengah-tengah pendakian sehingga tidak bisa berfungsi lagi. Peralatan bisa rusak akibat benturan-benturan selama Anda berjalan naik atau turun. Karena itu, aturlah sedemikian rupa sehingga hal seperti itu tidak terjadi.

Keenam, jika Anda panitia dan merencanakan beberapa acara untuk dilaksanakan selama kegiatan pendakian, pastikan Anda telah mengetahui secara detail medan yang akan Anda lalui. Jangan sampai Anda mengalami apa yang kami alami tempo hari. Kami berencana akan mendirikan kemah-kemah dan melakukan berbagai macam permainan di bahu gunung. Dan untuk itu kami membutuhkan tanah yang cukup lapang. Kami pun membawa naik berbagai macam perlengkapan untuk keperluan tersebut. Eh ternyata sampai akhir pendakian kami tidak mendapatkan satupun tanah yang cukup lapang. Akibatnya, kami pun tidak bisa melaksanakan rencana tadi, sementara kami harus membawa naik dan turun perlengkapan-perlengkapan yang tidak ringan. Kami akhirnya baru bisa melaksanakan rencana tadi di kaki gunung, setelah kami turun dari puncak.

Ketujuh, pastikan bahwa semua yang akan naik gunung telah mempersiapkan diri, terutama secara fisik. Jika ada kepanitiaan, pastikan pula semua yang tergabung dalam tim panitia juga telah mempersiapkan fisik mereka. Jangan sampai nantinya malah ada panitia yang bikin sulit karena tidak kuat atau sedikit-sedikit lelah.

Komentar»

1. yanti - 9 September, 2008

Hmmmmm gak ada duanya emang ya… duduk di ujung gunung…. menikmati pemandangan ke lereng…. diatas… taburan bintang bikin.. hati terasa luas… menyadari betapa besar kuasaNYA….

Tetap semangat ya….

2. wawa - 15 September, 2008

naik gunung tanpa persiapan sama halnya hidup tanpa tujuan..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: