jump to navigation

Go Global dengan Profil Maya 25 Juni, 2008

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , ,
trackback

Kemajuan teknologi informasi telah menciptakan berbagai macam kemudahan. Salah satunya adalah kemudahan berkomunikasi. Teknologi internet kini telah memungkinkan kita untuk berkenalan dan dikenal oleh seluruh manusia dari berbagai penjuru bumi. Istilahnya Go Global. Bagaimana caranya?

Salah satu cara terbaik untuk dikenal dan berkenalan dengan banyak orang adalah dengan bergabung dalam social network. Disana, kita bisa membuat profil tentang diri kita. Disana kita juga bisa menjalin persahabatan dan interaksi dengan banyak orang dari berbagai negara.

Secara umum, layanan social network bisa dikategorikan menjadi dua macam: informal dan profesional. Ada juga beberapa layanan yang menggabungkan keduanya sekaligus. Contoh layanan social network yang bersifat informal adalah Friendster. Yang bersifat profesional contohnya LinkedIn. Dan yang menggabungkan kedua-duanya contohnya adalah Plaxo.

Berikut ini sedikit informasi yang saya tahu tentang berbagai layanan social network yang bisa Anda coba.

Pertama: Friendster. Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara. Anda bisa menjalin persahabatan dengan banyak orang disini. Silakan kunjungi di http://friendster.com.

Kedua: MySpace. Layanan ini mirip dengan Friendster. Tapi saya rasa lebih bagus dalam banyak hal. MySpace juga meluncurkan aplikasi MySpaceIM yang bisa digunakan untuk instant messaging. Silakan kunjungi di http://myspace.com.

Ketiga: Facebook. Layanan ini sangat populer dimana-mana. Tampilannya sangat rapi dan profesional. Tapi ini adalah social network yang bersifat umum. Silakan kunjungi di http://facebook.com.

Keempat: Muxlim.com. Layanan ini mirip dengan Friendster atau MySpace. Hanya saja ini lebih didedikasikan untuk komunitas muslim. Jadi jangan heran kalau yang menjadi komunitasnya sebagian besar berasal dari negara-negara Timur Tengah dan negara-negara muslim lainnya. Silakan kunjungi http://muxlim.com.

Kelima: LinkedIn. Ini adalah professional network. Anda bisa membuat summary atau curriculum vitae Anda disini, lalu membangun interaksi dengan para profesional yang lain seantero dunia. Silakan kunjungi http://linkedin.com.

Keenam: Yahoo Kickstart. Ini adalah professional network sebagaimana LinkedIn. Jika Anda punya akun di Yahoo, Anda tinggal selangkah untuk masuk ke layanan ini. Silakan kunjungi http://kickstart.yahoo.com.

Ketujuh: Xing. Ini adalah professional network sebagaimana LinkedIn. Silakan kunjungi http://xing.com.

Kedelapan: Plaxo. Kalau yang ini adalah gabungan antara informal dan professional network. Anda bisa memuat profil informal dan juga profil profesional Anda disini. Silakan kunjungi http://plaxo.com.

Itulah delapan social network yang saya tahu sangat bagus. Anda bisa mengunjunginya. Dan jika Anda tertarik, Anda bisa bergabung, dan Anda akan Go Global. Tapi pesan saya, Anda harus bisa menjaga diri dengan social network yang bersifat informal. Jika tidak, Anda bisa terserat dalam pergaulan yang ‘kurang sehat’.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: