jump to navigation

Apa Instant Messenger Anda? 25 Juni, 2008

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , ,
trackback

Kemajuan teknologi informasi semakin memudahkan kita berkomunikasi. Kini, kita bisa berkomunikasi secara global, menembus batas-batas geografis dan politis, dengan sangat mudah dan murah. Tidak hanya komunikasi dengan teks (text chat), namun juga komunikasi dengan suara (voice chat) dan bahkan komunikasi dengan video (video chat). Hanya dengan berbekal sambungan internet, headset yang bermikrofon, dan webcam, Anda bisa melakukan semua bentuk komunikasi tersebut. Sungguh mudah dan luar biasa.

Untuk melakukan komunikasi tersebut, Anda perlu menginstalasi aplikasi instant messenger (instant messaging software) pada komputer Anda. Silakan Anda pilih sendiri instant messenger yang Anda sukai. Masing-masing tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang jelas, para penyedia instant messenger benar-benar bersaing dengan ketat antara satu dan yang lainnya, dalam segala hal mulai dari fasilitas dan fitur-fiturnya sampai dengan tampilannya. Kita sebagai pengguna, tinggal memilih mana yang kita suka.

Berikut ini beberapa instant messenger (IM) yang populer dan bagus, yang tentu saja bisa Anda coba.

Pertama: MSN Messenger (Windows Messenger). Ini adalah IM yang dikeluarkan oleh Microsoft, yang didesain untuk dipasang pada Windows Operating System. Seiring dengan populernya Windows OS, messenger ini juga menjadi amat populer di seluruh dunia. Silakan unduh installer-nya (ada yang tersendiri dan ada yang terintegrasi dalam Windows Live Installer), lalu instal pada Windows Anda. Untuk bisa menggunakannya, silakan dapatkan terlebih dahulu akun Window Live Anda (@live.com atau @hotmail.com). Jika Anda tertarik dengan IM ini, kunjungi saja http://msn.com, lalu unduhlah installernya.

Kedua: Yahoo Messenger. Ini adalah IM yang dikeluarkan oleh Yahoo. Sangat populer di Indonesia. Untuk bisa menggunakannya, Anda terlebih dahulu harus memiliki Yahoo ID (akun di Yahoo). Untuk semakin menjadikannya lengkap, Yahoo juga menyediakan Chatrooms pada Yahoo Messenger. Tertarik? Kunjungi http://yahoo.com, dan unduh installernya.

Ketiga: Google Talk. Seolah tak mau ketinggalan dengan saudara tuanya Yahoo, Google juga merilis instant messenger-nya yang bernama Google Talk. Untuk bisa menggunakannya, Anda terlebih dahulu harus memiliki akun di Google. Anda tertarik? Kunjungi saja http://google.com, dan unduhlah installernya.

Keempat: ICQ Messenger. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus memiliki akun di ICQ. Sebetulnya, ICQ juga menyediakan fasilitas online chat pada homepage-nya, tanpa memerlukan aplikasi instant messenger. Tapi, fitur dan juga tampilannya terlalu sederhana. Berbeda dengan yang ada pada aplikasi instant messenger-nya. Sebagai daya saing, ICQ menyediakan komunitas alias network, yang bisa di-browse dan diakses dari instant messenger. Jika Anda tertarik dengan IM ini, silakan kunjungi http://icq.com, dan unduhlah installernya.

Kelima: AIM Messenger. Kalau IM yang ini populernya terutama di Amerika Serikat dan Kanada. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus memiliki akun di AIM (AOL). Chatrooms tidak disertakan bersama instant messenger ini. Chatrooms bisa diakses secara terpisah di http://chat.aim.com atau di http://peopleconnection.aol.com. Anda tertarik dengan IM ini, unduh saja installernya di http://aim.com.

Keenam: Skype. Yang satu ini bisa digunakan untuk chatting, mengirim SMS ke mobile phone, dan juga melakukan percakapan dengan mobile phone. Hanya saja, untuk bisa kirim SMS atau nelpon ke mobile phone, Anda terlebih dahulu harus beli kredit dari Skype. Sementara kalau sekadar untuk chatting tentu saja gratis. Jika Anda tertarik, kunjungi http://skype.com, dan unduhlah installernya.

Disamping keenam instant messenger diatas, Anda bisa juga mendaftarkan diri di Meebo, yang memberikan akses ke beberapa instant messenger (Yahoo, MSN, Google Talk, dan AIM) dari satu pintu. Silakan kunjungi http://meebo.com.

Oh ya, saya lupa untuk menyebutkan Paltalk. Yang ini bukan instant messenger. Ini adalah papan chat, namun memiliki banyak sekali chatrooms (lengkap deh, hampir segala macam topik ada disini). Papan chat ini memungkinkan text chat, voice chat, dan video chat. Lengkap sekali kan? Kalau Anda tertarik, kunjungi saja http://paltalk.com, lalu unduhlah Paltalk Scene.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: