jump to navigation

Fokus dan Semangat: Kunci Performa Puncak 11 Maret, 2008

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , ,
trackback

Apakah Anda mengira bahwa ketrampilan menggocek bola merupakan faktor penting bagi seorang pemain sepakbola untuk bisa tampil dalam performa puncak? Beberapa kali saya melihat seorang pemain sepakbola elit salah dalam melakukan teknik-teknik yang sangat fundamental dikarenakan (kemungkinan besar) konsentrasinya pecah. Padahal actually pemain tersebut semestinya sangat mahir melakukan teknik tersebut. Disini kita punya dugaan kuat bahwa ketrampilan dan kemahiran saja tidak cukup. Faktor lain yang juga amat menentukan adalah konsentrasi, atau bisa juga Anda menyebutnya fokus.

Saya akhirnya tidak hanya menduga. Saya kini menjadi yakin akan pentingnya fokus setelah saya mengalaminya sendiri. Selama saya berlatih sepakbola, saya selalu mendapati bahwa saya tidak bisa tampil optimal ketika saya tidak bisa fokus. Pada saat pikiran tidak fokus, saya seringkali tidak bisa mengeksekusi dengan baik teknik-teknik dan taktik-taktik yang semestinya bisa saya lakukan dengan mudah. Berbeda halnya ketika saya bisa fokus pada permainan, sayapun bisa mengeksploitasi seluruh kemampuan dan ketrampilan saya dengan optimal. Saya betul-betul merasakannya.

Sebagai seorang muslim, sebetulnya kita memiliki ‘sarana latihan’ untuk bisa fokus: sholat. Dalam sholat, kita selalu dituntut untuk fokus pada satu hal saja: bermuwajahah dengan Allah Yang Maha Agung. Dalam sholat, kita dipaksa untuk sementara waktu melupakan segala urusan duniawi. Sebagai gantinya, satu-satunya ‘agenda’ kita ketika itu adalah ‘berasyik-masyuk’ dengan Sang Penguasa Segala Sesuatu. Karena sholat adalah agenda yang sangat sering kita lakukan (minimal 5 kali sehari semalam kan), maka semestinya sholat tersebut bisa menguatkan kemampuan fokus kita.

Kemampuan fokus inilah yang kemudian semestinya bisa kita eksploitasi pada setiap pekerjaan dan aktivitas kita. Konon, suatu pekerjaan akan bisa dilakukan dengan lebih baik ketika dikerjakan dengan fokus.

Selain fokus, saya merasa ada lagi kunci yang lain untuk bisa meraih performa puncak dalam melakukan segala sesuatu: semangat. Sebagian orang menyebutnya spirit. Lagi-lagi saya ingin mengambil contoh dari sepakbola. Bukan dari sepakbola yang saya lihat, tapi sepakbola yang saya lakukan sendiri. Saya menyadari bahwa ketika saya bertanding dengan penuh semangat, saya bisa bergerak lebih cepat, lebih gesit dan lebih spontan. Jika tim saya bermain dengan penuh semangat, kami akan bermain lebih ngoyo, lebih cepat, dan lebih agresif. Hasilnya, dominasi dalam pertandingan.

Saya kira hal serupa juga berlaku diluar sepakbola. Ketika kita melakukan segala sesuatu dengan penuh semangat, kita tidak akan cepat merasa lelah dan kita akan sanggup melewati berbagai macam tantangan dan hambatan. Saya yakin, masing-masing dari kita memiliki pengalamannya sendiri-sendiri mengenai hal ini.

Ya, itulah dua hal yang harus selalu ada setiap kita melakukan segala sesuatu: fokus dan semangat. Selamat berjuang! Sukses selalu! Allah senantiasa menyertai kita!

Komentar»

1. Ronny Siagian - 23 Mei, 2008

Fokus dan Semangat.
Sudah tahu, tapi sering lupa.
Sekarang ingat lagi.
Terima kasih
Fokus dan Semangat

Salam Kenal

2. abdurrosyid - 31 Mei, 2008

Salam kenal juga. Semoga sukses selalu.


Tinggalkan Balasan

