jump to navigation

Memelihara dan Meneruskan Hafalan Al-Qur’an 9 Maret, 2008

Posted by abdurrosyid in Sejauh Aku Melangkah.
Tags: , , , ,
trackback

Dengan tulisan ini, saya hendak menguatkan dan mengabadikan tekad saya untuk tidak pernah bosan memelihara dan meneruskan hafalan Al-Qur’an. Apalagi sebelum ini saya juga mendapat pesan dari guru tahfizh saya agar tidak ‘mandeg plas’ (berhenti sama sekali) dari kegiatan menghafal Al-Qur’an.

Agenda yang harus saya lakukan jelas dua. Pertama, mengembalikan dan memelihara yang sudah pernah saya hafal. Kedua, menambah hafalan baru. Kalau saya hitung, yang telah saya hafal (baik yang masih saya hafal dengan kuat sampai saat ini maupun yang ‘perlu di-refresh dan dikembalikan’) adalah Al-Fatihah, Al-Baqarah dan Ali ‘Imran (semuanya 3,75 juz), lalu Al-Isra’ dan Al-Kahfi (1 juz lebih sedikit), dan Juz 27, 28, 29, 30 (4 juz). Kalau ditotal berarti semuanya 8,75 juz lebih sedikit, atau hampir 9 juz. Dengan menambah 1 juz lebih sedikit berarti saya akan menghafal 10 juz atau sepertiga Al-Qur’an. Menghitung-hitung begini nih tujuannya ya untuk mengembalikan semangat.

Itu dia tugas pertama saya: mengembalikan hafalan yang hampir sembilan juz itu, lalu menambahnya dengan satu juz lebih sedikit sehingga menjadi 10 juz. Sesudah itu tugas saya berikutnya adalah memelihara terus 10 juz itu, dan menambah hafalan baru tanpa pernah bosan hingga bisa menghafal 30 juz.

Saya kira, tidak ada kata kunci untuk bisa melakukan hal itu kecuali kedisiplinan. Ya, kedisiplinan! Saya harus disiplin untuk terus-menerus muraja’ah, dan pada saat yang sama secara bertahap menambah hafalan baru. Soal kedisiplinan ini, saya punya dua tips yang harus bisa saya realisasikan. Pertama, kita harus mengendakan jadwal khusus untuk Al-Qur’an, misalkan setiap habis shubuh, habis mandi pagi, sebelum maghrib atau sesudah maghrib. Kedua, jangan pernah menunda-nunda keinginan untuk membaca Al-Qur’an.

Muraja’ah bisa saya lakukan dengan beberapa cara: qira’ah bil ghaib, qira’ah bin nazhar, dan mendengarkan bacaan orang lain. Sedangkan untuk menghafal yang baru, bagi saya kata kuncinya adalah repetisi (mengulang-ulang bacaan) dan menandai (‘niteni’) ayat-ayat yang mirip.

Ya, semoga Allah senantiasa menguatkan hati saya untuk senantiasa bersemangat menghafal ayat-ayat-Nya yang mulia, dan memberikan kemudahan kepada saya untuk itu. Amin.

Komentar»

1. food4healthy - 11 September, 2008

Subhanallah, langkah awal yang sgt cemerlang. Ane pengin juga menirunya, kmrn smpat mo menghafal surat Ali Imran, tapi gm ya… belum rampung dah pengin mengahafal surat yang lain. Gm, ada saran? jzk.
Salam,
http://www.umarsaifudin.wordpress.com

2. Heriansyah Bin Higang - 15 September, 2008

Assalaamualaikum wr wb

Belum tuntas kubaca tulisan antum saya sdh bangga, tolong sharing ke saya pengalaman selama proses menghafal. Insya Allah langkah yang ku ambil ini tak kan salah, semoga Allah meridhoiku walaupun dengan tertatih tatih aku membacanya , mungkin Allah kasihan melihat saya sehingga diberinya aku kemudahan dalam segala hal.
Tolong yaa antum sharing kesaya pengalamannya…. Billahi Taufiq wal hidayah…

Tabik Nan takzim dari Ku
Heriansyah bin Higang
heriansyah@telkom.co.id

3. ITSNA - 29 Oktober, 2008

SUBHANALLOH…..
Semoga apa yang baru saja ana baca menjadi inspirasi n semangat tersendiri buatku…..
kuatkan azam, terus berusaha,,, TAK KENAL HENTI

4. islammarket - 5 November, 2008

Mau Menghafal Al Qur’an Dalam Sebulan?
Buku TIPS AND TRIK HAFAL AL QUR’AN DALAM SEBULAN

Apakah Anda sudah menyerah untuk menjadi seorang Hafidz atau penghafal Al Qur’an? Apakah Anda sudah menerapkan berbagai metode dan tips agar dapat menghafal Al Qur’an, akan tetapi Anda tidak juga berhasil?
Padahal, apabila Anda hafal Al Qur’an, Anda akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah, mahkota kehormatan akan disematkan dia atas kepala Anda, Anda akan mendapatkan nikmat seperti nikmat yang dimiliki para Nabi, dan mendapatkan berbagai keutamaan lainnya.
Melalui buku ini, Ir.Amjad Qosim coba menawarkan metode menghafal Al Qur’an dalam waktu yang singkat. Tidak tanggung-tanggung, hanya dalam waktu sebulan, Anda dapat mengahafalnya secara keseluruhan, jika Anda mau menerapkan metode yang ia tawarkan.
Bukan cuma para santri dan mereka yang masih muda belia, yang dapat menerapkan metode ini, siapapun bisa. Karena di dalam satu bab, penulis memaparkan tiga pengalaman yang kesemuanya adalah ibu rumah tangga, yang memiliki tugas dan kewajiban untuk mengurus rumah tangga dan mendidik anak. Dengan semangat yang tinggi dan diiringi doa, akhirnya merekapun dapat menghafal Al Qur’an dalam waktu yang singkat.
Karena begitu menarik dan pentingnya buku ini, maka kami berusaha menghadirkannya ke hadapan Anda. Semoga dengan hadirnya buku ini, kita akan terpacu lebih giat lagi untuk menghafal Al Qur’an. Selamat mengambil manfaat dari buku ini.

DAFTAR ISI

• Mukadimah
• Bagaimana Mungkin Menghafal Al-Qur’an Hanya dalam Waktu Sebulan?
• Bagaimana Cara Meningkatkan Kesungguhan dan Menguatkan Tekad untuk Mencapai Tujuan?
• Karakteristik Orang-orang yang Memiliki Kesungguhan Tinggi (Himmah ‘Aliyah)
Faktor-faktor yang Dapat Meningkatan Kesungguhan
• Pengalaman Para Penghafal Al-Qur’an yang Berhasil Mengkhatamkan Hafalannya dalam Waktu Singkat
Pengalaman Ukhti Iman
Pengalaman Ukhti Ummu Zayid
Pengalaman Ummu ‘Ashim
• Perjalanan untuk Menemukan Jati Diri
• Langkah Praktis Sebelum Memulai Hafalan
1. Mengikhlaskan Niat
2. Mengenali Karakteristik Akal manusia
3. Menentukan Tujuan
4. Mencari Motivasi yang Paling Kuat untuk Menghafal Al-Qur’an
5. Mengatur Waktu
6. Memilih Tempat yang Paling Tepat untuk Menghafal
7. Mengambil Nafas Dalam-dalam
8. Meningkatkan Konsentrasi
9. Mengulang-ulang Hafalan
10. Rutin Menghafal
11. Memperhatikan Faktor Lain yang Dapat Membantu Menghafal Al-Qur’an
• Seni Mengkonsentrasikan Pikiran
Sebelas Hambatan Konsentrasi
Lima Langkah untuk Mendapatkan Ketrampilan Berkonsentrasi
• Kiat Melepaskan Diri dari Berbagai Penghalang dalam Menghafal Al-Qur’an dan Melakukan Muraja‘ah (Mengulang-ulang Hafalan)
• Sebab-sebab yang Membuat Para Penghafal Al-Qur’an Mampu Menghafal dalam Waktu Singkat
• Metode Menghafal Al-Qur’an
Metode yang Efektif untuk Mempertahankan Hafalan dalam Waktu yang Lama
Metode Lain yang Efektif untuk Melakukan Muroja’ah dan Menghafal dengan Cepat
Syarat yang Harus Dipenuhi
Faktor-faktor Pendukung
• Metode Muraja‘ah Hafalan Al-Qur’an
Kaidah dalam Melakukan Muraja‘ah
• Doa-doa agar Dimudahkan dan Dimantapkan dalam Menghafal Al-Qur’anul Karim
• Kata PenutupMau beli buku Hafal Al Qur’an dalam Sebulan?

Judul Asli:
Kaifa Tahfadzul Qur’anal Karim fisy Syahr

Judul Edisi Bahasa Indonesia:
Hafal Al Qur’an dalam Sebulan

Penulis:
Ir. Amjad Qosim

Cetakan I:
Sya’ban 1429 H./ Agustus 2008 M

Penerbit:
Qiblat Press, Solo

Berminat?
Hubungi:
Azmi Yudianto
0856 4117 4798
islammarket@yahoo.co.id
http://islamarket.co.cc

harga Rp. 22.000

5. Imaduddien - 22 Juli, 2009

Aku mau penjelasan mengenai teknik menghafal Alquran dengan cepat. Mohon postingannya. Untuk yang jual buku mohon jelaskan dengan rinci metodenya apa, tidak hanya menawarkan teori belaka, terima kasih.

6. fadhilah az zahra - 14 Agustus, 2009

Wah senengnya bisa hafalan,,,,, ana juga pengen banget bisa hafalan dan ana sudah baca buku hafalan al qur’an dalam sebulan karya ir. abul qosim. Tapi saya punya kendala orang tua yang ga mengijinkan anaknya hafalan al-qur’an tapi sy sembunyi2 hafalan, jd masih sedikit sekitar 4,5 juz lebih dikit,,,,karena tidak ada ketaatan pada makhluk untuk bermaksiat pada alloh.
Entah, ana ga bisa melawan keinginan ana untuk hafalan al qur’an meski umur sdh 21 th, apalagi setelah membaca buku di atas,,,, semoga limpahan pahala selalu mengalir.
Setelah baca situs ini semangat ana bertambah, ana ga merasa sendirian meski di umur yg segini,,,,seneng banget lihat adek2 di pondok dan jd bara buat ana liat mereka yg masih kecil2 tp sdh banyak hafalannya,,,,
Orang tua ga mengijinkan ana hafalan karena menuntut ana bekerja, wajar karena ana udah di kuliahkan hingga d3 teknik kimia, dan pada saat mau wisuda minta izin mondok bwt hafalan, tp kl ana gak mondok ana takutnya hanya sebatas hafal sementara yang lain-lainnya ana belum mumpuni kayak tajwid dan pemahamanya masih kecil,,,
Jadinya ana te2p di kota t4 ana kuliah dengan alasan ke ortu ngajar privat, tp anak mondok sambil privat di pondok,,,, semoga ana ga salah mengambil keputusan,,,,, semoga nanti saya bisa hafal 30 juz,,,,amin.

7. zaka - 31 Agustus, 2009

Luar biasa…. jadi semangat nih tuk hafalan qur’an… cuman kadang diri ini semangat dan berjalan tuk menghafal… terkadang malesss… gimana nih agar tetap semangat dan yang penting trik cara mudah tuk hafal gimana?

8. ahmad - 10 Desember, 2009

asslamualaikum Wr.Wb. Saya dari smk it nuurul fikri trenggalek, sekolah saya itu islam terpadu. saya disitu telah pondok sudah setahun lebih tapi kok tidak hafal al-qur’an padahal saya ingin sekali hafal. ada banyak faktor yang menyebabkan saya itu itu tidak bisa menghafal. tolong ajarin gimana caranya dan bimbing. wassalamualaikum Wr.Wb

9. ika - 8 Januari, 2010

SEEmangggattt yachh….
good luck..
doain qu juga bs kaya kamu

10. titi - 14 Juni, 2010

subhanalloh!!!..sebenarnya ana ingiiiin sekali namun ana baru mulai dan bgt bnyak hambatan dan ana jujur masih kesulitan dalam membagi waktu untuk hapalan ,muraja’ah..ana sadar banyak waktu yang dihabiskan untk urusan duniawi aj..astaghfirulloh hal’azhim…

11. ILYYYYYYYYYY - 18 November, 2010

HUUUUUMMMMMMMMMMMMMM AKU JUGA MINTA DOANYA YAAAAAAAAAA

12. ika - 23 Desember, 2010

assalamualaikum..

aku jg ru mulai , baru mpe juz 2…
sring ngrasa kpn slesenya…
byk godaan, pa lg dr dlm hati…
awal ku ikut ngafal,guru ku bilang,klo mo hafal sebaiknya jgn nikah dulu…apa uda siap?????
iya… tp ga bs muna akir2 ni ku sring kegeeran ma tmn2 cow, yg deketin…(qiqiqi),mgk jg krn
aku ega tinggal di pondok, tapi di kos an biasa.

kdg da prasaan tkt sombong or gmn??
qu seneng,mreka bisa mengerti,…

meskipun
kdg2 ku jg cemburu klo da cew…
deketin dia …qiqiqi…
bikin ga konsent…
ujung2nya gedumal dlm ati,,,(ngerasa berdosa)

“tentang kedisiplinan ” tips yg oke !!!!

akan kucoba, bagi waktu…

doain yach…

13. Meutia - 8 Juli, 2011

Subhanallah, selamat atas semangatnya untuk terus menghafal Al Qur’an, semoga Allah berikan kemudahan untuk dapat menghafalkan sampai 30 juz, juga teman2 di sini semua yang juga sudah punya niat.

Kalau boleh mohon penjelasannya, yang dimaksud dengan qira’ah bil ghaib dan qira’ah bin nazhar itu apa ya?

Terima kasih.
Wassalam,

14. Siti latifah - 28 April, 2013

Ana masih diambang kebingungan..
Ana diberi 2 pilihan. ,
1.melanjutkan kuliah
2.meneruskan hafalan sedangkan hafalan ana masih sedikit, dan keluarga sangat mendukung.

Kalau 2 duanya, keadaan dan lingkungn ana kurang mendukung. . .
Gmna solusi terbaik ya. ?

abdurrosyid - 28 April, 2013

Saya menyarankan agar Mbak melakukan istisyarah (minta pendapat dan saran) dari orang-orang berilmu di sekitar Mbak, termasuk kedua orangtua. Kemudian lakukan sholat istikharah. Allah Ta’ala akan memberikan yang terbaik buat Mbak, insyaallah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: