jump to navigation

Cara Memindahkan Web Joomla 2 Maret, 2008

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , , , , ,
trackback

Bagaimana jika kita punya web pakai CMS Joomla dan ingin kita pindahkan dari satu server ke server yang lain. Cara ini bisa dicoba. Pertama, backup dulu direktori web Anda yang terdapat di server yang lama. Jika tidak semuanya ya minimal Anda pilih beberapa direktori atau file yang kira-kira tidak ada pada instalasi default Joomla. Misalnya, template yang telah Anda customize, file language hasil terjemahan Anda sendiri, dan sebagainya.

Kedua, backup database Anda. Cara yang mudah adalah dengan masuk ke database melalui phpMyAdmin, pilih database dan beri tanda cek pada semua tabelnya, pilih format SQL, beri tanda cek pada ADD DROP TABLES, lalu EKSPORT. Maka, database Anda akan ter-back up dalam sebuah file berekstensi sql. Setelah ekspor selesai, ubahlah nama file salinan database tersebut sesuai dengan nama database Anda yang baru. Juga, bukalah file salinan database Anda tersebut dengan Wordpad, lalu ubahlah setting nama database yang ada disana.

Ketiga, instal CMS Joomla pada server yang baru. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa terlebih dulu meng-upload file Joomla (dalam bentuk zip) ke direktori public html di server Anda yang baru. Upload ini sebaiknya dilakukan dengan menggunakan ftp-client. Setelah upload berhasil, silakan ekstrak file zip tersebut. Selanjutnya, lakukan instalasi Joomla melalui web browser. Setelah instalasi selesai, jangan lupa menghapus atau me-rename folder ‘installation’. Cara lain yang sepertinya lebih cepat adalah menginstal Joomla dengan menggunakan fasilitas Fantastico / Installer yang ada pada cpanel. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot meng-upload file Joomla ke server Anda yang baru. Anda cukup klik ini klik itu sesuai petunjuk yang ada, dan selesai.

Keempat, setelah Joomla yang baru telah terinstal, Anda sekarang tinggal mengimpor salinan database yang telah Anda miliki. Masuklah ke database Anda yang baru dengan phpMyAdmin, lalu lakukan IMPORT. Selesai deh… Mudah kan?

Komentar»

1. mbah gendeng - 21 Mei, 2008

d coba dulu ah ni mo ngganti wordpress am joomla

2. abdurrosyid - 31 Mei, 2008

Selamat mencoba mbah. Semoga sukses.

3. Dokar Londo - 10 Juli, 2008

Mas apakah backupan database di server yg lama juga harus disesuaikan kriteria/spec server yang baru. Soal na beda server kan beda kriteria/spec juga😀 dan apakah metode ini harus dengan versi CMS yang sama pula ? apa bisa kita import DB backup na ke CMS yag versi lebih baru ? dan kebetulan saya juga pake CMS Joomla. mohon pencerahannya. thx

4. Ginanjar - 23 Agustus, 2008

Assalamuala’ikum wr.wb
Mas makasih iaa, buat bantuannya. Saya orang baru di dunia web design. Informasinya bener2 berguna buat saya mas. Saya masih sekolah sekarang jadi ini ilmu yang pasti berguna banget buat saya. Terima kasih sekali mas.
Wassalamua’laikum wr. wb

5. ari - 6 September, 2008

mas….tolong kalo aku… gimana cara memindahkan database joomla dari localhost di rumah ke localhost di kantor saya bekerja

6. doniafrizal - 12 September, 2008

caranya sama.
1. export database mysql nya.
2. copy folder localhost rumah : administrator,component,module,template,image,languange, dan folder customize lainnya.
3.backup folder localhost kantor untuk jaga2 bila ada masalah.
4.pastekan folder2 localhost rumah ke localhost kantor.
5.import database
6.jadi deh.

7. bukti 'choki' sihotang - 25 Oktober, 2008

saya mah mau nanya yg sederhana saja, mas. Bagaimana cara meng-upload foto? Artikel yang ada ingin saya tambahin foto biar menarik. Nah, cara meng-upload foto inilah yang tidak saya tahu.

mohon tuntunannya, dong. thanks

8. Cara Memindahkan Web Wordpress « Abdur Rosyid’s Blog - 26 Oktober, 2008

[…] upload, web, wordpress, wp trackback Sebelum ini saya sudah membuat tulisan serupa berjudul ‘Cara Memindahkan Web Joomla‘. Cara memindahkan web yang dibuat dengan CMS WordPress pada dasarnya sama dengan cara […]

9. Fachriza - 7 November, 2008

Mas,G bisa tuh pas import databasenya d phpmyadmin?.Padahal versinyasinya dah sama.Jd gimana dong?

10. freshzboy - 22 November, 2008

mas semua sdh diikutin tapi kenapa muncul gini, mohon batuannya, thx,…
Database Error: Unable to connect to the database:Could not connect to MySQL

11. na2 - 2 April, 2009

Salam kenal, ka rosyid. Saya na2 mau tanya, saya kan lg pkl. Di tmpt pkl, saya disuruh memindahkan website instansi yang sudah ada, dimana websitenya masih pake joomla versi lama, jadi saya disuruh pindahin websitenya ke joomla versi terbaru, tapi saya gak tahu caranya+maksudnya, pake joomla aja baru sekarang. Maksudnya itu qt buat design+web baru or cuma pindahin databasenya aja ke joomla versi terbaru???????? Mohon pencerahannya ya kak. Punya contoh artikel yang membahas tentang cara buat buku panduan tentang joomla Thanks, maaf juga ya kalau prtnyaannya kebanyakan, abz bingung.

12. dwi - 3 April, 2009

mas mohon kalo jwb agak lbh jelas lg bs? soalnya ni cms kalo salah ngartiin perintah malah bkn pencerahan yg didpt melainkan error and error dg kode bhs program jd tambh mumet dan jd tambah kerjaan instal ulang.

13. prafangga - 31 Oktober, 2009

kalo dari offline ke online gmana mas??
misal udah dipindah database beserta folder2 costumize nya trus yg perlu dirubah apa??kan kalo local host setingan lokal biar di online sesuai dengan setingan Online kita ??password: database name semacam itukah yang musti dirubah??

14. ai - 20 Desember, 2009

mantaff !!
thx atas ilmunya … berhasil jalan di localhost! pi belom nyoba di server online .. kira2 sama ya ??

15. tiyo - 17 Februari, 2010

mas saya ini adalah pengguna jomla yang pertama cara menampilkan databasenya yang sudah di ekspor, itu gimana dan mohon dijelaskan secara rinci dari prosesnya menggunakan php myadmin untuk mengubah ektensionya menjadi sql. dan jika dimporkankan databasenya disimpan dimana dulu

16. Joko susilo suparno - 1 Juli, 2010

Pusing kepala ku buat joomla…
help

17. komputersoftware.com - 24 Oktober, 2010

Thankz, berhasil….. sekarang saya bisa maintenance web saya dech, kalo tiba2 ada masalah mendadak…. thankz banget ne

18. andik - 2 April, 2011

makasih mas infonya… mau upload joomla local jadi online…

19. ansorisaja - 19 November, 2011

Mau tanya..

Kalau versi joomlanya beda gimana ya…

Saya mau instal joomla versi terbaru 1.7, sedangkan saya bikin web dengan joomla versi 1.5.

Saat akan memindahkan databasenya, kok ga ikut ya, atau ada kesalahan?.

Nama database lama nya dengan awalan jos, sedangkan dengan joomla versi baru dengan nama yang dibuat secara acak oleh jomla… dan saya lihat di struktur database lewat phpmyadmin, ternyata banyak yang berbeda..

Masa saya harus bikin web dari awal??

20. Bagus Budi Santoso - 31 Maret, 2012

Mas, bisa gak, kalo cuma import file direktori tanpa import database..? Soalnya backup database nya udah ilang…

abdurrosyid - 1 April, 2012

Wah, masing-masing ada fungsinya sendiri2. File direktori kayak rumahnya, sedangkan database itu kayak perabotnya. Artinya, file direktori tanpa database ibarat rumah tanpa perabotan🙂

21. Cara Memindahka… « rizkycom1 - 7 Mei, 2012

[…] ini saya sudah membuat tulisan serupa berjudul ‘Cara Memindahkan Web Joomla‘. Cara memindahkan web yang dibuat dengan CMS WordPress pada dasarnya sama dengan cara […]


Tinggalkan Balasan

