jump to navigation

Menulis: Antara Struktur, Gaya, dan Kemanfaatan 26 November, 2007

Posted by abdurrosyid in Hobiku Menulis.
Tags: , , ,
trackback

Siapakah yang layak dibilang lihai menulis? Pertanyaan ini mudah-mudah susah. Dibilang mudah jika setiap yang sering menulis layak dibilang lihai menulis. Dibilang susah jika tidak setiap yang suka menulis layak dikatakan lihai menulis.

Banyak orang memang bisa menulis. Jumlah blog yang sedemikian banyak di dunia maya adalah salah satu indikatornya. Apapun muatan sebuah blog, didalamnya pasti ada tulisan-tulisan pemiliknya. Jumlah media cetak konvensional juga tidak bisa dibilang sedikit, baik yang terbit secara berkala seperti buletin, majalah, tabloid dan surat kabar, maupun yang tidak seperti buku dan buklet. Jika kita coba hitung banyaknya media cetak tersebut, baik yang beroplah besar maupun yang beroplah kecil, jumlahnya pasti sangat banyak. Dan jangan lupa, semua media tersebut adalah hasil karya para penulis. Jadi, tidak sedikit kan orang yang bisa menulis?

Namun apa ya semua orang memang layak disebut sebagai penulis yang lihai? Yang pasti, kemampuan menulis dilihat dari sisi kualitasnya tentu berbeda antara satu orang dan yang lainnya. Sebagian diantara orang-orang yang bisa menulis layak disebut sebagai maestro, penulis handal, penulis yang piawai, dan semacamnya. Sementara yang lainnya hanya layak disebut sebagai penulis saja, dalam pengertian bisa menulis. Lantas, apa sih yang membedakan penulis yang piawai dengan penulis yang biasa-biasa saja.

Setidak-tidaknya ada tiga ukuran yang bisa dipakai untuk menentukan kepiawaian seseorang dalam menulis. Pertama, kemampuannya membentuk struktur bahasa yang baik. Kedua, kemampuannya menciptakan tulisan yang bergaya (stylish). Ketiga, kemampuannya memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya kepada para pembaca tulisannya. Penulis yang benar-benar piawai memiliki tiga kemampuan ini sekaligus.

Kemampuan membentuk struktur bahasa yang baik meliputi berbagai aspek gramatika, antara lain kemampuan menyusun struktur kalimat yang benar, kalimat yang efektif dan kalimat yang efisien. Beberapa hal sederhana seringkali tidak dikuasi oleh orang yang mencoba menulis. Kelengkapan struktur dasar kalimat adalah salah satunya. Tidak jarang orang menyusun kalimat-kalimat yang tidak lengkap karena tidak mengandung predikat. Juga tidak jarang orang menyusun kalimat dengan struktur yang rancu.

Kemampuan menciptakan tulisan yang bergaya meliputi banyak hal dan ditentukan oleh banyak hal pula. Kemampuan ini antara lain meliputi diksi (pilihan kata yang tepat), gaya bahasa, kreativitas, dan dan bahkan selera humor. Gaya menulis antara lain dipengaruhi oleh jenis tulisan (fiksi atau non fiksi) dan tentu saja karakter sang penulis (karena setiap orang pasti punya karakter yang berbeda dalam menulis).

Adapun kemampuan memberikan manfaat bisa ditentukan oleh tingkat penguasaan masalah dan kreativitas. Penulis yang menguasai masalah dan topik yang ia tulis pasti bisa memberikan banyak pengetahuan dan hal-hal baru kepada para pembaca. Berbeda halnya dengan penulis yang tidak banyak tahu tentang masalah yang sedang ia tulis. Namun, penguasaan masalah bukanlah satu-satunya faktor penentu. Kreativitas juga sangat penting dalam hal ini. Para penulis yang kreatif seringkali bisa mengangkat hal-hal dan peristiwa keseharian yang sederhana menjadi sesuatu yang penuh makna, hikmah dan manfaat bagi para pembacanya. Hal-hal biasa dan sederhana mereka sulap menjadi hikmah yang amat berharga.

Komentar»

1. perdana - 22 Agustus, 2008

afwan, bisa berikan contoh gampang/sederhana cara menulis/membuat tulisan agar tidak rancu dan mempunyai bobot?
jazakallah…

2. muhammad ilyas - 15 November, 2008

qobla an-naktub….nas’alu anfusana,, liman aktub? wa limadza?

maju terus akh rosyid…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: