jump to navigation

Namanya Saja Web Gratisan 21 November, 2007

Posted by abdurrosyid in Aku Suka Komputer.
Tags: , ,
trackback

Sejauh yang bisa kuingat, pertama kali saya membuat website memakai software AceHTML. Itulah pertama kali saya belajar HTML. Berikutnya saya memakai FrontPage dipadu dengan Microsoft Word. Lalu kemudian saya mencoba beberapa software penyedia template web, kemudian juga Dreamweaver. Habis itu saya mencoba segala macam CMS (Content Management System), mulai dari Joomla, Xoops, PHPNuke, PostNuke, Worpress, MyBB Forum, dan PHPForum. Pada saat bersamaan saya jadi mengenal lebih dalam tentang CSS. Dengan CSS, saya bisa memisahkan antara tampilan web dan isinya. Terakhir, saya belajar melakukan sendiri coding dari nol, yang meliputi coding CSS, MySQL, dan tentu saja HTML.

Sebagaimana semua orang tahu, untuk naruh web kita di dunia jejaring, kita harus taruh web kita di sebuah host, disamping kita juga harus punya alamat url. Karena tak punya banyak uang, dari awal saya selalu pakai hosting gratisan, begitu juga url-nya juga gratisan (menjadi subdomain di domain orang lain). Seingat saya, pertama kali saya bikin web di geocities.com. Wah, itulah pengalaman saya yang pertama mengelola website. Sederhana sekali ketika itu. Untuk mempercantik namanya, saya melakukan redirecting (forwarding) di cjb.net. Sehingga alamat saya waktu itu [alamat_saya].cjb.net. Cukup keren kan? Sudah bosan di geocities, saya pakai hosting gratisan di beberapa free host provider: awardspace.com, 110mb.com, serverheaven.net, dan freehostia.com. Awardspace.com adalah yang pertama-tama saya pakai. Lumayan bagus tuh.

Habis pakai awardspace.com, saya tahu kalau ada 110mb.com yang ngasih kita space yang jauh lebih besar daripada awardspace.com, meski kita hanya bisa pakai satu akun database. Akhirnya, beralihlah saya ke 110mb.com. Beberapa saat lamanya saya disitu, ternyata saya dapati 110mb.com ternyata tukang error. Mula-mula web saya error karena lalu lintas databasenya (MySQL) terlalu padat. Kalau loading halaman-halaman web, nggak bisa sampai masuk jauh kedalam. Misalnya login halaman admin oke, tapi begitu mau melakukan editing disana, ngadat tuh. Saya biarin keadaan itu beberapa lama. Alhamdulillah bisa normal kembali. Tapi nggak seberapa lama, muncul error yang lebih heboh, akses MySQL saya ditutup alias diblok. Saya hanya bisa mengaksesnya kembali kalau saya bayar. Walah-walah! Akhirnya saya cabut semua akun web saya di 110mb.com. Toh, webnya juga baru sedikit isinya. Bye-bye Mr.110mb.com.

Habis itu saya free-hosting di serverheaven.net. Lumayan bagus, tapi saya nggak sreg dan betul-betul terganggu dengan iklan alias bannernya yang sangat mencolok di bagian atas layar komputer. Alhasil, saya tinggalkan tuh serverheaven.net.

Terakhir, saya coba pakai freehostia.com. Sepertinya yang ini jauh lebih bagus, meski spacenya tidak terlalu besar. Tapi sudah lumayan lah kalau hanya untuk web yang sebagian besar berisi teks doang. Tapi kalau saya nggak salah ingat, free-hosting disitu hanya untuk satu tahun. Saya kurang paham apa itu maksudnya. Apa sesudah satu tahun saya harus bayar jika mau pakai terus. Atau sesudah satu tahun saya tetap bisa terus memakai gratisan asal saya menyatakan memperpanjang free-hosting disitu. Mudah-mudahan maksudnya seperti yang terakhir itu.

Paling belakangan, saya juga merasa sreg dengan sekadar bikin blog gratisan. Saya pun bikin dua blog gratisan. Yang satu blog pribadi saya dan satunya lagi blog klub sepakbola yang saya pimpin. Layanan blogging yang saya pakai adalah wordpress.com. Saya memilihnya karena saya lihat desain alias tampilannya, begitu juga template-template desainnya, lebih bagus daripada yang lain-lainnya. Saya pernah coba multiply.com. Sebetulnya bagus menurutku, tapi tampilannya dan juga template-template gratisannya hampir tidak ada yang betul-betul bagus. Bisa sih dibagus-bagusin kalau kita mau mengedit CSS-nya. Tapi, mana saya punya waktu untuk itu?

Oh ya, ada yang kelupaan untuk saya ceritakan. Ini soal pengalaman saya pakai CMS. Pertama kali saya pakai CMS, saya nggak tahu kalau di C-Panel yang saya punya itu adalah fasilitas Fantastico-nya alias One-Click Installer. Karena nggak tahu, saya selalu pasang CMS dengan cara meng-uploadnya sendiri terlebih dahulu ke folder www akun saya. Kadang lewat ftp, kadang lewat browser. Setelah upload selesai, saya pun melakukan instalasi. Baru setelah belakangan saya tahu fasilitas tahu, saya pun menginstal CMS hanya dengan satu kali klik dan selesailah semuanya. Tinggal customize saja.

Wah, sungguh semua ini pengalamanku yang cukup berharga di dunia teknologi komputer dan informasi. Semoga, kedepan ilmu komputer dan informasiku makin nambah.

Komentar»

1. Pandjoel - 27 November, 2007

Dulu masnya pas pake 110mb.com dah punya domain ato nebeng?alamatnya jd apaan tuh?kasih tau dunk mas caranya buat wordpres kaya punya mas, di freehostia ya? Aku pernah coba tp bingung harus gmn!aq juga punya adsense,jd pengen gitu! Kalo difreehostia harus pake ftp ftpan ya mas?aq ga donk ttg ftp2an

2. Dadot - 20 Maret, 2010

aku barusan sukses bikin http://www.yesc.tk di freehostia


Tinggalkan Balasan

