jump to navigation

Berapa Banyak Harus Minum Air Putih? 1 Agustus, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Untuk menjaga kesehatan, manusia normal harus mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Dan untuk perokok harus lebih dari itu. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh, misalnya air seni, keringat, pernapasan dan sekresi.

Tubuh akan menurun kondisinya bila kekurangan air. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4 persen cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 persen. Dan bila kita kehilangan 7 persen, tubuh kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

Semakin banyak aktivitas kita, semakin banyak pula air yang terkuras dari tubuh kita. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar kita jangan hanya minum bila terasa haus. Biasakanlah untuk banyak minum, tak peduli sedang haus atau tidak.

Jika Anda berada di ruang ber-AC, Anda harus minum lebih banyak karena udara yang dingin akibat AC akan membuat tubuh Anda lebih cepat mengalami dehidrasi.

Berikut ini beberapa manfaat minum air putih dalam jumlah yang cukup:

  1. Tubuh lebih bugar
  2. Kulit tidak cepat kering, sehingga akan terlihat lebih sehat, segar, dan bercahaya.
  3. Memperlancar sistem pencernaan – Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.
  4. Menyehatkan jantung, dan sebagai obat stroke.
  5. Memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati.
  6. Untuk kesuburan – yakni meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.Menurut penelitian, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat.
  7. Menguruskan badan – Minum air hangat sebelum makan (sampai merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Jadi kalau mau kurus, minum air putih saja.
  8. Efek relaksasi – Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal, rendamlah kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam.

Air, Darah, Ginjal, dan Otak

Perlu diketahui, 80 persen tubuh kita terdiri dari air. Bahkan ada dua bagian tubuh kita yang memiliki komponen air di atas 80 persen: otak dan darah. Otak memiliki komponen air sebanyak 90 persen, sementara darah memiliki komponen air 95 persen.

Jika air yang kita konsumsi kurang, tubuh akan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri. Dimulai dari komponen yang paling dekat, darah. Lantaran air dalam darah disedot untuk keperluan tubuh, maka darah akan menjadi kental sehingga perjalanannya ke seluruh tubuh menjadi kurang lancar.

Sebagai akibatnya, ginjal – yang berfungsi menyaring racun dari darah – akan sangat menderita, karena harus menyaring darah yang kental. Tak jarang bahkan akan terjadi perobekan pada glomerulus ginjal.

Jika ini terjadi, tandanya air seni Anda akan berwarna kemerahan, yang berarti saringan ginjal Anda mulai bocor. Jika anda tetap ‘cuek’ dan tidak melakukan sesuatu untuk menghentikan kebocoran ini, siapkanlah uang minimal 400 ribu seminggu. Untuk apa? Untuk cuci darah.

Disamping itu, jika darah yang kental ini mengalir lewat otak, perjalanannya pun juga tidak akan lancar seperti halnya ketika melewati ginjal. Akibatnya, sel-sel otak akan cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila Anda juga mengidap penyakit jantung, maka Anda bisa terserang stroke sewaktu-waktu.

Tanda Kekurangan Air

Bagaimana mengetahui kalau konsumsi air kita kurang? Cara yang paling sederhana adalah dengan melihat warna air seni kita.

  1. Warna air seni kuning pekat, biasanya berbau tidak sedap, pertanda dehidrasi berat. Solusi : jangan tunggu lebih lama, jika perlu buat program khusus untuk kecukupan konsumsi air Anda setiap hari.
  2. Warna air seni kekuning-kuningan, pertanda dehidrasi ringan. Solusinya perbanyak minum air.
  3. Warna air seni putih bening, pertanda konsumsi air minum kita dalam batas normal. Solusinya : tetap minum air.

Terapi Air Putih

Saat ini banyak dikenal berbagai jenis terapi kesehatan. Namun ada satu jenis terapi yang mudah sekali melakukannya, yakni terapi minum air putih. Terapi ini sehat sekali dan dapat mendorong penyembuhan berbagai penyakit, seperti kencing manis, asma, bronchitis, mencret, tbc, rematik, batu ginjal, kurang darah, darah tinggi, ambeien, sembelit, batuk, radang tenggorokan, dan sebagainya. Terapi ini sejak dulu telah dilakukan oleh nenek moyang. Mereka menyebutnya “usha paana chikitsa”.

Caranya, pagi hari ketika bangun tidur minumlah 1,5 liter air putih, atau kira-kira 5 sampai 6 gelas. Lebih baik lagi kalau ditakar terlebih dahulu sebanyak 1.5 liter. Setelah itu Anda boleh cuci muka. Dan ingat, jangan minum atau makan apapun satu jam sebelum dan sesudah minum 1.5 liter air ini. Dan juga, jangan minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya.

Untuk permulaan, mungkin akan terasa sulit meminum 1.5 liter air sekaligus, tapi lambat laun akan terbiasa. Untuk latihan, Anda boleh minum 4 gelas terlebih dulu dan sisanya diminum dua menit kemudian. Awalnya Anda akan buang air kecil 2 sampai 3 kali dalam satu jam, tapi setelah beberapa lama, Anda akan normal kembali.

Menurut penelitian dan pengalaman, penyakit-penyakit berikut ini dapat disembuhkan dengan terapi ini, dalam rentang waktu sebagai berikut.

TBC paru-paru    -    3 bulan
Sembelit     -    1 hari
Kencing manis     -    7 hari
Tekanan  darah  tinggi  -    4 minggu
Kanker    -    4 minggu
Asam Urat    -    2 hari

Untuk penderita radang / sakit persendian dan rematik, disarankan melaksanakan terapi ini tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam satu jam sebelum makan selama satu minggu, setelah itu dua kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

About these ads

Komentar»

1. indra - 1 Agustus, 2009

tambahan dikit bRo..

apabila cairan tubuh berkurang 1% saja, maka kita sudah merasa haus..

visit my blog
http://bayuindragunawan.wordpress.com

2. deqz - 6 Agustus, 2009

Mengenai minum air putih saya sudah mendapatkan info kurang lebih 1 bulan yang lalu. Setiap pagi saya selalu minum air putih 1,5 liter (dengan takaran @500ml sebanyak 3 kali dengan jeda waktu 5 menit) 2 jam kemudian baru makan, setelah 1 jam makan baru minum kembali 500 ml. Sebelum berangkat bekerja saya minum lagi 500ml air. 1 jam setelah makan siang (makan siang sekitar jam 2) sy minum lagi 500ml. setelah selesai makan malam jam (19.30) sy minum lagi 1 jam setelah makan 500ml sebanyak 2 kali ( jeda waktu 10 menit). Jadi air putih yg saya minum tiap hari kurang lebih 4 liter sehari.
Beberapa manfaat yg dapat saya rasakan; berat badan berkurang hampir 3kg dlm 1 bulan ini, tidak cepat mengantuk, tidak cepat merasa lapar. Karena pola makan pun sy terapkan dengan waktu yg sama juga; mengunyah makanan dengan lembut sampai hancur (rata2 30 – 70 kali) membuat nafsu makan jd berkurang. Karena yg butuh makan adalah otak, bukan perut :D

3. fina - 12 Oktober, 2009

banyak minum bagus untuk kesehatan .
tapi……….kok jadi pipis terus ya.?
ini agak menganggu aktifitasku, masak dari jam setengah empat pagi sampai jam setengah tujuh bisa pipis 5kali.?
kan capek, harus bolak-balik kamar mandi, ada solusi?

4. stainless tanks - 29 Oktober, 2009

@fina
Bagus lagi..
dengan kita membuang air seni kotoran atau penyakit yang ada ditubuh kita kan ikut kebuang juga..

5. dewi - 4 April, 2010

mgosok gigi sblm minum air putih pagi hari apakah bpengaruh?sy minum 500ml sblm dan sesudah sarapan.apa cukup? terimakasih

6. BSGsports - 29 September, 2010

Kalo saya mengusahakan minum 8 gelas sehari, tapi mmg gmn bs konsisten itu problemnya. Btw klo ada yg mau cari celana training monggo mampir ke online store kami, trims :)

7. I"ONE - 17 Februari, 2011

ada tips lain ngak??

Sebelum makan harus berapa gelas air putih di minum??

Sebelum mandi??

Sebelum tidur??

8. I"ONE - 17 Februari, 2011

kalo org yang kurus bisa minum air ngak??

dari tadi saya baca hanya bisa menurunkan berat badan.

9. Arum - 21 Februari, 2011

Waahh.. thanks infonya..

10. muhsin - 21 Februari, 2011

apakah air dingin juga mempunyai manfaat yg sama dgn air hangat??

11. siz - 7 April, 2013

makasih agan-agan infonya, sukses terus..

12. Wicuz - 15 April, 2014

Ayok jaga kesehatan dengan cara minum air putih ….

13. Zeee - 15 April, 2014

Maksih infox ….mulai ckrng aku akan rajin minum air putih…:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: