jump to navigation

All About Zaitun: Penuh Berkah, Penuh Manfaat 31 Juli, 2009

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , ,
trackback

Zaitun (olive) mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun. Tempat tumbuhnya meliputi daerah-daerah iklim panas sampai iklim sedang. Yang paling banyak tumbuh di kawasan Laut Mediterania (Laut Tengah). Tumbuhan ini masih berkerabat dengan melati (Jasminum  sambac). Zaitun dikelompokkan ke dalam suku Oleaceae.

Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Kualitas minyak zaitun tergantung dari kualitas buah zaitun.Perasan dari buah yang masak adalah yang paling baik.

Keberkahan Zaitun

Zaitun adalah pohon yang diberkahi. Keberkahan zaitun dinyatakan secara eksplisit dalam Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW. Disamping itu, penyebutannya dalam Al-Qur’an beberapa kali pun sudah menjadi bukti bahwa zaitun adalah pohon yang istimewa, dan bukan pohon sembarangan.

“Demi (pohon) tiin dan (pohon) zaitun” (QS At-Tiin: 1)

”Yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak disebelah timur dan tidak pula disebelah baratnya, yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api” (QS An-Nuur:35)

“Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman”. (Al-An’am:99).

“Dia (Allah) menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan”. (An-Nahl: 11).

Demikian juga Rasulullah SAW menegaskan keistimewaan zaitun. Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan dengan isnad yang jayyid, dari hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dalam hadis yang lain dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW, telah bersabda: “Makanlah kalian dengan zaitun dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya zaitun dari pohon yang diberkahi” (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Majah).

Ibnul Qayyim, salah seorang ulama ternama zaman dahulu, menulis dalam bukunya Zaadul Ma’ad: “Minyak zaitun bermanfaat untuk membebaskan racun dan mengeluarkan cacing. [Disamping itu], semua jenis minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menghambat tumbuhnya uban. Air zaitun yang asin baik untuk bekas luka karena kebakaran dan menguatkan gusi.  Sedangkan daun zaitun digunakan untuk mengobati luka, gatal-gatal dan mencegah keringat.”

Khasiat Zaitun

# Oleskan pada rambut

Jika dioleskan ke mahkota kepala, minyak zaitun akan membantu menyuburkan rambut sehingga membuatnya hitam dan lebat. Biasanya kaum wanita Arab meminyaki rambut mereka dengan minyak zaitun sebelum tidur kemudian berkeramas keesokan harinya menjadikannya lebat, tidak mudah rontok dan panjang. Hal ini pulalah yang, konon, dipraktikkan oleh Cleopatra di masa lalu. Caranya bisa dicampurkan dengan penggunaan sampo yang biasa dipakai sehari-hari kemudian bilas hingga bersih.

Minyak zaitun juga berkhasiat untuk membunuh ketombe.  Beberapa studi yang dilakukan di beberapa universitas dan akademi di Amerika, tentang ketombe, menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai minyak pada rambut yang mengandung ketombe, dalam beberapa jam saja bisa membunuh ketombe tersebut.

# Oleskan pada wajah

Minyak zaitun juga memberi manfaat tersendiri jika digunakan pada wajah, khususnya untuk wajah kering dan mulai berkeriput. Hal tersebut tak lain karena buah zaitun yang mengandung minyak sebesar 15 persen sehingga mampu melembabkan kulit dengan baik. Di sisi lain, kelembaban tersebut akan menjaga elastisitas kulit dan memperlancar proses regenarasi kulit, sehingga meminimalkan munculnya keriput dini. Ada yang melakukannya dicampur dengan bahan lain, seperti buah alpukat dan ada pula yang langsung mengoleskan minyak zaitun murni ke wajah.

Oleskan secara merata di permukaan wajah hingga leher setiap malam dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. Sembari mengoleskan ke wajah, berilah sedikit pijatan karena minyak tersebut juga dapat membantu mengendurkan ketegangan otot di wajah setelah lelah beraktivitas. Apabila dilakukan secara teratur, kulit wajah pun akan terlihat lebih segar.

Cara penggunaannya dapat pula dicampur dengan bahan lain, seperti buah alpukat. Caranya: campur alpukat dengan tiga sendok makan minyak zaitun kemudian diblender. Usapkan campuran tersebut ke seluruh wajah, biarkan sepuluh menit dan bilas. Hasilnya, kulit yang semula kering akan terasa lembab dalam waktu yang relatif lama. Cara lainnya: pemijatan pada bagian yang kendur dengan campuran minyak zaitun dan jus jeruk segar sebelum tidur dapat mengurangi tingkat kekeriputan.

# Gunakan untuk kulit

Minyak zaitun adalah pelembab yang sangat baik. Anda bisa menggunakannya ketika mandi (luluran sebelum mandi). Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih halus, segar, dan bercahaya. Caranya: bath tube (bak mandi / ember) diisi dengan air biasa sampai penuh, kemudian dicampur dengan minyak zaitun sebanyak 5-10 sendok makan, hasilnya kulit terasa lebih lembut, tidak kering, bercahaya serta membuat badan sehat dan segar. Ada lagi cara yang lebih praktis: pakai sabun zaitun.
Anda juga bisa menggunakannya setiap kali sehabis mandi ke seluruh kulit tubuh, sebagai pelembab untuk kulit Anda.

Disamping itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengatasi problem kulit yang kering dan pecah-pecah. Caranya: oleskan minyak zaitun di bagian kulit yang kasar seperti tumit dan siku.

# Gunakan untuk pijat

Minyak zaitun yang dipijatkan pada seluruh tubuh dapat menghilangkan rasa letih atau lelah, sakit atau pegal-pegal pada otot-otot tubuh. Pemijatan dengan minyak zaitun pada otot yang tegang akibat aktivitas keseharian yang terlalu berat dapat mengendurkan otot-otot tersebut.

# Oleskan pada luka

Minyak zaitun juga kerap dioleskan untuk mempercepat penyembuhan kulit yang luka atau iritasi. Daun zaitun sudah lama dimanfaatkan masyarakat kuno Yunani sebagai pembasuh luka, karena mengandung zat anti mikroba dan sangat efektif memerangi sejumlah jamur, virus, dan bakteri.

# Makan atau minumlah zaitun untuk diet

Makan 1/2 cup buah zaitun setiap hari dapat mencegah kegemukan. Khasiat ini berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang mempercepat pembakaran lemak dan mencegah gula diubah menjadi lemak.

Demikian pula minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk diet. Minumlah minyak zaitun murni satu jam sebelum atau sesudah makan. Selama selang waktu satu jam tersebut, jangan makan atau minum apapun termasuk gosok gigi, dan hanya air putih yang tidak dilarang (bagi yang haus).

Untuk menurunkan berat dibawah 10 kg, minumlah minyak zaitun yang murni sebanyak satu sendok makan satu kali sehari.
Untuk menurunkan berat dibawah 10-20 kg, minumlah minyak zaitun yang murni dua sendok makan, dengan aturan satu kali sehari.
Untuk menurunkan berat lebih dari 20 kg, minumlah minyak zaitun yang murni tiga sendok makan, dengan aturan satu kali sehari.

# Makan atau minumlah zaitun untuk kesehatan

Buah zaitun yang muda dapat dimakan, rasanya enak. Buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan. Buah yang diawetkan digunakan sebagai penyegar dan sering digunakan sebagai campuran hidangan seperti salad, pizza, mezze dari Yunani atau untuk campuran tapas dari Spanyol.

Anda bisa mencampurkan buah atau minyak zaitun pada makanan atau masakan Anda. Minyak zaitun juga merupakan pengganti mentega atau margarin yang baik. Cara terbaik menggunakan minyak zaitun adalah dengan mencelup bumbu-bumbu kesukaan Anda di dalamnya selama beberapa hari.

Meminum 1 x 2 sendok minyak zaitun setiap pagi akan membantu melancarkan pernafasan, mencegah penyakit maag, sekaligus membantu proses pencernaan makanan.

Kandungan vitamin E dan pengaruh antioksidan didalam minyak zaitun akan menghambat proses penuaan sel-sel di dalam tubuh.

Secara ringkas, manfaat mengkonsumsi zaitun antara lain: mengurangi kolesterol berbahaya, mencegah penyumbatan atau penebalan pembuluh darah, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi, dan menjaga sistem pencernaan (mencegah maag dan memudahkan buang air besar).

Macamnya

Yang ini wajib Anda baca, karena Anda tidak boleh salah pilih ketika membeli minyak zaitun. Jangan salah, tidak semua minyak jenis minyak zaitun cocok untuk obat / kesehatan, karena ada minyak zaitun untuk bahan produk kecantikan, dan ada juga minyak zaitun untuk minyak goreng.

Minyak zaitun dibedakan berdasarkan tingkat keasamannya. Makin rendah tingkat keasamannya berarti kualitasnya makin tinggi. Makin rendah tingkat keasamannya, warnanya akan semakin hijau. Dan semakin tinggi tingkat keasamannya, warnanya akan semakin kuning.

Situs murnialami.com menyebutkan lima jenis minyak zaitun: Extra Virgin, Virgin, Pure,  Extracted and Refined, dan Pomace.

Minyak zaitun Extra Virgin dihasilkan dari zaitun kualitas nomor 1. Dihasilkan hanya dengan perasan pertama, dan tidak lebih. Tingkat keasamannya tidak melebihi dari 1% saja. Rasa dan aroma buahnya kuat. Warnanya kehijau-hijauan. Jenis minyak zaitun ini sangat dianjurkan untuk kesehatan. Artinya bisa dikonsumsi langsung.

Yang kedua, minyak zaitun Virgin. Diproses secara mekanik dengan metode perasan tidak menggunakan panas. Minyak zaitun Virgin diambil dari buah zaitun yang lebih matang, sehingga tingkat keasamannya agak tinggi dibandingkan Extra Virgin, yakni berkisar 1 sampai 5%. Warnanya hijau kekuningan. Masih bisa dikonsumsi secara langsung.

Yang ketiga, Pure. Minyak zaitun yang didapatkan dari campuran dari minyak zaitun hasil sulingan dan minyak zaitun Virgin. Yang perlu diperhatikan adalah teknik penyulingan disini sudah tentu menggunakan panas, dan sedikit campuran bahan kimia. Adapun penambahan minyak zaitun Virgin digunakan sebagai penguat rasa biasanya. Tingkat keasaman minyak zaitun Pure berkisar 3 sampai 4%.  Minyak zaitun ini biasanya dipakai untuk memasak.

Yang keempat, minyak zaitun Extracted and Refined. Minyak zaitun ini dibuat dari sisa perasan pertama, dengan menggunakan pelarut kimia. Minyak zaitun Virgin juga ditambahkan sebagai penguat rasa. Tingkat keasamannya lebih tinggi dari 3,3%.

Yang kelima, Pomace. Yaitu minyak zaitun yang dibuat dengan ekstraksi kimia dari residu yang tersisa setelah perasan dan pemrosesan kedua. Tingkat keasamannya 5-10%, minyak zaitun Virgin juga ditambahkan sebagai penguat rasa dan aroma minyak zaitun. Minyak zaitun Pomace, biasanya dipakai sebagai bahan baku produk kecantikan, sabun, shampo atau lainnya.

Istilah-istilah tersebut diatas biasanya dicantumkan dalam produk minyak zaitun yang dijual di pasaran, sebaiknya Anda memperhatikan dengan istilah yang mana Anda akan memanfaatkan minyak zaitun. Disarankan jika untuk kesehatan sebaiknya memilih jenis minyak zaitun Extra Virgin.

Cara Menyimpan

Khasiat dan bentuk minyak zaitun mudah sekali rusak ketika minyak tersebut terkena sinar langsung, udara, dan panas. Oleh karena itu, ketika membeli minyak zaitun di supermarket, ambillah botol yang terletak paling belakang. Botol paling belakang cenderung lebih terlindung dari sinar lampu toko. Untuk penyimpanan di rumah, simpanlah botol minyak zaitun di lemari yang gelap, sejuk, dan tidak sering dibuka-tutup. Atau, jika Anda jarang menggunakannya, bisa juga disimpan di dalam lemari pendingin. Jangan dekat kompor. Jika Anda membeli  minyak zaitun dalam botol kaca, bungkuslah dengan aluminium foil untuk mencegah minyak zaitun terkena cahaya atau panas langsung.

About these ads

Komentar»

1. Yakub - 10 Agustus, 2009

Mohon informasi tentang dimana yang menjual bibit pohon zaitun? Tentunya kalau ada di daerah sekitar Jabodetabek. Terimakasih.

Glen - 15 Agustus, 2009

Maaf kalau tidak berkenan meneriman post ini.
Saya mau menawarkan pohon zaitun tinggi 1 meter.
Gambar bisa dilihat di http://glenruben.tokobagus.com/
Jika tertarik Hubungi saya di 085694804175

Salam,
Glen

helley - 27 Agustus, 2009

Pak Yakub ,
Saya ada koleksi 2 pohon zaitun tinggi 1 meter. Jika bapak berminat saya akan melepas 1 dari pohon tersebut @1,5jt.
Jika bpk berminat bisa hubungi saya di 0816999638 or 08161882594, Alamat saya di Jl. Mampang Prapatan 4 -Jaksel

Rgrds
Heley

2. grosir herbal - 28 Desember, 2009

wah trims, bisa nambah ilmu nih tentang manfaat zaitun

3. dewi - 4 April, 2010

kalo yg utk diminum bs dperoleh dmn?harganya brp?

Dadi - 28 Agustus, 2010

Assalamu’alaikum warohmatulloh.
Mba Dewi, sudah dapat minyak zaitunnya ?
Kalo belum, kebetulan saya menjual produk herbal, salah satunya minyak zaitun extra virgin.
diimport dari spanyol dg merk al amir isi 250 ml, harga 50rb. ada merk selva (dari spanyol juga) isi 100 ml harga 25rb.
Jika berminat, bisa hubungi: 081323740974 (Dadi)
Terima kasih

4. Andra Meida » Blog Archive » ZAITUN - 3 Januari, 2012

[...] Khasiat Zaitun [...]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: