jump to navigation

Roman, Novel, dan Cerpen 28 Juli, 2009

Posted by abdurrosyid in Hobiku Menulis.
Tags: , , , ,
trackback

Pernahkah anda membaca roman? Kisah-kisah legendaris Siti Nurbaya, Sengsara Membawa Nikmat, Layar Terkembang, Salah Asuhan, Katak Ingin Menjadi Lembu, Anak Perawan Di Sarang Penyamun, Jeumpa Aceh, Atheis, Hulubalang Raja, Di Bawah lindungan Ka’bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan masih banyak lagi yang lain.

Saat ini roman sudah hampir punah dari dunia sastra Indonesia, padahal Roman adalah salah satu bentuk sastra yang terbaik sepanjang sejarah Indonesia. Dalam roman para penulisnya meniupkan ruh perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda, walaupun dengan bentuk yang samar-samar.

Yang menjadi pertanyaan apakah yang menjadi perbedaan antara roman dengan novel dan cerpen. Cerpen secara garis besar adalah sebuah cerita yang menceritakan sebuah peristiwa dalam hidup seseorang. Novel secara garis besar adalah sebuah cerita yang menceritakan sebagian kecil kisah kisah hidup seseorang. Sedangkan yang terakhir, roman, adalah sebuah cerita yang menceritakan tentang sebagian besar kisah hidup seseorang dan bentuk yang terbaik adalah yang menceritakan kisah hidup seseorang dari ia kecil sampai meninggal.

Berdasarkan kategori ini sebenarnya banyak juga novel yang dapat masuk dalam klasifikasi roman, akan tetapi orang kebanyakan seolah-olah terpaku bahwa roman adalah kisah yang ditulis oleh Anggatan Pujangga Baru dan angkatan-angkatan sebelumnya.

Tabel berikut ini menjelaskan perbedaan antara roman, novel, dan cerpen.

No Unsur Roman Novel Cerpen
1 Alur Kompleks Kompleks Sederhana
2 Konflik Mengubah nasib tokoh secara tragis Mengubah nasib tokoh Tidak mengubah nasib tokoh
3 Panjang cerita Menceritakan kehidupan tokoh secara mendetail sejak lahir sampai dewasa atau meninggal dunia Menceritakan sebagian besar kehidupan tokoh Menceritakan kehidupan tokoh yang dianggap penting
4 Penokohan Karakter tokoh disampaikan secara lebih mendetail Karakter tokoh disampaikan secara mendetail. Karakter tokoh tidak mendetail.

-

Antara Novel dan Cerpen

Istilah tentang novel antara negara satu dengan negara lain beragam. Dalam bahasa Jerman disebut Novelle. Sedangkan dalam bahasa perancis disebut Nouvelle. Kedua istilah tersebut dipakai dalam pengertian yang sama yaitu prosa yang agak panjang dan sederhana karena hanya menceritakan maksud kejadian yang memunculkan suatu konflik yang mengakibatkan adanya perubahan nasib pelakunya.

Beberapa pendapat mengenai novel dikemukakan oleh para ahli sastra. Namun sampai saat ini belum ada patokan yang dapat diterima oleh semua pihak.

Novel dalam arti umum berarti cerita berbentuk prosa dalam ukuran yang luas yaitu cerita dengan plot dan tema yang kompleks, karakter yang banyak dan setting cerita yang beragam. Novel merenungkan dan melukiskan realitas yang dilihat, dirasakan dalam bentuk tertentu dengan pengaruh tertentu atau ikatan yang dihubungkan dengan tercapainya gerak-gerik hasrat manusia.

Novel memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Menceritakan sebagian kehidupan yang luar biasa
  2. Terjadinya konflik hingga menimbulkan perubahan nasib
  3. Terdapat beberapa alur atau jalan cerita
  4. Terdapat beberapa insiden yang mempengaruhi jalan cerita
  5. Perwatakan atau penokohan dilukiskan secara mendalam

Novel ialah suatu cerita dengan alur panjang mengisi satu buku atau lebih, yang mengarang kehidupan manusia, yang bersifat imajinatif, menceritakan kehidupan manusia hingga terjadinya konflik yang dapat menyebabkan perubahan nasib bagi para pelakunya.

Manfaat dari membaca novel adalah memberi kesadaran kepada pembaca tentang kebenaran-kebenaran hidup ini. Selain itu dapat memberikan kegembiraan dan kepuasan batin, memberikan penghayatan yang mendalam terhadap apa yang kita ketahui, serta dapat menolong pembacanya menjadi manusia yang berbudaya. Hasil cipta sastra akan selalu berbicara masalah manusia dengan segala permasalahan hidupnya, baik hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungannya maupun manusia dengan penciptanya.

Hasil karya sastra novel mengandung keindahan yang dapat menimbulkan rasa senang, nikmat, terharu, menarik perhatian, menyegarkan perasaan pembaca, pengalaman jiwa yang terdapat dalam karya sastra memperkaya kehidupan batin manusia khususnya pembaca.

Adapun cerpen mengalami perkembangan yang sangat pesat ketika masa penjajahan Jepang. Pada masa itu segala sesuatu dituntut serba singkat dan cepat. Karena pengaruh suasana, maka dalam mengutarakan perasaannya pengarang juga mengikuti keadaan. Pengarang mengutarakan segala sesuatu secara singkat dan memilih medianya yaitu bentuk cerpen.

Cerpen singkatan dari cerita pendek. Oleh karena itu bentuknya yang pendek, maka yang ditampilkan oleh cerpen hanyalah sebagian saja dari kehidupan yang dialami oleh tokoh cerita.

Sebuah cerpen pada dasarnya menuntut adanya perwatakan yang jelas. Tokoh merupakan pusat sorotan dalam cerita. Unsur penokohan dalam cerpen terasa lebih dominan, daripada unsur yang lain. Dengan membaca cerpen seorang pembaca akan memahami karakter tokoh cerita yang dimiliki. Jadi, membaca cerpen tidak sekedar mengetahui jalan cerita tetapi mengetahui manusia dengan sifat-sifatnya.

Suatu hasil sastra dapat dikategorikan ke dalam cerita pendek harus dilihat dari ruang lingkup permasalahan yang ditampilkan dalam karya sastra tersebut. Biasanya cerpen hanya akan menampilkan satu pokok permasalahan saja dalam cerita. Karena permasalahan yang ditampilkan hanya satu atau permasalahannya tunggal, maka tidak memungkinkan tumbuhnya digresi dalam cerita pendek. Cerpen yaitu kisahan yang memberi kesan tunggal yang dominan tentang suatu tokoh dalam latar dan satu situasi dramatik.

Predikat pendek pada kata cerita pendek bukan ditentukan oleh banyaknya halaman untuk mewujudkan cerita itu atau sedikitnya tokoh yang terdapat dalam cerita itu, melainkan lebih disebabkan oleh ruang lingkup permasalahan yang ingin disampaikan oleh bentuk karya sastra tersebut. Jadi, sebuah cerita pendek belum tentu dapat digolongkan ke dalam jenis cerita pendek apabila tidak memenuhi ruang lingkup permasalahan yang dituntut oleh cerita pendek.

Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa cerpen hanya menceritakan permasalahan tunggal. Mengenai jumlah halaman tidak akan berpengaruh banyak terhadap jenis karya sastra ini. Cerita yang pendek belum tentu cerita pendek dan cerita agak panjang pun kadang-kadang dapat dikategorikan sebagai cerpen jika permasalahannya tunggal. Oleh karena permasalahannya tunggal, maka cerpen cenderung pendek.

Adapun perbedaan antara novel dan cerpen adalah sebagai berikut:

  1. Dalam novel terjadi konflik batin, sedangkan dalam cerpen tidak harus terjadi.
  2. Dalam novel, perwatakan digambarkan secara detail, sedangkan dalam cerpen, perwatakan digambarkan secara singkat
  3. Novel memiliki alur lebih rumit, sedangkan dalam cerpen, akhir ceritanya sederhana.
  4. Dalam novel, latar lebih luas dan waktunya lebih lama, sedangkan dalam cerpen, latar hanya sebentar dan terbatas.
  5. Novel lebih panjang karangannya daripada cerpen, sedangkan cerpen lebih pendek karangannya.
  6. Unsur-unsur cerita dalam novel lebih kompleks dan beragam dibandingkan cerpen, sedangkan unsur cerita dalam cerpen relatif sederhana dan pasti tunggal
  7. Novel biasanya ditulis dalam minimal 100 halaman kuarto, sedangkan cerpen biasanya ditulis maksimal 30 halaman kuarto.
  8. Jumlah kata dalam novel minimal 35.000 kata, sedangkan jumlah kata dalam cerpen maksimal 10.000 kata.
  9. Lama untuk membaca novel kira-kira 30-90 menit, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk membaca cerpen hanya 10 menit (bacaan sekali duduk).
About these ads

Komentar»

1. edita - 1 Oktober, 2009

thanks ya atas informasi tentang perbedaan novel, roman, dan cerpen.

2. -LiN^_ - 11 Oktober, 2009

makasih atas informasi nya ya bisa bikin pr dhe haha makasih =D

3. azmi - 25 Oktober, 2009

thanks yaa atas informasinya.

4. Tetu - 27 Oktober, 2009

Trmksh ats info’y ea

5. day_ana - 29 Oktober, 2009

makasih ya

6. Puri Areta - 1 November, 2009

Terimakasih Mas Abdur. Informasinya lengkap. Aku jadi banyak tahu tentang dunia tulis menulis. Aku saat ini sudah menulis beberapa cerpen di blog aku gemar-baca-book.blogspot.com. Kalau ada yang ingin baca silahkan berkunjung.

7. reza - 24 Desember, 2009

mas tolong kasih nilai historisnya dan unsur intrinsik novel tenggelamnya kapal van der vijk,blz…

8. luv_him :D - 23 Februari, 2010

wew,ternyata banyak juga perbedaannya .

9. Birgitta Maria - 4 Maret, 2010

Makasih banget atas contekan dari tulisannya (hehehehe . . .), cz bisa ngerjain tugas !!! Cepet beres !!! Sip !!! Mantabpbpbpbp…..

10. ketoles - 6 Maret, 2010

bagus,ini yang aku cari

11. NOii - 7 Maret, 2010

maksiih bgt, ini membantu aku lebih bnyak dalam menghasilkan cerpen. tapi, bisa minta bantuan gkk gimana caranya mengahsilkan cepen lagi setelah sekian lama tidak menulis??

ttttheengsss

12. nais - 10 Maret, 2010

ok, makacih atas bantuannya…. maz abdur

13. wahyudi - 10 April, 2010

thanks banget atas infonya..novel,roman, dan cerpen….

wahyudi smada - 8 Juni, 2010

hhehe…
nmax sama…

14. auLia - 30 April, 2010

ok! Gitu prbdaan crpen n novel.. Tengkios..

15. risman maulana - 19 Mei, 2010

tanksa atas informasinya smoga lebih bermanfaat,,,

16. hadiwae - 30 Mei, 2010

mo tanya kalo di wilayah internasional alias di peradaban eropa sana. ada klasifikasi untuk roman juga ga?? disebutnya apa?

matur nuwun penjelasannya.. singkat padat dan jelas.. :)

17. wahyudi smada - 8 Juni, 2010

thankz..
berguna bgt bwd ul bsoq…

18. akbar08 - 9 Oktober, 2010

Berguna nih. Pencerahan biar gak buntu bagi yang ingin jadi penulis cerita

19. tks bnget yaaaaaa....!! ini sngt mmbntu aq dlm mngrjkn tgas2.....!! - 11 Oktober, 2010

perbedaan novel n cerpen

20. Nayya - 17 Oktober, 2010

thanks you membantu sekali :)

21. aidah - 27 Oktober, 2010

21.aidah-27oktober,2010
terima kasih,ini sangat membantu

22. Windhy Al Khalila - 13 Januari, 2011

Bismillah… Jazakallahu khaero atas tulisnnya. Ni kan tentang perbedaan novel, cerpen, dan roman lebih baiknya lagi klo kk menjelaskan lebih mendetail lagi tentang perbedaan tersebut.

23. maya - 16 Februari, 2011

Mas Rosyid, itu definisi cerpen dan novel sumbernya dari mana? kebetulan saya sedang membuat tulisan sebagai tugas tentang perbedaan novel dan cerpen. bisa tolong bantu saya?

24. trias - 20 Maret, 2011

terimakasih untuk info ttg beda cerpen,roman,dan novel…:)

25. justinochaosdark follow me - 22 Maret, 2011

thanks you

26. tya sintya - 16 April, 2011

gak dha ciri2 nya roman tu

27. Nova rina - 26 Mei, 2011

Makasih..
Ini sangat membantu mengerjakan tugas saya…:-)

28. LAN - 7 Juni, 2011

thanks for the information .

29. afni_qonitah - 18 September, 2011

Gomawo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

30. Ema Tewe - 16 Januari, 2012

makasih ya, membantu infonya ..

31. Koko - 1 Februari, 2012

Antara roman dan novel kok aku pernah dapat cerita seperti ini: tidak ada perbedaan konsepsi antara roman dan novel. Perbedaan di antara keduanya hanyalah perbedaan genetika istilah, yaitu roman dari Prancis, sedangkan novel dari Inggris… Lalu yang benar yang mana?

32. uzzt - 4 Februari, 2012

Maaf tidak bisa komen.Sepertiny smua kata-kata telah habis oleh teman-teman di depan.sukseslah

33. rizkysetyapramana - 4 Februari, 2012

Thanks atas konsepnya.
Saya mau tanya, dan pertanyaan ini dari dosen penguji skripsi saya. Apakah kata novel dan roman dapat saling digunakan?
Misal, “aspek moral pada novel Astiti Rahayu Karya Iskasiah Sumarto”. Apakah bisa diganti “aspek moral pada roman Astiti Rahayu Karya Iskasiah Sumarto”?
mohon jawabannya?????
trimakasih

34. Anna - 6 Februari, 2012

Baca sambil batuk-batuk, tapi ketemu kok :)
Tengkyuuuuuuuuuuuu ^^

35. Dyna Oktavioni - 6 Februari, 2012

Walaupun gak masuk sekolah, tapi aku juga tetep nemu ^^
Tengkyu Anna dan Dini yang uda kasi tau. Juga blog ini, keren ^___^

36. Andre Gilang - 6 Februari, 2012

hehehehehehehe

Dini Widya - 6 Februari, 2012

Akhirnya tugas sekolah gue selesai ^__________^
Thank’s

37. tahta alfina - 22 Februari, 2012

makasih yach atas informasi mengenai perbedaan cerpen, novel, & roman……….

38. eljihadi26 - 11 Mei, 2012

makasi mas infonya. oia, kalo novel itu biasanya minimal berapa kata yaa?? thanks..

39. faisal sofyan - 28 Mei, 2012

ciri-ciri penokohan dalam sebuah novel dan roman itu, mirip-mirip ya….? harusnya ada diskripsi yang lebih jelas….! bantuin kita dalam menemukan referensinya, alias judul2 buku yang relevan….thks.

40. Rizka Luthu - 28 Juni, 2012

thanks yah… aku pengen bikin blog yang membantu byk orang

41. red - 17 Juli, 2012

kalau novelnya cuma 2000 kata kira-kira bisa disebut novel gak

42. Margo Rudy - 19 November, 2012

THX info nya sangat membantu

43. Anggie Saranghaeyo K-pop - 9 Desember, 2012

sangat membantu :3

44. Agung Jiwa Permana - 4 Maret, 2013

thanks masbro.. membantu sangat ini

45. devil - 4 April, 2013

terima kasih saya mendapat bantuan dari ini

46. doni - 22 April, 2013

jangan lupa main ke http://www.frochadi.blogsspot.com ya

47. MATERI POKOK ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA | SANGGAR SASTRA DUTA - 27 September, 2013
48. Iin Jung - 8 Oktober, 2013

Penjelesannya pas bnget sm pr saya :D makasiih :D

49. ambar surniawati - 24 Oktober, 2013

saya kurang paham tentang, tidak mengubah nasib tokoh, maksudny apa

50. 57yuli - 2 Januari, 2014

Makasih, infonya berarti banget :)

51. Nafi Asaakir - 11 Januari, 2014

Sejujurnya ane masih belum paham perbedaan novel dan cerpen. Untuk pemilihan kata2 dalam keduanya, adakah perbedaan? Semisal dalam cerpen, haruskah menggunakan kata2 yang menggambarkan suatu latar/keadaan, contoh, “sejauh pandangan mataku, kulihat sebuah ruangan tak terlalu besar, berlatar dasar putih dengan pernak-pernik yang sangat menyayat mata. Terpampang jelas olehku sosok pria berbadan tegap, bla bla blaa….” Haruskah menggunakan kata2 tersebut? Atau tanpa kata2 itupun dapat dikelompokkan ke dalam cerpen/novel? Mohon pencerahannya…

Oh iya, kalau tulisan saya di blog saya, menurut anda sudah memenuhi syaratkah untuk sebuah cerpen? Mohon masukan dan kritikannya… Terimakasih…

http://www.asaakirnafi1453.blogspot.com >> masuk ke kategori cerpen ya

52. Ahmad Yaziz Maihari - 23 Januari, 2014

kalau pengertian roman itu apa ya ,,,?

53. Ismi Dian - 4 April, 2014

Ijin share :)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: