jump to navigation

Gerakan Tangan dalam Renang Gaya Bebas 2 Juni, 2008

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , , , , , ,
trackback

Dalam renang gaya bebas, dan juga dalam gaya-gaya yang lain, kayuhan tangan adalah sumber utama propulsi (gaya dorong ke depan). Ibarat perahu, tangan kita adalah dayungnya. Sewaktu tangan kita mengayuh ke belakang, tubuh kita pun akan terdorong bergerak ke depan. Kayuhan tangan sendiri adalah salah satu fase dari gerakan tangan ketika berenang.

Dalam gaya bebas, gerakan tangan terdiri secara umum terdiri dari fase-fase sebagai berikut: 1) mengayuh, 2) pemulihan (recovery), 3) masuk kembali kedalam air (enter), dan 4) ekstensi. Dari keempat fase ini, berfokuslah pada fase mengayuh dan ekstensi. Soal fase pemulihan dan masuk kembali kedalam air, Anda tidak perlu terlalu ambil pusing karena Anda akan melakukannya secara alami dan spontan.

Fase mengayuh harus dilakukan dalam lintasan yang sepanjang mungkin, untuk menghasilkan gaya dorong yang maksimal. Untuk itulah, kayuhan tangan harus dilakukan hingga tangan melewati paha. Kebanyakan perenang pemula hanya mengayuh sampai sebatas dadanya saja. Begitu tangan pengayuh sejajar dada, mereka langsung mengeluarkannya ke permukaan air (pemulihan). Ini tentu saja sebuah kesalahan. Mengayuhlah sampai melewati paha Anda, niscaya Anda akan melaju lebih cepat, dan dengan demikian Anda akan berenang lebih efisien.

Sewaktu mengayuh, lengan bawah Anda harus selalu membentuk sudut kurang lebih 90 derajat terhadap lengan atas Anda.

Jika Anda bisa, mengayuhlah dalam lintasan S. Caranya, pertama-tama gerakkanlah tangan pengayuh ke sisi luar, lalu bawalah kearah dalam hingga sejajar dada Anda, lalu selanjutnya gerakkanlah ke sisi luar paha Anda. Namun jika Anda kesulitan melakukannya, Anda bisa melakukannya dalam lintasan I (lurus).

Seusai mengayuh, tangan Anda akan melakukan pemulihan. Tidak ada ketentuan yang khusus dan ketat  soal harus seperti apa tangan kita dalam fase ini. Para perenang hebat melakukannya dengan cara yang bisa dibilang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan menekuk sikut Anda. Lakukanlah fase ini dengan sesantai mungkin, karena memang tujuannya adalah pemulihan (recovery).

Sesudah pemulihan, tangan harus dimasukkan kembali kedalam air. Dan begitu tangan Anda memasuki air, sorongkanlah ia sejauh-jauhnya ke arah depan sejajar dengan permukaan air, seolah-olah hendak meraih benda terapung yang ada jauh di depan Anda. Inilah fase ekstensi. Dalam fase ekstensi ini, jangan sampai tangan Anda turun (drop). Pertahankanlah untuk tetap menyorong lurus ke arah depan, sejajar dengan permukaan air.

Jika Anda bisa melakukan gerakan tangan sebagaimana diatas dengan benar, diiringi dengan gerakan kaki dan sikap tubuh yang benar, maka Anda akan merasa terapung di permukaan air, ringan sekali, dan pada saat yang sama tubuh Anda meluncur cepat ke arah depan. Selamat mencoba!

> Untuk mengetahui cara bernafas pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui teknik berenang gaya bebas yang lebih sempurna, klik disini. Dan untuk mengetahui cara berenang gaya bebas yang efisien, klik disini.

About these ads

Komentar»

1. uwi - 6 Agustus, 2008

minta contoh gambar2 gaya renang…..hehe
makasih….

2. iyus - 20 Agustus, 2008

ga ada kata terlambat untuk bisa, ga untuk kt ya anak. mas minta gambar cara renang boleh… untuk dewasa atau anak2, thank n succes.

3. fortnatte - 17 September, 2008

kurang lengkap ni buat tugas olahraga

4. win - 24 Oktober, 2008

wah… kurang gambar buat tugas nih…

5. Faizin - 30 Oktober, 2008

Terima kasih, Mas Abdurrasyid. Informasinya sangat bermanfaat buat kami yang sedang belajar. Maaf tulisannya sudah saya sebarkan kepada teman-teman yang sedang belajar berenang tentu dengan mencantumkan sumber dan web address yang jelas.

Kalau boleh tahu, bagaimana menghindari masuk air ke dalam kuping pada saat kita miringkan kepala. Terus setuju dengan rekan Uwi di atas, kalau bisa dilengkapi dengan gambar-gambar akan lebih mantap lagi. He he

6. aan - 15 November, 2008

om….
minta pengertian dari macam2 gaya renang dong…..

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Gaya renang itu banyak. Yang paling populer ada 4 yaitu gaya dada (gaya katak, breast stroke), gaya bebas (freestyle, front crawl), gaya kupu-kupu (fly, butterfly), dan gaya punggung (back stroke).
Disamping ada juga gaya-gaya yang lain seperti gaya miring dan gaya trudgen.
Bisa juga gaya kombinasi seperti gaya dada dengan tendangan kupu-kupu, dan sebagainya.
Oh ya, bahkan ada juga gaya anjing (doggy paddle), yaitu seperti gaya bebas, tapi kepala senantiasa berada diatas permukaan air. Kebayang kan?

7. Vee - 1 Desember, 2008

Bung.. Aku baru mulai Belajar Renang… gaya paling gampang gaya apa sih.. bung??

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Biasanya, gaya yang sering dianggap paling mudah diantara The Four Styles adalah gaya dada (gaya katak).

8. sarifah - 17 Desember, 2008

eh gaya yang paling oke bwt renang apa sich???
boleh tau dnk!

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Gaya yang paling oke? Kalo yang paling atraktif sih kayaknya gaya kupu-kupu. Kalo yang paling cepet sih katanya gaya bebas. Kalo yang paling mudah katanya gaya dada.

9. you-nie - 23 Desember, 2008

Gmn ci cara ambil nafas saat renang gaya bebas? Aku ga bisa naikin kepala pas mau ambil nafas… jadi aku renang di dalam air dengan tahan nafas kalo dah ga kuat ya aku naik ke permukaan… Makacih

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Caranya, miringkan badan, lalu tolehkan sedikit kepala ke samping. Jangan lupa lengan ekstensi (yang menjulur ke depan) tidak boleh turun, harus tetap rata dengan permukaan air.

10. dani - 24 Desember, 2008

Apakah fitnes juga mempengaruhi besar dan tenaga yang dikeluar kan saat tarikan??
waktu bebas saya ga nambah2.. cuma 29dtk 50m na
ada saran ga??

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Fitness? Saya rasa ya. Dan kalo bisa sih ada gerakan-gerakan fitness yang menyerupai tarikan, dilakukan dengan repetisi yang lumayan banyak (endurance) dengan disertai akselerasi. Jadinya, kita akan dapat speed endurance.
Semoga sukses.

11. Aria - 13 Januari, 2009

trims, sangat membantu buat tugas.

12. grez - 14 Januari, 2009

pada saat gaya bebas, hal yang sangat perlu diperhatikan itu, apa..?

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Pertama dan yang paling utama saya rasa ketepatan teknik dan efisiensi. Selanjutnya, banyak berlatih.

13. rudicosta - 29 Januari, 2009

udah lama jadi perenang yaa….. bisa dong nyeberang ke sungai sambas // tentu asik…

14. ardian - 1 April, 2009

Untuk cara mengambil nafas yang benar dalam gaya bebas gimana ya?

15. mszzz - 20 April, 2009

Mas, saya mau nanya, gimana mempercepat tangan kita agar dalam perlombaan bisa lebih cepat… Thanks.. Open my blog, please… http://mszzz.wordpress.com.

abdurrosyid - 14 Juni, 2009

Ya percepat aja. Dan kalau kayuhan tambah cepat, recovery-nya juga harus tambah cepat. Mesti seimbang.
Tapi tidak hanya mempercepat gerakan tangan, kita juga harus bisa melakukan gerakan dengan efisien.

16. lambert - 20 Mei, 2009

Lengkap sih tapi kurang gambar nie =)

17. FunnY - 23 Mei, 2009

Trrrriiimmmmssss bgt yaw…… Guru renang ya??

18. alimuddindaeng - 28 Mei, 2009

Mohon disajikan program latihan renang untuk anak asia 8 – 9 thn. Anak sy sdh bs 4 gaya, namun kurang memiliki power, sehingga untuk gaya bebas 50 meter msh 42 detik.. Terima kasih banyak.

19. chumb4 - 3 Juni, 2009

Bung, kalau teknik renang yang benar tu kayak gimana? Sekalian juga bagaimana cara menganalisis gerakan renang, yang seefisien mungkin, agar hambatan pada waktu berenang semakin kecil. Makaci. Untuk tugas.

20. Cara Bernafas dalam Renang Gaya Bebas « Abdur Rosyid’s Blog - 11 Juni, 2009

[...] Untuk mengetahui gerakan tangan pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui teknik berenang gaya bebas yang lebih sempurna, klik disini. Dan untuk mengetahui [...]

21. Beberapa Kesalahan dalam Renang Gaya Bebas « Abdur Rosyid’s Blog - 11 Juni, 2009

[...] pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui gerakan tangan pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui teknik berenang gaya bebas yang lebih sempurna, klik disini. Dan untuk mengetahui [...]

22. chozy - 13 Juni, 2009

Bung, gimana sih gaya renang yang paling mudah dan enak ambil nafasnya? Mkch.

23. AIGLUS - 23 Juni, 2009

Makasih tipsnya!!!

24. kuswandi - 4 Agustus, 2009

Kayuhan waktu ambil nafas dan waktu balapan, rasanya beda. Apa ada cara untuk membuat sama? Artinya waktu ambil nafas tangan yang didalam air harus menekan air lebih dalam. Waktu balapan tangan menekan ke arah perut, lalu ke paha, sejajar dengan tubuh.

25. pram - 17 Agustus, 2009

Saya pingin tau perbandingan kayuhan dengan menggunakan hand paddle dengan karet surgical pada renang gaya bebas, sekalian gambarnya yach. Makasih.

26. wawan - 22 Agustus, 2009

lebih bagus lagi kalo dalam bog ini dilengkapi video tutorial berbagai gaya renang.

27. beauty - 25 Agustus, 2009

Thnks dah btu tugas ku……….
Jd 9 perlu bingung lagi deh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
blh dong kl da 9mbr Y biar lebih apdooooooollllllll

makisah

28. susi - 28 Agustus, 2009

saya mau tahu contoh gerakan ekstensi selain berenang….
ada gk????????????

29. deK rendy - 11 Oktober, 2009

saYa mau tau…gmna gambaR2/video tekhnik pengambilan nafas pada renang gaya bebas…..

30. deK rendy - 11 Oktober, 2009

saya ingin melihat gambar tekhnik bernafas pada renang gaya bebas…

31. tian - 6 November, 2009

mas yang lengkp lg dong pleas,,,,,,,,,,,buat tugas neh,,,,,

32. opihana - 8 Desember, 2009

minta contoh gambar-gambar gaya bebas berenang

HARIE - 23 April, 2010

TIAP SORE DATANG AJA DIKOLAM RENANG, DI SITU MUNGKIN DIPAKAI BUAT KURSUS RENANG. GAYA APA SAJA BISA DILIHAT.

33. opihana - 8 Desember, 2009

beritahu saya gambar berenang??????

34. opihanaselamanya - 8 Desember, 2009

minta contoh gambar berenang yang bayak
yeeeeeeeeeeeeeeeeeee?????
keren htmlnyeeeeeahhhh,,,
gimana buat html nye niihccc????

35. HARIE - 23 April, 2010

MAU LIHAT GAMBARNYA MENDING KEKOLAM RENANG DI SORE HARI KEMUNGKINAN BESAR ADA YANG KURSUS RENANG. LA… DI SITU BISA LIHAT BERBAGAI GAYA DAN BISA NYURI ILMU WAKTU PELATIHNYA NGASIH PERINTAH-PERINTAH HARUSNYA BAGAIMANA. KALO TIDAK ADA YANG KURSUS TANYA SAJA KE ORANG YANG LAGI RENANG KOK BISA BERENANG. ITUNG-ITUNG DAPAT ILMU DAN TAMBAH TEMAN….

36. Bedjo ginting - 26 Juni, 2010

Gaya renang apa sih yg plg berpengaruh buat nambah tinggi badan?

37. zizi - 10 Juli, 2010

salam..saya ada ternampak seseorang berenang 24x lap,non stop..macam mana bolah tahan nafas sebegitu lama?

38. arik - 21 Agustus, 2010

klo berenang di laut apa ya sama tekniknya?khususnya teknik ambil nafas? ombaknya kan tinggi. trus tanya juga gimana bisa mengambang di kolam yg dalamny lebih dari 3 m, dengan posisi tubuh berdiri. bukan berbaring sperti berenang? spt olah raga softball air? sy coba tp gk bisa2. minta pencerahannya

39. ulidh - 15 September, 2010

urutan renang gaya dada itu apa ja???

40. ndank jarot - 20 Oktober, 2010

klo boleh, tampilkan dong video gerakan renang gaya dada

41. kyn-chan - 22 Oktober, 2010

sipp…..
buat tugas lengkap banget!
trims ^^

42. yhatie - 1 November, 2010

low bisa gambarnya lebih dilengkapi lagi yah, karena saya butuh gambarna untuk tugas sekolah.

43. lintung - 13 November, 2010

Q setujue ma yhatie,,,,,…:(

44. rian - 10 Desember, 2010

mas ada makalah tentang renangpdf gak……….???????

45. ardi - 16 Maret, 2011

Mantap, TAPI KURANG GAMBAR !!!

46. ABBAS SAENONG - 19 Maret, 2011

Yth. Sdr Rasyid yang budiman bisakah tulisannya saya unduh/copy dan saya publikasikan di Website saya, trims sebelumnya.

abdurrosyid - 19 Maret, 2011

Silakan. Kalau bisa dicantumkan link ke blog ini. Semoga bermanfaat.

47. jauhar muidin - 6 Juni, 2011

gak puas gak ada gambar nya

48. theresya - 13 Juni, 2011

bgs

49. arrie_gutho - 14 Agustus, 2011

thanks a lot..krn dh bagi2 ilmu k qta…….

50. Bill Qibill Jadol - 15 November, 2011

gerakan tangan perenang dunia pada saat mulai entry seperti apa sih….

51. renda - 27 November, 2011

kk ajari renag gaya kupu kupu

52. mudalifah misbah - 12 Februari, 2012

Bisa nggak ditambah pengertian-pengertian gaya renang…

53. bossnya - 6 Mei, 2012

izin share.. utk belajar buat blog.

54. marisyah putri - 9 Mei, 2012

makasih ya kk, artikel nya dpat mmbntu tugas saya,
wlau sedkit nmun lngkap….

haris - 5 Desember, 2013

sama saya juga ……


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: