jump to navigation

Cara Bernafas Ketika Berenang 1 Juni, 2008

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , ,
trackback

Bernafas dengan benar ketika berenang adalah salah satu kunci untuk tidak mudah capek dalam berenang. Ini sangat mudah dipahami karena bagaimanapun juga bernafas adalah kebutuhan kita setiap saat, termasuk ketika kita sedang berenang. Bernafas sewaktu berenang bisa jadi tidak semudah bernafas dalam keadaan normal. Maklum, kita kan bukan ikan yang berinsang dan dicipta untuk hidup dalam air.

Bagaimana kita bernafas ketika berenang? Jawabannya mudah saja, do it as simple as possible. Kebanyakan perenang pemula biasanya menahan nafas (tidak bernafas) selama wajahnya berada dalam air, lalu pada saat wajahnya keluar dari permukaan air ia membuang dan menghirup nafas sekaligus. Ini adalah cara yang kurang tepat. Alasannya, waktu yang tersedia ketika wajah kita diatas permukaan air tidaklah cukup untuk melakukan dua kegiatan tersebut sekaligus: yakni membuang nafas dan menghirup nafas. Lalu bagaimana cara bernafas yang lebih tepat?

Cara yang benar sangatlah sederhana: buanglah nafas ketika wajah berada didalam air, dan hiruplah nafas ketika wajah keluar dari air. Sewaktu wajah berada didalam air, buanglah nafas melalui hidung Anda dalam bentuk gelembung-gelembung air. Beberapa perenang benar-benar tidak perlu menahan nafas sama sekali ketika wajahnya berada didalam air. Artinya, ia dengan santai membuang nafasnya selama berada didalam air, tanpa perlu menahan nafas. Namun beberapa perenang yang lainnya ada juga yang menahan nafas selama berada didalam air, namun pada timing tertentu saat masih berada didalam air ia tetap membuang nafasnya. Anda mau pilih yang mana? Saya rasa terserah Anda saja, mana yang kira-kira Anda rasakan lebih enak dan lebih enjoy. Saya sendiripun kadangkala membuang nafas secara terus-menerus (tanpa sedikitpun menahan nafas) ketika berada didalam air, namun kadangkala saya juga menahan nafas lalu sesudah itu baru membuang nafas (dalam keadaan masih berada didalam air, tepatnya beberapa saat sebelum menyembul ke atas permukaan air). Yang penting, buanglah nafas ketika masih berada didalam air, bukan ketika berada diatas permukaan air.

Adapun untuk menghirup nafas, lakukanlah dengan mulut Anda, ketika wajah Anda sedang menyembul diatas permukaan air. Ini tidak perlu Anda pusingkan karena akan berlangsung secara alami dan otomatis.

Begitulah cara bernafas yang tepat ketika berenang. Namun pada saat-saat tertentu semisal sprint gaya bebas (balapan renang gaya bebas jarak dekat 50 meter atau 100 meter), para atlet biasanya menahan nafas selama mungkin karena kecepatan mereka akan berkurang ketika mereka mengambil nafas. Baru ketika tidak kuat lagi, merekapun mengambil nafas. Adapun untuk renang jarak jauh, gunakanlah cara bernafas sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Selamat mencoba!

Komentar»

1. mega - 20 Juni, 2008

makasih

2. ardian - 21 Juli, 2008

Infonya bagus.
Tapi bisa lebih dijelaskan step by step dari awal ga. Bukan cuma teknik pernapasannya. Soalnya saya bener-bener baru mulai belajar. Dan terus terang ga da kemajuan. Kedalaman terus. Makasih…

3. Gandaru - 8 Oktober, 2008

Thanks ya…
Nti Langsung tak coba,,
Masih pemula neh…

4. Yoga - 9 Oktober, 2008

Gimana posisi tangan dan kaki saat renang gaya kupu-kupu ?

5. livia - 7 November, 2008

emm,b’nfas saat brenang mank g gmpang. terlalu konsen pd grakan ketimbang buat nfas kyanya g da wkt b’nfas,,tp sy akan coba, mkc ea tipsnya…….

6. ullah - 9 November, 2008

emannya kita membuang co2 dalam air

7. antoni - 30 November, 2008

tapi pak rosyid. pas saya mau nengok ke atas muka saya masih di dalam air.
gimana sih caranya supaya bisa terapung

tolong segera di balas.
terima kasih

mahardika ayu pramesti - 4 Februari, 2010

sorry u ska brenang ya

8. Diana - 10 Maret, 2009

Tips nya bagus. sblm saya buka website ini sy coba berenang n ada pelatih, dia mengajarkan seperti yang tertulis di blog ini, kendala saya tidak bisa mengambil napas dengan kepala ke permukaan atas. berat sekali membuat balance antara menggerakkan kaki, tangan, n mengambil napas. saya mau belajar dengan baik hingga bisa, thx.

9. Rasid - 20 Mei, 2009

Tips / nasihat yang baik. Terima kasih.

10. Mas Awal - 4 Juni, 2009

Terima kasih telah mengingatkan cara bernafas selagi berenang.
Sudah lama tidak berenang, karena timbul plek-plek hitam di wajah.
Apa karena kepanasan ya???
Btw, dengan adanya tulisan ini pengin lagi rasanya berenang.
Sekali lagi makasih Pak.
Salam,

11. elyza - 8 Juli, 2009

Makasih bwt tipsnya. Dengan tips ini saya mungkin lebih mahir lg dlm berenang n cara bernafas dgn baik…

12. yhusvina - 8 Juli, 2009

Thanks…..

13. Adhistye - 16 Juli, 2009

Thanks atas tipsnya. Saya mau nanya, supaya pernafasan kita dalam berenang itu bagus n tahan lama, latihannya apa aja dan bagaimana?

14. Ida - 9 Agustus, 2009

Saya br pertama kali ini belajar renang tp kok ngak bisa ngapung2 ya?? Pdhl kaki sudah menendang sekuat tenaga di air tp tetep aja nggak mau naik2… Gerakan tangan dan kaki yg benar itu seperti apa?? Tq…

15. deqz - 14 Agustus, 2009

@ida : belajar berenang itu bukan mengapung dulu mbak, tapi bagaimana melatih membiasakan menggerakkan tangan dan kaki serta mengatur pola pernafasan

16. Memy - 20 Agustus, 2009

Infony bagus, aq jadi semangat belajar renang, sebelum aq ngeliat info ini trnyta aq bener teknikny buang nafas di air lalu menghirupnya ketika di atas. Oh ya ajarin jaga tentang gaya apung aq blom pernah bisa. Trims.

17. deqz - 29 Agustus, 2009

@ memy

gaya apung tidak ada, yang ada itu bgmn teknik agar bisa tetap mengapung

pengalaman saya untung agar bisa tetap mengapung; kedua tangan di gerakkan d samping badan dengan posisi jari tangan rileks dan agak terbuka, kemudian kedua kaki digerakkan dengan menendang ke bawah dengan posisi agak terbuka, lakukan dengan pelan dan santai

18. agung - 15 September, 2009

makasih..
pantes saya kalau brenang cepat capek…
karena menghirup dan membuang nafas pada waktu diatas permukaan air..

deqz - 25 September, 2009

lelah itu sebenarnya hanya pengaturan nafas saja hingga bernafas secara normal

pengalaman saya juga demikian; biasanya hingga 400 meter pertama nafas belum stabil dengan baik, tapi setelah 400 meter bernafas kembali normal dan tidak merasa lelah.

saya biasanya berenang sekitar 1000 meter pertama tanpa berhenti

setiap berenang biasanya 1300 meter hingga 2000 meter jarak tempuh

amel - 10 Agustus, 2014

wow keren banget bisa 1000 meter nonstop… gaya apa yang biasa dipakai untuk itu?

19. rista - 8 Oktober, 2009

gimna s!h gaya brenang?

20. riri - 16 Oktober, 2009

kalau udah di dalam air rasanya gak bisa muncul lagi

21. LULU ^_^ - 2 November, 2009

Infonya … patut diPraktekan neh ! btw tuk pemula Penting ga pemanasan dulu sblm berenang ?

22. deqz - 30 November, 2009

@ rista : mau gaya apa dulu?

@ riri : makanya harus berlatih; pernafasan dan gerakan dalam gaya renang, bisa di mulai dari gaya bebas atau gaya dada yg lebih sederhana

@ lulu : pemanasan dalam olah raga wajib dilaksanakan untuk menghindari otot keram contohnya. bisa dilakukan pemanasan ringan selama 5 s/d 10 menit

23. wira atmaja - 1 Desember, 2009

Bagi yang belum berhasil menggunakan teknik bang abdul rosyid,saya sediakan alat bernafas dalam air yang berfungsi seperti insang ikan….jadi bisa bisa menyelam selama apapun yang anda mau,tanpa repot bawa tabung oksigen.

deqz - 4 Desember, 2009

Topiknya tentang berenang pak, bukan tentang menyelam :D

24. yanvie - 14 Desember, 2009

waktu aku belum tahu aku juga cepat capek tapi setelah tahu teorinya ternyata enak dan tidak terasa capek

deqz - 6 Januari, 2010

yup, benar bangat…. dan harus rutin berenang agar pernafasannya semakin baik dan sehat

25. gerry - 9 Januari, 2010

Akan aku coba

26. rista - 9 Januari, 2010

baguus deeh aku suka,,,

27. rrr - 24 Januari, 2010

wah mas, mari teman2 kita coba

28. mahardika ayu pramesti - 4 Februari, 2010

mksih y ats tips untk ambil nfas dlm air.thanks you

29. deqz - 16 Februari, 2010

moga2 lancar

30. oktar - 24 Maret, 2010

Sama Mas, 500m pertama masih ngos2an, dah itu dah muloai santai smp 2000m. Itu dengan gaya dada. Kalo gaya bebas sy blm bisa sejauh itu.
Gmn trik ngambil nafas dengan gaya bebas?

deqz - 21 April, 2010

kalau pengalaman saya menggunakan gaya bebas, saat mengambil nafas ke kiri (karena sy kidal) cukup seperlunya saja saat menoleh. gaya bebas sy blm terlalu rutin, rata2 baru 50 s/d 100 meter saja, krn butuh tenaga lebih di lengan saat mengayuh :)

31. angga - 2 April, 2010

kalau kita mau melayang layang di air,
tp kpla kita tberada di atas tu bagaimana……….?????????

32. sai - 12 April, 2010

sa baru bljr renang… n sa suka kn nya (^_^)

33. catur - 17 April, 2010

terimakaasihbanyak

34. SINCNIKI - 17 April, 2010

BAGUS SEKALI,ADAKAH PERLU MEMBUANG NAFAS MELALUI MULUT

deqz - 21 April, 2010

perlu pak, yg penting harus rileks & tidak panik

35. OPI - 24 April, 2010

terima kasih, aku opi aku masih sd, waktu itu aku ikut renang di sd pas aku masuk air aku gak bisa brenang, jdnya aku di ketawain sma temen aku gara2 gak bisa renang, yah hbis aku gak bsa renang, tp mudah- mudahan dengan adanya tips di atas aku jd bs brenang

TERIMA KASIH…… :-D

36. arry - 5 Juni, 2010

makasih ya info nya sangat membantu sekali untuk saya

37. chairul - 20 Juni, 2010

thanks ya atas informasinya

38. take a breath while swimming ! | Unit Renang UGM - 12 Juli, 2010

[...] : http://abdurrosyid.wordpress.com/2008/06/01/cara-bernafas-dalam-berenang/ Posted in INFO « Peralatan Renang You can leave a response, or trackback from your own [...]

39. sinar - 18 Juli, 2010

hai…….macam mana cara berenang?………

40. wahyu - 20 Juli, 2010

gmn crax mghlgkn rsa tkut tgelamm

41. ake sita fahrunisa - 29 Juli, 2010

saya bisa mengapung di dalam air.contohnya di tempat yang dalam :
caranya gampang , menyelam kan tubuh di air dan badan akan mengapung sendiri

42. Heri Gustianto - 26 Agustus, 2010

Thx ya,saya akan mencoba nya.

43. memby - 8 Oktober, 2010

Thanks for ur good information.

44. ivan - 12 November, 2010

Saya sudah praktekan, buang lewat hidung saat kpla di air dan ambil saat nyembul dgn bantuan dorongan tangan. Kalau kombinasi 2 gerakan kaki 1 gerakan tangan,nafas saat di air saya tahan dan saya buang saat menghentakan kaki. Masalahnya saya blm merasa rileks dan sering panik begitu air masuk hidung, shingga saya harus berhenti dulu (tdk dpt saya bayangkan kalai di kolam 2m), makanya saya tidak berani sampai skrng utk berenang di 2m. Sbg info saya baru belajar renang gaya dada dlm 2 bln ini. Pertanyaan saya: 1. Bgm agar air tdk masuk hidung, air masuk antara fase tahan dan buang nafas dlm air. 2. Seandainya saya berhenti di tengah kolam 2m krn panik, apa yg harus dilakukan…diam dulu sejenak membiarkan badan tenggelam baru atur gerakan kaki hingga mengapung ke atas? Ini utk mengantisipasi saat saya coba ke kolam 2m.

174l - 20 Maret, 2011

untuk nomor 1, sebaiknya anda biasakan untuk terus latihan tehnik pernafasan ini…lama2 pasti bisa…untuk yg nomor 2, dalam renang usahakan selalu tenang kalau terjadi apa2…jika memungkinkan tenggelamkan badan sbentar, kemudian muncul ke permukaan dengan posisi badan menghadap ke atas (seperti gaya punggung), ini akan membantu untuk mengatur pernafasan kembali…

45. helmi - 14 November, 2010

terimakasih atas penjelasannya

46. dinda - 4 Desember, 2010

berapa kali bisa membuang nafas saat berada di dalam?. mohon penjelasannya.

47. dimaz - 31 Desember, 2010

bagaimana cara membuang nafas diair agar air tidak masuk ke hidung??

48. Fernandes - 10 Januari, 2011

makasih kk tips nya….
kebetulan saya gx bisa bernang, setelah mengetahui tips ini saya jadi pengen bgt belajar berenang..
sEkali lagi makasih ya kk
doakan saya semoga berhasil..
AMIN..

adi - 12 Februari, 2011

makasih atas infonya,karena saya memang benar2 pemula

49. sela - 4 Maret, 2011

thank’s

50. rezkiyana - 1 April, 2011

Ma’sIH tIpSya…
nntI aq c0b4…
ThankS’

51. RinRin - 16 April, 2011

Klo mau pakai gaya roll cara yg pling bgus keya gimna? mohon dibales ya . Thx

52. Anwar Fauzi - 1 Juni, 2011

thank ya..
q lgi pemula nichh..

53. alid - 27 Juli, 2011

mas,mau tanya.akhir2 ini saya jadil getol berenang lagi nih setelah hampir 10 tahun gak berenang >.< pertama kali mulai berenang lagi,sumpah jadi kagok.dulu saya gaya bebas lancar2 aja.nah selain tips cara berenang,saya minta tips juga dong buat body workoutnya.maksudnya buat ngelatih otot2 utama yg harus dilatih untuk menunjang teknik renang kita.seperti untuk latih upper body workoutnya,lower body .thanks .ditunggu jawabannya

54. akuqzero - 2 Agustus, 2011

ooohhhh gituuu tohhh…..
pantesan aku dimarahin…. kalo, tiap renang
kepalanya masuk air terus dan gak bisa2 ambil napas…
ternyata tekniknya salah….
xoxoxo…
thanks y infonyaa…

55. chyqa - 12 Agustus, 2011

mantaff … !
Thx atas sarannya ..
Aku & temanku br 2 hari ini melakukan renang tiap pagi di pantai dekat rumah .. dan lumayan udah bisa berenang namum .. kurang tahu teknik bernafas yang baik untuk berenang … dan setelah membaca artikel ini ,, jd tahu dhe ,,, thx ya .. !

salam .. !

56. Warobai - 15 Agustus, 2011

Tipsnya ok,,,brapa bulan waktu unkt blajar berenang

57. Bajusenamgrosir - 5 Oktober, 2011

Keren tipsnya…
FYI Kami juga jual baju renang lho,,kunjungi toko kami ya baju renang anak

58. rusdi - 18 Januari, 2012

renang gaya bebas.
1. sebaiknya pemula melatih pernafasan sesuai dengan panduan diatas dengan cara memegang pinggir kolam renang.. lakukan sebanyak mungkin.. celupkan kepala trus munculkan lagi.. pernafasannya ingat yahh…
2. setelah menguasai pernafasan dengan baik lanjutkan dengan step beriktnya melatih pergerakan kaki.. caranya pegang pinggir kolam trus ayun kaki sampai mampu membuat gelembung di blakang anda.. lakukan dengan paha dan kaki lurus kebelakang.. rileks dan jangan bosan melakukan karna ini sangat sulit… setelah mampu gunakan pelampng luncur untuk melakukan latihan kaki.. taruh pelampung didepan dan pegang dengan kedua tangan anda.. trus meluncur kedepan dengan kaki yang telah di pelajari dan juga cara bernafasnya…. disarankan untuk pemula menggunakan jarak yang dekat saja.
sekian dulu moga membantu
by tirta lontara anging mamiri makassar

59. vega corey taylor - 3 Februari, 2012

makasih tips nya mudah-mudahan bisa berenang dengan benar
amin

60. nike - 4 April, 2012

thasnk y bagus buat tgs ku……….

Lyco - 7 Juli, 2012

gaya apa yg cocok utk renang jarak jauh hingga ribuan meter?

61. Efraim Masarrang - 6 September, 2012

Kereenn… ntar ta coba deh… alnya masih kagok nih utk koordinasi smua lini body saya…

wondo - 30 September, 2012

bebas

62. ayu anggreni - 9 Oktober, 2012

makasih ya kakak :) saya sangat
terbantu oleh ini

63. Titi - 18 Desember, 2012

Bener banget. Saya dulu gak bisa berenang. Cuma bisa meluncur saja. dan berharap cepet nyampai di ujung kolam renang. hihihi. yg penting lulus dan dapat nilai. terus mencoba belajar tapi karena belum ketemu guru yang oke dan belum bisa mengatasi rasa takut tenggelam jadi gak bisa2 Tapi sekarang ketemu guru yang sabar dan bertekat bisa akhirnya bisa berenang dalam dua kali latihan. meskipun masih terus diikuti. fase belajarnya persis yang diterangin disini. So, ayo berlatih. Pasti bisa. Salam

64. Rozi - 31 Mei, 2013

alhamdulillah..saya dah coba tadi..amat berkesan..dulu bisa tahan nafas sambil berenang hingga semput..terima kasih

65. imam randitya putra - 6 Juni, 2013

like


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

