jump to navigation

Beberapa Kesalahan dalam Renang Gaya Bebas 1 Juni, 2008

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Gaya bebas adalah gaya berenang yang paling cepat dibandingkan gaya-gaya yang lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap perenang untuk menguasai gaya ini dengan baik. Berikut ini beberapa kesalahan yang biasa terjadi sewaktu berenang gaya bebas.

Kesalahan pertama, wajah berada diatas air. Jika Anda melakukan hal ini, maka bagian bawah badan Anda akan cenderung untuk turun ke bawah, sehingga tahanan air akan membesar. Akibatnya, kecepatan Anda akan berkurang. Solusinya, benamkanlah wajah Anda kedalam air, dengan wajah menghadap ke bawah agak ke depan (membentuk sudut 45 derajat, menyerupai lampu senter yang sedang menyorot). Dengan wajah menghadap agak ke depan, Anda akan memiliki pandangan yang baik. Sebaliknya, jika wajah Anda menghadap tegak lurus ke dasar kolam, Anda akan berenang seperti kuda bendi yang mengenakan kacamata kuda. Kalau nabrak-nabrak gimana?

Kesalahan kedua, kepala terangkat dari permukaan air ketika mengambil nafas. Ini akan merusak keseimbangan dan irama Anda. Solusinya, cukup tolehkan kepala Anda ke samping, dengan satu telinga Anda tetap tercelup didalam air. Namun Anda jangan semata-mata menolehkan kepala Anda saja. Miringkanlah tubuh Anda, maka dengan sendirinya kepala Anda akan menoleh dan Anda bisa menghirup nafas dengan mudah dan leluasa.

Kesalahan ketiga, lutut tertekuk ketika kedua kaki mengayun. Akibatnya, tubuh Anda tidak lagi streamline alias lurus sejajar permukaan air. Tahanan air pun akan membesar dan kecepatan Anda akan berkurang. Solusinya, ayunkan kaki mulai dari paha. Jangan tekuk lutut Anda. Fungsikan lutut hanya untuk menjaga kelenturan ayunan kaki Anda.

Kesalahan keempat, kesalahan gerakan tangan. Perlu diketahui, gerakan tangan inilah sumber gaya dorong (propulsi) yang paling utama, bukan gerakan kaki Anda. Gerakan kaki, meski juga menimbulkan gaya dorong, pada dasarnya hanyalah untuk menjaga agar tubuh bagian bawah tidak jatuh kebawah, atau dengan kata lain tetap lurus dengan tubuh bagian atas, dan juga untuk menjaga keseimbangan tubuh selama berenang. Karena gerakan tangan adalah sumber utama propulsi, maka gerakan tangan yang benar akan menciptakan propulsi yang besar sehingga laju Anda akan semakin cepat.

Dalam renang gaya bebas, gerakan tangan pada dasarnya terdiri dari empat fase: 1) mengayuh, 2) pemulihan, 3) masuk kembali ke air, dan 4) ekstensi. Keempat fase tersebut dilakukan secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri. Diantara kesalahan yang sering terjadi adalah mengayuh tidak dilakukan secara penuh. Mengayuh yang benar dilakukan sampai dengan tangan pengayuh mencapai paha kita. Adalah sebuah kesalahan jika tangan kita mengayuh hanya sampai sejajar dada kita. Jika ini terjadi, propulsi yang ditimbulkan pun tidak akan optimal.

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah tangan kita turun sesudah masuk kembali kedalam air (yakni pada fase ekstensi). Hal ini akan menghambat laju kita. Disamping itu, jika kesalahan ini kita lakukan bersamaan dengan mengambil nafas, maka wajah kita tidak akan bisa menyembul dari permukaan air dengan optimal sehingga kita menjadi kurang nyaman dalam mengambil nafas. Yang benar, begitu tangan Anda masuk kembali kedalam air, sorongkanlah lurus kedepan sejajar permukaan air, seolah-olah hendak meraih benda terapung yang terletak jauh di depan Anda. Inilah fase ekstensi yang benar.

> Untuk mengetahui cara bernafas pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui gerakan tangan pada renang gaya bebas, klik disini. Untuk mengetahui teknik berenang gaya bebas yang lebih sempurna, klik disini. Dan untuk mengetahui cara berenang gaya bebas yang efisien, klik disini.

About these ads

Komentar»

1. fieone - 2 Juli, 2008

ka’ aku mau tanya , gmn caranya mengantisipasi kesalahan siswa SD dalam belajar berenang yang berakibat fatal?, terus gmn solusinya?
Plis dbales ya…..

2. Rakhmad Dirganatar harya - 21 Juli, 2008

kalo punya film/rekaman cara berenang gaya bebas, dada, kupu-kupu dan atau punggung saya ingin punya, gimana caranya? balas ke upik664@gmail.com

3. Renato - 25 Agustus, 2008

kalo mau gaya2 renang carinya di web site mana sich ??? blz ke undying_rave@yahoo.com

4. abdurrosyid - 1 November, 2008

Untuk fieone:
Untuk anak-anak, hal pertama yang terpenting adalah mereka merasa senang dan akrab dengan air, tidak takut atau gugup dengan air. Selebihnya, step by step, sesuai dengan yang ada di buku Penjaskes.
Apa yang Anda maksud dengan fatal? Apakah tenggelam? Sudah jadi kebiasaan, untuk anak-anak SD biasanya latihan renangnya dilakukan di kolam khusus anak-anak (kolam yang lebih dangkal). Kecuali untuk anak-anak yang memang sudah mahir berenang, boleh berlatih di tempat yang lebih dalam.

Untuk Rakhmad:
Klip-klip cara berenang bisa Anda dapatkan dengan mudah di http://youtube.com. Ketikkan saja kata kunci yang sesuai (sebaiknya dalam bahasa Inggris).

Untuk Renato:
Materi apapun yang ingin kita cari (termasuk soal renang), secara umum bisa kita dapatkan secara cukup lengkap di web-web berbahasa Inggris. Googling aja! Dapatkan kata kunci yang tepat (dalam bahasa Inggris). Dan kalau sudah dapat, baca aja. Untuk itu, tentu saja Anda harus peham bahasa Inggris dengan cukup baik.
Kalau berharap dari web-web berbahasa Indonesia, saya yakin tidak akan banyak yang bisa Anda dapatkan.

5. arya - 12 Desember, 2008

thanks ya atas informasinya, kebetulan gwe lagi bikin makalah tentang renang ni,

6. fery - 7 Januari, 2009

thanks informasinya, gw jd bisa intropeksi diri.

7. Mr.Mbom2 - 31 Maret, 2009

Thank yap dah nyediain halaman ini………. Kebetulan aku lagi bikin makalah tentang berenang. Salam dari anak Madiun.

8. haikal - 6 April, 2009

Mantap bang Abdur Rosyid. Saya banyak belajar di sini. O ya saya mau tanya gimana caranya nafas ga cepat ngos2an? Adakah latihan tertentu yang mesti saya jalankan?

9. Renang Gaya Bebas « Khoirul Blog - 15 April, 2009

[...] Beberapa Kesalahan dalam Renang Gaya Bebas [...]

10. lambert - 20 Mei, 2009

Gerakan kakinya buat gaya bebas tu gimana ya? Tugas sekolah nie..

11. eita - 12 Juni, 2009

Saya baru nih belajar cara renang gaya bebas peringkat permulaan.

12. alia - 20 Oktober, 2009

sepupu saya kls 1 SD sedang bljr renang
knp kalau awal2 belajar berenang gaya katak ad anak yg bs dgn mudah mengangkat kepala untuk ambil nafas dan ad yg susah sekali mengangkat kepala ? dan sepupu sy termasuk yg agk susah dlm hal ini. dan knp jg ad anak yg pantatnya masih ke atas pd awal2 mrka bljr? apanya yg salah ya? dan bgaimana cr membetulkannya?
minta tolong ya di jawab 2 pertanyaan sy ini krn penting bgt untuk sy bljr… trims…

13. figur - 31 Mei, 2010

bila anak sd dalam melakukan renang gaya bebas kakinya terlanjur ditekuk.. solusinya gmn?

14. riF - 7 Juni, 2010

informasi yg sangat bagus.
akan lebih baik bila disertakan video pembelajaran.

saya baru bbrp kali berenang dan butuh banyak masukan. pantas saya cepat lelah. ternyata teknik berenang saya banyak kesalahan.r

15. clara sagita - 24 Agustus, 2010

thanks ya atas informasi renangnnya
itu sangat bermanfaat sekali bagi saya

16. okky - 2 September, 2010

om saya perenang dari jawa barat saya minta tips donk. gimana cara mencari kenikmatan berenang gaya bebas?
bls segera ke okkywisudyanto@rocketmail.com
di tunggu segera

17. guntur gaih atmaji - 9 Oktober, 2010

bang kebetuan aku atlit ni.
tp agi ga di ikutsertakan gara” aku kmrin ngmg telinga kanan ku sakit, lgsg batal brgkt aku kmrin.
nah kata temanku ada sedikit cibiran gara” aku terlalu sering berenang dan menyelam.
betul ka itu /
Thank you

18. anggi - 9 November, 2010

kesalahan pada gaya dadanya mana???????????????????

19. m.ngafifi - 27 November, 2010

tips-tips renang gaya bebasnya bagus-bagus.. thanks for sharing..
jadi lebih ngerti teknik berenang nih, ternyata berenang dengan teknik yang benar lebih enak daripada asal ngambang dan bergerak maju. tapi memang untuk kesesuaian dan kenyamanan tergantung masing-masing individunya juga sih

20. Schutzstaffel - 5 April, 2011

Inilah yg aku cari..

putri - 12 November, 2012

g mna pula nyari kesalahan kesalahan gerakan kaki gaya bebas ………. ……… …….. …….. ………. ??????? ??????? ?????

21. indra ardy - 16 Januari, 2013

mas rosyid aku pusing banget nih dengan teknik terapung posisi telentang di air. aku sdh coba semua cara tapi tetap aja hidung dan mulut sering banget kemasukan air heheh. skali sudah bisa telentang malah gak bisa bergerak. solusi gerakan kaki dan teknik yang paling jos biar bisa ngambang telentang gimana ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: