jump to navigation

Tips Praktis Melangsingkan Perut 24 Desember, 2007

Posted by abdurrosyid in Olahraga dan Kesehatan.
Tags: , , , , ,
trackback

Artikel ini saya tulis bukan berarti saya punya perut yang langsing. Nggak harus kan? Artikel ini saya tulis lebih karena problem perut gemuk merupakan problem yang sangat populer, sehingga selalu menarik untuk dibahas. Problem ini umumnya terjadi pada orang-orang diatas 25 tahun. Artinya, kalau usia sudah diatas 25 tahun, hampir selalu masalah perut gemuk ini muncul. Seiring dengan kenyataan ini, beragam cara untuk mengatasinya pun ditawarkan, mulai dari yang konservatif sampai yang instan seperti sedot lemak dan sebagainya. Begitu pula, berbagai peralatan yang katanya ’sakti’ ditawarkan dalam iklan-iklan yang menggiurkan.

Pertama-tama sebelum membahas masalah ini lebih jauh, mari kita luruskan dulu niat kita. Mengapa kita ingin perut kita langsing? Jawaban kita merupakan ukuran kualitas diri kita. Salah satu jawaban yang cukup bagus adalah agar tubuh kita tetap sehat (karena konon orang yang gemuk itu relatif lebih rawan penyakit) dan juga agar tubuh kita tetap lincah, gesit dan trengginas. Du-ileh…

Setelah saya membaca beberapa artikel seputar tips melangsingkan perut, saya bisa mengambil sebuah benang merah. Untuk membuat perut tetap langsing atau menjadi langsing, beberapa tips berikut ini bisa dicoba.

Tips pertama adalah pola makan yang baik.

1. Jangan makan berlebihan. Ingat resep dari Rasulullah: ’1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, 1/3 untuk udara’ (itu maksimal lho). Jika melebihi itu, lama-lama lambung dan usus kita katanya bisa melar.

2. Prinsip ’energy in = energy out’. Energi yang terkandung dalam makanan yang kita asup tidak boleh lebih dari energi yang kita keluarkan. Karena itu, kebutuhan makan tiap orang memang berbeda-beda. Tergantung aktivitasnya. Pekerja berat seperti kuli bangunan, kuli angkut, dan petani pasti banyak kan makannya. Berbeda dengan seorang bos atau owner sebuah perusahaan yang mapan, yang biasa disebut sudah ’passive income’ (nggak kerja pun pundi-pundi uang terus mengalir ke sakunya). Untuk menerapkan prinsip ’energy in = energy out’ ini, ada cara praktis dari Rasulullah yaitu makanlah ketika merasa lapar dan berhentilah makan sebelum kekenyangan. Ini artinya kita mengikuti ritme tubuh kita. Kalau kita merasa lapar, itu berarti tubuh kita sedang butuh energi kan. Tapi, jangan sampai kekenyangan karena jika sampai kekenyangan berarti itu sudah melebihi kebutuhan. Ya kan?

3. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan berlemak tinggi, baik itu lemak hewani maupun lemak nabati. Demikian pula karbohidrat, jangan dikonsumsi secara berlebihan. Sesuaikan dengan kebutuhan (energy in = energy out). Sebagai gantinya, perbanyak mengkonsumsi makanan-makanan sumber protein, buah-buahan dan sayur-sayuran. Juga, jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman-minuman selain air putih, terutama yang manis-manis. Sebab, air putih katanya adalah minuman yang paling aman. Karena itu, banyak minum air putih katanya tidak apa-apa, maksudnya tidak berbahaya. Asalkan berlebihannya nggak kebangetan juga kan?

4. Banyak berpuasa sunnah. Tapi ingat, malamnya nggak boleh balas dendam. Kalau puasa tapi malamnya melahap makanan tanpa batas ya sama saja. Dan itu sepertinya pertanda kalau puasanya kurang ikhlas. Habis, pakai balas dendam segala sih…

Tips kedua adalah olahraga yang memadahi.

1. Lakukan olahraga ’super kardio-aerobik’, maksudnya adalah olahraga yang paling bikin jantung kita terpacu dan bikin kita tersengal-sengal seperti lari, renang, sepakbola, dan sebagainya. Katanya ini cara paling cepat untuk membakar lemak-lemak di tubuh kita. Makanya, nggak ada kan pelari maraton yang gemuk. Habis, semua lemaknya habis terbakar oleh ribuan kilo jalan yang ia lalui dengan berlari.

2. Lakukan olahraga penguatan otot-otot tubuh, terutama otot-otot perut (seperti sit-up, bentuk v, dsb). Yang lebih baik adalah pembentukan semua otot-otot tubuh secara merata, tidak hanya perut semata. Dan yang penting, repetisi alias keteraturannya. Jangan banyak tapi cuma sekali atau dua kali saja, habis itu nggak sama sekali. Lebih baik nggak terlalu banyak tapi teratur (asal jangan terlalu sedikit lho ya).

Tips ketiga adalah hindari stress. Konon, stress bisa menghasilkan hormon-hormon tubuh yang memicu kegemukan. Cara paling jitu untuk menghindari stress adalah dengan santapan-santapan ruhani seperti banyak berdoa, membaca Al-Qur’an, rajin shalat, banyak silaturahim, murah senyum, menjaga diri dari penyakit-penyakit hati, me-manage segala sesuatu dengan baik, dan mencari solusi yang rasional dan relijius bagi setiap permasalahan yang menimpa diri kita.

Terakhir, santai saja melakukan semua ini. Katanya, tubuh satu orang dengan orang yang lainnya berbeda-beda dalam karakternya untuk menyimpan lemak tubuh yang berlebihan. Ada yang menyimpannya pada seluruh bagian tubuh secara merata. Ada yang di bagian kaki. Dan yang banyak, katanya, adalah di bagian perut. Jadi kalau kita melakukan usaha pelangsingan tubuh, sangat bisa jadi yang terakhir kali menjadi langsing adalah perut kita. Soalnya, lemak di perut tuh katanya yang paling bandel. Tuh kan?

Akhirnya, selamat mencoba! Waffaqakumullah.

Komentar»

1. marsitol - 25 Desember, 2007

ini dia yang aku perlukan. makasih dech infonya.

2. rezco - 25 Desember, 2007

*lihat perut

oke..siap dicoba

3. abdurrosyid - 25 Desember, 2007

Yo’i. Selamat mencoba. Semoga ada hasilnya, sedikit ataupun banyak.

4. achedy - 26 Desember, 2007

Bisa di coba neh, soalnya celana sudah banyak yang nggak muat nih :D

5. dessy - 2 Januari, 2008

makasi y atas tips nya,perut gw gede bgt sec…

6. EVI - 6 Januari, 2008

ini semua bohong,ngak masuk akal!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Fitra - 2 Februari, 2011

Hah…???????

7. fuad haha - 8 Januari, 2008

Kalo orang terlalu kurus juga susah!! kadang2 juga cepat loyo “ngleyang kaya layang2″, gimana ya caranya biar lebih “berisi”?

8. abdurrosyid - 9 Januari, 2008

Hmm…Saya jadi bingung, bagian mana ya yang kagak masuk akal? Memang kalau semua dikerjain sih butuh PERJUANGAN alias kagak mudah. Tapi mana ada sesuatu yang nggak butuh usaha keras. Betul nggak nih?
Untuk mas fuad, emang betul. Tapi kayaknya lebih enak orang kurus yang berusaha sedikit lebih berisi tuh daripada orang gemuk yang berusaha kurus. Kalau untuk nambah otot tuh kan tinggal banyak makan, dan jangan lupa olahraga. Tapi kalau mau ngurusin badan, wah susah banget kan. Nggak boleh banyak makan lah. Nggak boleh makan ini makan itu lah.

asih - 19 April, 2012

gue setuju soal tipsnya boleh dicoba tuch

9. fauzy hanan - 16 Januari, 2008

tipnya bagus..sederhana n bisa di coba nich…badanku kurus,pinginnya berat badan proporsional. tapi kalo kerja udah mulai luar kota terus, makannya jadi banyak dan hasilnya yang besar perutnya doank…. :(

10. abdurrosyid - 16 Februari, 2008

Hmmm… gitu ya.

11. PRATIWI - 16 Maret, 2008

kalo menurut saya,bukannya makan dianjurkan 3x sehari,ga cuman kalo laper doank,ntar bisa2 jadi mag dwonk,n kebanyakan klo makan 1x sehari malah jadi balas dendam yah makannya jadi banyak ,itu malah bikin perut makin melarrrrrrr,……….

12. abdurrosyid - 17 Maret, 2008

Sebetulnya sih nggak apa-apa makan kalau lagi lapar aja. Syaratnya dua. Pertama, jangan sampai nggak ngerasa laparnya itu karena terlalu disibukkan dengan urusan lainnya, misalnya hobi atau kerjaan. Kedua, yang bersangkutan nggak punya sakit maag. Kalau kedua syarat ini nggak terpenuhi, memang lebih baik makannya teratur aja. Frekuensinya selalu tetap dan waktunya juga selalu tetap. Lebih aman…
Jangan sampai deh kita makan sekali tapi nggak tahu ukuran. Lebih baik berkali-kali tapi dikit-dikit. Biar tubuh kita lebih mudah membakarnya sampai habis.

13. alhakim - 29 Maret, 2008

Hm… boleh di coba nih tipsnya :)

14. Chy - 24 April, 2008

Tipsnya ok jg. M

15. ardy - 13 Mei, 2008

ok juga. tapi ada nga tips bagi orang kurus yang mau gemuk ? makasih

16. dian - 26 Mei, 2008

bagus juga tu tipsnya,pengen cobasih tapi aku pagi kuliah sore kuliah malem kerja, tar kalo lemes gmn dunk” perutku tu lucu kalo aku takut gemuk justru tambh gmk tapi kalo aku nyantai saat nikmatin menuku & gak dibyngi rs tkt gemuk justru perutku lbh langsing. nah anehkan”””. aku aja bingung pa lagi orang ln… wa ha ha haha

17. dian - 26 Mei, 2008

sorry i forgot something if u have sparetime i hope u answer it thank a lot

18. icha_ - 29 Mei, 2008

Tq yo! bwt tipznya, ak mau coba ah! Tipz yg simple so pasti aman,,,

19. abdurrosyid - 31 Mei, 2008

For Ardy:
Orang kurus mau gemuk? Sepertinya sangat mudah, dan juga menyenangkan. Kan tinggal banyak makan aja. Cuma, harus diimbangi tuh dengan olahraga yang memadahi, biar nanti gemuknya proporsional dan tidak hanya gemuk pada bagian tertentu (perut utamanya).
For Dian:
Takut lemas? Nggak usah lemas karena kurang makan. Dalam tulisan kan sudah saya katakan: energy in = energy out. Kalau memang kita seharian mengeluarkan banyak energi, kita juga harus menggantinya dengan masukan sumber energi yang setara.
Takut gemuk tambah gemuk? Nah itu dia yang sudah saya bilang: stress berpeluang bikin kita jadi gemuk. Kalau kita dibayangi ketakutan pada kegemukan, itu kan berarti kita stres. Dan itu berpeluang bikin kita jadi gemuk.

20. Uncoe - 2 Juni, 2008

Thank’s lho atas infonya, kayaknya komplit dech pantas untuk dicoba…..!

21. lita - 4 Juni, 2008

Iya nich, aq juga mau coba ah. Semoga perut q jg jd agak langsing. Tx infonya

22. zea - 11 Juni, 2008

udah tw x,tapi ttp q coba koq

23. non chan - 20 Juni, 2008

hahaah….

susah juga eemang…. tapi mau nggak amu miusti dijalanin…

24. sari rofa fatri yanti - 2 Juli, 2008

walaupun udah makan dikit n olah raga masih tetap gemuk juga.jd gmana caranya

25. HiLmi - 16 Juli, 2008

Susah…
Mlezny tu lo.gmn crany biar ttp smangat?????

26. Tips Diet Agar Langsing « Abdur Rosyid’s Blog - 22 Juli, 2008

[...] soal diet untuk bisa jadi langsing, saya sebelumnya sudah menulis soal itu disini. Kali ini saya akan memaparkan cara diet secara lebih praktis dan mungkin lebih [...]

27. teti - 15 September, 2008

Susah sih buat ngindari Stress apalagi kalau kerjaan lagi banyak,,, tidur jadi kurang yaa akhirnya banyak ngemil th..,

28. Zoel - 21 November, 2008

Wah..boleh lah aq coba..mksh om ya.. Saya perutnya aja yg gde..pdhal krja keras tiap hari..

29. Souji - 5 Desember, 2008

Boleh juga tuh..tapi saya mau beli alat sabuk getar aja deh yang di
DR TV / TV MEDIA..kan gak perlu olah raga, sambil duduk / baca buku juga bisa..tinggal ngeluarin uang dari dompet aja, bisa gak ya?…harganya kan……………………….

30. Rini - 17 Desember, 2008

Makacih ya buat tipsnya…tapi, q heran ne..q tu makannya tiap hari cuma 1 x aja…tapi,kok tetep gemuk ya?apa faktor keturunan juga berpengaruh sama kegemukan? soalnya ibu q tuh orangnya gemuk gitu juga ma kakak2 q…jadi,gimana donk?

31. era - 2 Januari, 2009

wah.. boleh juga tu tips nya … soalnye gue tu badannya nggak gemuk2 amat tapi perut itu terasa sesak’

32. inna - 7 Januari, 2009

oke dech…., boleh juga dicoba. masalahnya kalo saya dulu berat badanku stabil 42-43 tapi sekarang umurku jadi 25 berat badanku naik 48kg dan itu larinya ke perutku, welwh..weleh jadi bingung aq. trims ya tas tipsnya.

33. yadi - 7 Januari, 2009

boleh juga tu tipsnya soalmya aku punya teman yang perutnya buncit buanget………

34. yuk yak yuk - 16 Januari, 2009

thx infonya

35. elina - 20 Januari, 2009

harus di seimbang pola makannya, juga kurangi makanan berlemak pasti deh berhasil.

36. orang muet'zs - 22 Januari, 2009

thank’s y atas infonya ????????????????

kita akan coba dehz……………?????!!!!!!!

37. Ratna Mega Sari - 6 Februari, 2009

Iya nich aku jg mau coba ah” sp tau berhasil.
aku punya peru gendut takutnya habis melahirkan tambah gendut.

38. Iko - 13 Februari, 2009

kalo mao kurus ya memang harus berkorban. Berkorban ga makan enuak…. tersiksa….

39. naya - 9 Maret, 2009

Thx ya utk masukannya,
akan ana coba dechh….
jazakumullah…(^_^)

40. sagar - 6 April, 2009

Thank you very much.

41. nanad - 12 April, 2009

bagus

42. jujux - 25 April, 2009

mAcac ciEh??????
yA dah kPan2 W cOba dhEC. . .

43. yen-ce - 30 April, 2009

ADUH….KEREN BOOO…AKU PENGEN JADI SI SEHAT TULEN

44. R-WATY - 30 April, 2009

Q INGIN NYOBA JALANIN DECH…..?

45. Ches - 10 Mei, 2009

Hihi… suerrr.. punya perut ndut… nafaspun ngos2 an hehe tararengkyu nih atas tips nya..

46. phe - 16 Mei, 2009

Ne tips yang bagus banget, kayaknya aku tertarik bgt pengen nyoba.
Thanks yach….

47. iechizzz - 22 Mei, 2009

Baguuuuuuuuzzzzzzzzzzzz jugaaaaaaaaaaaa!!!!!!

48. F.Firmansah - 28 Mei, 2009

Alhamdulillah thengkyu atas bagi2 tipsnya…Moga ane berhasil..

49. muthmainnah - 2 Juni, 2009

Jazakallah ya.. Tipsnya byk yg oke2… Jd tambah pengetahuannya.

50. eny - 18 Juni, 2009

Thanx’s Yeaaahhh!!!!!!!!!!!!

51. felix zelin - 20 Juni, 2009

Thanks very much info-nya mas.
Blog ini keren lah…..

52. Handika - 22 Juni, 2009

Makasih bnyk tipsnya.
Maaf sblum nya, boleh ga saya copy n saya share k tmn2 saya, krn info ini bnyk dicari?

53. rofiu - 20 Juli, 2009

Makasih sebelumnya.

54. Panda - 23 Juli, 2009

Wah…sederhana n rasional bgt.. ;D
Tq infonya.. Moga perut yg menggantung ni mw kmbali ke asalny..;)

55. rudi a - 24 Juli, 2009

Bung abdurrosyid, huebattt,, mau sy coba pada istrikulah soalnya perut makin gede aja… (yang gak percaya biar tambah gede perutnya !!!!!!). Sip… teruskan!!!!

56. Lina - 24 Juli, 2009

Duuh makasi bgt yaa infonya?! Jazakallah..

57. Ain - 4 Agustus, 2009

Ih… itu mah tipsnya udah umum, sudah sering dipublikasikan. Ada gak tips buat langsingin perut tapi gak harus susah susah diet. Nahan supaya gak makan?

58. wulan - 5 Agustus, 2009

tips..yang oke….aku coba dech ……

59. ninik - 11 Agustus, 2009

wuich….tipsnya oc buanget…

60. kiki - 30 Agustus, 2009

do’ain gue langsing ya,, key

61. yohan - 8 September, 2009

apa iyah

62. dewa - 13 September, 2009

waah boleh jg tuh!! selain langsing qta jg rajin ibadah x!!!

63. wuzzz... - 30 September, 2009

aduh dek!punya tipz langsingin bibir ga semua?

64. qisshy - 14 Oktober, 2009

subhanallah…baguz bgt,,infonya!!

65. ika - 19 Oktober, 2009

wah bagus blognya..hehe..aku juga mau langsing..tapi males olahraga.. ;)

66. Fairuz Hasna K - 25 Oktober, 2009

thx for this useful tips :D

67. dey - 27 Oktober, 2009

w dah kasih saran sama cew tp dia tuh sulit ngelakuainya (ngaleyed), heee, gimana ya biar nurut,,,, please

68. lilis - 5 November, 2009

untuk tipsnya oke juga and aku termasuk orang gendut yang berperut buncit yang memang butuh saran -saran tersebut . tapi aku punya satu problem yaitu aku insaallah bisa ngelakuin saran saran kamu tapi aku orang malas, satu atau tiga hari bisa aku lakuin tapi setelah itu aku tidak lakuin lagi. tolong dong dikasih tips biar bisa tidak malas lagi alias bisa melakukanya secara kontinyu.

69. MuuTty - 17 November, 2009

Eeeemmmm…..
Aku coba duehhh….!!!!
Doain Sukses yaawwww….
amien…..

70. connay - 19 November, 2009

mo gemuk mo kurus kok ribet banget sih?
badan dah stabil kok perut dkit buncit..huh..

71. sevinc - 22 November, 2009

umur saya 26 tinggi 151,berat saya 60..saya sudah terlalu gemuk…gmn caranya supaya langsing..jika mengikuti saran bpk td..kira2 perlu wkt berapa lm kurus nya..2 tahun ya…

72. isti fitria y - 25 November, 2009

wah !!! boleh di coba tuch…. berhasil gak yaaaaaaaaa ??? moga-moga aza suksesss….. he,,he,,he………..!!!!!

73. febi - 13 Desember, 2009

makasih byk atas tips-nya..ntar aq coba dech kl usia bayiku > 6 bln..n aq jg mo tnyalah ada gak hubungan perut gember stlh mlahirkn akibat gak pk gurita / korset??..

74. puji - 19 Januari, 2010

makch ats tipsnya

75. dika - 26 Januari, 2010

di coba ahhh

76. Yuneka - 27 Januari, 2010

Perlu semangat dan usaha keras nih ! Patut dicoba !

77. DEDEK - 1 Februari, 2010

HARUS GW CBA NICH!!!!!!!!!!!!!!!

78. ainun - 24 Februari, 2010

wah bagus nich tipsnya…..aku udah pernah coba tapi karena tidak rutin ya balik lagi terus gimana donk

79. vip - 6 Maret, 2010

ochey i want to try,,,;)

80. acing - 17 Maret, 2010

klo aku it ga bisa gemuk tpi cma perut nya aja

81. tya - 22 Maret, 2010

wah…………..boleh dicoba neh biar makin langsing cs mw married nieh. jd perlu pembentukan tubuh dweh. thanks infonya

82. sandra - 23 Maret, 2010

Wah…. puaz razax dpt tipz jhiitu dari kaka’. alami N g ribet2 amet.

83. bambang - 5 April, 2010

terima kasih tipsnya. akan saya coba

84. Dina Juliani - 14 April, 2010

maksud dari 1/3 apa ya..?

85. chika - 22 April, 2010

waaah tipsnya umum c ya
tpi lucu jugag kalo dicoba
tpi badanku thu aneh
pdhal aku pngennya yang langsing perut ajj eeee… malah ntar langsing semua

piye jal :'(

86. regina - 29 April, 2010

patut d coba..
oea, pnya inform utk tw berat bdan ideal kita gg??
please, reply..
thx b4^^

87. sony permata p - 7 Mei, 2010

akan q cooba decchhh…!

88. kazawa - 18 Mei, 2010

klo berat badan 60 kg tinggi 158 cm, berat idealnya berapa,,,???? boleh tau gk….?????

89. asnah - 18 Mei, 2010

memang bnar tuh smua infonya,aq prnah cobain..cm prut blek lg krn bnyak godaan mkan dr teman, g smpat olah raga

90. Mr Fahrie - 20 Mei, 2010

perut ku dulu tak begini….. he he dulu waktu SMA makan saya banyak tp perut tetap langsing tuh coz wktu itu tumbuh nya ke atas, skr saya 24 tahun, tumbuhnya kesamping

91. kyut - 22 Mei, 2010

makasih tips nya,,

92. sindi - 28 Mei, 2010

terimakasih….semua sangat berarti bagi saya .
tapi satu hal yg sulit saya lakukan “olahraga”,i don’t like it.
gimana dong ?

93. kiki - 31 Mei, 2010

perlu di coba neh, sambil konsumsi Teh daun jati cina (herbal pelangsing)

94. jenk - 7 Juni, 2010

ribet jg trnyta…

95. ani - 11 Juni, 2010

aku pingin kecilin perut aku dengan bahan alami gmn?

96. sella via - 12 Juni, 2010

thanx ea info’a
ntar d i cba dch…

97. deva - 16 Juni, 2010

kalo q kerjanya ,malam dari jam 22 s/d 07….jdi pagi siangh wat istirahat/tidur…….
otomatis kan tiap mlm makan…….
itu solusinya gmn?

98. MUINAH SIGALINGGING - 9 Oktober, 2010

tips yg bagus cocok tu buat q
krn smakin hari rasanya berat badanku bertambah
dengan tips itu q dapat solusinya. tks y

99. MUINAH SIGALINGGING - 9 Oktober, 2010

insyaAllah setelah saya coba perut saya akan mengecil. Amien

100. phujie - 26 Oktober, 2010

duch…keliatan_na gampang tp.loq d_coba kea_na berat…..tp demi tbuh lngsing yg q idamkn akan q coba dwech…semangat puji qm psti bs!!!!M-150 BISA!!! XIXIXI…thx tas tips_na ^_^

101. regvan - 2 November, 2010

cara melangsingkan perut setelah melahirkan apa sama saja yang tertera diatas……….yaa klo sama tar akan aku coba cara-cara tersebut….

102. Bu siti - 19 November, 2010

terima kasih mau saya coba… perut saya dah lumayan buncit…xixixixi

103. mohadi - 24 November, 2010

terima kasih atas segala info nya,semoga bermanfaat bagi kita semua

104. NADINE - 26 Desember, 2010

THANKS 4 YOUR TIPS…IT’S VERY USEFULL

105. pelangsing tubuh - 5 Januari, 2011

informasi yang menarik dan bermanfaat

106. khalida - 25 Januari, 2011

oke nih thx yaa ;)

107. rega - 26 Januari, 2011

wah boleh coba tuh biar cepat ramping perutnya

108. dita - 15 Februari, 2011

bismillah hehehe

109. hana - 19 Februari, 2011

tipsmya bagus sih, akan ku coba doakan berhasil ya…………..

110. susi nofrianti - 18 Maret, 2011

thank’s atas masukannya……………

111. winda - 30 Maret, 2011

good idea, tapi prakteknya yang sulit he.. :)naik bb mudah bgt, turunyya, ampyuuunn…

112. ayu - 7 April, 2011

ya dah aq cobain ye…
doain berhasil yea…
amin…!!!

113. Iwan - 13 April, 2011

Perut qw langsing tp punggung ama dada qw besar,kelihatannya kayak g imbang,normal gak?
konsumsi makan,3X sehari,2-3 gelas susu.

114. sa - 14 April, 2011

hmmm mau c badan propoorsional..bagian tubuh ku yg gemuk perut, tangan pas bahu.gmn tuh

115. miemie - 19 April, 2011

pgn coba…..mga da hsil’na….

116. innaputput - 29 April, 2011

mkasiii yaa,,,
moga lancar…
amin

117. akhnur - 30 April, 2011

hmmm, boleh nih dicoba

118. yulianti - 4 Mei, 2011

dulu si tubuh saya langsing & seksi tapi setelah putus cinta aku endut. mau balikin ke seperti semula susah banget. ada tips yang lebih ampuh gak?

119. tykha - 7 Mei, 2011

hmmm.
Bleh jg tuch tipz2.y…!

120. syan - 13 Juni, 2011

mami saya turun 21 kg dalam waktu 5 bulan, hanya dengan mengkonsumsi teh herbal biofit tanpa olah raga dan tanpa diet,makan bebas,harga murah pula….
jika ad yg berminat dapat sms ke 081914467711
mau langsing gak perlu repot…. :)

rere - 16 Agustus, 2011

ada efek iaa gg…….mnk berapa harga nya

121. pelangsing badan - 27 Juni, 2011

semua konsumen kami merasa cocok dengan produk yang kami tawarkan di http://www.ayu-beauty.com dan rata2 semua turun hingga 6-10 kilo dalam seminggu tanpa diet….mau mencoba…

122. rere - 16 Agustus, 2011

duhh saya bingung pnya perut dadutt…..

padahal umur saya masih 16 thn….

gmn ia cra iaa….

tolong kasih solusi

123. hikmah - 4 September, 2011

thanks ya atas infonya saya akan mencoba apa yang anda sarankan

124. macho23 - 11 Oktober, 2011

Syukron katsira atas tulisannya

125. anis - 8 November, 2011

Herbal alami untuk melangsingkan perut, InsyaAllah tanpa efek samping.. Silahkan hubungi 083819344760 (sms only) atau klik link berikut ini: http://www.facebook.com/photo.php?fbid=186585048083115&set=a.186572858084334.46969.184848804923406&type=3

126. tips melangsingkan tubuh - 29 November, 2011

mantabbe tipsnya. .jadi kepingin nyoba. dan psti bisa langsing ni.

127. Nia - 3 April, 2012

tipsnya keren q mau nyoba juga duech…

128. desiti - 6 Mei, 2012

tolong kasi cara juga dong buat bisa ngejalaninnya tanpa ada kata “CAPE AND BOSAN”

129. krisnaa - 30 September, 2012

boleh juga it

130. Wahyuni Manta - 24 Maret, 2013

I tHink .. This receppp iS very uSefuLL..
.. AnD very gOod


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

